eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Xiaomi Redmi 5 Plus Review: Smartphone Kekinian dengan Harga Masuk Akal!

Xiaomi Redmi 5 Plus Review: Smartphone Kekinian dengan Harga Masuk Akal! – Xiaomi yang telah bangkit di pasar Indonesia sejak tahun lalu tampaknya sudah tumbuh begitu pesat dan menjadi brand yang sangat diperhitungkan. Pada kesempatan kali ini Laptophia membahas Xiaomi Redmi 5 Plus review yang tak lain adalah smartphone kelas menengah andalan yang mengusung desain dan fitur kekinian!

Kehadiran smartphone ini beberapa bulan lalu memang sukses menarik perhatian konsumen tanah air karena spesifikasinya yang terbilang gahar dengan harga yang sangat kompetitif. Hal yang menyebalkan dari smartphone Xiaomi Redmi 5 Plus ini adalah hanya tersedia melalui flash sale sejauh ini. Sehebat apakah smartphone kelas menengah andalan Xiaomi ini? Simak ulasan Xiaomi Redmi 5 Plus oleh Laptophia kali ini!

Xiaomi Redmi 5 Plus Review: Smartphone Kekinian dengan Harga Masuk Akal!

Paket Pembelian Xiaomi Redmi 5 Plus

Paket Pembelian Xiaomi Redmi 5 Plus
  • Unit Xiaomi Redmi 5 Plus 3GB/32GB Black
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition: Laptop Gaming Serius

Desain Xiaomi Redmi 5 Plus

Desain Xiaomi Redmi 5 Plus

Desain Xiaomi Redmi 5 Plus
Xiaomi tampaknya bermain aman pada desain smartphone Redmi 5 Plus kali ini. Pabrikan asal Tiongkok ini masih mengadopsi gaya desain Redmi generasi sebelumnya yang dipadukan dengan gaya desain kekinian yang mengusung layar lebar dan bezel yang tipis. Jika dilihat dari sisi belakang, penampilan fisik Xiaomi Redmi 5 Plus ini bahkan tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Redmi Note 4.

Pada Xiaomi Redmi 5 Plus review kali ini, lekukan penampilannya memang terbilang tidak terlalu istimewa dengan bezel kanan dan kiri yang terbilang tipis dan bezel atas dan bawah yang bisa dikatakan agak tebal untuk ukuran smartphone masa kini. Xiaomi Redmi 5 Plus ini dibalut dengan casing berbahan metal unibody yang kokoh dan solid.

Sedangkan sisi depan terpampang layar ponsel Redmi 5 Plus dengan kaca yang melengkung 2.5D dari Corning Gorilla Glass yang menawan. Satu hal yang Laptophia sukai dari Redmi 5 Plus ini adalah dimensinya yang tipis dan sisi kanan dan kiri yang agak melengkung, sehingga sangat nyaman digenggam.

Ukuran ponsel ini memang tak bisa dikatakan kecil, tetapi nyaman digenggam. Build quality Xiaomi Redmi 5 Plus review kali ini terbilang solid, mantap, dan terasa seperti ponsel yang harganya lebih mahal.
Baca juga:Uneed QuickBox M20 20.000mAh Review: Power Bank Quick Charge 3.0 dengan Kapasitas Jumbo
Desain Xiaomi Redmi 5 Plus

Desain Xiaomi Redmi 5 Plus

Pada ulasan Xiaomi Redmi 5 Plus review kali ini sisi depan ponsel terdapat LED flash, ambient light sensor, proximity sensor, earpiece, lubang kamera depan, LED notifikasi, layar full HD+ berukuran 6 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Redmi 5 Plus ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Xiaomi 5 Plus sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass. Tak diketahui versi berapa, tetapi Laptophia memperkirakan adalah Gorilla Glass 3. Laptophia sangat menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di 5 Plus agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Xiaomi 5 Plus ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Xiaomi ini terdapat port audio 3,5mm, microphone, dan infrared blaster.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi 5 Plus ini terdapat lubang kamera, dual-tone LED flash, sensor sidik jari, dan logo Mi. Merek asal Tiongkok pembesut produk flagship Xiaomi Mi MIX 2S ini menempatkan port microUSB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.
Baca juga:Acmic C10Pro 10.000mAh Review: Power Bank dengan Quick Charge 3.0

