eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Infinix Hot 4 Pro X556 Review: Lawan Paling Tangguh Redmi 5A!

Infinix Hot 4 Pro X556 Review: Lawan Paling Tangguh Redmi 5A! – Terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali. Pepatah ini dirasa pas untuk ulasan Infinix Hot 4 Pro X556 review kali ini. Smartphone Hot 4 Pro X556 besutan Infinix ini memang bukanlah produk baru karena telah diluncurkan lebih dari setahun yang lalu. Nama Infinix Hot 4 Pro X556 ini kembali muncul ke permukaan dengan pemangkasan harga yang sangat signifikan. Hal ini tak lepas dari kehadiran smartphone yang membuat rusuh pasar entry-level tanah air, yakni Redmi 5A.

Alih-alih merilis smartphone baru, Infinix lebih memilih memangkas harga smartphone yang sudah ada untuk berkompetisi dengan Redmi 5A. Laptophia Blog merasa Infinix sudah melakukan langkah yang tepat untuk mengangkat kembali seri Hot 4 Pro X556 yang jelas menawarkan fitur yang lebih superior ketimbang Redmi 5A andalan Xiaomi. Penasaran? Simak Infinix Hot 4 Pro X556 review oleh Laptophia Blog kali ini.
Infinix Hot 4 Pro X556 Review: Lawan Paling Tangguh Redmi 5A!

Paket Pembelian Infinix Hot 4 Pro X556

Paket Pembelian Infinix Hot 4 Pro X556
  • Unit Infinix Hot 4 Pro X556 Grey
  • Charger
  • Kabel USB
  • Headset
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Xiaomi Redmi 5A Review: Penghancur Harga Smartphone Murah

Desain Infinix Hot 4 Pro X556

Desain Infinix Hot 4 Pro X556

Desain Infinix Hot 4 Pro X556
Penampilan menurut Laptophia bukan merupakan hal yang diunggulkan pada Infinix Hot 4 Pro X556 review kali ini. Smartphone ini tampil dengan desain yang bisa dikatakan biasa saja, meski tidak bisa disebut generik. Pabrikan asal Hong Kong ini menggunakan gaya desain sendiri dengan sudut yang membulat dan body yang agak tebal.

Ini bisa dimaklumi karena ponsel Hot 4 Pro X556 ini dibekali dengan baterai berkapasitas besar. Jika dilihat dari depan, ponsel Infinix Hot 4 Pro X556 memang tidak terlalu menarik karena penampilannya cenderung biasa saja.
Baca juga:Audio Technica SonicFuel ATH-CLR100is Review: Murah tapi Mantap!
Bezel yang diusung ponsel ini terbilang tebal hampir di semua sisi. Tak heran dimensi ponsel andalan Infinix ini agal lebar. Sisi belakang, smartphone pesaing tangguh Redmi 5A ini justru malah terlihat lebih menarik. Ponsel Infinix Hot 4 Pro X556 ini dibalut dengan casing bertekstur unik dan terlihat elegan. Secara umum, Infinix Hot 4 Pro X556 ini menawarkan build quality yang solid di kelasnya.
Desain Infinix Hot 4 Pro X556

Desain Infinix Hot 4 Pro X556

Pada ulasan Infinix Hot 4 Pro X556 review kali ini, sisi depan Infinix Hot 4 Pro X556 ini terdapat LED flash depan, lubang kamera depan, earpiece, ambient light sensor, proximity sensor, layar HD berukuran 5,5 inci, dan tiga buah tombol kapasitif khas Android di bawah layar yang terdiri dari Recent Apps, Home, dan Back yang tidak dilengkapi dengan backlight.

Layar smartphone murah meriah Infinix Hot 4 Pro X556 masih mengusung gaya flat, tidak melengkung 2.5D seperti ponsel masa kini lainnya. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Hot 4 Pro X556 agar tak mudah tergores karena layar ponsel ini tidak dilindungi lapisan kaca antigores.

Sedangkan bagian belakang ponsel Infinix Hot 4 Pro X556 ini terdapat lubang kamera, LED flash, sensor sidik jari, logo Infinix, logo Hot, dan lubang speaker. Merek asal Hong Kong pembesut produk flagship Zero 5 ini menempatkan port microUSB, dan microphone di sisi bawah ponsel.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5A Review: Smartphone Terbaik di Kelas 1,5 Juta!
Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Infinix Hot 4 Pro X556 ini. Sedangkan sisi kiri tidak terdapat port apapun. Sisi atas ponsel 4G LTE murah Infinix ini terdapat port audio 3,5mm. Ponsel Hot 4 Pro X556 andalan Infinix ini casing belakangnya dapat dibuka dan didalamnya terdapat slot SIM 1, SIM 2, dan microSD (dedicated).

