IBX582004D475488 Review Xiaomi Redmi Note 6 Pro: Kamera Mantap, Cocok untuk Selfie!

Review Xiaomi Redmi Note 6 Pro: Kamera Mantap, Cocok untuk Selfie!



Review Xiaomi Redmi Note 6 Pro: Kamera Mantap, Cocok untuk Selfie! – Xiaomi telah meluncurkan Redmi Note 6 Pro di Indonesia November 2018 di Indonesia. Ponsel yang merupakan penerus dari Xiaomi Redmi Note 5 ini ternyata tidak menawarkan peningkatan spesifikasi yang signifikan. Beberapa reviewer bahkan menyebut Xiaomi Redmi Note 6 Pro penuh gimik. Terlepas dari hal tersebut, Laptophia melihat Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini menawarkan perubahan desain yang signifikan dan kamera depan yang lebih andal, selebihnya bisa dikatakan sama dengan pendahulunya.

Mungkin Xiaomi Redmi Note 6 Pro bukan pilihan bijak bagi pengguna Redmi Note 5 untuk melakukan upgrade, tetapi Xiaomi Redmi Note 6 Pro tetaplah salah satu smartphone terbaik di kelas menengah menurut Laptophia. Penasaran? Simak review Xiaomi Redmi Note 6 Pro oleh tim Laptophia kali ini!
Review Xiaomi Redmi Note 6 Pro: Kamera Mantap, Cocok untuk Selfie!

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 6 Pro
  • Unit Xiaomi Redmi Note 6 Pro 6GB/64GB Black
  • Kepala charger
  • Kabel USB
  • SIM card ejector
  • Softcase hitam
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review SSD Samsung 860 EVO 500GB, Cocok untuk Upgrade Laptop!

Desain Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Desain Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Desain Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Smartphone Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini mengalami perubahan desain yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Pada review Xiaomi Redmi Note 6 Pro kali ini, penampilan yang diusungnya lebih kekinian dengan hadirnya poni atau notch pada bagian atas layar. Tak hanya itu, bezel ponsel Redmi Note 6 Pro ini juga lebih kecil sehingga screen to body ratio lebih tinggi dari pendahulunya. Sayangnya, desain seperti ini bukanlah sesuatu yang baru dan banyak vendor lain yang mengusung gaya desain yang sama.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini dibalut dengan casing berbahan metal yang terasa kokoh dan solid. Saat digenggam, Redmi Note 6 Pro bahkan terasa lebih premium ketimbang Pocophone F1 yang telah Laptophia lakukan review sebelumnya. Jika dikihat dari sisi belakang, Xiaomi Redmi Note 6 Pro sangat mirip dengan Redmi Note 5. Kamera ganda pada sisi belakang terlihat begitu menonjol atau protruding, sehingga rawan tergores ketika diletakkan.

Saat menggunakan softcase bawaan, kamera belakang Redmi Note 6 Pro ini ternyata masih menonjol. Pada pinggiran ponsel Redmi Note 6 Pro ini membulat dan membuatnya nyaman digenggam. Bobot ponsel ini terbilang standar saja, tidak terlalu berat karena hanya 181 gram. Dimensi atau ukuran ponsel andalan Xiaomi ini juga tidak terlalu besar, sehingga cukup nyaman digenggam pengguna yang telapak tangannya kecil. Hanya saja, permukaan casingnya agak licin.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max M2 ZB633KL: Debut Snapdragon 632, Ternyata Kencang!
Desain Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Desain Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Pada review Xiaomi Redmi Note 6 Pro oleh tim Laptophia kali ini, bagian depan smartphone ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, lubang kamera depan sekunder, kamera depan primer, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,26 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Redmi Note 6 Pro ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Redmi Note 6 Pro sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass. Tak diketahui versi berapa, tetapi Laptophia memperkirakan adalah Gorilla Glass. Laptophia menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Redmi Note 6 Pro agar tak mudah tergores atau pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Redmi Note 6 Pro ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini terdapat microphone, infrared blaster, dan port audio 3,5mm

