IBX582004D475488 Review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition: Laptop Gaming Serius

Review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition: Laptop Gaming Serius



Review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition: Laptop Gaming Serius – Pada kesempatan kali ini Laptophia Blog membahas review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition yang tak lain adalah laptop gaming terbaru yang mengusung fitur yang menarik. Sektor layar memang bagian yang diunggulkan oleh notebook gaming ROG Strix GL503VS Scar Edition andalan Asus ini karena dilengkapi dengan layar yang menggunakan refresh rate 144Hz yang ditandemkan dengan teknologi Nvidia GSync. Bandingkan dengan refresh rate standar LCD yang hanya 60Hz.

Tak hanya itu, laptop gaming Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini juga dibekali dengan spesifikasi yang terbilang mumpuni di kelasnya dan mampu melahap game-game baru dengan setting grafis tertinggi. Hal ini sebenarnya tak lepas dari dapur pacunya yang mengandalkan duet prosesor Intel Core i7-7700HQ dengan grafis berkinerja tinggi dari Nvidia GeForce GTX 1070. Penasaran? Berikut ini adalah review Asus ROG GL503VS Scar Edition oleh Laptophia Blog!

Review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition: Laptop Gaming Serius

Paket Penjualan Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

  • Unit Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
  • Charger
  • Kabel power
  • Manual
  • Kartu garansi
Anda dapat membeli atau cek harga promo Asus ROG Strix GL503VS di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Desain Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Desain Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
Penampilan atau desain adalah salah satu daya tarik pada review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition kali ini. Laptop gaming ROG Strix GL503VS Scar Edition tampil dengan desain yang mirip saudaranya, yakni ROG Strix GL503VD Scar Edition yang mengusung konsep minimalis futuristik. Hal ini terlihat dari LID cover dari notebook gaming Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini yang terlihat adanya garis diagonal yang unik dan tidak ditemui laptop gaming lainnya.

Kehadiran garis diagonal yang ‘membelah’ wajah ROG Strix GL503VS Scar Edition andalan Asus ini membuat logo ROG berwarna merah yang terkenal keren tersebut menjadi bergeser ke pinggir. Meski terdengar sepele, ternyata gaya desain Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini membawa aura tersendiri yang menimbulkan kesan jantan, kuat, dan elegan.
Baca juga:Asus ROG Strix GL503VD ED295T Scar Edition, Laptop Gaming dengan Layar 120Hz GSync
Sama seperti seri ROG lainnya, laptop gaming Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini dibalut dengan casing berbahan aluminium yang kokoh dan terasa kuat. Ini wajar mengingat seri ini membidik segmen premium. Bagian LID cover-nya mengusung tekstur brushed metal dengan gradasi warna dark grey yang meningkatkan kesan misterius dan futuristik.

Sedangkan pada bagian interior notebook gaming Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini memilih menghadirkan finishing carbon gelap dipadukan dengan aksen warna merah yang berada di sekeliling keyboard. Salah satu keunggulan ROG seri Strix adalah dimensinya yang lebih tipis dan ringan jika dibandingkan dengan laptop gaming kebanyakan.

Begitu juga dengan Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini yang tampil dengan ketebalan hanya 2,5cm dan bobot hanya 2,5Kg, tak jauh berbeda dengan laptop mainstream non gaming. Seri Strix andalan Asus ini memang didesain untuk mendobrag stigma masyarakat yang mengidentikan laptop gaming dengan dimensi yang tebal dan berat.
Asus ROG GL503VS Scar Edition kanan
Sisi kanan
Asus ROG GL503VS Scar Edition kiri
Sisi kiri
Asus ROG GL503VS Scar Edition belakang
Sisi belakang
Asus ROG GL503VS Scar Edition depan
Sisi depan
Pada review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition oleh Laptophia Blog kali ini, pada sisi kanan notebook terdapat tiga buah port USB 3.1 gen 1 yang salah satunya berantarmuka USB Type-C, satu kensington lock dan satu card reader. Sedangkan pada sisi kiri laptop gaming teranyar Asus ini terdapat port LAN (RJ45) 1 Gbps, dua port USB 3.0, dan terdapat satu port HDMI dan satu port mini DisplayPort untuk output video High Definition ke dua monitor eksternal dan juga satu buah jack audio combo (speaker + mikrofon) 3,5mm untuk headset.

