IBX582004D475488 Doss Soundbox Touch Review: Speaker Portabel dengan Suara Jernih & Kencang!

Doss Soundbox Touch Review: Speaker Portabel dengan Suara Jernih & Kencang!



Doss Soundbox Touch Review: Speaker Portabel dengan Suara Jernih & Kencang! – Speaker portabel atau bluetooth speaker adalah salah satu aksesoris gadget masa kini yang sudah mulai umum digunakan. Perkembangakn teknologi nirkabel ternyata turut mengerek popularitas speaker portabel. Pada kesempatan kali ini Laptophia mengulas sebuah speaker portabel yang terbilang cukup menarik, yakni Doss Soundbox Touch.

Nama Doss memang terdengar asing dan tidak familiar bagi konsumen tanah air karena memang tak banyak yang menjualnya. Brand asal Tiongkok ini ternyata sudah berkecimpung lama di dunia audio, yakni 18 tahun. Hal inilah yang membuat Laptophia penasaran dengan performa salah satu produk besutannya, yakni Doss Soundbox Touch. Lalu sehebat apakah speaker portabel ini? Simak ulasan lengkap Doss Soundbox Touch review oleh tim Laptophia kali ini!

Paket Pembelian Doss Soundbox Touch

IMG_20180125_113230_HDR
  • Doss Soundbox Touch Portable Bluetooth Speaker Blue
  • Kabel USB
  • Kabel AUX
  • Pouch
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Desain Doss Soundbox Touch

IMG_20180125_113346_HDR

Berbeda dengan kebanyakan speaker portabel yang beredar saat ini yang mengusung desain futuristik dan modern, Doss Soundbox Touch malah justru sebaliknya. Speaker ini hadir dengan gaya desain ala speaker klasik yang dipadukan dengan sentuhan modern. Pada Doss Soundbox Touch review kali ini, speaker mengusung bentuk persegi panjang dengan speaker grill melingkar 360 derajat. Hal ini membuat tampilan Doss Soundbox Touch unik dan berbeda jika dibandingkan dengan kebanyakan speaker portabel yang beredar saat ini.

Meski mengusung gaya klasik, sentuhan modern pada Doss Soundbox Touch ini juga cukup terasa. Jika Laptophia perhatikan, speaker besutan Doss ini mengusung lekukan detail yang cukup menarik. Ini membuat penampilan speaker portabel Doss Soundbox Touch ridak membosankan. Selain itu, Doss mengkombinasikannya dengan warna-warna yang kekinian, seperti biru, merah, putih, dan varian warna lainnya. Hadirnya panel kontrol sentuh dengan backlight yang mencolok memunculkan kesan futuristik.
Baca juga:Mifa M1 Review: Ukuran Mini, Suara Maksi
Doss Soundbox Touch ini dibalut dengan casing berbahan plastik atau polikarbonat yang cukup tebal dan kuat. Pada bagian speaker grill yang melingkar terbuat dari metal yang terasa cukup kokoh. Build quality speaker ini terbilang sangat solid. Ukuran speaker portabel Doss Soundbox Touch ini lumayan besar. Panjangnya tak jauh berbeda dengan AKG S30, tetapi lebarnya lebih dari dua kali lipatnya. Bobot speaker Doss Soundbox Touch ini juga lumayan berat. Speaker ini tampaknya memang kurang mendukung mobilitas karena dimensinya kurang ringkas.
IMG_20180125_113543_HDR
Pada Doss Soundbox Touch review kali ini, sisi depan didominasi oleh speaker grill dan terdapat logo Doss yang terlihat seperti huruf C. Sedangkan pada sisi kanan speaker terdapat tulisan Doss yang terususun secara vertikal. Sedangkan sisi kiri tidak terdapat port atau tombol apapun. Pada sisi bawah Doss Soundbox Touch terdapat informasi teknis singkat mengenai speaker bluetooth portabel Doss Soundbox Touch ini.

Sedangkan pada sisi belakang Doss Soundbox Touch terdapat tombol power, port line in, slot microSD, dan port microSD. Hal yang menarik dari speaker Desain Doss Soundbox Touch adalah pada sisi atas terdapat empat buah tombol sentuh berupa Mode, Play/Pause, Next track, dan previous track. Juga terdapat lingkaran dengan backlight biru untuk mengatur volume. Semua tombol tersebut dapat dioperasikan melalui sentuhan saja. mengubah volume juga cukup menyentuh lingkaran dengan gerakan memutar, keren bukan?

Video Unboxing Doss Soundbox Touch

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Doss Soundbox Touch Review

IMG_20180125_113800_HDR
Tim Laptophia menggunakan speaker Doss Soundbox Touch ini dalam waktu yang cukup lama. Bahkan, speaker ini sempat menjadi salah satu daily driver salah seorang tim kami menggantikan AKG S30 yang sebelumnya ia gunakan. Mengandalkan gaya desain klasik modern menjadi salah satu daya tarik Doss Soundbox Touch ini. Speaker ini hadir dengan build quality yang bisa dikatakan solid dan terasa kuat. Hanya saja, dimensi atau ukuran speaker Doss Soundbox Touch ini memang sedikit besar dan berat.

Kualitas Suara

Kualitas suara harus diakui sebagai salah satu keunggulan dari speaker portabel Doss Soundbox Touch review kali ini. Hal ini sebenarnya cukup sebanding dengan spesifikasinya yang cukup mentereng dengan mengandalkan dua buah driver 6W dengan total power 12W ditandemkan dengan passive radiator bass berukuran 2,6 inci. Spesifikasi yang terbilang powerful ini tak mengerankan jika Doss Soundbox Touchmampu menghasilkan volume suara yang kencang.

