IBX582004D475488 Xiaomi Mi Band 4 Review: Gelang Pintar Terbaik?
Asus TUF Gaming FX505

Xiaomi Mi Band 4 Review: Gelang Pintar Terbaik?



Xiaomi Mi Band 4 Review: Gelang Pintar Terbaik? – Xiaomi Indonesia telah resmi meluncurkan gelang pintar atau smart band andalannya di pasar Indonesia, yakni Xiaomi Mi Band 4. Fitness tracker canggih Xiaomi Mi Band 4 ini diperkenalkan di sebuah acara peluncuran yang digelar di Jakarta (17/10/2019) bersamaan dengan peluncuran duo smartphone Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro. Sebagai penerus dari Mi Band 3, gelang pintar Xiaomi Mi Band 4 menawarkan lompatan fitur dan kemampuan yang cukup signifikan.

Peningkatan yang paling mencolok yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi Band 4 dari pendahulunya adalah hadirnya layar warna berteknologi OLED yang menawan. Tak hanya itu, Xiaomi juga telah menyuntikkan sejumlah fitur yang sangat berguna bagi pengguna untuk memantau aktivitas olahraga dan tidurnya. Kurang lebih sebulan yang lalu, satu unit Xiaomi Mi Band 4 mendarat di Laptophia untuk diuji mendalam. Penasaran? Simak ulasan Xiaomi Mi Band 4 review oleh tim Laptophia kali ini!
Xiaomi Mi Band 4 Review: Gelang Pintar Terbaik?

Paket Pembelian Xiaomi Mi Band 4

Paket Pembelian Xiaomi Mi Band 4
  • Unit Xiaomi Mi Band 4
  • Strap
  • Charger dock
  • Manual
Baca juga:Infinix Hot 8 Review: Daya Tahan Baterai Andal, Performa Standar

Desain Xiaomi Mi Band 4

Desain Xiaomi Mi Band 4

Desain Xiaomi Mi Band 4

Tak banyak perubahan desain pada Xiaomi Mi Band 4 review kali ini jika dibandingkan dengan pendahulunya. Seperti kebanyakan gelang pintar dan fitness tracker yang beredar di pasaran, Xiaomi Mi Band 4 hadir dengan bentuk oval dengan balutan casing berbahan polikarbonat. Jika ditilik dari Mi Band generasi sebelumnya, Laptophia menilai tidak ada gebrakan atau inovasi dari sisi desain ini. Meski demiukian, konsep desain yang sama ini membuat strap Mi Band 4 kompatibel dengan Mi Band generasi sebelumnya.

Sisi depan Xiaomi Mi Band 4 ini kita akan disuguhi layar warna yang menawan dengan balutan kaca atau tempered glass yang melengkung 2,5D pada bagian sisinya. Bezel layar kanan dan kiri Mi Band 4 ini cukup tipis, tetapi bagian atas dan bawahnya agak tebal. Jika diperlukan, pengguna dapat menambahkan pelindung layar pada gelang pintar andalan Xiaomi ini agar layarnya tidak mudah tergores. Berdasarkan pengalaman Laptophia yang telah menggunakan Mi Band 4 selama hampir sebulan, layarnya cukup kuat dan tidak meninggalkan goresan.

Ukuran Xiaomi Mi Band 4 ini cukup ringkas dan sangat ringan. Strap bawaan Mi Band 4 ini terbuat dari karet yang cukup lentur dan nyaman digunakan dalam jangka waktu lama, tanpa ada rasa efek panas. Strap Mi Band 4 ini dapat dilepas dan diganti sesuai selera. Pengguna bahkan dapat membeli strap aftermarket yang banyak dijual di e-commerce terkemuka tanah air. Secara umum, build quality Xiaomi Mi Band 4 cukup solid dan kuat.
Desain Xiaomi Mi Band 4

