eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Smartphone Gaming Berkamera 64MP

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Smartphone Gaming Berkamera 64MP – Xiaomi Indonesia telah meluncurkan duo Redmi Note series melalui Redmi Note 8 Pro dan Redmi Note 8 di sebuah acara peluncuran di Jakarta, Kamis (17/10/2019) silam. Tak bisa dipungkiri, Xiaomi Redmi Note 8 Pro menarik perhatian konsumen dan pecinta gadget tanah air karena merupakan smartphone pertama di Indonesia yang dipersenjatai kamera utama berkekuatan 64 megapiksel dengan sensor baru dari Samsung ISOCELL Bright GW1 berukuran 1/1.7 inci 0.8um piksel.

Tak sampai di situ, Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini juga menarik perhatian gamer karena merupakan smartphone pertama di tanah air yang ditenagai oleh SoC MediaTek Helio G90T octa-core. MediaTek Helio G90T ini digadang-gadangkan sebagai chipset kelas mainstream yang dikembangkan khusus untuk gamer dan menawarkan performa yang lebih kencang dibandingkan kompetitor terdekatnya, yakni Qualcomm Snapdragon 730G. Lalu sejauh mana kehebatan smartphone ini? Simak review Xiaomi Redmi Note 8 Pro kali ini oleh tim Laptophia!
Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Smartphone Gaming Berkamera 64MP

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 8 Pro
  • Unit Xiaomi Redmi Note 8 Pro RAM 6GB ROM 128GB Pearl White
  • Kepala charger
  • Kabel Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Samsung Galaxy M30s: Performa Kian Kencang, Stamina Luar Biasa

Desain Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Desain Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Desain Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Hal yang menarik dari review Xiaomi Redmi Note 8 Pro menurut tim Laptophia adalah sisi desain. Xiaomi telah melakukan perombakan desain yang signifikan jika dibandingkan Redmi Note generasi sebelumnya. Sejak Redmi Note 3 series hingga Redmi Note 6 Pro, Xiaomi tak banyak melakukan perubahan desain dengan mengandalkan casing aluminium. Pabrikan asal Tiogkok ini kemudian beralih ke polikarbonat dengan frame plastik di Redmi Note 7 dan itu belum terasa premium.

Redmi Note 8 Pro ini sangat berbeda dengan dukungan frame stanless steel yang kokoh dan mengkilap dengan casing kaca Corning Gorilla Glass 5 yang tangguh. Hal ini membuat Xiaomi Redmi Note 8 Pro terasa sangat solid dan mewah, seperti layaknya smartphone flagship. Casing belakang kaca pada Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini menggunakan finishing yang unik dan menampilkan pantulan yang dinamis saat terkena cahaya. Ada tiga varian warna Redmi Note 8 Pro dan yang unit review Laptophia berwarna Pearl White.

Penempatan quad kamera di Xiaomi Redmi Note 8 Pro berbaris secara vertikal bersama sensor sidik jari. Namun, kamera Redmi Note 8 Pro ini sangat menonjol atau protruding, sehingga rawan tergores. Bahkan ketika menggunakan softcase bawaan sekalipun kamera belakangnya masih menonjol. Dimensi Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini agak besar dan berat dengan permukaan bodi yang licin, sehingga rawan slip. Laptophia menyarankan untuk menggunakan hardcase agar bodi terlindungi. Secara umum, build quality Xiaomi Redmi Note 8 Pro sangat solid dan tak jauh beda dengan ponsel premium lainnya.
Desain Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Desain Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Baca juga:Review Asus ZenBook UM431DA: Ultrabook Ringkas dan Premium Powerful Tak Lagi Mahal
Pada ulasan Xiaomi Redmi Note 8 Pro oleh tim Laptophia kali ini, bagian depan smartphone ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,53 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Redmi Note 8 Pro ini sudah mengadopsi on-screen button. LED notifikasi terdapat pada sisi bawah earpiece ponsel.

Layar smartphone gaming berkamera 64 megapiksel Redmi Note 8 Pro sudah berkontur 2.5D yang tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 5. Meski demikian, Laptophia tetap menganjurkan pengguna untuk memasang tempered glass di Redmi Note 8 Pro agar tak mudah pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Redmi Note 8 Pro ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel quad camera terbaru Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini terdapat microphone dan infrared port.

