IBX582004D475488 Review Harman Kardon Onyx Studio 3, Suara Paling Mantap di Kelasnya!

Review Harman Kardon Onyx Studio 3, Suara Paling Mantap di Kelasnya!



Review Harman Kardon Onyx Studio 3, Suara Paling Mantap di Kelasnya! – Harman Kardon bukanlah nama yang asing di dunia audio dan saat ini telah memiliki beberapa lini produk speaker bluetooth. Salah satu produk mereka yang telah mendarat di markas Laptophia adalah Harman Kardon Onyx Studio 3. Speaker Harman Kardon Onyx Studio 3 ini memang bukan seri baru karena pertama kali dirilis Mei 2016 silam. Bahkan saat ini telah hadir penerusnya dan sudah masuk pasar Indonesia dengan desain dan spesifikasi yang mirip, yakni Harman Kardon Onyx Studio 4.

Lalu apakah Harman Kardon Onyx Studio 3 masih layak dibeli? Tim Laptophia menilai Harman Kardon Onyx Studio 3 ini masih merupakan salah satu speaker bluetooth yang layak untuk dibeli dengan dua pertimbangan, yakni kualitas suara dan harga. Impresi awal, kualitas suara speaker bluetooth Harman Kardon Onyx Studio 3 ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Harga speaker Harman Kardon Onyx Studio 3 ini sudah jauh menurun jika dibandingkan dengan harganya saat pertama kali dirilis. Penasaran? Simak review Harman Kardon Onyx Studio 3 oleh tim Laptophia kali ini!
Review Harman Kardon Onyx Studio 3, Suara Paling Mantap di Kelasnya!

Paket Pembelian Harman Kardon Onyx Studio 3

Paket Pembelian Harman Kardon Onyx Studio 3
  • Unit Harman Kardon Onyx Studio 3 Black
  • Adapter charger
  • Empat jenis kabel power
  • Safety sheet
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Xiaomi Mi Compact Bluetooth Speaker 2, Mungil dan Kencang!

Desain Harman Kardon Onyx Studio 3

Desain Harman Kardon Onyx Studio 3

Desain Harman Kardon Onyx Studio 3

Salah satu daya tarik pada review Harman Kardon Onyx Studio 3 kali ini adalah sektor desain. Harman Kardon tampaknya tak ingin speakernya hanya mengunggulkan suara bagus tanpa desain yang unik dan revolusioner seperti seri Onyx Studio 3 ini. Speaker bluetooth Harman Kardon Onyx Studio 3 ini hadir dengan bentuk bulat yang sekilas mirip kancing kemeja dengan ukuran yang besar. Pada sisi belakang terdapat dua kaki yang berperan sebagai sandaran.

Unit Harman Kardon Onyx Studio 3 ini dilapisi material kanvas yang cukup lembut dan terasa cukup tebal pada sisi depan. Sedangkan pada sisi belakang, speaker besutan Harman Kardon ini menggunakan lapisan kulit sintetis yang terasa kesat saat disentuh. Sementara pada bagian pinggir speaker Harman Kardon Onyx Studio 3 ini terbuat dari material karet yang cukup solid dan kuat. Sisi belakang juga terdapat cekungan yang berfungsi sebagai pegangan tangan saat membawa speaker ini kemana-mana.

Ukuran speaker Harman Kardon Onyx Studio 3 ini cukup besar dan cukup berat, yakni 2kg. Hal ini jelas membuat speaker bluetooth andalan Harman Kardon ini kurang cocok untuk mendukung mobilitas, misalnya dibawa piknik atau menemani perjalanan di kereta. Hal ini diperparah dengan konsep desain Harman Kardon Onyx Studio 3 yang memang didesain untuk stand dengan dua buah kaki di sisi belakang yang tidak bisa dilipat. Secara umum, build quality Harman Kardon Onyx Studio 3 ini cukup solid, kuat, dan terasa mewah.
Desain Harman Kardon Onyx Studio 3

Desain Harman Kardon Onyx Studio 3
Baca juga:AKG S30 Review: Speaker Bluetooth dengan Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya
Pada review Harman Kardon Onyx Studio 3 kali ini, sisi depan hanya terdapat speaker grill berbentuk bulat dengan logo Harman Kardon dengan warna krom. Sementara pada sisi kanan, kiri, dan sisi bawah speaker ini tidak ada tombol atau port apapun. Sedangkan sisi atas terdapat tombol Bluetooth, phone, volume minus, volume plus, dan tombol power.