Sedangkan bagian belakang ponsel Redmi Note 6 Pro ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara vertikal, dual-tone LED flash di sisi kanannya, sensor sidik jari, dan logo Xiaomi. Merek asal Tiongkok ini menempatkan port microUSB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Xiaomi Redmi Note 6 Pro 

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Software & Fitur Xiaomi Redmi Note 6 Pro
MIUI adalah hal yang menonjol dari setiap review smartphone Xiaomi, termasuk review Xiaomi Redmi Note 6 Pro kali ini. Penerus Redmi Note 5 ini sudah menggunakan MIUI 10 terbaru dengan basis Android 8.1 Oreo. Hingga kini Laptophia belum mendapat informasi apakah Redmi Note 6 Pro bakal mendapat upgrade ke Android 9.0 Pie atau tidak. Pabrikan asal China ini memang jarang memberikan upgrade OS Android untuk lini Redmi dan lebih fokus mengembangkan MIUI.

Bagi pengguna smartphone Xiaomi, tentu tak asing lagi dengan tampilan MIUI pada Redmi Note 6 Pro. Tampilan antarmukanya terbilang sederhana dengan terdiri dari Lockscreen dan Homescreen, tanpa kehadiran app drawer. Salah satu keunggulan MIUI adalah fasilitas kostumisasi yang terbilang lengkap menurut Laptophia. Kita dapat mengatur hampir semua item pada tampilannya, sebut saja animasi, theme, icon pack, mengatur layout, wallpaper, dan banyak lagi. Hampir setiap elemen MIUI dapat diatur dan kita dapat mengunduh theme atau wallpaper melalui menu yang disediakan.

Fitur yang ditawarkan MIUI pada review Xiaomi Redmi Note 6 Pro kali ini tak jauh berbeda dengan smartphone yang lebih mahal seperti Mi 8 Lite atau Pocophone F1. MIUI memang terkenal sarat fitur, sebut saja Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Drop, lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Full Screen gesture, Lite Mode, App Lock, dual apps, split screen, dual space, dan banyak lagi.

Aplikasi bawaan pada ponsel Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini sebenarnya tak terlalu banyak dan dapat diuninstal jika tidak diperlukan. Berdasarkan pantauan Laptophia, aplikasi yang sudah terinstal antara lain adalah Google Apps, UC Browser, Facebook, Picmix, dan Caping. Sayangnya, beberapa aplikasi seperti Music bawaan terdapat iklan.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M2 ZB631KL: Gaming Mantap, Kamera Oke!
Secara umum, MIUI menjadi salah satu daya tarik atau kelebihan tersendiri bagi Xiaomi Redmi Note 6 Pro karena performanya yang smooth, customizable, dan kaya fitur. Xiaomi juga terbilang rajin memberikan update untuk MIUI. Sayangnya, munculnya iklan di beberapa aplikasi bawaan MIUI menjadi salah satu nilai minus.

Benchmark Xiaomi Redmi Note 6 Pro

CPU-Z Xiaomi Redmi Note 6 Pro
CPU-Z Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Benchmark AnTuTu v7 Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Benchmark AnTuTu v7 Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Performa Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Performa memang menjadi salah satu daya tarik dari review Xiaomi Redmi Note 6 Pro kali ini, meski sebenarnya masih setara dengan pendahulunya. Ponsel quad camera ini didukung SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 636 yang mengusung prosesor octa-core Kryo 260 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB atau 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 509.

Kinerja yang dihasilkan oleh smartphone Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini relatif setara dengan Redmi Note 5, mengingat SoC yang digunakan masih sama. Hal ini tergambar jelas oleh angka-angka hasil benchmark Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang tak jauh berbeda dengan Redmi Note 5. Jelas, pengguna Redmi Note 5 tidak perlu upgrade ke Redmi Note 6 Pro jika menginginkan kenaikan kinerja.