Video Unboxing Infinix Hot 4 Pro X556

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Infinix Hot 4 Pro X556

Software & Fitur Infinix Hot 4 Pro X556
Sisi perangkat lunak atau software ini bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangan dari smartphone Infinix Hot 4 Pro X556 review kali ini. Kelebihan ponsel ini adalah menggunakan XOS yang kaya akan fitur dan didukung antarmuka yang cukup nyaman digunakan. Kekurangannya adalah sampai artikel ini ditulis, Infinix Hot 4 Pro X556 ini masih menggunakan basis Android 6.0 Marshmallow. Sejauh ini memang ada kabar yang mengatakan ponsel ini akan mendapat Android Nougat, meski tidak ada kepastian hingga sekarang.

Tampilan antarmuka XOS Chameleon yang diusung oleh Infinix Hot 4 Pro X556 ini terbilang menarik dan mudah digunakan. Kita akan disuguhi tamilan Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Uniknya, ponsel ini menempatkan semua ikon apikasi di Homescreen, tetapi tetap menyediakan app drawer. Kostumisasi yang disediakan oleh XOS pada Hot 4 Pro X556 ini terbilang cukup lengkap, kita bisa mengatur animasi, ikon pack, font, dan juga themes, sehingga tidak mudah bosan.

Fitur bawaan ponsel Infinix Hot 4 Pro X556 ini juga terbilang cukup lengkap di kelasnya dengan dukungan Xpower, Mobile Clean Up, App Lock, Harrasement Block, screen gesture, Multi Account, Xhide, Freezer, dan sebagainya. Aplikasi bawaan pada Infinix Hot 4 Pro X556 review kali ini relatif tak terlalu banyak, sebut saja adanya Google Apps, Facebook, Aha, Tabok, dan aplikasi lainnya. Kita bisa menghapus aplikasi bawaan jika tidak diperlukan.
Baca juga:Motorola Moto E4 Plus Review: Daya Tahan Baterai Terbaik di Kelasnya
Secara umum, Infinix Hot 4 Pro X556 ini menawarkan fitur yang terbilang kaya di kelas entry-level dengan XOS yang mudah digunakan. Tampilan antarmukanya terbilang menarik dan bisa di-customize. Performa antarmukanya relatif smooth dan terbilang ringan. Konsumsi RAM XOS juga terbilang cukup efisien. Laptophia Blog berharap Infinix Hot 4 Pro X556 segera mendapatkan update ke Android Nougat.

Benchmark Infinix Hot 4 Pro X556


CPU-Z Infinix Hot 4 Pro X556
CPU-Z Infinix Hot 4 Pro X556

Benchmark AnTuTu v7 Infinix Hot 4 Pro X556
Benchmark AnTuTu v7 Infinix Hot 4 Pro X556
Benchmark Geekbench 4 Infinix Hot 4 Pro X556

Benchmark Geekbench 4 Infinix Hot 4 Pro X556

Benchmark Vellamo Infinix Hot 4 Pro X556
Benchmark Vellamo Infinix Hot 4 Pro X556

Benchmark PCMark Infinix Hot 4 Pro X556
Benchmark PCMark Infinix Hot 4 Pro X556

Benchmark Basemark OS II Infinix Hot 4 Pro X556
Benchmark Basemark OS II Infinix Hot 4 Pro X556
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Infinix Hot 4 Pro X556
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Infinix Hot 4 Pro X556

Hasil Foto Kamera Infinix Hot 4 Pro X556





Foto Siang Hari




Foto Macro




Foto Malam Hari


Foto Malam Hari dengan LED Flash

Foto Kamera Depan (Sefie)

Infinix Hot 4 Pro X556 Review

Infinix Hot 4 Pro X556 Review
Berdasarkan ulasan Infinix Hot 4 Pro X556 review yang telah tim Laptophia Blog lakukan, hasilnya memang semakin mempertegas bahwa ini adalah lawan tangguh Xiaomi Redmi 5A. Smartphone ini memang bukan produk yang baru saja dirilis, tetapi spesifikasi dan fitur yang diusungnya membuatnya masih sangat mampu untuk bersaing.

