eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Hands On Review Samsung Galaxy Note 9: Mengesankan, Tapi…

Hands On Review Samsung Galaxy Note 9: Mengesankan, Tapi… – Smartphone flagship Samsung Galaxy Note 9 sacara resmi telah diperkenalkan di Indonesia dan sudah tersedia di toko online terkemuka maupun retail offline tanah air. Samsung Galaxy Note 9 merupakan salah satu smartphone flagship yang paling dinantikan pengguna saat ini. Penampilan fisik yang ditawarkannya sekilas memang tak jauh berbeda dengan Galaxy Note 8 yang tak lain adalah pendahulunya.

Meski demikian, smartphone ini hadir dengan peningkatan spesifikasi yang terbilang signifikan, sebut saja dukungan SoC Samsung Exynos 9810 terbaru yang menawarkan performa tinggi, baterai berkapasitas besar, kamera yang lebih mumpuni, dan banyak lagi. Beberapa waktu lalu tim Laptophia berkesempatan untuk menjajal smartphone canggih Samsung Galaxy Note 9 dan impresinya sangat mengesankan, tapi hal tersebut harus dibayar dengan harganya yang terbilang tinggi. Berikut ini adalah ulasan hands on review Samsung Galaxy Note 9 secara singkat.

Paket Pembelian Samsung Galaxy Note 9

  • Unit Samsung Galaxy Note 9
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • Adaptor USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Headset Tuned by AKG
  • Eartips
  • Manual
  • Kartu garansi

Desain Samsung Galaxy Note 9

Desain Samsung Galaxy Note 9

Desain Samsung Galaxy Note 9

Pada hands on review Samsung Galaxy Note 9 kali ini, sisi desain tampaknya bukan hal yang istimewa. Sekilas, Laptophia melihat desain fisik dari Samsung Galaxy Note 9 ini tidak jauh berbeda dengan Galaxy Note 8 dengan bentuk kotak bersudut agak rounded. Namun jika dicermati lebih mendalam, ada beberapa perubahan yang dilakukan oleh Samsung, salah satunya adalah bezel atas dan bawah yang lebih tipis. Sedangkan bezel kanan dan kiri Galaxy Note 9 nyaris tidak ada karena desain layarnya yang agak melengkung pada kedua sisinya.

Ukuran layar smartphone Galaxy Note 9 andalan Samsung ini sedikit lebih besar dari Galaxy Note 8, tetapi tidak ada perubahan dimensi yang berarti. Saat pertama kali menggenggam smartphone Samsung Galaxy Note 9, Laptophia merasakan aura kemewahan. Ponsel ini terasa cukup premium dan nyaman digenggam. Samsung Galaxy Note 9 ini mengusung casing berbahan kaca pada sisi depan dan belakang, serta dipadukan dengan frame metal yang kokoh. Sayangnya, material metal membuat Samsung Galaxy Note 9 ini terasa licin dan rawan slip.
Baca juga:Honor 7A Review: Kamera Ganda dengan Harga Masuk Akal
Desain Samsung Galaxy Note 9

Desain Samsung Galaxy Note 9

Pada hands on review Samsung Galaxy Note 9 kali ini, sisi depan terdapat kamera depan untuk selfie, earpiece, proximity dan ambient light sensor, diikuti IR illuminator, dan sebuah RGB status LED. Sisi kiri terdapat tombol volume rocker dan tombol Bixby. Sedangkan sisi kanan terdapat tombol power. Samsung telah mengadopsi on-screen button pada Galaxy Note 9, sehingga tidak dilengkapi dengan tombol kapasitif di bawah layarnya.

Sedangkan sisi belakang Samsung Galaxy Note 9 ini terdapat dua buah kamera yang tersusun secara horizontal, LED flash, fingerprint sensor, dan logo Samsung. Sedangkan pada sisi atas terdapat microphone dan slot hybrid. Sedangkan pada sisi bawah Samsung Galaxy Note 9 terdapat microphone, port USB Type-C, loudspeaker, port audio 3,5mm, dan juga tempat untuk menyimpan S-Pen.