Selama kurang lebih sebulan menggunakan Redmi Note 6 Pro, Tim Laptophia menilai performanya sangat baik. Ponsel ini nyaman digunakan karena smooth dan responsif, baik saat buka tutup aplikasi maupun perpindahan menu. Saat banyak aplikasi sosial media terinstal pun belum terlihat adanya lag. Multitasking berjalan dengan lancar, meski kadang MIUI cukup kejam membatasi proses di background.

Kinerja grafis Xiaomi Redmi Note 6 Pro untuk memainkan game memang bukan yang paling kencang dan masih kalah dengan pesaing terdekatnya, Zenfone Max Pro M2. Meski demikian, bukan berarti Xiaomi Redmi Note 6 Pro tak mampu mengakomodasi gaming. Performanya dalam memainkan game terkini seperti PUBG Mobile, AOV, Mobile Legends, Asphalt 9: Legends, Need for Speed No Limits, dan sebagainya cukup lancar, meski sebagian harus diatur setting grafisnya.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 6 Pro





Foto siang hari


Foto mode portrait kamera belakang




Foto macro





Foto malam hari


Foto malam hari dengan LED flash 


Foto selfie kamera depan


Foto selfie kamera depan mode portrait

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Sisi kamera memang masih menjadi sektor yang diunggulkan pada review Xiaomi Redmi Note 6 Pro kali ini. Ponsel ini dibekali dengan spesifikasi kamera belakang yang sama dengan pendahulunya. Meski demikian, pabrikan asal Tiongkok ini membawa peningkatan yang signifikan pada sisi kamera depan. Xiaomi Redmi Note 6 Pro bisa dikatakan sebagai smartphone Redmi dengan empat kamera pertama yang pernah dirilis oleh Xiaomi.

Sama seperti seri Redmi Note 5, Xiaomi Redmi Note 6 Pro RAM 4GB ROM 64GB mengandalkan dukungan kamera belakang ganda dengan resolusi 12 megapiksel dengan sensor Samsung S5K2L7 berukuran 1/2.55 inci 1.4um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa aperture f/1.9 yang dilengkapi dengan fitur phase-detection autofokus dan dual LED flash, tak ada perubahan jika dibandingkan pendahulunya.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor Samsung S5K5E8 ditandemkan lensa aperture f/2.0 yang berperan sebagai depth sensor. Kombinasi kedua kamera besutan Xiaomi Redmi Note 6 Pro RAM 4GB ROM 64GB ini mampu menghasilkan efek bokeh ala kemera DSLR yang lebih akurat berkat dukungan kecerdasan buatan atau AI dengan algoritma baru yang mampu mendeteksi 27 skenario untuk hasil foto yang lebih optimal.
Baca juga:Review Sharp A2 Lite: Smartphone Kekinian Termurah Berkamera Ganda!
Xiaomi Redmi Note 6 Pro RAM 4GB ROM 64GB mengalami peningkatan signifikan untuk kamera depan karena dibekali dengan kamera depan ganda yang sangat mumpuni berkekuatan 20 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor) dengan sensor Samsung S5K3T1 1/3.1 inci 0.9um piksel yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus dan diperkuat fitur AI Portrai Selfie untuk foto selfie dan video call.

Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini menggunakan aplikasi kamera MIUI Camera yang menawarkan tampilan antarmuka yang mudah digunakan. Fitur yang disediakan aplikasi MIUI Camera pada Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini terbilang lengkap dan menyediakan banyak mode, sebut saja Short Video, Video, Photo, Portrait, Square, Panorama, dan manual. Adapun fitur AI yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai selera. Hal yang unik adalah mode manual pada ponsel ini lebih lengkap dari kebanyakan ponsel Redmi lainnya.

Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera belakang Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini laik mendapat acungan jempol. Foto yang dihasilkan terbilang tajam dengan tingkat detail yang cukup tinggi, warna yang natural dan sedikit punchy, dan noise yang nyaris tak terlihat. Dynamic range cukup baik, tetapi pada kondisi cahaya yang menantang agak kewalahan. Tone warna pada Xiaomi Redmi Note 6 Pro terlihat lebih warm dibanding Redmi Note 5 menurut Laptophia.