Sedangkan pada sisi belakang speaker bluetooth Harman Kardon Onyx Studio 3 ini terdapat cekungan untuk pegangan tangan, passive bass radiator berukuran besar berlogo Harman Kardon, port microUSB untuk service, port untuk AC atau power, port aux, dan dua kaki penyangga. Speaker Harman Kardon Onyx Studio 3 ini juga memiliki fitur serupa TWS (True Wireless Stereo) dengan nama Wireless Dual Sound.

Review Harman Kardon Onyx Studio 3

Review Harman Kardon Onyx Studio 3

Tim Laptophia berharap cukup tinggi pada kualitas suara yang dihasilkan speaker bluetooth Harman Kardon Onyx Studio 3 ini. Tak hanya karena harganya yang cukup tinggi, tetapi juga spesifikasi teknisnya yang menarik dan nama besar Harman Kardon yang diusungnya. Sebelumnya tim Laptophia pernah mengulas JBL Charge 3 yang juga berasal dari induk yang sama dengan Harman Kardon dan hasilnya sangat memuaskan.

Sayangnya, Harman Kardon Onyx Studio 3 ini memang bukan speaker yang cocok untuk menunjang mobilitas. Desain yang diusungnya memang unik, tetapi agak ribet jika dibawa kemana-mana. Terlebih kaki penyangga belakangnya berdesain paten dan tidak dapat dilipat semakin menyusahkan saat dimasukkan ke dalam tas atau koper. Mungkin speaker Harman Kardon Onyx Studio 3 ini hanya cocok bagi mereka yang membutuhkan speaker untuk didengarkan di rumah dan tidak dibawa kemana-mana.

Kualitas Suara

Sebelum mmebahas kualitas suara, tim Laptophia sudah terpesona dengan spesifikasi speaker Harman Kardon Onyx Studio 3 yang mengusung woofer 2 x 75mm dan tweeter 2 x 20mm dengan daya total mencapai 30W pada mode baterai dan 60W pada mode AC. Tak heran saat Laptophia menjajalnya, speaker besutan Harman Kardon ini mampu menghasilkan suara yang menggelegar dan tidak terjadi distorsi yang signifikan saat volume tinggi.

Kualitas suara memang menjadi keunggulan utama pada review Harman Kardon Onyx Studio 3. Speaker ini mampu menghasilkan suara bass yang kuat, nendang, dan mendalam. Hal ini Laptophia rasakan saat memainkan lagu Dedicated besutan Linkin Park. Tak hanya itu, bass Harman Kardon Onyx Studio 3 juga responsif dan tidak boomy, sehingga terdengar cukup detail ketika dentuman bass begitu cepat dan padat seperti lagu The Sins And The Sentence dari Trivium.
Baca juga:Review Ultimate Ears Wonderboom: Speaker Mantap yang Bisa Dicuci!
Suara mid bass juga terdengar baik dan tidak tumpang tindih dengan bass yang frekuensinya lebih rendah. Saat memutar lagu Master of Puppets milik Metallica, suara distorsi gitarnya terasa begitu galak dnegan tekstur yang kuat. Suara vokal juga dapat dipresentasikan dengan baik oleh speaker Bluetooth  Harman Kardon Onyx Studio 3 ini. Suara vokal perempuan seperti Simone Simons dari Epica atau Flor Jansen dari Nightiwsh pun terasa sangat intim, suara nafas yang mendesis, dan emosi lagunya cukup terasa. Suara vokal laki-laki juga terdengar garang, seperti James Hetfield di beberapa lagu lawas Metallica.

Suara treble atau high dari speaker Harman Kardon Onyx Studio 3 menurut Laptophia memang tidak sebombastis bass-nya, dan terkesan agak malu-malu. Meski demikian, suara treble seperti simbal pada drum terdengar cukup detail dan tidak menusuk telinga. Separasi antar instrumen pada speaker Harman Kardon Onyx Studio 3 ini laik mendapat acungan jempol dan dapat memainkan lagu seperti The Poet And The Pendulum dari Nightwish dengan cukup menyenangkan. Soundstage speaker Harman Kardon Onyx Studio 3 ini terbilang luas di kelasnya.

