IBX582004D475488 Review JBL Charge 3: Suara Menggelegar dengan Baterai Besar!

Review JBL Charge 3: Suara Menggelegar dengan Baterai Besar!



Review JBL Charge 3: Suara Menggelegar dengan Baterai Besar! – JBL Charge 3 adalah salah satu speaker outdoor portabel yang menawarkan banyak keunggulan. Desain yang menarik, baterai tahan lama, dan ketangguhan JBL Charge 3 membuat banyak orang meliriknya. Kurang lebih seminggu yang lalu, seorang rekan Laptophia meminjamkan unit JBL Charge 3 yang baru saja dibelinya melalui e-commerce. Nama JBL sendiri tentunya sudah tak asing lagi dan menjadi salah satu pemain yang disegani di pasar speaker portabel outdoor.

JBL Charge 3 ini memang bukan speaker keluaran baru karena produk ini pertama kali diperkenalkan Mei 2016 silam. Namun, JBL Charge 3 ini masih menawarkan spesifikasi dan kualitas yang kompetitif dengan power yang cukup besar dan baterai berkapasitas besar. Penasaran? Berikut ini adalah review JBL Charge 3 outdoor speaker oleh tim Laptophia!
Review JBL Charge 3: Suara Menggelegar dengan Baterai Besar!

Paket Pembelian JBL Charge 3

  • Unit JBL Charge 3 Black
  • Charger 5V/2.3A
  • Kabel microUSB
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 7: Powerful dengan Kamera 48MP!

Desain JBL Charge 3

Desain JBL Charge 3

Desain JBL Charge 3

Sisi desain memang bukan hal yang diunggulkan dalam review JBL Charge 3 speaker kali ini. Penampilan JBL Charge 3 ini sekilas mirip dengan JBL Flip yang berupa tabung silinder yang memanjang, tetapi terlihat lebih besar dan berisi. Hal yang membuat tampilan JBL Charge 3 ini terlihat keren adalah kehadiran dua buah passive bass radiator yang berada di sisi kanan dan kirinya yang bergetar saat memainkan musik.

Berbeda dengan JBL Charge 2 yang hanya tahan cipratan air, JBL Charge 3 ini lebih tangguh dengan kemampuan tahan air. Bahkan, speaker portabel andalan JBL ini dapat ditenggelamkan dalam air dengan kedalaman maksimal 1 meter selama 30 menit dengan sertifikat IPX7. Speaker portabel outdoor JBL Charge 3 ini dibalut dengan bodi berlapis kanvas atau fabric yang nyaman saat digenggam. Sementara itu beberapa bagian pada speaker JBL Charge 3 ini berbahan karet.

Sisi bawah speaker JBL Charge 3 ini juga terdapat dudukan yang terbuat dari karet guna meletakkan speaker pada bidang datar. Tak hanya itu, port-port yang tersedia pada speaker ini ditutup oleh lapisan karet kedap air. Ukuran speaker JBL Charge 3 ini memang agak besar, sehingga cukup memakan tempat saat dimasukkan dalam tas atau koper. Selain itu, bobot JBL Charge 3 ini terbilang agak berat karena mencapai 800 gram. Meski demikian, secara umum build quality JBL Charge 3 ini terbilang solid dan tangguh.

Pada review JBL Charge 3 speaker kali ini, sisi depan hanya terdapat logo JBL dengan warna background oranye yang cukup mencolok. Pada sisi kanan dan kiri speaker JBL Charge 3 ini terdapat passive radiator yang bergetar saat memainkan musik. Sementara pada sisi bawah speaker hanya terdapat dudukan yang terbuat dari karet.
Baca juga:Realme U1 Review: Smartphone Selfie yang Mumpuni untuk Gaming
Sisi atas JBL Charge 3 terdapat tombol-tombol kontrol yang terdiri dari tombol bluetooth connect, volume minus, tombol power, tombol JBL Connect, volume plus, dan play/pause. Sementara pada sisi belakang speaker JBL Charge 3 terdapat port aux, port microUSB dan sebuah port USB yang tertutup karet.