Pada review Xiaomi Redmi Note 6 Pro, kecepatan autofokus kameranya sangat gegas dan akurat. Foto macro yang dihasilkan juga terbilang memuaskan dengan detail yang tinggi, efek blur yang menawan, dan warna yang punchy. Saat malam hari, kamera Xiaomi Redmi Note 6 Pro sangat bisa diandalkan. Foto yang dihasilkan memang mengalami penurunan detail dan menghasilkan noise, tetapi masih lebih baik jika dibandingkan smartphone lain di kelasnya. LED flash yang diusungnya terbilang terang.

Kamera depan memang menjadi upgrade paling signifikan jika dibandingkan dengan Redmi Note 5. Hasil foto selfie Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini terbilang sangat memuaskan. Foto yang dihasilkan memang berkarakter soft, tetapi detail yang dihasilkan masih memadai. Bahkan, saat malam hari foto selfie yang dihasilkan masih sangat instagrammable. Hal yang menarik adalah dynamic range dari kamera depan ini sangat baik.

Review Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 6 Pro
Xiaomi Redmi Note 6 ProBanyak yang menilai Xiaomi Redmi Note 6 Pro tidak menawarkan banyak perubahan jika dibandingkan dengan Redmi Note 5. Pabrikan asal China ini disebut hanya memberikan minor upgrade pada Redmi Note 6 Pro.

Hal ini tak sepenuhnya benar menurut Laptophia. Ponsel ini menawarkan perubahan desain yang signifikan dan dibekali kamera depan yang mumpuni. Xiaomi Redmi Note 6 Pro mamu menjangkau pasar yang lebih luas dari pendahulunya karena dapat merangkul generasi milenial yang gemar berfoto selfie.

Layar

Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini dibekali dengan layar sentuh berukuran sedkit lebih besar dari pendahulunya, yakni 6,26 inci dengan resolusi full HD+. Aspek rasio layar ponsel ini juga berbeda dari pendahulunya yang 18:9 menjadi 19:9. Kualitas layar pada review Xiaomi Redmi Note 6 Pro kali ini relatif tak berbeda jika dibandingkan dengan Redmi Note 5 yang mampu memancarkan warna yang cukup vivid dan memanjakan mata. Tak hanya itu, layar Redmi Note 6 Pro ini terasa tajam dan menawarkan kontras yang baik.

Respon layar sentuhnya terbilang gegas dan sensitif, sehingga tak ada masalah saat digunakan bermain game. Viewing angle layar ponsel Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini terbilang luas dan saat digunakan di bawah sinar matahari masih dapat terlihat dengan baik. Laptophia tetap menyarankan penggunaan tempered glass, meski sudah dilengkapi proteksi antigores dari Gorilla Glass.
Baca juga:Review Asus Zenfone 5Q, Smartphone Selfie Mantap yang Terlupakan

Audio

Smartphone menengah andalan Xiaomi ini dibekali dengan loudspeaker pada sisi bawah atau sering disebut dengan istilah bottom firing speaker. Kelebihannya adalah keluaran suara tak akan terhalang saat ponsel diletakkan. Loudspeaker bawaan Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini memang menawarkan suara yang kencang.

Kualitas suaranya tak jauh berbeda dari Redmi Note 5 yang didominasi oleh treble, meski suara bass masih terdengar. Saat mendengarkan musik dengan headset Sennheiser HD 202 II, keluaran suaranya terbilang solid. Bass dan treble relatif seimbang, vokal terdengar jelas.

Baterai

Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini dibekali baterai berkapasitas sama dengan Redmi Note 5, yakni 4000mAh. Anehnya, Xiaomi tak menyebutkan adanya dukungan Quick Charge di ponsel ini. Laptophia kemudian menjajalnya dengan charger Quick Charge dan bekerja dengan baik. Ini berarti Xiaomi Redmi Note 6 Pro mendukung Quick Charge, tetapi tidak diketahui apakah versi 2.0 atau 3.0.