Dukungan fitur sensor sidik jari, dual speaker surround, baterai berkapasitas besar, dan kamera yang mumpuni adalah hal yang sulit didapat untuk smartphone dengan harga di bawah Rp 1,5 juta. Namun, Infinix menunjukkannya dengan Hot 4 Pro X556 yang harganya tak jauh berbeda dengan harga Xiaomi Redmi 5A versi offline.
Baca juga:Motorola Moto M XT1663 Review: The Forgotten Knight

Layar

Infinix Hot 4 Pro X556 ini mengusung layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD yang menggunakan teknologi panel IPS. Sebagai smartphone entry-level, Laptophia Blog tidak komplain dengan kualitas layar Hot 4 Pro X556 ini. Layar ponsel ini terbilang tajam, warna yang dihasilkan memuaskan, dan juga brightness yang pas.

Respon auto brightness ponsel Hot 4 Pro X556 ini terbilang cukup gegas. Viewing angle layarnya luas dan respon touchscreen terbilang lumayan. Saat digunakan di bawah sinar matahari, performa layar Infinix Hot 4 Pro X556 ini biasa saja. Sayangnya, layar ponsel ini sangat mudah meninggalkan jejak sidik jari.

Performa

Kinerja Infinix Hot 4 Pro X556 ini memang masih kalah kelas jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 5A karena hanya mengandalkan dukungan SoC (System on Chip) MediaTek MT6737 yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit dengan kecepatan 1,3GHz dan dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB, serta diperkuat grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-T720 MP.

Meski diatas kertas kalah kelas dari Xiaomi Redmi 5A, saat digunakan untuk komunikasi sehari-hari nyaris tak ada perbedaan kecepatan yang signifikan jika dibandingkan dengan pesaingnya. Optimasi XOS tampaknya sudah cukup baik, sehingga ponsel terasa ringan dan responsif saat buka tutup aplikasi maupun saat perpindahan menu.

Saat sudah terinstal banyak aplikasi sekalipun, performa ponsel andalan Infinix ini masih cukup nyaman. Ketika digunakan untuk memainkan game terkini, Infinix Hot 4 Pro X556 terbilang smooth dengan setting grafis medium. Suhu ponsel relatif hangat saja, tidak pernah menunjukkan gejala overheat.

Kamera

Kemampuan kamera menjadi salah satu keunggulan Infinix Hot 4 Pro X556 dengan mengandalkan kamera belakang yang berkekuatan 13 megapiksel bersenjatakan sensor BSI 1.12um piksel dipadukan lima elemen lensa dengan fitur autofokus dan LED flash. Hot 4 Pro X556 juga didukung kamera depan berkekuatan 5 megapiksel 1,4um piksel fixed focus lengkap dengan soft LED flash untuk mengakomodasi foto selfie.
Baca juga:Vivo Y65 Review: Selfie dengan Efek Bokeh
Saat digunakan untuk memotret pada siang hari, kamera Infinix Hot 4 Pro X556 ini sangat bisa diandalkan dengan hasil foto yang memuaskan di kelas entry-level. Fotto yang dihasilkan warnanya mendekati akurat dengan karakter agak warm, tajam, dan dynamic range memang sedikit kurang.

Saat digunakan untuk memotret macro. Infinix Hot 4 Pro X556 juga bisa diandalkan dengan kecepatan fokus yang terbilang cepat, akurat, dan hasil fotonya juga detail. Disediakan mode manual yang memungkinkan pengguna bereksplorasi dengan kamera Hot 4 Pro X556 ini.

Saat digunakan untuk memotret pada malam hari, Infinix Hot 4 Pro X556 ini memang mengalami penurunan detail yang signifikan dan noise yang muncul terbilang lumayan banyak. Meski demikian, foto yang dihasilkan masih cukup jelas dengan warna yang cukup baik. Laptophia melihat foto malam hari Hot 4 Pro X556 sedikit lebih baik dari Redmi 5A. Tak hanya itu, single LED flash Infinix Hot 4 Pro X556 terbilang sangat terang dan  sangat bisa diandalkan untuk kondisi tanpa cahaya.

Sedangkan kemampuan kamera depan Infinix Hot 4 Pro X556 ini mengejutkan Laptophia Blog. Hasilnya lebih baik dari ekspektasi kami karena foto yang dihasilkan terbilang detail, tajam, warna yang punchy, dan tidak berkarakter soft seperti kebanyakan kamera depan ponsel masa kini lainnya. Dukungan soft LED flash membuatnya bisa diandalkan untul selfie pada kondisi minim cahaya.