Laptophia Blog melihat pada sisi kanan dan kiri notebook gaming ini terdapat ventilasi untuk membantu pendinginan. Sedangkan pada sisi depan laptop gaming Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini ini tidak terdapat port atau tombol apapun. Sisi depan ini terlihat bersih dan meningkatkan nilai estetikanya menurut Laptophia Blog, karena semua port dan slot berada di sisi kanan dan kiri.

Sedangkan pada sisi belakang notebook gaming ROG Strix GL503VS Scar Edition andalan Asus ini terdapat dua buah ventilasi untuk membuang panas yang dihasilkan oleh dapur pacunya yang garang. Tak hanya itu, Asus juga menyematkan sirip ventilasi dalam interiornya, tepatnya berada di atas keyboard.
Baca juga:Harga dan Spesifikasi Asus ROG Strix GL503VD GZ294T Hero Edition Notebook Gaming
Asus ROG GL503VS Scar Edition keyboard
Secara umum, review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition pada sisi desain dan build quality menunjukkan hasil yang sangat baik meurut Laptophia Blog. Notebook ini hadir dengan desain futuristik dan berbeda jika dibandingkan dengan ROG generasi sebelumnya.

Tak hanya itu, Asus juga memiliki material yang kuat dan berkualitas membuat ROG Strix GL503VS Scar Edition ini terkesan kuat. Selain itu, dimensinya yang terbilang tipis dan ringan menjadi salah satu keunggulan laptop gaming dengan layar refresh rate 144hz ini.

Performa Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Asus ROG GL503VS Scar Edition 2
Performa juga menjadi sektor yang ditonjolkan pada review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition kali ini. Dimensinya yang terbilang tipis dan ringan tidak serta merta membuat Asus harus berkompromi dengan spesifikasi dapur pacu laptop gaming andalannya. Pabrikan asal Taiwan ini telah melakukan riset dan pengembangan sedemikian rupa agar dapat menghasilkan sebuah laptop gaming yang tipis dan ringan tanpa harus mengorbankan kinerja. Hal ini terlihat pada seri Asus ROG Zephyrus yang diluncurkan tahun lalu dan kini hadir ROG Strix GL503VS Scar Edition.

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini ditenagai oleh dukungan prosesor Intel Core i7-7700HQ generasi Kaby Lake quad-core yang berlari dengan kecepatan 2,8GHz dengan TurboBoost maksimal 3,8GHz dan ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas 32GB jenis DDR4 dengan kecepatan 2133MHz.

Kelebihan utama prosesor Core i7-7700HQ besutan Intel yang digunakan oleh laptop Asus ini adalah menawarkan performa tinggi dengan dukungan arstektur Kaby Lake yang diproses dengan teknologi 14 nanometer, sehingga lebih efisien dalam hal konsumsi daya. Tak hanya itu, prosesor Core i7-7700HQ yang digunakan oleh ROG Strix GL503VS Scar Edition ini dilengkapi dengan teknologi HyperThreading yang mana setiap inti prosesor memiliki dua jalur eksekusi pemrosesan.
Baca juga:Asus ROG Strix GL503VD, Laptop Gaming Kekinian Siap Lahap Game Berat
Sehingga total terdapat 8 thread pemrosesan yang sangat membantu untuk tugas-tugas seperti gaming, multitasking kelas berat, editing video, dan juga rendering video yang biasanya dilakukan oleh kreator konten.

Sisi grafis, laptop gaming Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition mengandalkan dual graphics yang terdiri dari Intel HD Graphics 630 dan Nvidia GeForce GTX 1070 yang dapat bekerja bergantian sesuai kebutuhan dengan teknologi Nvidia Optimus. Saat beban kerja ringan, laptop akan menggunakan Intel HD Graphicss 630 dan saat beban berat, maka laptop akan menggunakan GeForce GTX 1070 untuk menghemat konsumsi daya.

Nvidia GeForce GTX 1070 yang digunakan oleh Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition berbasis chip GP104 yang menggunakan arsitektur Pascal. Grafis GeForce GTX 1070M ini mengandalkan 2048 CUDA core berkecepatan 1443MHz dan turbo 1645MHz yang dipadukan dengan 120 TMUs, dan 64 ROPs. Kartu grafis GeForce GTX 1070M yang diusung oleh laptop gaming Asus ROG GL503VS Scar Edition ini dikawinkan dengan memori VRAM 8GB GDDR5 berkecepatan 8Gbps dengan antarmuka memori 256-bit.