Kompatibilitas

Selama lebih dari sebulan proses pengujian Harman Kardon Onyx Studio 3 ini, Laptophia menggunakan pelbagai perangkat seperi smartphone Xiaomi Mi 9T, Pocophone F1, Realme 5 Pro, Samsung Galaxy M30, Realme 3 Pro, dan laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Sejauh ini tidak ada kendala mengenai kompatibilitas antara Harman Kardon Onyx Studio 3 dengan perangkat yang digunakan oleh tim Laptophia.

Baterai

Baterai mungkin menjadi salah satu kelemahan dari review Harman Kardon Onyx Studio 3 kali ini. Tim Laptophia agak heran, speaker sebesar Onyx Studio 3 ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2600mAh saja. Padahal diluar sana, banyak speaker berukuran kecil dengan baterai 4000mAh atau lebih besar. Berdasarkan pengujian yang Laptophia lakukan, baterai Harman Kardon Onyx Studio 3 tahan sekitar 3 – 4 jam saja untuk mendengarkan musik dengan volume 50 - 60%.

Kesimpulan

Secara umum, Harman Kardon Onyx Studio 3 merupakan sebuah speaker bluetooth dengan kualitas suara yang mendekati sempurna di kelasnya menurut tim Laptophia. Speaker ini mampu menghasilkan bass yang kuat dan proporsional, mid yang baik, dan treble yang masih cukup detail. Hampir semua genre lagu dapat dimainkan dengan baik oleh speaker Harman Kardon Onyx Studio 3 ini.

Namun, speaker bluetooth Harman Kardon Onyx Studio 3 ini tampaknya tidak didesain untuk menemani mobilitas pengguna. Ukurannya yang besar dan desainnya yang unik ini membuatnya agak ribet jika dibawa traveling. Selain itu, daya tahan baterai Harman Kardon Onyx Studio 3 juga terbilang terbatas atau kurang memuaskan.
Baca juga:Doss Soundbox Touch Review: Speaker Portabel dengan Suara Jernih & Kencang!

Kelebihan Harman Kardon Onyx Studio 3

  • Kualitas suara terbaik di kelasnya
  • Build quality solid
  • Desain unik

Kekurangan Harman Kardon Onyx Studio 3

  • Ukuran besar, kurang portabel
  • Daya tahan baterai singkat

Harga Harman Kardon Onyx Studio 3

Harman Kardon Onyx Studio 3 merupakan sebuah speaker bluetooth yang menawarkan kualitas suara yang tidak main-main dan tampil dengan desain yang unik. Harga speaker Harman Kardon Onyx Studio 3 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.799.000. Berdasarkan hasil review Harman Kardon Onyx Studio 3 yang telah tim Laptophia lakukan, apa yang ditawarkan oleh speaker ini sangat sepadan dengan harganya. Speaker besutan Harman Kardon ini cocok bagi mereka yang mengedepankan kualitas suara.

Speaker Harman Kardon Onyx Studio 3 ini mampu menghasilkan kualitas suara yang terbaik di kelasnya, bass yang kuat, treble yang detail, dan suara vokal yang memukau. Sayangnya, speaker ini memang tak begitu portabel karena ukurannya yang agak besar dan desainnya yang unik membuatnya kurang nyaman dibawa kemana-mana. Secara umum, Harman Kardon Onyx Studio 3 ini cocok bagi konsumen yang membutuhkan speaker dengan suara yang mantap dan tidak menuntut portabilitas.
Anda dapat membeli atau cek promo Harman Kardon Onyx Studio 3 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Harman Kardon Onyx Studio 3

  • Tipe speaker: portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Woofer 2 x 75mm, Tweeter 2 x 20mm
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: Woofer 2 x 75mm, Tweeter 2 x 20mm
  • RMS: 4 x 15W (AC mode); 4 x 7.5W (Battery mode)
  • Frequency Response: 50Hz-20kHz(-6dB)
  • Signal-to-noise ratio: 80dB A-weighted
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.1 + EDR
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Slot microSD tidak tersedia
  • Casing karet + Canvas dan mendukung fitur Wireless Dual Sound
  • Baterai built-in lithium polymer 2600mAh, hingga 5 jam penggunaan (bervariasi)
  • Input daya maksimal 19V/2A
  • Dimensi (W x D x H)  278.0 x 162.8 x 258.0 mm
  • Berat 2071 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black
Anda mungkin suka:Review JBL Charge 3: Suara Menggelegar dengan Baterai Besar!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!