Video Unboxing Xiaomi Redmi 5 Plus

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Xiaomi Redmi 5 Plus


Software & Fitur Xiaomi Redmi 5 Plus
Sisi perangkat lunak mungkin bisa menjadi keunggulan Xiaomi Redmi 5 Plus review kali ini. Namun, bagi yang kurang menyukai MIUI akan menganggapnya sebagai kelemahan. Agak disayangkan, Xiaomi Redmi 5 Plus ini masih menggunakan basis sistem operasi Android 7.1.2 Nougat dengan balutan antarmuka MIUI 9. Setelah lebih dari sebulan, Laptophia memutuskan untuk melakukan upgrade ke MIUI 9.5 yang ternyata membawa sejumlah fitur baru, perbaikan bug, dan juga peningkatan performa.

Meski MIUI yang diusung oleh Xiaomi Redmi 5 Plus sudah meningkat ke versi paling baru, penampilan antarmukanya tak banyak berubah jika dibandingkan versi sebelumnya menurut Laptophia. Seperti biasa, kita akan disuguhi tampilan antarmuka khas MIUI yang terdiri dari Lockscreen dan Homescreen saja, tanpa kehadiran App Drawer. Semua aplikasi yang terinstal di smartphone kekinian Redmi 5 Plus ini langsung tampil di Homescreen.

Salah satu keunggulan MIUI adalah menu kostumisasinya sangat lengkap. Sebagain orang atau mereka yang sering menggunakan ponsel Xiaomi mungkin agak bosan dengan UI MIUI. Namun, jika memanfaatkan menu kostumisasi yang ada, mungkin tidak akan mudah bosan. Pada Xiaomi Redmi 5 Plus ini, kita dapat mengatur animasi, theme, wallpaper, dan banyak lagi. Hampir setiap elemen MIUI dapat diatur dan kita dapat mengunduh theme atau wallpaper melalui menu yang disediakan, mudah bukan?

Salah satu fitur baru MIUI 9.5 untuk smartphone dengan layar 18:9 seperti Xiaomi Redmi 5 Plus adalah Full Screen Gesture. Jika fitur ini diaktifkan, maka on screen button akan secara otomatis hilang dan digantikan dengan screen gesture.

Beberapa gasture yang bisa kita lakukan adalah swipe dari kiri ke kanan untuk Back, swipe dari bawah ke atas untuk Home atau swipe dari bawah ke atas kemudian tahan untuk mengakses Recent Apps. Kehadiran screen gesture ini ternyata cukup menyenangkan setelah Laptophia terbiasa menggunakannya.

Fitur lain yang disediakan oleh Xiaomi Redmi 5 Plus ini terbilang lengkap, sebut saja Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Lite Mode, App Lock, dual apps, split screen, dan dual space.
Baca juga:Review Asus Zenpower Pocket 6000mAh: Si Kecil yang Bisa Diandalkan!
Dual apps adalah fitur unik yang memungkinkan kita menjalankan dua buah aplikasi sosial media secara bersamaan dengan identitas yang berbeda, sehingg cocok bagi yang memiliki usaha olshop atau bisnis lainnya. Sedangkan Dual Space memungkinkan kita memiliki dua buah Homescreen dengan setting dan menu yang berbeda yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

Aplikasi bawaan pada Xiaomi Redmi 5 Plus review kali ini juga tak terlalu banyak, sebut saja Music, Gallery, Notes, Google Apps, WPS Office, Caping, SwiftKey Keyboard, Facebook, Microsoft Apps (Word, Excel, PowerPoint, Skype), dan PicMix. Cukup standar menurut Laptophia.

Secara umum, MIUI selalu menjadi hal yang menonjol dari ulasan review smartphone Xiaomi, termasuk Redmi 5 Plus. MIUI terkenal dengan tampilannya yanh ciamik, customizable, stabil, dan sarat fitur. Laptophia menilai performa MIUI pada Redmi 5 Plus ini relatif smooth dan harus diakui bahwa konsumsi RAM-nya masih terbilang lumayan banyak.

