eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Realme 5 Pro Review: Performa Makin Kencang, Tampang Makin Cantik!

Realme 5 Pro Review: Performa Makin Kencang, Tampang Makin Cantik! – Belum lama Realme menggempur pasar menengah Indonesia melalui seri Realme 3 Pro, kini pabrikan asal Tiongkok ini sudah meluncurkan penerusnya melalui seri Realme 5 Pro. Bagi pengguna Realme 3 Pro yang umurnya baru beberapa bulan di Indonesia, kehadiran Realme 5 Pro ini tentu bukan hal yang terlalu baik. Ponsel Realme 5 Pro ini menawarkan peningkatan signifikan di sektor fotografi dan performa jika dibandingkan dengan pendahulunya dan dijual dengan harga yang sama.

Hampir sebulan yang lalu unit Realme 5 Pro telah mendarat di markas Laptophia. Smartphone dengan dukungan empat buah kamera belakang ini tampil dengan desain yang lebih menarik dan makin cantik. Tak hanya itu, SoC Snapdragon 712 yang menjadi dapur pacu Realme 5 Pro ini membuatnya cukup kompetitif melawan kompetitor terdekat seperti Xiaomi Redmi Note 8 Pro dan Vivo Z1 Pro. Penasaran sehebat apakah smartphone ini? Simak ulasan Realme 5 Pro review oleh tim Laptophia kali ini!
Realme 5 Pro Review: Performa Makin Kencang, Tampang Makin Cantik!

Paket Pembelian Realme 5 Pro

Paket Pembelian Realme 5 Pro
  • Unit Realme 5 Pro RAM 4GB ROM 128GB Crystal Green
  • Kepala charger (support VOOC 20W fast charger)
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga: Review Nakamichi N7, IEM Suara Jernih dengan Bass yang Mantap!

Desain Realme 5 Pro

Desain Realme 5 Pro

Desain Realme 5 Pro

Sisi desain kembali menjadi daya tarik utama pada Realme 5 Pro review kali ini dengan konsep yang fresh dan membuatnya tampil jauh lebih berkelas ketimbang pendahulunya, Realme 3 Pro. Pendahulunya tampil dengan gradasi warna yang membentuk huruf S bergaya Le Mans-inspired Speedway Design. Realme 5 Pro menggunakan casing belakang dengan efek kristal hologram yang merupakan pengembangan dari gaya diamond cut yang pernah dipakai oleh Realme 2. Hasilnya? Realme 5 Pro terkesan lebih premium dan menarik.

Casing belakang dapat memancarkan pantulan cahaya yang unik dan dinamis berkat efek kristal hologram yang diusungnya. Meski casing belakangnya masih menggunakan material polikarbonat, Realme 5 Pro terasa lebih mewah ketika digenggam ketimbang generasi sebelumnya. Tak hanya itu, finishing glossy mirip kaca pada casing belakang Realme 5 Pro ini membuatnya agak licin dan rawan slip. Empat buah kamera belakangnya berdesain menonjol atau protruding, sehingga wajib pakai softcase bawaan agar tidak mudah tergores.

Sedangkan sisi depan terlihat Realme 5 Pro masih menggunakan konsep desain yang sama dengan pendahulunya yang mengusung poni minimalis yang disebut dengan waterdrop design. Bezel layar ponsel Realme 5 Pro ini cukup tipis, tetapi bagian bawahnya sedikit lebih tebal. Frame smartphone Realme 5 Pro ini terbuat dari bahan polikarbonat yang cukup tebal dan terasa kuat. Build quality Realme 5 Pro ini menurut Laptophia cukup solid dan kuat, serta bobot yang tidak terlalu berat.
Desain Realme 5 Pro

Desain Realme 5 Pro
Baca juga:Review Harman Kardon Onyx Studio 3, Suara Paling Mantap di Kelasnya!
Pada Realme 5 Pro review kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,3 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Realme 5 Pro besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Realme 5 Pro sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 3+ dan masih ditambah screenguard yang terpasang dari pabrik. Meski demikian, Laptophia tetap merekomendasikan pemasangan tempered glass menggantikan screen protector bawaan.

Tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme 5 Pro ini. Sedangkan sisi kiri terdapat volume rocker, tray slot SIM 1, SIM 2, dan microSD dengan jenis triple slot atau dedicated slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Realme 5 Pro ini tedapat sebuah microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme 5 Pro ini terdapat empat buah kamera yang tersusun secara vertikal, LED flash, sensor sidik jari, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan seri Realme XT ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Realme 5 Pro

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Realme 5 Pro

Software & Fitur Realme 5 Pro

Realme 5 Pro dibekali dengan perangkat lunak atau software yang up to date. Ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan balutan antarmuka ColorOS 6 yang kaya fitur, serta dipastikan akan mendapat update ke Android 10 di masa mendatang. Hal ini tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi pengguna Realme 5 Pro. Selama proses Realme 5 Pro review, tim Laptophia telah mendapat 2 kali update melalui OTA (Over The Air).

Penampilan antarmuka dari ColorOS 6 yang digunakan oleh smartphone Realme 5 Pro ini sama persis dengan Realme 3 Pro yang Laptophia ulas sebelumnya. Kita akan disuguhkan tampilan Lockscreen, Homescreen, dan app drawer yang dapat diakses dengan cara swipe up. Aplikasi yang terinstal juga otomatis menampilkan ikon shortcut di Homescreen.

Menu kostumisasi yang disediakan oleh Realme 5 Pro ini terbilang cukup lengkap yang memungkinkan kita mengganti wallpaper, mengatur widget, animasi dan sebagainya. Realme 5 Pro juga sudah dibekali dengan aplikasi Theme Store yang memudahkan pengguna mengunduh dan mengganti theme dan wallpaper, sehingga tidak mudah merasa bosan.

Beberapa fitur andalan ColorOS 6.0 yang digunakan oleh Realme 5 Pro berdasarkan pantauan Laptophia antara lain adalah Night Shield, screen recording, long screenshot, One-Tap Lockscreen, assistive ball, secure keyboard, quiet time, smart driving, fullscreen multitasking, Smart Assistant, gesture & motion, Game Space, Clone Apps, Game Space, Digital Wellbeing, parental control, dan banyak lagi.

Tombol navigasi ponsel Realme 5 Pro ini bisa dikostumisasi peletakan Back dan Recent apps. Bahkan, tersedia opsi menggunakan gesture swipe sebagai pengganti navigasi. Fitur Clone Phone memudahkan pengguna untuk migrasi dari smartphone lawas ke smartphone baru.
Baca juga:Review Lenyes S105, Speaker Bluetooth 100 Ribu-an Terbaik?
Adapun fitur Clone Apps memungkinkan pengguna menginstal dua aplikasi yang sama dengan identitas yang berbeda. Realme 5 Pro dibekali dengan dua fitur keamanan, yakni face unlock dan sensor sidik jari. Fitur face unlock berjalan dengan sebagaimana mestinya, hanya saja kurang bisa diandalkan dalam kondisi low-light. Sedangkan sensor sidik jarinya cukup sensitif.

Aplikasi bawaan Realme 5 Pro ini lumayan banyak, antara lain adalah Google Apps, Opera browser, Opera News, Lazada App, Baca Plus, J&T Express, ORoaming, TikTok, Dana, Webnovel, WPS Office, Vova, dan Babe. Kita dapat menghapus aplikasi bawaan tersebut jika tidak dibutuhkan guna menambah ruang simpan internalnya.

Secara umum, ColorOS 6.0 yang digunakan oleh Realme 5 Pro ini menawarkan fitur yang lengkap, tampilan antarmuka yang baik dan customizable, dan performa yang cukup smooth. Selain itu, konsumsi RAM untuk ColorOS ini memang agak boros dan Laptophia berharap hal ini dapat doptimalkan lagi di masa mendatang. Realme juga memberikan update secara reguler dan ini merupakan nilai tambah tersendiri.

Benchmark Realme 5 Pro

CPU-Z Realme 5 Pro
CPU-Z Realme 5 Pro
Benchmark Geekbench 5 Realme 5 Pro
Benchmark Geekbench 5 Realme 5 Pro
Benchmark AnTuTu v7 Realme 5 Pro
Benchmark AnTuTu v7 Realme 5 Pro
Benchmark Vellamo Realme 5 Pro
Benchmark Vellamo Realme 5 Pro
Benchmark PCMark Realme 5 Pro
Benchmark PCMark Realme 5 Pro
Benchmark 3DMark Realme 5 Pro
Benchmark 3DMark Realme 5 Pro
Benchmark Basemark OS II Realme 5 Pro
Benchmark Basemark OS II Realme 5 Pro
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Realme 5 Pro
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Realme 5 Pro

Performa Realme 5 Pro

Performa Realme 5 Pro

Performa menjadi keunggulan dari Realme 5 Pro review oleh tim Laptophia kali ini. Smartphone kelas menengah satu ini memang menawarkan peningkatan kinerja yang cukup lumayan jika dibandingkan dengan pendahulunya, Realme 3 Pro. Ponsel Realme 5 Pro menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 712 AIE, bandingkan dengan Realme 3 Pro yang didukung SoC Snapdragon 710 AIE. Peningkatan kinerja Snapdragon 710 ke Snapdragon 712 diklaim Qualcomm mencapai 10%.

