IBX582004D475488 ZNT ThunderBar Review: Speaker Bluetooth Mantap Berdesain Unik
Asus ExpertBook B9450

ZNT ThunderBar Review: Speaker Bluetooth Mantap Berdesain Unik



ZNT ThunderBar Review: Speaker Bluetooth Mantap Berdesain Unik – ZNT ThunderBar merupakan salah satu speaker Bluetooth portabel yang membidik kelas entry-level. Nama ZNT sendiri sebenarnya adalah pemain baru di pasar Indonesia dan terkenal dengan jajaran produk audio seperti speaker Bluetooth, headset, earphone, dan headset TWS (True Wireless Stereo). Salah satu produk yang cukup menarik tim Laptophia adalah ZNT ThunderBar yang dijual dengan harga promo saat Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) yang digelar 12.12 silam.

Berbeda dengan kebanyakan speaker bluetooth portabel yang beredar di pasaran yang mengusung desain kotak atau tabung, ZNT ThunderBar ini tampil beda dengan konsep desain trapesium yang unik. Tak hanya itu, speaker ZNT ThunderBar ini tampak mengusung spesifikasi yang meyakinkan dengan dukungan dua buah driver dengan daya hingga 3 watt dan ditemani dengan sebuah passive bass radiator. Lalu sehebat apakah speaker wireless portabel ini? Simak ZNT ThunderBar review oleh tim Laptophia kali ini!
ZNT ThunderBar Review: Speaker Bluetooth Mantap Berdesain Unik

Paket Pembelian ZNT ThunderBar

Paket Pembelian ZNT ThunderBar
  • Unit ZNT ThunderBar Bluetooth Speaker
  • Kabel USB
  • Manual
  • Hook
Baca juga:Amazfit GTR Review: Smartwatch Mewah dengan Baterai Tahan Lama

Desain ZNT ThunderBar

Desain ZNT ThunderBar

Desain ZNT ThunderBar
Desain merupakan salah satu daya tarik tersendiri pada ZNT ThunderBar review kali ini. Saat ini kebanyakan speaker portabel yang beredar di pasar mengusung desain kotak persegi atau tabung dengan aneka varian dan ukuran. Hal ini tak berlaku bagi ZNT ThunderBar yang tampil dengan konsep desain trapesium yang unik dan kokoh. Sekilas memang speaker ini mirip dengan Oontz Angle dengan ukuran yang lebih panjang.

ZNT ThunderBar ini dibalut dengan speaker grill berbahan metal yang kuat. Sementara pada bagian belakang menggunakan casing dengan bahan yang cukup kuat berlapis karet atau rubber. Port yang terdapat pada speaker andalan ZNT ini ditutup “pintu” berbahan karet agar tak tertembus oleh air. Speaker ZNT ThunderBar ini memang memiliki kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikat IP67 yang membuatnya tahan ditenggelamkan dalam air kedalaman 1 meter hingga 30 menit.

Ukuran speaker ZNT ThunderBar ini cukup ringkas dan nyaman digenggam. Sisi kanan speaker ini dilengkapi dengan strap gantungan untuk memudahkan pengguna menggantungkan speaker di mana saja. Build quality speaker ZNT ThunderBar ini sangat solid, kuat, dan sama sekali tidak terasa murahan. Bobot speaker dengan ukuran seringkas ZNT ThunderBar ini memang cukup mengejutkan karena mencapai 350 gram. Meski demikian, hal tersebut bukanlah masalah.
Desain ZNT ThunderBar

Desain ZNT ThunderBar
Baca juga:Xiaomi Mi Band 4 Review: Gelang Pintar Terbaik?
Pada review ZNT ThuderBar kali ini, sisi depan terdapat speaker grill yang terbuat dari bahan metal yang solid dengan logo ZNT berukuran besar dan cukup mencolok. Sedangkan sisi kanan terdapat strap untuk menggantungkan speaker. Sisi bawah speaker ZNT ThuderBar ini terdapat informasi teknis singkat.

Sedangkan pada bagian belakang speaker bluetooth ZNT ThuderBar ini terdapat LED indikator, tombol power, tombol volume minus, play/pause, volume plus, dan tombol untuk pairing. Sisi kiri speaker andalan ZNT ini juga terdapat port USB microUSB untuk mengisi daya dan slot microSD. Sayangnya, speaker ZNT ThuderBar ini tidak dilengkapi dengan port AUX.

Video Unboxing ZNT ThunderBar

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

ZNT ThunderBar Review

ZNT ThunderBar Review

ZNT ThunderBar adalah sebuah speaker portable yang membidik kelas entry-level. Meski harga yang ditawarkan cukup terjangkau, ZNT ThunderBar memiliki daya tarik tersendiri seperti desain yang unik dan kemampuan tahan air dengan sertifikat IP67. Power yang dihasilkan oleh speaker ini memang tidak terlalu besar, tetapi ini menjadi keunggulan tersendiri karena daya yang tidak terlalu besar membuat daya tahan baterainya lebih awet.