Sedangkan bagian belakang ponsel Redmi Note 8 Pro ini terdapat empat kamera atau quad camera yang tersusun secara vertikal, LED flash di sisi kanannya, sensor sidik jari, dan logo Redmi. Merek asal Tiongkok ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Software & Fitur Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Ketika mengulas smartphone Xiaomi, dipastikan kita akan bertemu dengan antarmuka MIUI, begitu juga pada ulasan Redmi Note 8 Pro kali ini. Smartphone gaming pertama di Indonesia bertenaga MediaTek Helio G90T ini menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka MIUI 10 saat Laptophia terima. Belum lama ini, Xiaomi Redmi Note 8 Pro telah mendapat upgrade ke MIUI 11 yang masih berbasis Android Pie. Belum ada informasi mengenai kapan Redmi Note 8 Pro akan mendapatkan upgrade ke Android 10.

Meski sudah menggunakan antarmuka MIUI 11, tampilan antarmuka Redmi Note 8 Pro ini masih tak jauh berbeda dengan MIUI versi sebelumnya yang menghadirkan Lockscreen dan Homescreen, tanpa kehadiran app drawer. MIUI 11 di Redmi Note 8 Pro ini juga menyediakan opsi kostumisasi yang luas agar tak mudah bosan. Pengguna dapat mengganti theme, wallpaper, animasi, dan banyak lagi sesuai selera, sehingga tampilan ponsel tidak membosankan.

MIUI 11 di Redmi Note 8 Pro ini hadir dengan animasi transisi yang lebih gegas dan smooth, font baru, system icon baru, dan theme baru bernama classical. MIUI 11 juga membawa mode ultra battery saver yang bila diaktifkan akan menghemat baterai signifikan. Fitur yang paling menonjol adalah hadirnya dark mode guna meningkatkan kenyamanan mata.

Beberapa fitur andalan Xiaomi Redmi Note 8 Pro antara lain adalah Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Share, Enterprise mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Quick replies, Full Screen gesture, Ultra Battery Saver, App Lock, dark mode, dual apps, split screen, dual space, Facebook cleanerm Game speed booster, Blocklist, App Vault, Digital Wellbeing,  dan banyak lagi.
Baca juga:Review QKZ DM7, Headset IEM Berkualitas dengan Harga di Bawah 100 Ribu
Aplikasi bawaan atau bloatware Xiaomi Redmi Note 8 Pro berdasarkan pantauan Laptophia tidak terlalu banyak. Saat pertama kali dihidupkan, beberapa aplikasi yang sudah terinstal di Xiaomi Redmi Note 8 Pro antara lain adalah Google Apps, aplikasi proprietary Xiaomi, Get Apps, Lazada, Facebook, WPS Office, WSing, Babe, AliExpress, dan Opera. Adapun game yang sudah terinstal antara lain adalah Ludo Master, Block Puzzle Guardian, Pop Shooter Blast, dan Dust Settle. Sebagian aplikasi bawaan tersebut dapat dihapus apabila tidak digunakan.

Secara umum, MIUI 11 pada review Redmi Note 8 Pro kali ini menjadi salah satu daya tarik atau keunggulan karena fitur lengkap yang diusungnya. Performa MIUI sendiri terbilang smooth dan ringan, sehingga terasa nyaman digunakan. Namun, beberapa aplikasi bawaan MIUI tampak menampilkan iklan. Meski iklan tersebut tidak mengganggu dan dapat dihilangkan dengan beberapa trik, hal ini tetap menjadi salah satu kekurangannya.