Kinerja tinggi dari Realme 5 Pro ini membuatnya mampu menangani gaming dan kebutuhan komunikasi masa kini berkat sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 712 AIE SDM712 yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core Kryo 360 Gold 2,3GHz dan hexa-core Kryo 360 Silver 1,7GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB atau 8GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 616. Unit yang Laptophia terima adalah varian dengan RAM 4GB.

Sebagai tambahan informasi, Snapdragon 712 AIE yang digunakan oleh Realme 5 Pro ini diproduksi menggunakan teknologi 10nm LPP yang membuatnya dingin dan hemat konsumsi daya. Snapdragon 712 ini didukung modem Snapdragon X15 yang mendukung LTE Cat.15 (downlink) dan Cat.13 (uplink).  Qualcomm mengklaim Snapdragon 712 ini menawarkan performa prosesor 10% lebih kencang dan grafis 10% lebih kencang dari Snapdragon 710 yang tak lain adalah pendahulunya.

Performa tinggi pada Realme 5 Pro review ini dibuktikan dengan skor benchmark sintetis dari AnTuTu yang mencapai angka 170 ribu-an, tak jauh berbeda dengan Vivo Z1 Pro yang sama-sama mengandalkan Snapdragon 712. Kinerja grafis Realme 5 Pro ini juga cukup tinggi untuk kelas menengah dengan skor benchmark 3DMark yang terbilang tinggi. Hal ini membuat ponsel Realme 5 Pro cukup mampu meladeni game-game Android terbaru saat ini.
Baca juga:Infinix Hot 7 Pro X625 Review: Quad Camera dengan RAM 6GB Termurah
Skor benchmark sintetis memang kadang tak selalu sesuai dengan kinerja yang dirasakan pengguna sehari-hari. Namun, Realme 5 Pro ini tampak konsisten. Performa smartphone penerus Realme 3 pro ini terbukti terasa ringan, gegas, dan hampir tak pernah lag selama proses uji pakai yang dilakukan tim Laptophia. ColorOS tampaknya telah dioptimasi dengan baik sehingga perpindahan menu dan buka tutup aplikasi berjalan lebih gegas. Tak hanya itu, proses penyimpanan foto mode HDR yang terasa agak lama pada Realme 3 Pro, kini jauh lebih gegas di Realme 5 Pro review kali ini.

Performa gaming Realme 5 Pro ini tak perlu diragukan lagi. Meski levelnya bukan di flagship, Realme 5 Pro terbukti sanggup memainkan game-game Android terkini dengan smooth dan tanpa kendala seperti UBG Mobile, Garena FreeFire, Fortnite, Asphalt 9, Mobile Legends, AOV, dan sebagainya. Mode Game Space di ponsel ini dapat meningkatkan kenyamanan saat bermain game. Selama proses Realme 5 Pro review, panas yang dihasilkan masih tergolong wajar dan tidak menunjukkan adanya gejala overheat.

Hasil Foto Kamera Realme 5 Pro

Hasil Foto Kamera Realme 5 Pro


Hasil Foto Kamera Realme 5 Pro



Hasil Foto Kamera Realme 5 Pro
Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Realme 5 Pro
Foto portrait mode

Hasil Foto Kamera Realme 5 Pro


Hasil Foto Kamera Realme 5 Pro


Foto macro
Hasil Foto Kamera Realme 5 Pro

Hasil Foto Kamera Realme 5 Pro



Hasil Foto Kamera Realme 5 Pro
Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Realme 5 Pro

Foto malam hari dengan mode Nightscape
Hasil Foto Kamera Realme 5 Pro


Hasil Foto Kamera Realme 5 Pro
Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Realme 5 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Realme 5 Pro


Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Realme 5 Pro


Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Realme 5 Pro

Hasil Foto Kamera Macro Realme 5 Pro

Hasil Foto Kamera Macro Realme 5 Pro

Hasil Foto Kamera Macro Realme 5 Pro

Hasil Foto Kamera Macro Realme 5 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Realme 5 Pro 