Desain Xiaomi Mi Band 4

Pada sisi atas smart band Xiaomi Mi Band 4 ini terdapat layar sentuh OLED berukuran 0,93 inci dengan resolusi 120 x 240 piksel dan sebuah tombol kapasitif untuk navigasi. Sedangkan pada sisi bawah fitness tracker Xiaomi Mi Band 4 ini terdapat sensor-sensor dan dua buah pin untuk charging. Xiaomi Mi Band 4 ini memiliki kemampuan tahan air dengan rating hingga 5 ATM yang membuatnya dapat diajak untuk berenang.
Baca juga:Review Microwear L7 Smartwatch, Desain Mewah Kaya Fitur

Video Unboxing & Review Xiaomi Mi Band 4

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Xiaomi Mi Band 4 Review

Xiaomi Mi Band 4 Review

Xiaomi Mi Band 4 adalah seri terbaru dari lini gelang pintar Xiaomi Mi Band series yang sangat populer. Bahkan, saat ini Xiaomi adalah  produsen wearable device nomor satu di dunia berdasarkan jumlah pengapalan unitnya. Melihat kemampuan dan harga yang ditawarkan, Laptophia tak heran dengan prestasi yang ditorehkan oleh Xiaomi Mi Band series ini. Kini Xiaomi Mi Band 4 menawarkan lompatan fitur dan kemampuan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya.

Layar

Layar adalah salah satu keunggulan Xiaomi Mi Band 4 review kali ini. Berbeda dengan Mi Band 3 yang masih mengandalkan layar monokrom, Xiaomi Mi Band 4 ini hadir dengan layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) berukuran 0,93 inci dengan resolusi 120 x 240 piksel. Teknologi AMOLED yang diusung oleh gelang pintar Mi Band 4 ini menawarkan gambar yang sangat colorful, tajam, dan sangat memanjakan mata.

Respon touchscreen Xiaomi Mi Band 4 cukup gegas dan sensitif, sehingga terasa nyaman saat bernavigasi antar menu. Viewing angle layarnya cukup luas dan saat digunakan di bawah sinar matahari, juga dapat dilihat dengan baik. Tak hanya itu, Xiaomi Mi Band 4 menyediakan pengaturan manual untuk brightness yang menyediakan lima tingkat kecerahan. Selain itu juga disediakan fitur lockscreen dan pengaturan screen time out.

Fitur Xiaomi Mi Band 4

Fitur Xiaomi Mi Band 4

Fitur yang terbilang cukup lengkap menjadi salah satu daya tarik Xiaomi Mi Band 4 review kali ini. Dimulai dari tampilan antarmukanya, Mi Band 4 menawarkan banyak pilihan watchface atau band display yang dapat dipilih sesuai selera. Tak hanya itu, juga disediakan tiga buah custom watchface yang dapat diganti background-nya dengan foto sendiri. Secara default, Xiaomi Mi Band 4 hanya dapat menyimpan empat buah watchface, tetapi pengguna dapat mudah menggantinya melalui aplikasi Xiaomi Mi Fit.

Tampilan antarmuka fitness tracker Xiaomi Mi Band 4 ini cukup intuitif dan mudah dimengerti. Performa atau respon perpindahan antar menunya cukup responsif dan nyaman digunakan. Pengguna dapat melakukan navigasi dengan cara swipe dan sentuh layar, serta menyentuh tombol kapasitif di bawah layarnya.
Baca juga:Review Northedge E101 Smartwatch, Desain Cantik Fitur Lengkap
Fitur yang disediakan Xiaomi Mi Band 4 ini cukup lengkap, sebut saja heartrate monitor, jumlah kalori yang terbakar, jumlah langkah, sleep monitor atau pemantau tidur, Find My Phone, menampilkan notifikasi dari ponsel, weather, pemantauan aktivitas aneka macam olah raga, barometer, altimeter, kompas, stopwatch, Alipay, remot kontrol musik, timer, alarm, dan sebagainya.