Audio

Infinix cukup mengunggulkan sektor audio dari smartphone Hot 4 Pro X556 ini karena dibekali dengan dua buah speaker surround, satu menghadap ke depan menjadi satu dengan earpiece dan satu lagi pada sisi belakang. keluaran suara dua buah speakernya memang tak sekencang yang Laptophia harapkan, tetapi kualitasnya diatas rata-rata.

Saat digunakan mendengarkan musik, speakernya jernih dengan detail yang cukup baik dan bass yang cukup terasa. Saat mendengarkan musik menggunakan headphone Sennheiser HD 202 II, keluaran suaranya terbilang solid dengan bass yang terbilang kuat meski treble bisa dikatakan sedikit kurang mendetail.

Baterai

Mengandalkan baterai 4000mAh menjadi keunggulan Infinix Hot 4 Pro X556 review kali ini. Ponsel ini mampu bertahan hingga 1,5 hari dengan penggunaan sosial media intensitas sedang. Namun, ketika Laptophia menggunakannya dengan intensitas yang cukup tinggi, baterai Hot 4 Pro X556 bertahan seharian penuh. Kecepatan charging ponsel ini terbilang standar, yakni 2,5 hingga 3 jam untuk penuh.
Baca juga:Asus Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL Review: Best Selfie Smartphone!

Memori

Smartphone murah meriah Infinix Hot 4 Pro X556 ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 9,8GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1 – 1,1GB.

Kesimpulan

Infinix Hot 4 Pro X556 ini merupakan salah satu kandidat terkuat bersaing dengan Xiaomi Redmi 5A. Ponsel ini menawarkan fitur yang lebih lengkap, baterai lebih unggul, sensor sidik jari, dan juga ukuran layar yang lebih luas. Tak hanya itu, untuk mendapatkan ponsel Infinix Hot 4 Pro X556 juga tidak perlu repot flash sale.
Performa Infinix Hot 4 Pro X556 ini memang bisa dikatakan kalah kelas jika dibandingkan dengan Redmi 5A. Selain itu, ponsel ini masih menggunakan basis sistem operasi Android 6.0 Marshmallow yang belum jelas kapan mendapat update ke Android Nougat melalui OTA.

Keunggulan Infinix Hot 4 Pro X556

  • Harga terjangkau
  • Dilengkapi speaker surround
  • Dilengkapi sensor sidik jari
  • Baterai kapasitas besar
  • Kamera bisa diandalkan

Kelemahan Infinix Hot 4 Pro X556

  • Kinerja standar
  • Dimensi agak tebal
  • Masih menggunakan Android Marshmallow

Harga Infinix Hot 4 Pro X556

Infinix Hot 4 Pro X556 bisa dikatakan sebagai salah satu smartphone pesaing tangguh Xiaomi Redmi 5A. Harga smartphone Infinix Hot 4 Pro X556 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia Blog himpun adalah Rp 1.299.000 atau tepatnya Rp 1,3 juta. Berdasarkan Infinix Hot 4 Pro X556 review yang telah tim Laptophia blog lakukan, ponsel ini menawarkan kemampuan dan fitur yang mantap di kelasnya.

Kamera yang diusungnya bisa diandalkan, dilengkapi sensor sidik jari, dan didukung speaker stereo. Meski performa secara umum masih kalah kencang jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 5A, tetapi Infinix Hot 4 Pro X556 ini menawarkan beberapa fitur yang tak dimiliki oleh pesaingnya tersebut. Secara umum, Infinix Hot 4 Pro X556 ini sangat laik dipertimbangkan dan salah satu alternatif terbaik dari Xiaomi Redmi 5A.

Spesifikasi Infinix Hot 4 Pro X556

  • Sistem Operasi Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka XOS
  • Chipset MediaTek MT6737 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit 1,3GHz
  • Grafis Mali-T720 MP
  • Kamera 13 megapiksel, sensor BSI, autofokus dengan dilengkapi LED flash. Kamera depan 5 megapiksel 1.4 µm pixel size, fixed focus dilengkapi soft LED flash
  • Layar 5,5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels, kerapatan 267 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, IPS kapasitif LCD
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD maksimal 128GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 152.6 x 76.2 x 8.8mm dengan berat 175 gram
  • Baterai 4000mAh
  • Warna Scarlet Red, Sandstone Black, Turquoise Dream, Luxurious Gold, dan Sapphire Blue
Anda mungkin suka:Xiaomi Redmi Note 5A Prime Review: Cocok untuk Penggemar Selfie