Hasil Foto Kamera Depan Realme 5 Pro


Hasil Foto Kamera Depan Realme 5 Pro
Mode normal

Hasil Foto Kamera Depan Realme 5 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Realme 5 Pro
Mode portrait

Review Kamera Realme 5 Pro

Review Kamera Realme 5 Pro

Salah satu keunggulan dan peningkatan signifikan pada Realme 5 Pro review adalah sektor fotografi. Smartphone yang di Indonesia diproduksi oleh PT Selalu Bahagia Bersama ini dibekali dengan empat buah kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 48 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Sony IMX586 1/2 inci 0,8um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI Scene detcetion, dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 120 derajat. Sedangkan kamera ketiga dan keempat berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro camera dan depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh ala kamera DSLR.

Kamera depan Realme 5 Pro cukup mumpuni di kelasnya dengan dukungan kamera resolusi 16 megapiksel dengan sensor Sony IMX471 1/3.1 inci 1um piksel dengan lensa aperture f/2.0 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Kamera belakangnya mampu merekam video dengan resolusi 4k dan kamera depannya hingga resolusi full HD. Mode Nightscape, ultra wide-angle, Chroma Boost, Ultra Macro, dan Ultra 48MP dari Realme 5 Pro menjadi fitur unggulannya.

Aplikasi kamera bawaan Realme 5 Pro ini tak jauh berbeda dari Realme 3 Pro dengan tambahan beberapa mode baru. Ada beberapa mode yang tersedia, yakni Ultra 48 MP, Ultra Macro, Time-Lapse, Slo-Mo, Video, Nightscape, Photo, Portrait, Sticker, Pano, dan Expert. Pada Mode Expert, kita bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 6400), Shutter Speed (hingga 16s), dan fokus.

Saat digunakan untuk memotret dalam kondisi siang hari dan cahaya yang melimpah, kamera utama Realme 5 Pro ini sangat memuaskan. Kamera utama pada Realme 5 Pro review kali ini mampu menghasilkan detail yang tinggi dan berkualitas. Karakter fotonya memang tak jauh berbeda dengan Realme 3 Pro yang agak warm, warna yang sangat punchy, dan dynamic range yang secara default sudah sangat bagus dan luas. Sayangnya, kadang saturasi warnanya agak lebay ketika mode HDR diaktifkan. Selain itu, detail tanaman saat memotret lingkungan hijau seharusnya bisa lebih baik.
Baca juga:Review Vivo Y17: Triple Kamera dengan Baterai Jumbo!
Mode HDR memang dapat meningkatkan dynamic range, tetapi kadang menimbulkan efek warna yang agak over saturated. Laptophia sendiri mengatur mode HDR ini auto sepanjang proses review. Sedangkan Chroma boost ketika diaktifkan mampu menghasilkan warna foto yang kian berani, meski bisa dikatakan over saturated. Mode ini kadang memang mampu membuat foto jadi terlihat lebih hidup, meski tidak selalu memuaskan hasilnya.

Mode portrait kamera belakang Realme 5 Pro ini cukup baik dengan separasi yang cukup rapi dan memuaskan di kelasnya. Kemampuan foto macro Realme 5 Pro menggunakan kamera utama ini laik mendapat acungan jempol. Kecepatan autofokusnya gegas dan akurat, bahkan saat kondisi cahaya kurang memadai. Hasil foto macro Realme 5 Pro ini memuaskan dengan tingkat detail yang tinggi, warna yang punchy, dan nyaris tak terlihat adanya noise. Efek blur bokehnya juga sangat baik.

Sayangnya, hasil foto kamera macro dedicated yang diusung Realme 5 Pro kurang memuaskan. Foto tampak banyak noise, warna yang kurang alami, dan kadang underekspose. Resolusinya yang rendah membuat detail yang dihasilkan juga seadanya. Laptophia tidak menyarankan untuk menggunakan kamera khusus macro yang diandalkan oleh Realme 5 Pro ini. Sedangkan kamera ultra-wide Realme 5 Pro ini menunjukkan hasil yang baik, meski bagian sudutnya agak soft dan terdistorsi. Namun, kamera ultra wide ini kurang bisa diandalkan saat malam hari.

