IBX582004D475488 Review Nakamichi N7, IEM Suara Jernih dengan Bass yang Mantap!

Review Nakamichi N7, IEM Suara Jernih dengan Bass yang Mantap!



Review Nakamichi N7, IEM Suara Jernih dengan Bass yang Mantap! – Nakamichi N7 adalah sebuah headset IEM atau In Ear Monitor yang tampil dengan desain housing yang unik. Nama Nakamichi sendiri tentunya sudah cukup dikenal di Indonesia. Pabrikan asal Jepang ini memang terkenal fokus dengan jajaran produk audio, seperti headset, headphone, soundbar, speaker, dan sebagainya. Nakamichi memiliki rangkaian headset jenis IEM yang sudah masuk pasar tanah air, salah satunya adalah seri Nakamichi N7 ini. Unit Nakamichi N7 telah mendarat di Laptophia sejak tiga minggu lalu.

Nakamichi N7 ini memang tampil beda dengan desain ‘berekor’ yang unik. Headset IEM Nakamichi N7 ini tampaknya mengunggulkan dukungan bass yang mantap dengan mengusung tagline Super Defined Bass. Bagi sebagian orang, bass menjadi indikator bagus tidaknya sebuah headset. Namun, sebenarnya ada banyak sektor yang menjadi parameter kualitas sebuah headset. Kejernihan, soundstage, detail musik, dan kenyamanan juga menjadi tolok ukur kualitas headset. Lalu sehebat apakah headset ini? Simak review Nakamichi N7 oleh tim Laptophia kali ini!
Review Nakamichi N7, IEM Suara Jernih dengan Bass yang Mantap!

Paket Pembelian Nakamichi N7

Paket Pembelian Nakamichi N7
  • Unit Nakamichi N7 Gold
  • Dua eartips tambahan
  • Pouch
Baca juga:Soundmagic E10C Review: Headset IEM Terbaik di Kelasnya

Desain Nakamichi N7

Desain Nakamichi N7

Desain Nakamichi N7

Desain Nakamichi N7

Sisi desain ini bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangan pada review Nakamichi N7 oleh tim Laptophia kali ini. Harus diakui bahwa Nakamichi N7 tampil dengan konsep desain yang sangat berbeda dari kebanyakan IEM yang beredar saat ini. Bentuk housing headset besutan pabrikan asal Jepang ini dihiasi lekukan detail dengan sudut yang tajam. Sekilas, desain housing Nakamichi N7 ini mirip seperti mobil balap F1.

Headset IEM Nakamichi N7 ini tersedia dalam beberapa varian warna, tetapi unit yang Laptophia terima berwarna Gold. Warna emas atau gold di headset ini dipadukan secara apik dengan warna hitam sehingga keduanya tampak saling mengisi dengan finishing yang mengkilap. Housing headset Nakamichi N7 ini terbuat dari metal yang terasa kokoh dan kuat. Meski menggunakan bahan metal, headset Nakamichi N7 ini tetap ringan dan nyaman saat menempel di telinga.

Meski pada review Nakamichi N7 kali ini desain tampak cukup menonjol, tetapi sebenarnya memiliki kelemahan yang membuatnya kurang nyaman digunakan. Bagian ekor housing Nakamichi N7 ini mengusung sudut yang tajam dan agak panjang. Sudut tajam ini akan mentok atau bergesekan dengan daun telinga bagi yang memiliki telinga berukuran kecil. Beruntung, daun telinga tim Laptophia agak besar sehingga sudut tajam tersebut tidak selalu menggores kulit. Headset ini juga tidak memiliki penanda kanan dan kiri.
Desain Nakamichi N7

Desain Nakamichi N7
Baca juga:Review Xiaomi Mi In-Ear Headphones Basic, Headset di Bawah 100 Ribu Terbaik
Headset Nakamichi N7 ini dibekali dengan microphone dan sebuah tombol. Meski hanya dibekali dengan sebuah tombol saja, tetapi satu tombol ini memiliki banyak fungsi. Jika dipencet sekali, maka tombol tersebut akan berfungsi sebagai play atau pause. Sedangkan dipencet dua kali akan menjadi next track dan menjadi previous track ketika dipencet tiga kali. Nakamichi N7 dibekali dengan jack 3,5mm yang bentuknya lurus atau straight.

Review Nakamichi N7

Review Nakamichi N7

Tim Laptophia telah menggunakan headset Nakamichi N7 ini selama kurang lebih tiga minggu dengan DAP Fiio M3k sebagai media utama untuk mendengarkan musik. Nakamichi memang cukup dikenal sebagai produsen perangkat audio, tak heran mampu menghasilkan produk headset yang berkualitas. Ini senada dengan impresi awal headset Nakamichi N7 yang menarik dan cukup meyakinkan dengan build quality yang solid.

Pada review Nakamichi N7 kali ini, Laptophia menggunakan setup utama sebuah DAP Fiio M3K dengan lagu yang berformat flac. Selain itu, tim Laptophia juga menggunakan smartphone Xiaomi Mi 9T, Realme 5 Pro, dan Samsung Galaxy M30 sebagai pembanding, sekaligus menguji kompatibilitasnya.