Tentunya pembaca Laptophia Blog penasaran dengan kemampuan laptop Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini bukan? Berikut ini beberapa hasil benchmark menggunakan aplikasi benchmark sintetis dan juga pengujian realworld dengan menggunakan game. Simak hasil benchmark laptop gaming Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition kali ini.

Benchmark Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

CPU-Z
CPU-Z Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
GPU-Z
GPU-Z Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
PCMark Home Conventional
Benchmark PCMark Home Conventional Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
PCMark Creative Conventional
Benchmark PCMark Creative Conventional Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
PCMark Work Conventional
Benchmark PCMark Work Conventional Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
PCMark Storage
Benchmark Storage Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
3DMark Fire Strike
Benchmark 3DMark Fire Strike Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
Cinebench R15
Benchmark Cinebench R15 Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
Rise of The Tomb Rider
Benchmark Rise of The Tomb Rider Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
Dirt Rally
Benchmark Dirt Rally Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition
Berdasarkan hasil benchmark Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition yang telah dilakukan di atas, notebook gaming ini menunjukkan performa yang bisa diandalkan. Dukungan duet prosesor Intel Core i7 generasi Kaby Lake dengan grafis yang mumpuni dari Nvidia GeForce GTX 1070 membuatnya mempu melahap game-game berat yang ada saat ini dengan setting grafis tinggi. Gamer akan lebih fokus dalam memainkan dan menyelesaikan game, tanpa dipusingkan dengan performa game saat dijalankan di notebook gaming tipis andalan Asus ini.

Tak hanya bisa diandalkan untuk gaming, notebook Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini juga mumpuni unuk kebutuhan lain seperti multitasking kelas berat, multimedia editing dan viewing, desain 2D, modelling 3D, dan komputasi kelas berat lainnya. Spesifikasi dapur pacunya memungkinkan pengguna untuk melakukan eksplorasi kreativitasnya. Secara umum, performa tinggi pada review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition tak hanya cook untuk gaming, tetapi juga komputasi berat lainnya.
Baca juga:Asus X550IK, Notebook Gaming Zaman Now Bertenaga AMD FX & Radeon RX 560

Layar

Asus mempersenjatai notebook gaming ROG Strix GL503VS Scar Edition dengan layar berukuran 15,6 inci yang menggunakan panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dengan refresh rate 144Hz yang mampu menghasilkan sudut pandang yang luas, serta didukung teknologi Asus Splendid. Ukurannya yang cukup luas membuatnya nyaman untuk bermain game tanpa mengorbankan sisi mobilitas.

Tak hanya itu, layar yang diusung oleh ROG Strix GL503VS Scar Edition ini dilengkapi fasilitas anti-glare dan mampu memancarkan spektrum warna hingga 72% NTSC. Tak hanya itu, layar laptop gaming ini menawarkan refresh rate hingga 144Hz yang ditandemkan dengan teknologi Nvidia GSync untuk mengurangi screen tearing dan shuttering, sehingga membuat animasi game terlihat lebih halus saat game berjalan dengan frame rate tinggi. Gamer tentu akan jauh lebih nyaman dengan hilangnya efek screen tearing dan shuttering.

ASUS mengembangkan beberapa software khusus yang bisa diunduh secara terpisah di situs resmi ASUS. Software tersebut antara lain bernama ASUS Splendid Technology. Teknologi ini mampu mengoptimalisasikan berbagai kondisi gambar agar dapat ditampilkan dengan sebaik mungkin. Sehingga, apapun aktivitas yang Anda lakukan, baik menyaksikan film ataupun melihat foto, semua tampak lebih hidup.
Baca juga:Asus ROG Strix GL702ZC, Laptop Gaming Super Kencang Bertenaga AMD Ryzen
Di dalam Spendid pun terdapat empat buah mode yang bisa dipergunakan pengguna untuk menyetel layar agar nyaman ketika dipergunakan. Empat mode tersebut antara lain, Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode.