Benchmark Xiaomi Redmi Note 8 Pro

CPU-Z Xiaomi Redmi Note 8 Pro
CPU-Z Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Benchmark AnTuTu v8 Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Benchmark AnTuTu v8 Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Benchmark Geekbench 5 Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Benchmark Geekbench 5 Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Benchmark Androbench Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Benchmark Androbench Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Performa Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Performa Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Sektor kinerja memang menjadi daya tarik utama pada review Xiaomi Redmi Note 8 Pro kali ini menurut tim Laptophia. Redmi Note 8 Pro ini adalah smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan dapur pacu dari MediaTek Helio G90T. SoC (System on Chip) MediaTek Helio G90T yang digunakan Redmi Note 8 Pro ini dikembangkan untuk gaming dan mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 yang berlari dengan kecepatan 2,05GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G76 MC4 yang powerful.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, SoC MediaTek Helio G90T yang digunakan Xiaomi Redmi Note 8 Pro adalah SoC yang didesain khusus untuk gaming dengan performa prosesor dan grafis yang tinggi di kelasnya. Helio G90T ini masih diproduksi menggunakan teknologi 12nm LPP yang membuatnya agak ketinggalamn jika dibandingkan Snapdragon 710/730. MediaTek Helio G90T ini dilengkapi modem yang mendukung LTE Cat.12 (downlink) dan Cat.13 (uplink). Tak hanya itu Helio G90T juga mendukung penggunaan RAM hingga 10GB LPDDR4X 2133MHz (4266MHz efektif) dan media penyimpanan UFS 2.1.

Berdasarkan hasil benchmark Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang telah Laptophia lakukan, ponsel ini memang menghasilkan skor yang sangat tinggi dan bahkan bsia dikatakan salah satu yang paling tinggi di rentang harga Rp 3 juta-an. Xiaomi Redmi Note 8 Pro mampu menembus angka 281 ribu poin! Tak hanya itu, performa grafis Helio G90T pada Redmi Note 8 Pro ini juga cukup mencengangkan, yakni menembus angka 2372 poin untuk Sling Shot Extreme Open GL ES 3.1 dan 2407 poin untuk Sling Shot Extreme Vulkan!

Berdasarkan pengalaman penggunaan Xiaomi Redmi Note 8 Pro selama hampir tiga minggu, smartphone ini memang menawarkan performa yang sangat responsif. Buka tutup aplikasi dan animasi transisi berjalan dengan sangat smooth tanpa lag yang mengganggu. Performa Xiaomi Redmi Note 8 Pro untuk memainkan game juga cukup memuaskan di kelasnya karena mampu memainkan game terkini seperti PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends, dan game terbaru lainnya dengan lancar.
Baca juga:Review Asus ROG Zephyrus S GX531GW, Laptop Gaming GeForce RTX Tertipis!
Apakah MediaTek Helio G90T yang digunakan oleh Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini panas? Pertanyaan ini memang sering muncul karena MediaTek selalui diidentikkan dengan panas yang berlebih. Sejauh pengalaman review Xiaomi Redmi Note 8 Pro oleh tim Laptophia, ponsel ini relatif dingin untuk penggunaan sehari-hari. Saat memainkan game berat dalam waktu lama, suhu ponsel memang naik dan hal tersebut dirasa masih cukup nyaman. Hal ini tak lepas  dari dukungan sistem pendingin Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang cukup andal.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro


Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro


Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Foto siang hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro


Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Foto mode portrait


Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro


Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Foto macro
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro


Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro


Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Foto Malam Hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Night mode off
Night mode on
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro


Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Foto selfie kamera depan

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Mode portrait kamera depan

Hasil Foto Kamera Super Macro Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Hasil Foto Kamera Super Macro Xiaomi Redmi Note 8 Pro


Hasil Foto Kamera Super Macro Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Hasil Foto Kamera Wide Angle Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Hasil Foto Kamera Wide Angle Xiaomi Redmi Note 8 Pro


Hasil Foto Kamera Wide Angle Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Hasil Foto Kamera Wide Angle Xiaomi Redmi Note 8 Pro


Hasil Foto Kamera Wide Angle Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Hasil Rekaman Video Xiaomi Redmi Note 8 Pro Full HD


Review Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Sektor fotografi juga menjadi keunggulan utama pada review Xiaomi Redmi Note 8 Pro kali ini. Xiaomi mengklaim Redmi Note 8 Pro ini sebagai smartphone dengan kamera 64 megapiksel pertama di Indonesia. Ponsel ini mengandalkan empat buah kamera belakang yang menawarkan fungsi yang berbeda-beda. Kamera utama berkekuatan 64 megapiksel dengan lensa aperture f/1.9 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL GW1 1/1.7 inci 0,8um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga dan keempat berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro camera dan depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh ala kamera DSLR.