Benchmark Xiaomi Redmi 5 Plus

CPU-Z Xiaomi Redmi 5 Plus
CPU-Z Xiaomi Redmi 5 Plus
Benchmark AnTuTu v7 Xiaomi Redmi 5 Plus
Benchmark AnTuTu v7 Xiaomi Redmi 5 Plus
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi 5 Plus
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi 5 Plus
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi 5 Plus
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi 5 Plus
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Redmi 5 Plus
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Redmi 5 Plus
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Redmi 5 Plus
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Redmi 5 Plus

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi 5 Plus





Foto Siang Hari




Foto Macro




Foto Malam Hari


Foto Malam Hari dengan LED Flash



Foto Selfie Malam Hari dengan LED flash

Hasil Rekaman Video Xiaomi Redmi 5 Plus


Xiaomi Redmi 5 Plus Review

Xiaomi Redmi 5 Plus Review
Akhirnya kita sampai pada bagian akhir Xiaomi Redmi 5 Plus review! Smartphone ini sebelumnya merupakan salah satu smartphone paling laik beli di kelas Rp 2 juta-an, mengapa? Xiaomi Redmi 5 Plus hadir dengan spesifikasi tinggi setara Redmi Note 4 yang ditandemkan dengan layar kekinian dengan aspek rasio 18:9! Hal yang menyebalkan dari Xiaomi Redmi 5 Plus menurut Laptophia adalah gaya penjualannya yang melalui flash sale yang dinilai menyulitkan konsumen. Selain itu, gaya penjualan seperti ini rawan dimanfaatkan tengkulak untuk kemudian menjualnya lagi dengan harga yang lebih mahal.

Namun saat artikel ini ditulis, Xiaomi Redmi 5 Plus tampaknya dalam masalah serius, mengapa? Asus meluncurkan Zenfone Max Pro M1 yang dibandrol dengan harga yang sama! Kabar buruknya, spesifikasi Asus Zenfone Max Pro M1 ternyata lebih superior dengan SoC Snapdragon 636 yang jauh lebih kencang, baterai lebih besar, dan kamera ganda. Kabar baiknya, ponsel besutan Asus tersebut dijual melalui flash sale juga, sehingga sama-sama susah didapat. Meski demikian, Xiaomi Redmi 5 Plus ini masih tetap bisa dan laik dijadikan pilihan.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5A Prime Review: Cocok untuk Penggemar Selfie

Layar

Spesifikasi layar menjadi fitur pembeda antara Xiaomi Redmi 5 Plus dengan Redmi Note 4. Spesifikasi kedua ponsel ini memang sangat mirip kecuali pada layarnya. Redmi 5 Plus sudah mengusung layar full screen atau layar kekinian dengan aspek rasio 18:9 dengan resolusi Full HD+. Tak sampai disitu, sudut layar ponsel ini ternyata tidak tajam, melainkan akan membulat. Selain itu, layar Xiaomi Redmi 5 Plus dilapisi kaca antigores dari Corning Gorilla Glass (kemungkinan versi 3) yang melengkung 2.5D.

Kualitas layar Xiaomi Redmi 5 Plus ini termasuk mantap di kelasnya. Warna yang dihasilkan bisa memanjakan mata, kontras yang cukup baik, tajam, dan tingkat kecerahan yang cukup. Resolusi full HD+ yang diusungnya membuat tampilan ikon dan font begitu halus dan tidak pixelated. Sudut pandang atau viewing angle layarnya terbilang sangat luas dan respon touchscreen-nya terbilang gegas. Saat digunakan dibawah sinar matahari, auto brightness cukup responsif tetapi performanya standar saja.

Performa

Sisi performa memang salah satu yang diunggulkan pada Xiaomi Redmi 5 Plus review kali ini dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 625 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB atau 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 506.

Laptophia menilai kinerja Xiaomi Redmi 5 Plus ini tak jauh berbeda dengan Redmi Note 4 karena mengusung spesifikasi yang sama. Ponsel ini sudah sangat nyaman untuk menangani sosial media intensif dengan banyak aplikasi sosial media terinstal, gaming, dan juga komunikasi sehari-hari. Selama sebulan lebih penggunaan, Laptophia hampir tidak pernah mengalami lag yang mengganggu karena kinetjanya sangat smooth. Buka tutup aplikasi berjalan lancar.