  • Normal Mode adalah, mode di mana LCD telah diprogram (setting) secara lebih optimal untuk kenyamanan tampilan visual. Penggunaan mode ini cocok untuk bekerja sehari hari, seperti mengedit dokumen dan melihat gambar.
  • Eye Care Mode adalah, mode dimana kecerahan pada cahaya biru di layar akan direduksi untuk menghindari cedera pada retina mata. Mode ini dirancang untuk keperluan penggunaan laptop dalam waktu yang lama. Mode ini juga merupakan fitur teknologi terbaru yang telah dirancang oleh para engineer ASUS, dengan mempertimbangkan faktor kesehatan pada mata tadi. Cahaya biru pada layar akan dikurangi hingga 33 persen. Seperti diketahui ketika komputer dalam keadaan hidup (bekerja) display akan menampilkan cahaya biru pada rentang spektrum 450-495 nm. Cahaya biru tersebut merupakan salah satu penyebab dari degenerasi makula dan cedera pada retina. Dengan fitur Eye Care yang terdapat di dalam Splendid, cahaya pada panel LCD akan dibuat lebih kuning (redup) untuk mengurangi dampak cedera tersebut.
  • Vivid Mode adalah mode di mana pengguna akan mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari sebelumnya. Itu berguna untuk memberikan pengalaman visual yang lebih hidup untuk melihat gambar seperti pemandangan di dalam film, foto dan lainnya.
  • Manual Mode adalah mode dimana pengguna dapat dengan bebas mengatur kecerahan dan tampilan pada layar sesuai dengan preferensi yang diinginkan.

Audio

Laptophia Blog mencatat Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition menawarkan audio yang mumpuni dengan dukungan dukungan dua speaker stereo 2 x 3.5W berkualitas tinggi dengan suntikan teknologi ASUS Sonic Studio Premium Technology yang ditandemkan dengan Smart AMP dan Bang & Olufsen Ice Power. Asus juga menghadirkan aplikasi Sonic Studio III dan Sonic Radar III untuk mengoptimalkan kemampuan audionya.

Berdasarkan pengalaman Laptophia Blog, pada review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition kali ini mampu menghasilkan suara yang menggelegar dari speakernya. Tak hanya kencang, speaker laptop gaming ini mampu menghasilkan suara bass yang punchy dan detail yang baik, sehingga sangat mendukung untuk gaming dan menikmati konten multimedia.

Keyboard

Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini dibekali dengan keyboard gaming yang disebut dengan Aura RGB Keyboard. Keyboard backlit RGB memungkinkan ROG Strix GL503VS Scar menembus kegelapan dengan cahaya warna-warni yang mengancam. Laptophia Blog melihat adanya empat zona pencahayaan RGB memungkinkan pengguna memilih kombinasi warna yang sempurna untuk melengkapi mood gamer.

Selain itu, juga tersedia. aplikasi ASUS Aura memungkinkan gamer memilih dan memilih warna, kecerahan dan efek pencahayaan - statis atau napas. Pengguna dapat mengatur hingga tiga konfigurasi warna yang berbeda dan dengan cepat memilih yang sesuai dengan mood mereka.

Laptophia Blog merasakan kemampuan dan fitur yang disediakan oleh keyboard ROG Strix GL503VS Scar Edition andalan Asus ini sangat menarik. Fiturnya yang lengkap sangat mendukung kenyamanan gamer dalam bemain game. Tuts keyboardnya terbilang empuk dan nyaman, sehingga gamer dapat dengan cepat memindahkan jari untuk melakukan kontrol saat bermain game dengan menyenangkan.
Baca juga:Harga & Spesifikasi Asus FX553VD, Laptop Gaming Sekelas ROG dengan Harga Murah

Sistem Pendinginan

Berdasarkan informasi yang Laptophia Blog terima, Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini mengusung desain pendinginan baru. Dengan perubahan sistem pendingin, Laptop ini berhasil menjaga suhu kerjanya di angka lebih baik. Suhu prosesor tertinggi dari Laptop ini berada di angka 80 derajat Celsius saat diuji dengan aplikasi Intel Extreme Utility.

Sedangakan untuk grafis GTX 1070 8GB, suhu maksimal yang berhasil di catat berada di angka 76 derajat Celsius pada pengujian Unigine Heave 4.0 dengan setting preset extreme dan berada di kisaran 79 derajat saat digunakan untuk bermain game dengan setting grafis tertinggi.