Kualitas Suara

Spesifikasi headset Nakamichi N7 ini sekilas tampak biasa saja dengan mengandalkan sebuah single dynamic driver berukuran 9mm. Sesuai tagline yang diusung, headset Nakamichi N7 ini memang mengandalkan bass yang kuat sebagai daya tarik utamanya. Karakter suara headset ini memang agak warm dan mungkin agak v-shaped, tetapi masih menawarkan clarity yang baik dan sajian yang cukup detail di mid dan high.

Laptophia menjajal lagu Dedicated dan Lying From You dari Linkin Park, suara bass yang dihasilkan memang cukup kuat, bulat, dan mendalam. Meski demikian, Laptophia merasa bass-nya sedikit boomy. Ini mungkin disebabkan jenis lagu yang diputar. Ketika memainkan track Kirisute Gomen dari Trivium, dentuman bass maupun dobel pedal bass pada bagian intro terdengar cukup jelas, detail, dan cukup proporsional.

Sedangkan untuk mid memang terasa kurang menggigit dan suara vokal terdengar sedikit agak mundur. Hal ini Laptophia rasakan saat mendengarkan lagu Sever The Hands dari Trivium yang mana suara Matt Heafy terasa kurang gahar, kurang bertekstur, bahkan suara screaming terdengar kurang kasar. Sedangkan suara vokal wanita terasa lebih baik dan detail, meski belum seperti yang Laptophia harapkan. Hal ini Laptophia rasakan saat memutar Here’s My Hell dari ReVamp.
Baca juga:Review Harman Kardon Onyx Studio 3, Suara Paling Mantap di Kelasnya!
Pada review Nakamichi N7 kali ini, IEM besutan Jepang ini mampu menghasilkan high atau treble yang cukup detail, tetapi cenderung smooth. Treble terasa cukup nyaman untuk mendengarkan lagu dalam waktu lama. Saat meminkan lagu Master of Puppets milik Metallica, tim Laptophia sangat menikmatinya.

Soundstage headset Nakamichi N7 ini tidak terlalu luas, tetapi cukup mendalam. Alunan efek stereo kanan dan kiri dapat dirasakan dengan baik saat mendengarkan lagu seperti Nobody’s Listening milik Linkin Park yang mana suara efek vokalnya berjalan dari kanan ke kiri dengan smooth menyenangkan. Separasi antar instrumen di Nakamichi N7 ini cukup baik, tetapi belum bisa dikatakan istimewa.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Laptophia menjajal headset Nakamichi N7 ini dengan beberapa perangkat, seperti DAP Fiio M3k, Xiaomi Mi 9T, Realme 5 Pro, Samsung Galaxy M30, dan laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Headset andalan Nakamichi ini berjalan dengan baik tanpi ada masalah kompatibilitas. Tombol kontrol ini tidak berfungsi di DAP Fiio M3k.

Nakamichi N7 sendiri sebenarnya cukup nyaman digunakan untuk menengarkan musik dalam waktu lama, namun ekornya yang tajam kadang membuat telinga tidak nyaman. Sedangkan eartips bawaan headset besutan vendor asal Jepang ini memiliki kualitas yang cukup baik dan mampu mereduksi suara dari luar.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil review Nakamichi N7 yang telah dilakukan oleh tim Laptophia, headset ini menawarkan kualitas suara yang baik dengan bass yang mantap. Mungkin Nakamichi N7 ini salah satu headset yang cocok untuk basshead, tanpa mengabaikan detail dan clarity di sektor lainnya. Sayangnya, desain housing Nakamichi N7 yang tajam membuatnya kurang nyaman bagi yang memiliki telinga kecil. Secara umum, Nakamichi N7 merupakan IEM berkualitas yang laik dipertimbangkan.

Kelebihan Nakamichi N7

  • Clarity baik
  • Bass mantap
  • Harga bersaing

Kekurangan Nakamichi N7

  • Tidak ada keterangan kanan dan kiri
  • Ekor housing lancip, kurang nyaman kena telinga

Harga Nakamichi N7

Nakamichi N7 merupakan sebuah headset model IEM yang menawarkan kualitas suara yang baik dengan bass yang mantap di kelasnya. Harga headset Nakamichi N7 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka adalah Rp 429.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar dan promo yang berlaku. Berdasarkan hasil review Nakamichi N7 yang dilakukan tim Laptophia, headset ini menunjukkan performa dan kualitas yang baik di kelasnya.

Bass yang bulat dan kuat menjadi salah satu daya tarik dari headset IEM Nakamichi N7 ini. Meski bass yang dihasilkan memang jempolan, Nakamichi N7 masih tetap dapat menjaga kejernihan dan detail musik yang disajikan. Hanya saja desain ekor housing yang lancip memang kurang nyaman, terutama bagi yang memiliki ukuran telinga kecil. Secara umum, Nakamichi N7 laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan headset IEM dengan kualitas suara yang baik dengan bass yang mantap.
Anda dapat membeli atau cek promo Nakamichi N7 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Nakamichi N7

  • Model: Nakamichi N7
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe single driver dinamis
  • Speaker Impedansi: 16 ohm
  • Sensitivitas 108 dB +/-2dB
  • Maximum input power  100 mW
  • Rated power input 3mW
  • Berat: 4,5 gram
  • Diameter driver 9 mm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 20Hz-20.000Hz
  • Dilengkapi microphone
  • Dilengkapi 3 ukuran eartips (S/M/L)
  • Kabel standar, tidak dilengkapi Sleeve
Anda mungkin suka:Review Pioneer SE-QL2T, Headset Murah Cocok untuk Penyuka Bass

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!