Selama tiga minggu penggunaan, tim Laptophia menggunakan mode automatic heart rate detection & sleep assistant di gelang pintar Mi Band 4 dan hasilnya cukup akurat. Tak hanya itu, fitur penghitung langkahnya juga cukup akurat dan saat naik kendaraan, fitur ini tidak turut menghitungnya secara masif seperti kebanyakan smartwatch dan smartband entry-level. Pada Xiaomi Mi Band 4 review kali ini, smart band ini juga memiliki fitur mengingatkan kita untuk melakukan olahraga ringan setelah duduk atau diam terlalu lama agar peredaran darah lancar.

Xiaomi Mi Band 4 dapat menampilkan notifikasi dari smartphone dengan baik, tetapi tak senyaman di smartwatch karena ukuran layarnya yang kecil. Saat banyak notifikasi masuk dari berbagai aplikasi, Xiaomi Mi Band 4 mampu menampilkannya dengan apik, mudah dibaca, dan dilengkapi ikon untuk beberapa aplikasi. Kita bisa mengatur notifikasi dari aplikasi apa saja yang tampil di smartwatch melalui aplikasi Xiaomi Mi Fit. Sayangnya, kita tidak bisa membalas atau memberikan reaksi pada notifikasi yang muncul.

Mode olahraga atau workout pada Xiaomi Mi Band 4 review kali ini memang tak selengkap smartwatch yang lebih mahal. Beberapa mode yang tersedia antara lain adalah treadmill, exercise, outdoor running, cycling, walking, dan pool swimming. Perlu diketahui, fitness tracker Xiaomi Mi Band 4 ini tidak dilengkapi dengan modul GPS terpisah. Gelang pintar besutan Xiaomi ini memanfaatkan GPS pada smartphone untuk tracking rute olahraga yang dilakukan di luar ruangan.

Aplikasi Xiaomi Mi Fit

Aplikasi Xiaomi Mi Fit

Xiaomi Mi Band 4 ini menggunakan aplikasi tambahan Mi Fit untuk menyimpan data dan melakukan sinkronisasi. Aplikasi Xiaomi Mi Fit ini dikembangkan oleh Huami, sehingga antarmukanya sangat mirip dengan aplikasi Amazfit. Minimal menggunakan sistem operasi Android 4.4 atau iOS 9.0 untuk menjalankan aplikasi Mi Fit ini. Pada review Xiaomi Mi Band 4 kali ini, Laptophia menggunakan smartphone Xiaomi Mi 9T. Salah satu keunggulan aplikasi Mi Fit ini adalah dapat terhubung atau sinkronisasi ke Google Fit.

Aplikasi Xiaomi Mi Fit ini menyajikan informasi atau laporan yang lengkap mengenai aktivitas pengguna, seperti statistik jumlah langkah, kalori yang terbakar, detak jantung lengkap dengan analisanya, pelacakan olahraga yang telah dilakukan, jalur lari atau olahraga yang dilakukan pengguna secara akurat, laporan dan analisa tidur, dan banyak lagi. Melalui aplikasi Xiaomi Mi Fit ini, kita juga bisa mengatur notifikasi apa saja yang tampil di smart band Xiaomi Mi Band 4.

Mi Fit juga menyediakan aplikasi Friends yang memungkinkan pengguna menambah teman yang juga sesama pengguna Mi Band 4 atau aplikasi Mi Fit. Proses penambahan teman ini dapat dilakukan dengan casra scan QR code. Laptophia belum mengeksplorasi lebih jauh mengenai fitur ini. Berdasarkan informasi yang beredar, fitur Friends ini memungkinkan pengguna berbagi data kesehatan dan juga melakukan tantangan atau challange untuk melakukan olah raga tertentu atau mencapai goal tertentu. Ini cukup menarik.