Kualitas Suara

Speaker portabel ZNT ThunderBar ini mengusung spesifikasi yang cukup bersaing di kelasnya dengan mengandalkan dua buah driver masing-masing berdaya 3W atau totalnya adalah 6W dan diperkuat oleh passive bass radiator. Meski hanya mengandalkan daya yang tidak terlalu besar, speaker ZNT ThunderBar ini mampu menghasilkan volume suara yang cukup kencang. Laptophia menjajal;nya dengan volume penuh, suara yang dihasilkan tidalk pecah atau menimbulkan distorsi.

Tim Laptophia cukup terkejut dengan kerernihan suara yang dihasilkan oleh ZNT ThunderBar. Saat memainkan lagu The Poet And The Pendulum – Nightwish, seuara vokal Anette Olzon terdengar begiru jelas, intim, dan bahkan desisan nafasnya kadang terdengar. Separasi antar instrumennya memang bukan yang terbaik di kelasnya, tetapi apa yang dihasilkan oleh ZNT ThunderBar laik mendapatkan apresiasi dan acungan jempol.

Suara treble atau high yang dihasilkan oleh ZNT ThunderBar cukup detail, kaya, dan smooth, sehingga tidak menusuk telinga. Hal ini Laptophia rasakan saat memutar track Lords of Summer – Metallica yang menampilkan treble yang cukup kaya sepanjang lagu. Suara vokal pria juga terdengar cukup jelas dan detail. Ini terbukti dengan suara James Hetfield terdengar galak dan gahar di lagu ini dan beberapa lagu Metallica lainnya.
Baca juga:Review Sony SRS-XB01: Speaker Bluetooth Mungil Bersuara Detail
Bagi penggemar bass atau basshead, mungkin ZNT ThunderBar ini masih belum cukup memuaskan dari segi kuantitasnya yang dihasilkan. Hal ini dapat dimaklumi karena ukuran yang ringkas dan daya yang dihasilkan cukup kecil. Meski demikian, buka berarti tidak ada bass yang dihasilkan. Saat memainkan lagu Leech dari Bullet For My Valentine, suara bass memang cukup punchy dan enerjik, tetapi memang kurang mendalam.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker ZNT ThunderBar ini, tim Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker andalan Nillkin ini seperti Vivo Y19, Xiaomi Redmi 8A, Xiaomi Mi 9T, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan sebuah laptop Asus Vivobook Ultra A412FA dapat terhubung dengan speaker tanpa masalah.

Baterai

Daya tahan baterai juga menjadi salah satu keunggulan dari ZNT ThunderBar review kali ini. Meski hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2200mAh, ZNT mengklaim daya tahan baterai speaker ini hingga 16 jam dengan volume 75%.

Berdasarkan pengalaman penggunaan ZNT ThunderBar oleh tim Laptophia, speaker ini hanya mampu bertahan hingga 10 – 12 jam saja untuk mendengarkan musik dengan volume di atas 60%. Meski agak berbeda dari klaimnya, daya tahan baterai speaker ini laik mendapat acungan jempol.

Kesimpulan

Secara umum, ZNT ThunderBar ini mampu menghasilkan suara yang berkualitas dengan karakter agak bright dan cukup detail. Tak hanya itu, volume yang dihasilkan cukup kencang dan tidak pecah saat volume tinggi. Daya tahan baterai speaker ini laik mendapat acungan jempol. Selain itu, ZNT ThunderBar cukup tangguh dengan kemamouan tahan air dan debu bersertifikasi IP67.

Sayangnya, bass yang dihasilkan mungkin kurang nendang bagi penggemar bass atau basshead. Selain itu. ZNT ThunderBar tidak menyediakan port aux yang mungkin dibutuhkan bagi beberapa pengguna. Tim Laptophia menilai speaker ZNT ThunderBar ini layal dipertimbangkan di kelasnya.

Kelebihan ZNT ThunderBar

  • Suara jernih dan kencang
  • Baterai tahan lama
  • Tahan air

Kekurangan ZNT ThunderBar

  • Saat volume kecil, bass kurang terasa

Harga ZNT ThunderBar

ZNT ThuderBar merupakan sebuah speaker bluetooth portabel yang tangguh dan menawarkan desain unik di kelasnya. Harga speaker bluetooth tangguh ZNT ThuderBar terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari toko online terkemuka tanah air adalah Rp 329.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar atau kebijakan masing-masing penjual. Berdasarkan hasil review ZNT ThuderBar yang dilakukan tim Laptophia, speaker ini sangat sepadan dengan harganya dan laik dipertimbangkan.
Anda dapat membeli atau cek promo ZNT ThunderBar di Sini (Klik)

Spesifikasi ZNT ThunderBar

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Stereo
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 53mm x 2 + Passive Bass Radiator
  • RMS: 4Ω 5W x 2 THD=1%
  • Frequency Response: 80Hz - 18KHz
  • Signal to noise ratio 65dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD tersedia
  • Waterproof dengan sertifikat IP67
  • Baterai built-in 3,7V/2200mAh lithium battery, hingga 16 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 63 mm x 42 mm x 162 mm
  • Berat 350 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Hitam
Anda mungkin suka:Review Nillkin Bullet Speaker, Ukuran Mini Suara Jernih!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!