Saat kondisi malam hari, kamera utama pada Realme 5 Pro review kali ini masih cukup bertaring dengan menghasilkan foto dengan detail yang cukup, noise yang cukup terkendali, dan warna yang alami. Kecepatan fokusnya saat malam hari memang menurun, tetapi masih cukup nyaman digunakan. Mode Nightscape mampu menghasilkan foto yang jauh lebih terang, detail yang lebih baik, dan warna yang lebih vivid.

Kemampuan kamera depan Realme 5 Pro untuk foto selfie cukup mumpuni menurut tim Laptophia. Meski resolusinya lebih rendah dari kamera depan Realme 3 Pro, tetapi hasil foto selfie Realme 5 Pro tak jauh berbeda. Foto selfie yang dihasilkan cukup detail, warna yang punchy, dan dynamic range yang sangat baik. Saat digunakan untuk mode portrait, kamera depan Realme 5 Pro masih menunjukkan hasil yang memuaskan dengan separasi subyek dan background yang rapi.

Realme 5 Pro Review

Realme 5 Pro Review

Kehadiran Realme 5 Pro ini tampak menyebalkan bagi pengguna Realme 3 Pro, pasalnya jarak rilis keduanya bisa dikatakan terlalu dekat. Terlepas dari waktu rilis yang terlalu dekat dengan pendahulunya, Realme 5 Pro ini menawarkan upgrade yang cukup signifikan pada sektor fotografi dan performa. Ponsel ini kini dibekali dengan empat buah kamera belakang dengan kamera utamanya yang dibekali sensor berukuran besar dan lebih mumpuni dari pendahulunya.

Kinerja Realme 5 Pro juga meningkat paling tidak 10% dengan dukungan chipset baru Snapdragon 712. Penampilan Realme 5 Pro tampak lebih cantik dan trendi dengan konsep desain casing belakang yang lebih fresh. Namun, Realme 5 Pro ini ternyata juga membawa downgrade di beberapa sektor, seperti penggunaan Gorilla Glass yang lebih rendah dan resolusi kamera depan yang lebih kecil.

Layar

Realme 5 Pro ini dibekali layar sentuh 6,3 inci dengan resolusi full HD+ berteknologi panel IPS. Spesifikasi layar yang ditawarkan ponsel ini setara dengan Realme 3 Pro atau Realme U1 yang pernah Laptophia ulas sebelumnya. Tim Laptophia melihat kualitasnya tak jauh berbeda dari Realme 3 Pro. Layar Realme 5 Pro mampu menghasilkan tampilan visual yang tajam, padat, dan warna vivid yang memanjakan mata.

Kontras yang dihasilkan layar ini cukup tinggi dan warna hitamnya cukup baik untuk layar jenis IPS yang diusungnya. Viewing angle-nya luas dan respon touchscren gegas. Saat digunakan di bawah sinar matahari, performa layar Realme 5 Pro ini tergolong biasa saja. Tulisan yang tampil di layar masih dapat dibaca dengan baik. Layar Realme 5 Pro sudah dilindungi antigores dari Corning Gorilla Glass 3+ dan ditambah screenguard yang terpasang dari pabrik.
Baca juga:Realme C2 Review: Smartphone Murah Terbaik?

Audio

Realme 5 Pro dibekali dengan speaker yang menghadap ke bawah, sehingga tidak tertutup ketika ponsel diletakkan di bidang datar. Speaker Realme 5 Pro mampu menghasilkan volume suara yang kencang dan kualitas suaranya jernih. Treble memang mendominasi, sama seperti kebanyakan speaker ponsel lain dan bass cukup terdengar. Suara vokal tampak lebih menonjol ketimbang suara musik di speaker Realme 5 Pro ini.

Saat menggunakan headset Soundmagic E10C untuk mendengarkan musik di Realme 5 Pro, keluaran suaranya sangat solid, detail, dan bass yang cukup kuat. Kualitas suaranya semakin jernih dan memanjakan telinga ketika mengaktifkan fitur Real HD Sound yang merupakan hasil kerja sama Realme dengan Dirac HD. Fitur ini menghadirkan beberapa preset equalizer yang dapat dipilih sesuai genre musik, seperti Rock, Pop, dan sebagainya.

Baterai

Sisi baterai menjadi salah satu keunggulan pada Realme 5 Pro review kali ini dan daya tahan secara umum tak jauh berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya, Realme 3 Pro. Ponsel ini dibekali baterai berkapasitas 4035mAh non-removable yang mampu bertahan hingga seharian penuh untuk penggunaan sosial media intensif.