Review JBL Charge 3

Review JBL Charge 3

JBL merupakan sebuah brand audio yang sudah cukup dikenal masyarakat di Indonesia dengan jajaran produk speaker portabel outdoor-nya. Tak hanya menawarkan ketangguhan sebagai sebuah speaker outdoor, rata-rata produk besutan JBL memang menawarkan kualitas suara yang laik mendapat acungan jempol. Hal yang sama juga Laptophia temui di review JBL Charge 3 kali ini.

Speaker JBL Charge 3 ini menawarkan kombinasi yang sangat menarik, yakni kualitas suara yang mantap, baterai berkapasitas dan tahan lama, serta dibalut dengan ketangguhan build quality tahan air dengan sertifikat IPX7. Namun, hal ini harus dibayar dengan ukurannya yang terbilang besar dengan bobot yang cukup berat untuk menunjang mobilitas.

Kualitas Suara

Laptophia memiliki harapan yang tinggi dengan speaker portabel outdoor JBL Charge 3. Hal ini tak lepas dari spesifikasi yang cukup mentereng dengan dukungan dua buah driver dengan daya 2 x 10W atau total 20W yang ditandemkan dengan dua buah passive bass radiator pada sisi kanan dan kirinya. Tampaknya bass yang kuat menjadi fokus speaker JBL Charge 3, sama seperti lini speaker JBL yang pernah Laptophia ulas.

Laptophia kemudian menjajal JBL Charge 3 untuk mendengarkan musik yang rata-rata dari genre metal, rock, dan symphonic metal. Setelah kurang lebih dua minggu menggunakan JBL Charge 3, Laptophia menilai kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker ini terbilang mantap. Saat volume suara hampir penuh, JBL Charge 3 ini tidak menunjukkan adanya distorsi atau suara pecah. Volume suara yang dihasilkan terbilang sangat kencang dan menggelegar, sehingga tak masalah digunakan di luar ruangan atau outdoor.
Baca juga:Review Uneed QuickBox P10 10000mAh: Power Bank Elegan yang Bisa Diandalkan
Bass terasa sangat kuat dan menonjol di JBL Charge 3 ini, sehingga sangat cocok bagi basshead. Dukungan dua buah passive bass radiator yang berukuran besar pada review JBL Charge 3 sukses membuat dentuman bass yang sangat solid dan dalam. Sayangnya, di beberapa lagu terkadang bass yang dihasilkan oleh JBL Charge 3 ini agak overpowered dan menutup detail suara yang lain.

Sedangkan untuk mid memang agak kurang, tetapi detailnya masih lumayan baik. Hal ini terlihat saat mendengarkan lagu Shogun besutan Trivium yang mana suara dobel pedal drum pada bagian intro terdengar kurang detail. Sedangkan untuk vokal, suaranya cukup detail dan jelas, meskibterasa kurang lepas. Treble yang dihasilkan JBL Charge 3 ini menurut Laptophia cukup baik detailnya, hanya saja pada lagu-lagu tertentu agak tertutup oleh dentuman bass-nya yang memang sangat kuat.

Saat mendengarkan lagu dengan instrumen yang cukup rumit seperti The Poet And The Pendulum milik Nightwish, separasi antar instrumen terbilang lumayan menurut Laptophia. Namun, detail yang dihasilkan masih belum sesuai harapan. Meski demikian, secara umum JBL Charge 3 ini menawarkan kualitas suara yang mantap dengan volume yang menggelegar. Karakter bass yang kuat dan mendalam membuatnya cocok bagi penggemar bass atau basshead.

Kompatibilitas

Selama dua minggu proses pengujian JBL Charge 3 ini, Laptophia menggunakan pelbagai perangkat seperi smartphone Xiaomi Mi A2, Redmi Note 7, Pocophone F1, Motorola Moto G5S Plus, Asus Zenfone Max Pro M2, dan laptop Dell Vostro 5470. Sejauh ini tidak ada kendala mengenai kompatibilitas antara JBL Charge 3 dengan perangkat yang digunakan oleh tim Laptophia.