Laptophia menjajal Doss Soundbox Touch ini untuk memutar pelbagai genre musik dengan volume rata-rata di atas 60% dan kadang kala penuh. Beberapa lagu yang Laptophia dengar antara lain adalah Sever The Hands dari Trivium, Over It dari Bullet For My Valentine, Dedicated – Linkin Park (demo), Berdua Saja – Payung Teduh, Sampai Jadi Debu – Banda Neira, dan banyka lagi. Suara yang dihasilkan speaker besutan Doss ini sangat kencang dan dengan mudah memenuhi dua ruangan berukuran sedang. Hal yang membuat Laptophia terkejut adalah suara yang dihasilkan oleh Doss Soundbox Touch sangat jernih, clarity-nya laim mendapat acungan jempol.

Petikan gitar akustik di lagu-lagu besutan Banda Neira terdengar begitu nyata dan nyata. Suara vokal yang dihasilkan oleh speaker Doss Soundbox Touch ini terbilang sangat jelas dan intim. Kemampuan speaker ini dalam menyajikan treble tergolong detail, crisp, dan tidak menusuk. Sedangkan suara mid terbilang cukup baik. Hanya saja, Doss Soundbox Touch ini agak kewalahan pada bagian low atau bass yang dirasa kurang nendang dan mendalam. terlebih pada lagu dengan dobel pedal drum seperti Sever The Hand – Trivium, speaker ini agak kehilangan dinamikanya.
Baca juga:Knowledge Zenith KZ ED4 Review: Cocok untuk Basshead!
Saat volume diputar penuh, Doss Soundbox Touch ini mampu menghasilkan suara yang masih cukup baik tanpa adanya distorsi, sember dan sebagainya. Sound stage yang dihasilkan oleh speaker Doss Soundbox Touch ini terbilang lumayan, tetapi separasi antar instrumen sedikit kurang. Secara umum, kualitas suara Doss Soundbox Touch ini sudah memenuhi ekspektasi Laptophia dan volume suara yang dihasilkan memang di luar dugaan.

Kompatibilitas

Selama menggunakan Doss Soundbox Touch, Laptophia telah melakukan pairing dengan banyak smartphone seperti Xiaomi Redmi Note 5, Mi 5S, Asus Zenfone Zoom S, Honor 7A, dan banyak lagi. Juga sempat disambungkan dengan Apple Macbook Air, hasilnya? Doss Soundbox Touch dapat terhubung dan berfungsi dengan sebagai mana mestinya. Sejauh ini tak ada masalah dengan kompatibilitas.

Baterai

Pada Doss Soundbox Touch review kali ini, baterai yang diusungnya berkapasitas 2200mAh dan diklaim mampu bertahan hingga 12 jam playback musik. Berdasarkan pengujian yang Laptophia lakukan dengan volume di atas 60%, baterai Doss Soundbox Touch hanya bertahan rata-rata 6 – 7 jam. Jika digunakan memutar musik dengan volume yang lebih keras, maka daya tahan baterai makin singkat.

Kesimpulan

Secara umum, hasil Doss Soundbox Touch review oleh Laptophia kali ini bisa dikatakan sangat positif. Speaker portabel besutan Doss ini mampu menghasilkan suara yang kencang dan berkualitas, meski bass dirasa kurang memuaskan. Build quality-nya terbilang solid dan fiturnya lengkap. Hadirnya panek kontrol sentuh pada sisi atas Doss Soundbox Touch merupakan nilai tambah. Jelas, speaker ini sangat laik dipertimbangkan di kelasnya.

Kelebihan Doss Soundbox Touch

  • Kualitas suara mantap, kencang, dan jernih
  • Build quality solid
  • Harga kompetitif
  • Fitur lengkap

Kekurangan Doss Soundbox Touch

  • Bass kurang nendang

Harga Doss Soundbox Touch

Doss Soundbox Touch adalah sebuah speaker portabel Bluetooth yang menawarkan performa yang solid dan menarik. Harga Doss Soundbox Touch terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 600 ribu-an. Berdasarkan ulasan Doss Soundbox Touch review yang Laptophia lakukan, speaker ini memang mampu menunjukkan hasil yang positif.

Kualitas suara yang dihasilkan terbilang kencang di kelasnya dan menawarkan clarity yang sangat baik. Desainnya yang klasik dengan build quality yang solid menjadi salah satu daya tariknya. Hanya saja, bass memang agak kurang nendang. Secara umum, Laptophia menilai speaker portabel bluetooth Doss Soundbox Touch ini sangat laik dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat membeli atau cek harga promo Doss Soundbox Touch DI SINI (KLIK) atau Di Sini (Klik)

Spesifikasi Doss Soundbox Touch

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: 2.0 channel
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 1.5 inch x 2 + 2,6 inci passive bass radiator
  • RMS: 4Ω 6W x 2 THD=10%
  • Frequency Response: 100Hz~18KHz
  • Signal to noise ratio 55dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.0 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD tersedia
  • Bitrate: MP3:8Kbps-320Kbps, WMA:32Kbps-384Kbps, APE:600Kbps-1400Kbps, FLAC:600Kbps-1400Kbps, WAV:600Kbps-1200Kbps
  • Baterai built-in 2200mAh lithium battery, hingga 12 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 6,6 x 2,7 x 2,9 inci
  • Berat 225 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, TF/Micro SD Card, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black, White, Red, dan Blue
Anda mungkin suka:AKG S30 Review: Speaker Bluetooth dengan Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!