Mengenal Samsung Galaxy Note 9

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 9 memang gahar, sebut saja layar sentuh yang melengkung di kedua sisinya berukuran 6,4 inci berteknologi Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) fleksibel dengan resolusi Quad High Definition (QHD) 2960 x 1440 piksel menawarkan kerapatan mencapai 516 piksel per inci. Tak hanya itu, layar ponsel 4G flagship canggih ini dilindungi oleh lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 5. Galaxy Note 9 ini mengandalkan OS Android 8.1 Oreo dengan Samsung Experience UI.
Mengenal Samsung Galaxy Note 9

Kelebihan utama yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note 9 ini adalah dilengkapi dengan stylus S Pen untuk mengakomodasi kreativitas dan produktifitas pengguna. S Pen ini lebih canggih dari sebelumnya karena bisa digunakan sebagai remote saat melakukan presentasi.

Smartphone Samsung Galaxy Note 9 ini dilengkapi dengan kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikat IP68. Selain itu, Samsung juga membekali duo flagship canggih ini dengan fitur Iris Scanner, Face Recognition, dan asisten cerdas Bixby. Tombol Home virtual Galaxy Note 9 ini telah mendukung 3D Touch.

Sektor dapur pacu, baik Samsung Galaxy Note 9 yang beredar di Indonesia berdasarkan informasi Laptophia Blog mengandalkan SoC (System on Chip) Samsung Exynos 9810 yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari quad-core ARM Cortex A55 dengan kecepatan 1,8Ghz dan quad-core Mongoose M3 dengan kecepatan 2,7GHz, serta didukung RAM 6GB atau 8GB jenis LPDDR4X. Sisi grafis, keduanya cukup mumpuni dengan mengandalkan dukungan GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G72 MP18.
Baca juga:Aukey PB-N15 20.000mAh Review: Fitur Lengkap dengan Kapasitas Besar!
Sisi kamera, smartphone canggih Samsung Galaxy Note 9 mengandalkan dukungan dua buah kamera utama dengan resolusi 12 megapiksel dengan sensor 1/2,5 inci 1,4um piksel, berteknologi Dual Pixel phase-detection autofokus dengan lensa 26mm aperture variabel  f/1.5 - f/2.4, LED flash, dan didukung OIS (Optical Image Stabilization).

Sedangkan kamera kedua Galaxy Note 9 berfungsi sebagai telephoto mengusung resolusi 12 megapiksel dengan sensor 1/3.6 inci 1um piksel ditandemkan dengan lensa 52mm aperture f/2.4, OIS, dan memiliki kemampuan autofokus. Kombinasi keduanya mampu menghadirkan kemampuan 2x optical zoom, portrait mode, dan banyak lagi.

Tak hanya itu, Samsung Galaxy Note 9 juga diperkuat kamera depan dengan resolusi 8 megapiksel dengan sensor 1/3.6 inci 1.22um piksel ditandemkan lensa aperture f/1.7 yang didukung fitur autofokus untuk foto selfie dan video call.

Kedua smartphone ini mengandalkan memori internal atau ROM berkapasitas 128GB atau 512GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 2TB hybrid slot. Smartphone ini dilengkapi sensor sidik jari pada sisi belakangnya. Samsung Galaxy Note 9 dibekali dengan baterai berkapasitas lebih besar dari pendahulunya, yakni 4000mAh dan mendukung fitur fast charging untuk mencukupi kebutuhan dayanya.

Hands On Review Samsung Galaxy Note 9

Hands On Review Samsung Galaxy Note 9

Bagaimana impresi awal Samsung Galaxy Note 9? Setelah menjajal smartphone Samsung Galaxy Note 9 ini, Laptophia sangat terkesan dengan kemampuannya. Ukuran atau dimensi fisik smartphone Samsung Galaxy Note 9 ini memang agak bongsor, tetapi tidak terlalu tebal. Hal ini masih sangat mendukung kenyamanan saat menggenggamnya atau memasukkannya ke dalam saku. Build quality Samsung Galaxy Note 9 ini terbilang sangat solid, terasa kuat, dan terkesan premium.

Layar merupakan salah satu bagian yang paling menonjol dari smartphone Samsung Galaxy Note 9. Masih mengandalkan layar sentuh dengan aspek rasio 18,5:9 yang mengusung teknologi Super AMOLED dengan resolusi Quad HD+. Laptophia langsung jatuh hati dengan layarnya yang sangat colorful alias gonjreng-gonjreng! Tak hanya itu, layar ponsel ini mampu menghasilkan warna hitam yang pekat di kelasnya khas teknologi AMOLED. Viewing angle yang ditawarkan terbilang luas, respon sentuhnya gegas, dan cukup terang. S Pen juga dapat digunakan dengan sangat nyaman dan siap menyalurkan kreativitas pengguna.