Saat digunakan untuk memainkan game tiga dimensi, Xiaomi Redmi 5 Plus ini masih cukup mumpuni berkat dukungan GPU dari Adreno 506. Saat digunakan dalam waktu lama, Redmi 5 Plus ini sama sekali tidak panas, melainkan hanya hangat saja. Hal ini tak lepas dari karakter SoC Snapdragon 625 yang dingin dan hemat energi.
Baca juga:Xiaomi Redmi 5A Review: Penghancur Harga Smartphone Murah

Kamera

Pada Xiaomi Redmi 5 Plus review kali ini, kamera utama yang diusung adalah resolusi 12 megapiksel dengan sensor OmniVision OV12A10 berukuran 1/2.9 inci 1.25um piksel ditandemkan dengan lima elemen lensa aperture f/2.2 yang dilengkapi dengan fitur phase-detection autofokus dan LED flash. Ini sensor yang sama dengan yang digunakan oleh Xiaomi Mi A1.

Redmi 5 Plus ini diklaim lebih cemerlang saat kondisi kurang cahaya dengan ukuran piksel lebih besar. Xiaomi Redmi 5 Plus dibekali dengan kamera depan yang setara dengan Redmi 5 yang berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor OmniVision OV5675 yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur Beautify untuk foto selfie dan video call.

Secara umum, kemampuan kamera belakang smartphone Xiaomi Redmi 5 Plus ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Hal ini tak lepas dari pemilihan sensor yang lebih besar, meski resolusinya sedikit menyusut dari seri sebelumnya. Foto yang dihasilkan pada siang hari relatif tajam, warnanya cukup akurat tetapi kadang agak bluish, detail baik, dan dynamic range-nya biasa saja. Mode HDR siap diaktifkan jika membutuhkan dynamic range yang lebih luas.

Ketika Laptophia menggunakan Redmi 5 Plus untuk memotret macro, ternyata kecepatan fokusnya terbilang cepat dan lumayan akurat. Foto macro yang dihasilkan sekali lagi tidak mengecewakan. Foto yang dihasilkan memiliki tingkat detail yang baik di kelasnya, fokus yang akurat, dan efek bokeh yang mantap. Penggemar foto macro dengan dana terbatas bisa memilih Redmi 5 Plus ini.

Saat digunakan memotret pada malam hari, detail foto yang dihasilkan merosot drastis, noise bermunculan, dan fokus melambat. Meski demikian, ini lebih baik ketimbang Redmi seri sebelumnya dan masih bisa diandalkan. Dual-tone LED flash yang diusung pada Xiaomi Redmi 5 Plus review terbilang cukup terang dan sangat membantu saat memotret di tempat minim cahaya.

Kemampuan foto selfie Xiaomi Redmi 5 Plus ini terbilang biasa saja dengan foto yang dihasilkan cukup baik, warna mendekati akurat, dan berkarakter soft. Hadirnya LED flash depan sangat membantu untuk berselfie ria di tempat minim cahaya.

Audio

Xiaomi Redmi 5 Plus dibekali dengan sebuah loudspeaker yang berlokasi di sisi bawah ponsel. Speakernya mampu menghasilkan suara yang cukup kencang. Saat Laptophia memutar lagu Over It besutan Bullet For My Valentine, kualitas suaranya cukup bagus untuk kelas speaker bawaan dan treble tidak mendominasi. Suara bass cukup terdengar dan vokal yang sangat jelas.

Laptophia kemudian menjajal kemampuan Xiaomi Redmi 5 Plus untuk mendengarkan lagu-lagu dari album The Sin And The Sentence milik Trivium. Keluaran suaranya terbilang mantap. Bass terdengar cukup dalam, mid bass terdengar dengan baik, dan treble juga terdengar cukup detail. Suara vokal Matt Heafy juga terdengar begitu jelas dan detail, baik saat screaming atau clean vokal.

Baterai

Xiaomi Redmi 5 Plus review pada sisi baterai ini terbilang cukup baik. Ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4000mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Daya tahan baterai Redmi 5 Plus ini agak mirip dengan Redmi Note 4.