Xiaomi Redmi Note 8 Pro laik mendapat acungan jempol untuk kamera depan dengan dukungan sebuah kamera depan dengan resolusi 20 megapiksel dengan sensor BSI dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur AI Portrait Selfie untuk foto selfie dan video call.
Baca juga:Review Samsung Galaxy M30: Triple Kamera dengan Baterai Jumbo
Aplikasi kamera bawaan Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan kaya akan fitur. Aplikasi kamera default-nya memang sama dengan ponsel Xiaomi lainnya, yakni MIUI Camera. Hal yang menarik adalah mode manual atau mode Pro tersedia di kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro dan memungkinkan pengguna mengatur white balance, fokus, ISO, dan shutter speed hingga maksimal 32 detik. Mode kamera yang disediakan antara lain Slow Motion (hingga 960fps), Short Video, Video, Photo, 64M, Portrait, Night, Panorama, dan Pro.

Tim Laptophia cukup optimis dengan hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini mengingat sensor yang diusungnya berukuran besar di kelasnya. Hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro saat siang hari ternyata sangat memuaskan. Detail yang dihasilkan kamera ponsel ini sangat tinggi, tajam, dan warnanya cukup punchy. Bahkan, detail dedaunan yang biasanya banyak ponsel laoin keteteran dapat disajikan dengan baik oleg Redmi Note 8 Pro ini.

Sayangnya, dynamic range atau HDR yang dihasilkan tampak kurang memuaskan, terutama saat mengatasi bayangan. Beberapa foto tampak bayangan yang dihasilkan terlalu gelap. Mode HDR yang disediakan Xiaomi Redmi Note 8 Pro memang mampu meningkatkan dynamic range dan membuat bayangan tersebut menjadi lebih terang dan terlihat lebih detail. Jika dynamic range yang dihasilkan bisa lebih baik, mungkin kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro akan sempurna.

Mode portrait kamera belakang di Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini cukup memuaskan karena separasinya cukup rapi dan fokus atau tingkat bokehnya bisa diatur foto diambil. laptophia sangat menyukai foto macro yang dihasilkan oleh kamera utama pada review Xiaomi Redmi Note 8 Pro kali ini. Foto yang dihasilkan sangat detail, warna yang punchy, dan fokus yang akurat. Efek bokeh yang dihasilkan juga memuaskan. Selain itu, performa autofokus Redmi Note 8 Pro ini terbilang gegas dan akurat. Ini sangat menyenangkan!

Bagaimana performa kamera Xiaomi Redmi Note 8 Pro saat malam hari? Saat kondisi low-light, kecepatan autofokus kamera utama Redmi Note 8 Pro ini tidak mengalami penurunan signifikan. Hasil foto saat low-light atau malam hari bisa dikatakan cukup baik untuk kelas Rp 3 juta-an. Foto yang dihasilkan cukup tajam dengan detail foto saat malam hari masih cukup baik. Saturasi warnanya masih natural dengan noise yang relatif terkendali. Mode Night mampu menghasilkan foto yang sedikit lebih terang, peningkatan saturasi warna, dan detail, tetapi kadang terlihat agak oversharpening. Mode ini tampaknya masih perlu dioptimalkan lagi.

Kamera ultra wide-angle pada review Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini juga mampu menghasilkan foto yang memuaskan dengan detail tinggi saat siang hari dengan kondisi cahaya yang melimpah. Distorsi pada sudutnya dapat diatasi dengan baik, tetapi membuatnya sedikit agak soft. Saat malam hari, kamera wide angle Redmi Note 8 Pro ini kurang bisa diandalkan karena detail merosot tajam. Bahkan, beberapa foto tampak seperti efek cat air.
Baca juga:Review Asus ROG Zephyrus S GX502GW, Laptop Gaming Super dengan Fitur Lengkap
Kamera ultra macro yang diusung oleh Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini ternyata tak jauh berbeda dengan milik Realme 5 Pro yang telah diulas oleh Laptophia beberapa waktu lalu. Hasil foto ultra macro masih kurang memuaskan, terutama dalam kondisi kurang cahaya. Saat cahaya memadai sekalipun, detail yang dihasilkan terlihat masih kurang menurut Laptophia. Resolusi yang hanya 2 megapiksel tampaknya menjadi penyebab keterbatasan kemampuannya.