Tak hanya itu, aplikasi Xiaomi Mi Fit ini juga dapat digunakan untuk mengatur band display atau watch face yang digunakan di gelang pintar Mi Band 4 dan juga memungkinkan untuk melakukan custom pada beberapa watchface. Pengguna juga dapat mengatur fungsi apa saja yang diaktifkan atau dinonaktifkan di smart band besutan Xiaomi tersebut. Xiaomi Mi Fit juga dapat digunakan untuk mengecek ketersediaan firmware baru dan melakukan proses upgrade firmware di Xiaomi Mi Band 4.
Baca juga:Review Sony SRS-XB01: Speaker Bluetooth Mungil Bersuara Detail

Kenyamanan


Fitness tracker Xiaomi Mi Band 4 ini relatif nyaman digunakan dalam waktu lama dan tidak menimbulkan rasa panas di kulit. Hal ini tak lepas dari dimensinya yang tipis dan bobot ringan, serta membuatnya lebih nyaman saat digunakan untuk tidur. Sedangkan strap silicon yang diusung Xiaomi Mi Band 4 juga terasa nyaman dan tidak menimbulkan reaksi gatal jika digunakan dalam waktu lama.

Baterai

Gelang pintar Xiaomi Mi Band 4 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 135mAh dan diklaim mampu bertahan hingga 20 hari dalam sekali charge. Berdasarkan pengalaman menggunakan Xiaomi Mi Band 4 oleh tim Laptophia, daya tahan baterainya mampu bertahan rata-rata hingga dua minggu dengan intensitas notifikasi yang cukup sering, beberapa kali olahraga, dan kadang-kadang dilepas saat tidur. Daya tahan baterai Xiaomi Mi Band 4 laik mendapat acungan jempol.

Kesimpulan

Sdecara umum, Xiaomi Mi Band 4 ini adalah salah satu fitness tracker atau gelang pintar terbaik di kelasnya saat ini. Tak hanya menawarkan fungsi dan fitur yang lengkap, Xiaomi Mi Band 4 ini juga menawarkan fitur kostumisasi yang lengkap, daya tahan baterai yang dapat diandalkan, dan dapat sinkronisasi ke Google Fit. Tak banyak kekurangan yang dapat digali dari Mi Band 4, terlebih harganya cukup kompetitif di kelasnya.

Kelebihan Xiaomi Mi Band 4

  • Layar AMOLED berkualitas
  • Daya tahan baterai hampir 2 minggu
  • Watchface melimpah dan customizeable

Kekurangan Xiaomi Mi Band 4

  • -

Harga Xiaomi Mi Band 4

Harga resmi gelang pintar atau fitness tracker Xiaomi Mi Band 4 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka adalah Rp 449.000. Tentunya harga ini bisa lebih murah atau lebih mahal tergantung kebijakan dan promo yang digelar masing-masing penjual. Berdasarkan hasil ulasan Xiaomi Mi Band 4 review di atas, smart band satu ini memang sudah teruji dan memiliki fitur lengkap dan layar warna yang ciamik. Jelas, Xiaomi Mi Band 4 sangat laik dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Mi Band 4 di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Mi Band 4

  • Product Model: Xiaomi Mi Band 4
  • RAM 512KB dengan ROM 16MB
  • Compatible System: Android 4.4 atau lebih baru, iOS 9 atau lebih baru
  • Sensor: 3-axis accelerometer + 3-axis gyroscope, PPG heart rate sensor, Capacitive proximity sensor
  • Mode olahraga: Treadmill, exercise, outdoor running, cycling, walking, pool swimming; Count steps, distance, dan calories burned
  • Aplikasi: Xiaomi Mi Fit
  • Screen Size: 0,95 inci 120 x 240 piksel, warna 24 bit
  • Screen Type: AMOLED
  • On-cell capacitive touchscreen, 2.5D tempered glass dengan anti-fingerprint coating
  • Bluetooth versi 5.0 BLE
  • Kapasitas baterai: lithium polymer 135mAh
  • Manipulation Mode: Single touch button (wake up, go back)
  • Waterproof denga rating 5ATM
  • Dimensi 42.8 mm x 42.8 mm x 9.8 mm berat 22,1 gram
  • Warna Black
Anda mungkin suka:Review Honor Watch Magic, Smartwatch Murah yang Nyaris Sempurna

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!