Mudah di-upgrade


Satu hal yang Laptophia Blog sukai pada review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition adalah kemudahan dalam melakukan upgrade. Notebook gaming ini memungkinkan kita untuk dapat meningkatkan RAM hingga maksimal 32GB DDR4, meningkatkan daya simpan dengan mengganti hard disk atau meningkatkan performa dengan menambagkan SSD M.2 berteknologi NVMe. Tak hanya itu, semua hal tersebut dapat dilakukan hanya dengan bermodalkan obeng saja.

Kesimpulan

Secara umum, laptop gaming Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini memang sangat cocok untuk gamer serius atau gamer profesional yang menekuni gaming. Kinerja yang dihasilkan oleh notebook ini terbilang tinggi di kelasnya dan didukung layar dengan refresh rate 144Hz yang menonjol untuk kenyamanan gamer. Tak hanya itu, Asus juga membenamkan sistem pendingin yang mumpuni dan fitur pendukung gaming yang lengkap.
Hanya saja suara kipas pendinginnya kadang terdengar cukup kencang dan agak berisik. Bahkan dalam kondisi beban ringan, kipas tetap berputar. Daya tahan baterai Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition ini juga bisa dikatakan pas-pasan. Ini bisa dimaklumi mengingat spesifikasi yang diusungnya terbilang gahar. Review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition menunjukkan bahwa notebook ini laik dipertimbangkan untuk gamer serius.

Kelebihan Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

  • Material & build quality mantap
  • Audio kencang dan berkualitas
  • Kinerja bersaing di kelasnya
  • Layar 144Hz dengan teknologi Nvidia Gsync
  • Mudah di-upgrade

Kekurangan Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

  • Suara pendingin agak berisik
  • Daya tahan baterai pas-pasan

Harga Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

Harga Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition terbaru di Indonesia berdasarkan informasi resmi yang Laptophia Blog terima adalah Rp 38.299.000. Bagi sebagian orang, harga ini memang terdengar sangat tinggi. Namun, berdasarkan hasil review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition yang telah Laptophia Blog lakukan, sebenarnya cukup sepadan dengan kemampuan dan fitur yang diberikan. Laptop ROG Strix GL503VS Scar Edition andalan Asus ini memang membidik gamer serius dan profesional yang memginginkan kinerja tinggi dan pengalaman visual yang mulus.

Dukungan teknologi layar refresh rate 144Hz yang ditandemkan dengan fasilitas Gsync memang terbukti mampu meningkatkan pengalaman bermain game. Animasi game berjalan begitu mulus tanpa terlihat adanya screen tearing san shuttering berkat teknologi tersebut. Secara umum, Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition sangat laik dipertimbangkan bagi gamer serius.
Anda dapat membeli atau cek harga promo Asus ROG Strix GL503VS di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition

  • Layar IPS LCD dengan LED backlight 15,6 inci resolusi full HD 1920 x 1080 piksel, Anti-Glare Panel dengan 72% NTSC color gamut, Refresh rate 144Hz, Nvidia GSync, Asus Splendid
  • Prosesor Intel Core i7-7700HQ quad-core 2,8GHz TurboBoost hingga 3,8GHz
  • Chipset Intel HM175
  • Grafis Intel HD Graphics 630 dan Nvidia GeForce GTX 1070 VRAM 8GB GDDR5 
  • Memori RAM 32GB DDR4 2133MHz
  • Storage Hard Disk 1TB 5400 rpm hybrid dengan 8GB SSD (SSHD) + SSD 256GB M.2 NVMe PCIe 3 x4
  • Konektivitas WiFi, LAN, Bluetooth, Port USB 2.0, Port USB 3.0, Port USB Type-C, Port HDMI, Port MiniDisplay, card reader, Aura RGB Chiclet 4 RGB Lighting Keyboard, VR Ready
  • Dual stereo 2 x 3.5W speaker dengan teknologi Smart AMP dan ASUS Sonic Studio Premium Technology, Bang & Olufsen Ice Power
  • Kamera HD Webcam 
  • Baterai 4 Cells Battery, 64 WHrs, 4120mAh
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64
  • Dimensi 39.0(W) x 26.6(D) x 3.01(H) cm berat 2,3Kg
  • Warna Metal Black
  • Sertifikat UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, GOST-R, CB, Energy star, WEEE, RoHS
(Lap/Asus Indonesia)
Anda mungkin suka:Asus ROG G703, Laptop Gaming Super Seharga 60 Juta!

Artikel Terkait Laptophia dot Com Lainnya :

Since © 2015 Laptophia dot Com