Performa kamera depan mungkin bisa menjadi hal yang diunggulkan pada ulasan Xiaomi Redmi Note 8 Pro kali ini. Foto selfie yang dihasilkan sangat memuaskan dengan detail yang tinggi, saturasi warna yang baik, efek beautify yang andal, dan dynamic range yang baik. Tak hanya itu, kamera depan juga dilengkapi mode portrait yang performanya tak jauh berbeda dengan kamera belakangnya. Jelas, performa kamera depan Redmi Note 8 Pro sudah cukup memuaskan penggemar foto selfie.

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Xiaomi Redmi Note 8 Pro merupakan sebuah smartphone kelas menengah yang cukup menarik dengan dua faktor, yakni smartphone pertama dengan kamera 64 megapiksel dan smartphone gaming pertama yang ditenagai oleh SoC MediaTek Helio G90T. Tak hanya itu, Xiaomi mengemas Redmi Note 8 Pro dalam desain yang premium dan dipadukan dengan build quality yang sangat solid di kelasnya.

Layar berukuran besar dan kapasitas baterai yang juga besar menjadi pendukung utama Xiaomi Redmi Note 8 Pro sebagai sebuah smartphone gaming. Melihat daya tarik yang dimilikinya, rasanya tak salah jika Laptophia menilai Xiaomi Redmi Note 8 pro adalah salah satu ponsel layak beli di kelasnya. Redmi Note 8 Pro juga menjadi lawan tangguh kompetitor seperti Vivo S1 Pro, Vivo Z1 Pro, Samsung Galaxy A50s, Oppo K3, Oppo A9 2020, dan juga Realme 5 Pro.

Layar

Xiaomi Redmi Note 8 Pro dibekali layar berukuran besar, yakni 6,53 inci dengan resolusi full HD+ yang menggunakan panel IPS. Ini agak disayangkan mengingat para pesaingnya sudah banyak yang menggunakan layar AMOLED yang lebih superior. Meski demikian, layar IPS yang diusung oleh Xiaomi Redmi Note 8 Pro bukanlah kaleng-kaleng menurut tim Laptophia. Layar ponsel dengan kamera 64MP ini mampu menghasilkan saturasi warna yang memanjakan mata, kontras yang tinggi, dan tajam.

Respon touchscreen layar Xiaomi Redmi Note 8 Pro cukup responsif dan akurat, tidak ada insiden loncat-loncat seperti yang pernah dialami oleh Pocophone F1. Viewing angle-nya luas dan saat digunakan di bawah sinar mataharu juga cukup memadai. Layar smartphone gaming ini sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 yang cukup tangguh.
Baca juga:Review Harman Kardon Onyx Studio 3, Suara Paling Mantap di Kelasnya!

Audio

Pada review Xiaomi Redmi Note 8 Pro kali ini, smartphone bertenaga MediaTek Helio G90T ini dibekali dengan speaker yang berada pada sisi bawah, sehingga tidak tertutup saat diletakkan. Volume suara yang dihasilkan ponsel andalan Xiaomi ini tidak terlalu kencang, tetapi sudah cukup memadai untuk mendengarkan musik atau mendengar ringtone notifikasi.

Tidak ada yang istimewa dengan speaker bawaan Redmi Note 8 Pro dengan karakter suara yang didominasi oleh treble dan bass nyaris tak terdengar. Sedangkan ketika digunakan untuk mendengarkan musik menggunakan headset Soundmagic E10C dan BlitzWolf BW-ES2, suara yang dihasilkan cukup mantap dengan bass yang kuat dan mendalam dan treble yang detail dan jernih.

Baterai

Baterai menjadi salah satu keunggulan pada ulasan Xiaomi Redmi Note 8 Pro oleh tim Laptophia kali ini. Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4500mAh. Kapasitas ini lebih besar dari rata-rata lini Redmi Note beberapa seri terakhir yang hanya 4000mAh. Ponsel ini juga mendukung fitur fast charging dengan daya maksimal hingga 18W.