Performa juga menjadi salah satu keunggulan dari smartphone Samsung Galaxy Note 9 dengan mengandalkan SoC terbaru ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas besar. Laptophia memang tidak terlalu lama menggunakan dan menjajal Samsung Galaxy Note 9 ini, tetapi impresi performa yang Laptophia rasakan sangat responsif, nyaman, dan tidak pernah lag. Tentunya diperlukan review yang lebih mendalam untuk mengetahui performa sebenarnya dari ponsel canggih Samsung Galaxy Note 9 ini.
Baca juga:Eggel Terra XL Review: Solid Waterproof Outdoor Bluetooth Speaker!
Sisi kamera, sebenarnya sepsifikasikamera belakang dan depan Samsung Galaxy Note 9 ini tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya. Terlepas dari hal tersebut, kamera ponsel andalan Samsung ini dilengkapi dengan fitur yang terbilang sangat lengkap, sebut saja Live Focus, Pro mode, Panorama, dan banyak lagi. Laptophia kemudia menjajal mengambil beberapa foto menggunakan kamera belakang Samsung Galaxy Note 9, hasilnya? Sangat memuaskan meski dilingkungan indoor yang cahayanya kurang optimal.

Video hands On Samsung Galaxy Note 9

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy Note 9

1x Zoom

2x Zoom



Foto Indoor

Foto Macro
Foto selfie
Foto selfie dengan mode portrait

Kelebihan Samsung Galaxy Note 9

  • Kinerja tinggi
  • Fitur sangat lengkap
  • S Pen multifungsi
  • Kamera mumpuni

Kekurangan Samsung Galaxy Note 9

  • Harga tinggi

Harga Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9 merupakan salah satu smartpone flagship paling bergengs saat ini dengan fitur dan spesifikasi yang terbilang dahsyat. Harga Samsung Galaxy Note 9 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah mulai Rp 13.499.000 untuk varian 6GB/128GB. Sedangkan harga Samsung Galaxy Note 9 varian tertinggi 8GB/512GB lebih mahal, yakni Rp 17.999.000. Harga yang ditawarkan oleh smartphone flagship andalan Samsung ini memang terbilang cukup tinggi, tetapi sebenarnya cukup masuk akal.

Berdasarkan hasil hands on review yang telah Laptophia lakukan, dukungan kinerja tinggi dari SoC Samsung Exynos 9810 berkinerja tinggi, layar yang superior, hadirnya stylus S Pen yang sangat mendukung kreativitas, kamera yang mumpuni, dan baterai berkapasitas besar menjadi daya tarik utama Samsung Galaxy Note 9 menurut Laptophia. Secara umum, Samsung Galaxy Note 9 cukup laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan smartphone flagship berkinerja tinggi dan kaya fitur.
Anda ddapat membeli atau cek harga Samsung Galaxy Note 9 DI SINI (KLIK) atau DI SINI (KLIK)

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 9

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Samsung Experience UI
  • Chipset Samsung Exynos 9810 dengan prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari quad-core ARM Cortex A55 1,8Ghz dan quad-core Mongoose M3 2,7GHz
  • Grafis Mali-G72 MP18
  • Dual Kamera 12 megapiksel Dual Pixel phase-detection autofokus, sensor 1/2.55 inci 1,4um piksel, lensa 26mm aperture f/1.5 – f/2.4, dilengkapi LED flash, OIS. Telephoto kamera 12 megapiksel, 1/3.4 inci 1um piksel, lensa 52mm aperture f/2.4, OIS, autofokus
  • Kamera depan 8 megapiksel, sensor 1/3.6 inci 1,22um piksel aperture f/1.7, autofokus
  • Layar lengkung dual-edge 6,4 inci, dengan resolusi Quad HD 2960 x 1440 pixels, kerapatan 516 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, Super AMOLED, dilindungi Gorilla Glass 5, HDR10, Always On Display, Stylus S Pen
  • Memori RAM 6GB atau 8GB, memori internal 128GB atau 256GB dilengkapi microSD maksimal 2TB (Hybrid Slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, GLONASS, GPS, Samsung Pay, Fast Wireless Charging, NFC, fingerprint sensor, Iris Scanner, speaker stereo
  • Tahan air dan debu dengan sertifikat IP68
  • Dimensi 161.9 x 76.4 x 8.8 mm dan berat 201 gram
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Baterai 4000mAh lithium ion non-removable, fast charging
Anda mungkin suka:Xiaomi Redmi Note 5 Review: Smartphone Terbaik di Kelasnya!