Ini tak lepas dari kapasitas baterai dan SoC yang sama. Namun, Xiaomi Redmi 5 Plus ini sedikit lebih boros karena ukuran layarnya yang lebih besar. Secara umum, baterai Redmi 5 Plus ini tahan seharian penuh dengan pola penggunaan sosial media intensif, kamera, dan juga streaming video.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 5A Review: Smartphone Terbaik di Kelas 1,5 Juta!

Memori

Smartphone menengah kekinian Xiaomi Redmi 5 Plus ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 23,31GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,3 – 1,5GB.

Kesimpulan

Secara umum, Xiaomi Redmi 5 Plus adalah salah satu smartphone kekinian yang solid dan pilihan bagi konsumen yang membutuhkan ponsel all-arounder yang mantap. Kinerjanya sudah lebih dari cukup untuk menangani pelbagai tugas, kamera yang bisa diandalkan, layar 18:9 yang kekinian, dan fitur yang terbilang lengkap. Dibalik desain tipis dengan build quality mantap, tersimpan juga daya tahan baterai yang bisa diandalkan.
Sayangnya, Xiaomi Redmi 5 Plus ini tidak dilengkapi dengan fitur kekinian seperti Face Unlock. Selain itu, Redmi 5 Plus masih mengusung slot model hybrid, sehingga pengguna harus memilih antara dual SIM aktif atau single SIM + microSD. Ketersediaan Xiaomi Redmi 5 Plus ini masih terbatas melalui flash sale dan jika dijumpai di pasar offline, harganya lebih mahal.

Keunggulan Xiaomi Redmi 5 Plus

  • Desain kekinian dengan layar 18:9
  • Kinerja bersaing di kelasnya
  • Kamera bisa diandalkan
  • Fitur lengkap

Kelemahan Xiaomi Redmi 5 Plus

  • Belum dilengkapi fasilitas Face Unlock
  • Dijual melalui flash sale
  • Hybrid slot

Harga Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus merupakan smartphone kekinian yang cukup mumpuni untuk menangani kebutuhan komunikasi masa kini atau salah satu smartphone all-arounder yang laik diperhitungkan. Harga resmi Xiaomi Redmi 5 Plus varian 3GB/32GB yang Laptophia review adalah Rp 2.199.000. Sedangkan varian Redmi 5 Plus yang lebih tinggi atau 4GB/64GB adalah Rp 2.699.000. Berdasarkan hasil Xiaomi Redmi 5 Plus review yang telah Laptophia lakukan, smartphone ini mampu menunjukkan performa yang baik dengan kemampuan kamera yang lebih baik ketimbang Redmi generasi sebelumnya.

Sebulan lebih Laptophia menggunakan smartphone Redmi 5 Plus andalan Xiaomi ini sebagai smartphone utama dan hasilnya memang memuaskan, minim keluhan. Meski menunjukkan hasil review yang baik, Xiaomi Redmi 5 Plus ini memiliki musuh tangguh dari brand Asus, yakni Zenfone Max Pro M1 yang dijual dengan harga yang sama. Secara umum, Xiaomi Redmi 5 Plus ini masih memiliki daya saing di kelasnya. Namun, jika harganya dipangkas akan lebih kompetitif lagi.
Anda dapat memesan atau cek promo Xiaomi Redmi 5 Plus di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus

  • Sistem Operasi Android 7.1.2 Nougat dengan antarmuka MIUI 9
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953  dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 2GHz
  • Grafis Adreno 506
  • Kamera 12 megapiksel, sensor OmniVision OV12A10 1/2.9 inci 1,25um piksel, aperture f/2.2, phase-detection autofokus dengan dilengkapi dual-tone LED flash. Kamera depan 5 megapiksel aperture f/2.0, sensor OmniVision OV5675, fixed focus
  • Layar sentuh 5,99 inci 2.5D, aspek rasio 18:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2160 pixels, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 3GB atau 4GB, ROM 32GB atau 64GB, dilengkapi slot microSD max 128GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 158.5 x 75.5 x 8.1 mm dengan berat 180 gram
  • Baterai 4000mAh non-removable
  • Warna Black, Gold, Light Blue, dan Rose Gold
Anda mungkin suka:Review Infinix Hot S3 X573: Smartphone Selfie Killer dengan OS Android Oreo