Daya tahan baterai Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini cukup mengejutkan Laptophia karena rata-rata mampu bertahan hingga dua hari dengan tipikal penggunaan non gaming. Saat digunakan untuk gaming, tentu saja daya tahan baterainya bisa lebih singkat lagi. Daya tahan baterai ini sebenarnya bisa berbeda-beda, tergantung pola penggunaan masing-masing,

Memori

Smartphone quad kamera 64MP yang memiliki fitur NFC Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini menyisakan memori internal sekitar 115,44GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 3,2GB – 3,5GB. Smartphone Redmi Note 8 Pro ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi Note 8 Pro merupakan sebuah gebrakan yang dapat mengguncang pasar smartpohone kelas menengah di segmen Rp 3 juta-an. Ponsel ini menawarkan kinerja yang sangat tinggi di kelasnya dan sanggup memainkan game terkini tanpa masalah. Performa kamera belakang 64MP juga bisa diandalkan di segala kondisi cahaya. Daya tahan baterai Redmi Note 8 Pro juga layak mendapat acungan jempol. Smartphone gaming ini juga tampil menarik dengan build quality premium.
Baca juga:Review Lenyes S805, Speaker Portabel NFC Murah yang Menggelegar
Tiada gading yang tak retak, begitu juga dengan Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini. Smartphone ini masih mengandalkan slot hybrid yang membuat konsumen harus memilih antara dual sim aktif atau single SIM dengan microSD. Selain itu, MIUI 11 yang digunakan masih terdapat iklan yang bagi sebagian orang terasa mengganggu. Secara umum, Xiaomi Redmi Note 8 Pro masih merupakan salah satu smartphone paling layak beli di kelasnya.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

  • Desain & build quality mantap
  • Performa tinggi di kelasnya
  • Kamera bisa diandalkan
  • Fitur NFC
  • Daya tahan baterai mantap

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

  • Hybrid slot
  • Night mode harus dikembangkan lagi
  • MIUI masih terdapat iklan

Harga Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Harga smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro RAM 6GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 3.499.000. Sedangkan saat flash sale, ponsel ini dijual dengan harga Rp 3.399.000. Adapun Xiaomi Redmi Note 8 Pro varian dengan RAM 6GB ROM 64GB yang dibandrol Rp 2.999.000 saat flash sale dan harga normal Rp 3.099.000. Berdasarkan hasil review Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang telah dilakukan tim Laptophia, impresinya cukup positif dan memuaskan.

Smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro ini menawarkan performa yang bisa dikatakan salah satu yang paling kencang di kelasnya. Tak heran, smartphone terbaru besutan Xiaomi ini cocok untuk gaming dan siap memainkan aneka game terkini di Android dengan lancar. Xiaomi Redmi Note 8 Pro juga diklaim sebagai smartphone berkamera 64MP pertama di Indonesia dan kemampuannya pun bisa diandalkan. Secara umum, Xiaomi Redmi Note 8 Pro sangat laik dipertimbangkan bagi yang membutuhkan smartphone powerful, kamera mumpuni, dan harga yang masuk akal.
Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Redmi Note 8 Pro di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro

  • Sistem Operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka MIUI 10
  • Chipset MediaTek Helio G90T dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 2,05GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G76 MC4
  • Quad kamera 64 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL GW1 1/1.7 inci 0.8um piksel, aperture f/1.9, phase-detection autofokus dengan dilengkapi dual LED flash + 8 megapiksel sensor BSI 1/4 inci lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.2 + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (macro) + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 20 megapiksel, sensor BSI, lensa aperture f/2.0, fixed focus
  • Layar sentuh 6,53 inci 2.5D, aspek rasio 19.5:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2340 pixels, kerapatan 395 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass 5, HDR
  • Memori RAM 6GB LPDDR4X, ROM 64GB atau 128GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor, face unlock, NFC
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 161.4 x 76.4 x 8.8 mm dengan berat 200 gram
  • Baterai 4500mAh non-removable, MediaTek Pump Express 18W
  • Warna Pearl White, Forest Green, dan Mineral Grey
Anda mungkin suka:Realme 5 Pro Review: Performa Makin Kencang, Tampang Makin Cantik!