Jika penggunaan lebih berat seperti gaming, tentu daya tahan baterainya lebih singkat lagi. Keunggulan lain dari Realme 5 Pro adalah fitur VOOC fast charge dengan daya maksimal 20W yang mampu mengisi daya baterai dengan cepat di kelasnya.

Memori

Smartphone quad kamera berdesain cantik yang cocok untuk gamimg Realme 5 Pro ini menyisakan memori internal sekitar 117GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,8GB – 2,1GB. Smartphone Realme 5 Pro ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya.

Kesimpulan

Sebagai smartphone kelas menengah, Realme 5 Pro ini cukup menarik dengan penampilannya yang kian cantik dan mewah. Kemampuan fotografi dari empat buah kameranya bisa diandalkan disegala kondisi cahaya. Bagi yang menginginkan performa gaming, Realme 5 Pro ini cukup memanjakan pengguna dengan sokongan SoC Snapdragon 712 yang mumpuni dan dijual dengan harga yang sangat kompetitif membuatnya laik dipertimbangkan di kelasnya.
Baca juga:Review Asus Vivobook Ultra A412FA EK303T, Laptop Ringkas Colorful untuk Generasi Muda!
Realme 5 Pro merupakan upgrade yang cukup signifikan dari Realme 3 Pro. Sayangnya, rilisnya yang bisa dikatakan terlalu cepat mungkin membuat pengguna Realme 3 Pro kecewa dan mendorong penurunan harga tipe lawas. Sementara itu, kamera depan Realme 5 Pro ini resolusinya lebih kecil dari pendahulunya, serta masih belum dilengkapi dengan fitur NFC.

Kelebihan Realme 5 Pro

  • Performa kencang di kelasnya
  • Kamera mumpuni di segala kondisi cahaya
  • Desain cantik
  • Baterai besar dengan fast charging

Kekurangan Realme 5 Pro

  • Kamera macro kurang bagus
  • Tidak dilengkapi NFC

Harga Realme 5 Pro

Realme 5 Pro merupakan smartphone menengah yang menawarkan upgrade cukup signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya, Realme 3 Pro. Harga smartphone Realme 5 Pro terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce Lazada Indonesia saat artikel ini ditulis adalah Rp 2.999.000 untuk varian 4GB/64GB. Sedangkan harga Realme 5 Pro varian 8GB/128GB lebih mahal, yakni Rp 3.699.000. Berdasarkan hasil Realme 5 Pro review yang telah dilakukan oleh tim Laptophia, harga ini relatif sepadan dengan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan.

Realme 5 Pro menawarkan kinerja yang lebih kencang berkat sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 712 AIE. Tak hanya itu, kemampuan fotografi Realme 5 Pro juga lebih mumpuni dari pendahulunya dengan resolusi yang lebih tinggi dan jumlah kamera belakang yang lebih banyak. Ponsel ini hadir dengan desain casing belakang yang lebih fresh dan terlihat menarik. Secara umum, Realme 5 Pro ini merupakan smartphone kelas menengah yang sangat laik dipertimbangkan di kelasnya dan menjadi rival tangguh Vivo Z1 Pro dan Redmi Note 8 Pro.
Anda dapat membeli atau cek promo Realme 5 Pro di Sini (Klik)

Spesifikasi Realme 5 Pro

  • Sistem Operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka Color OS 6
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 712 AIE SDM712 dengan prosesor octa-core terdiri dari dual-core Kryo 360 Gold 2,3GHz dan hexa-core Kryo 360 Silver 1,7GHz
  • Grafis Adreno 616
  • Empat kamera belakang, kamera utama 48 megapiksel dengan sensor Sony IMX586 1/2 inci 0.8um piksel, enam elemen lensa aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 8 megapiksel sensor BSI 1/4 inci lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.2 + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 16 megapiksel fixed focus dengan sensor Sony IMX471 1/3.1 inci 1um piksel, lensa aperture f/2.0, AI beauty 2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,3 inci, dengan resolusi Full HD+ 2340 x 1080 pixels, kerapatan 409 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel LTPS IPS, Corning Gorilla Glass 3+
  • Memori RAM 4GB atau 8GB, ROM 128GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, USB OTG, GPS, dual SIM, fingerprint sensor, port audio 3,5mm
  • Dimensi 157 x 74.2 x 8.9 mm berat 184 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 4035mAh, non-removable, VOOC 3.0 20W fast charge
  • Warna Crystal Green dan Crystal Blue
Anda mungkin suka:Review Honor Watch Magic, Smartwatch Murah yang Nyaris Sempurna