Daya tahan baterai Xiaomi Redmi Note 6 Pro dengan penggunaan ala tim Laptophia yang didominasi sosial media, kamera, dan streaming masih bisa bertahan hingga 1,5 hari. Penggunaan lebih intensif seperti gaming tentu dapat membuat daya tahan baterai lebih singkat. Secara umum, daya tahan baterainya laik mendapat acungan jempol, meski masih kalah dengan pesaing terdekatnya, Zenfone Max Pro M2.

Memori

Smartphone menengah dengan kamera selfie andal Xiaomi Redmi Note 6 Pro varian RAM 4GB dan ROM 64GB ini menyisakan memori internal sekitar 52,45GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 2GB – 2,2GB. Smartphone ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port microUSB yang diusungnya.

Kesimpulan

Secara umum, Xiaomi Redmi Note 6 Pro merupakan sebuah smartphone menengah yang sangat laik dipertimbangkan. Ponsel ini tak hanya menawarkan performa andal, tetapi juga kemampuan kamera belakang dan depan yang mumpuni. Baterai berkapasitas besar, harga yang kompetitif, dan desain kekinian dengan build quality yang solid menjadi daya tarik utama Xiaomi Redmi Note 6 Pro menurut Laptophia.

Sayangnya, Xiaomi Redmi Note 6 Pro kurang cocok untuk upgrade bagi pengguna Redmi Note 5 kecuali butuh kemampuan kamera depan yang lebih andal. Selain itu, Xiaomi Redmi Note 6 Pro masih menggunakan port microUSB dan masih mempertahankan hybrid slot mungkin menjadi nilai minus.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi S2: Smartphone Selfie Terbaik di Bawah 2 Juta!

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 6 Pro

  • Kamera salah satu yang terbaik di kelasnya
  • Baterai tahan lama
  • Harga sangat kompetitif

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 6 Pro

  • Hybrid slot
  • Masih menggunakan port microUSB

Harga Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Harga Xiaomi Redmi Note 6 Pro RAM 4GB ROM 64GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 3.299.000. Sedangkan harga Xiaomi Redmi Note 6 Pro varian RAM 3GB ROM 32GB lebih murah, yakni Rp 2.899.000. Berdasarkan review Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang telah dilakukan oleh tim Laptophia, ponsel ini menunjukkan impresi dan performa yang memuaskan.

Banyak yang mengatakan Redmi Note 6 Pro ini terlalu banyak gimik, Laptophia tak sepenuhnya setuju dan tidak pula menyangkalnya. Desain berponi dan kemampuan kamera depan yang mumpuni menjadi daya tarik Xiaomi Redmi Note 6 Pro dibanding pendahulunya. Secara umum, Laptophia menilai Xiaomi Redmi Note 6 Pro merupakan salah satu smartphone terbaik yang laik beli di kelasnya dan bersaing ketat dengan Asus Zenfone Max Pro M2.
Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Redmi Note 6 Pro di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 6 Pro

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 10
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 636 dengan prosesor octa-core Kryo 260 1,8GHz
  • Grafis Adreno 509
  • Dual kamera 12 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL S5K2L7 1/2.55 inci 1,4um piksel, aperture f/1.9, Dual Pixel phase-detection autofokus dengan dilengkapi dual LED flash + 5 megapiksel, fixed focus, sensor Samsung ISOCELL S5K5E8, lensa f/2.0.
  • Kamera depan 20 megapiksel, sensor Samsung S5K3T1 1/3 inci 0.9um piksel, lensa aperture f/2.0, fixed focus + 2 megapiksel, fixed focus (depth sensor)
  • Layar sentuh 6,26 inci 2.5D, aspek rasio 19:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2280 pixels, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 3GB atau 4GB LPDDR4X, ROM 32GB atau 64GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor, face unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 157.9 x 76.4 x 8.3 mm dengan berat 181 gram
  • Baterai 4000mAh non-removable
  • Warna Black, Blue, Rose Gold, dan Red
Anda mungkin suka:Review Pocophone F1 by Xiaomi: Smartphone Flagship Killer Terbaik 2018?

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!