Ketangguhan

Secara teori, JBL Charge 3 yang mengantongi sertifikat IPX7 ini dapat ditenggelamkan dalam air hingga kedalaman maksimal 1 meter delama 30 menit. Sayangnya, tim Laptophia tidak melakukan uji ketahanan pada JBL Charge 3 seperti yang dilakukan pada speaker Ultimate Ears Wonderboom karena unit JBL Charge 3 hanya pinjaman.

Baterai

JBL Charge 3 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 6000mAh dan dapat digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya gadget lain. JBL mengklaim daya tahan baterai speaker Charge 3 andalannya mencapai 20 jam. Berdasarkan review JBL Charge 3 yang dilakukan tim Laptophia, klaim tersebut tampaknya tak jauh berbeda dengan kenyataan. Speaker ini mampu bertahan hingga lebih dari 15 jam dengan volume di atas 50%.

Kesimpulan

Secara umum, JBL Charge 3 menunjukkan kelasnya sebagai sebuah speaker portabel outdoor yang andal dan berkualitas. Suara yang dihasilkan menggelegar dengan bass yang kuat. Daya tahan baterainya terbilang sangat lama dan bodinya tangguh dengan kemampuan tahan air.

Sayangnya, ukuran speaker JBL Charge 3 ini agak besar dan memakan tempat jika dimasukkan dalam tas. Selain itu, bass yang dihasilkan agak overpower, sehingga mungkin kurang cocok bagi yang tidak menyukai bass yang terlalu kuat. JBL Charge 3 sangat cocok bagi basshead yang membutuhkan speaker portabel yang tangguh dan baterai tahan lama.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi 6A: Smartphone Murah dengan Face Unlock

Kelebihan JBL Charge 3

  • Suara menggelegar
  • Cocok untuk basshead
  • Tahan air dan debu dengan sertifikat IPX7
  • Bisa jadi power bank

Kekurangan JBL Charge 3

  • Bass agak berlebih (overpower)

Harga JBL Charge 3

JBL Charge 3 merupakan sebuah speaker portabel outdoor kelas menengah yang menarik dengan fitur yang lengkap, tangguh, dan baterai tahan lama. Harga speaker JBL Charge 3 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.899.000. Berdasarkan hasil review JBL Charge 3 yang telah tim Laptophia lakukan, speaker ini memang terbilang memuaskan.

Kualitas suaranya sangat powerful, volume suara yang menggelegar, dan bass yang sangat kuat untuk ukurannya. Baterai yang diusungnya tahan lama dan JBL Charge 3 ini memiliki kemampuan tahan air dengan sertifikat IPX7. Jelas, Laptophia menilai JBL Charge 3 ini merupakan salah satu speaker outdoor yang laik dipertimbangkan, terutama bagi konsumen yang membutuhkan kualitas suara mantap, suara menggelegar, dan dengan daya tahan baterai yang lama.
Anda dapat membeli atau cek promo JBL Charge 3 di Sini (Klik)

Spesifikasi JBL Charge 3

  • Tipe speaker: Outdoor portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: 2.0 channel + dual passive radiator bass
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 50 mm full range driver speaker, dual passive radiator bass
  • RMS: 4Ω 10W x 2
  • Frequency Response: 65Hz - 20KHz
  • Signal-to-noise ratio: >80dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.1 + EDR
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Slot microSD tidak tersedia
  • Casing karet + Canvas dan mendukung fitur JBL Connect
  • Tahan air, debu, dan banting dengan sertifikat IPX7
  • Baterai built-in lithium polymer 6000mAh, hingga 20 jam penggunaan (bervariasi)
  • Input daya maksimal 5V/2.3A
  • Bisa jadi power bank dengan output 5V/2A
  • Dimensi (W x D x H)  213 x 87 x 88.5mm
  • Berat 800 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black
Anda mungkin suka:Review Ultimate Ears Wonderboom: Speaker Mantap yang Bisa Dicuci!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!