IBX582004D475488 Review Lenyes S105, Speaker Bluetooth 100 Ribu-an Terbaik?

Review Lenyes S105, Speaker Bluetooth 100 Ribu-an Terbaik?



Review Lenyes S105, Speaker Bluetooth 100 Ribu-an Terbaik? – Speaker Bluetooth sudah menjadi salah satu gadget atau aksesoris wajib untuk menemani mobilitas sambil menikmati alunan musik. Salah satu speaker bluetooth yang cukup menarik perhatian tim Laptophia adalah Lenyes S105. Nama Lenyes mungkin memang tak setenar brand speaker bluetooth portabel lainnya seperti JBL, Mifa, Harman Kardon, dan sebagainya. Namun soal kualitas suara, speaker besutan Lenyes ini sama sekali tak bisa dipandang sebelah mata.

Salah satu keunggulan Lenyes S105 ini adalah dilengkapi dengan bodi yang tangguh dan berlapis karet yang kokoh, serta mampu meredam benturan. Speaker Lenyes S105 ini juga memiliki kemampuan tahan air dengan dukungan sertifikat IP67. Hal ini membuat speaker ini cocok untuk menemani petualangan pengguna di lingkungan outdoor. Harga yang ditawarkan oleh speaker Lenyes S105 ini juga sangat menarik dan Laptophia menilainya sebagai salah satu speaker 100 ribu-an terbaik. Penasaran? Simak review Lenyes S105 oleh tim Laptophia kali ini.
Review Lenyes S105, Speaker Bluetooth 100 Ribu-an Terbaik?

Paket Pembelian Lenyes S105

Paket Pembelian Lenyes S105
  • Unit Lenyes S105 Blue
  • Kabel USB
  • User guide
  • Tali
Baca juga:Review Ultimate Ears Wonderboom: Speaker Mantap yang Bisa Dicuci!

Desain Lenyes S105

Desain Lenyes S105

Desain Lenyes S105

Sisi desain bisa menjadi salah satu keunggulan atau daya tarik pada review Lenyes S105 kali ini. Speaker ini hadir dengan konsep desain kotak yang mirip dengan para pesaingnya, sebut saja Eggel Solo, JBL Go atau Mifa M1. Namun, Lenyes S105 ini tampil dengan pendekatan yang berbeda dengan memadukan unsur outdoor yang cukup kuat. Meski mengusung bentuk kotak, setiap sudut speaker Lenyes S105 ini terdapat lekukan tajam yang membuatnya terlihat lebih menarik.

Kehadiran lubang gantungan pada sudut kanan atats speaker Lenyes S105 ini terlihat cukup menonjol. Kita bisa memasang tali di lubang tersebut dan menggantungkan speaker Lenyes S105 di mana saja sesuai kebutuhan. Speaker Lenyes S105 ini terbuat dari bahan polikarbonat yang dilapisi karet yang terasa cukup tebal. Saat Laptophia menggenggamya, kesan karet yang kesat cukup kuat dan empuk ketika ditekan. Sementara pada sisi belakang terbuat dari bahan plastik dengan finishing doff yang kuat.

Ukuran speaker bluetooth Lenyes S105 ini relatif ringkas dan membuatnya mudah dibawa kemana-mana. Bobot speaker Lenyes S105 ini juga terbilang ringan, sehingga tidak membebani mobilitas pengguna. Salah satu kelebihan dari speaker Lenyes S105 ini adalah build quality yang solid dan terasa sangat kuat. Speaker ini bahkan dibekali dengan kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikat IPX7, sehingga pengguna tak perlu khawatir speaker ini terkena hujan atau bahkan jatuh ke kolam renang.
Desain Lenyes S105

Desain Lenyes S105

Pada review Lenyes S105 kali ini, sisi depan terdapat speaker grill yang terbuat dari bahan metal yang solid dengan logo Lenyes berukuran besar dan cukup mencolok. Sedangkan sisi kanan dan kiri speaker tidak terlihat adanya tombol atau port apapun. Sisi bawah speaker Lenyes S105 ini terdapat informasi teknis singkat.
Baca juga:Mifa A3 Review: Speaker Portabel Unik Bersuara Kencang
Sedangkan pada bagian atas speaker bluetooth Lenyes S105 ini terdapat tombol power, tombol volume minus, tombol play/pause, tombol volume plus, dan lubang untuk memasang tali gantungan. Sedangkan pada sisi belakang speaker Lenyes S105 ini terdapat passive bass radiator yang berukuran cukup besar. Sisi belakang ini juga terdapat port microUSB untuk mengisi daya dan slot microSD. Secara umum, build quality Lenyes S105 kuat dan solid.

Review Lenyes S105

Review Lenyes S105

Awalnya Laptophia tidak banyak berharap dengan kualitas suara maupun fisik dari speaker bluetooth murah seperti Lenyes S105 ini. Namun, setelah barang mendarat di Laptophia Lab dan dilakukan unboxing, saya merasa agak kaget. Build quality speaker Lenyes S105 ini cukup solid, rapi, dan kuat. Harganya yang terjangkau membuat speaker Lenyes S105 ini cukup menarik dan cocok bagi konsumen yang membutuhkan speaker bluetooth tangguh yang murah meriah.

Spesifikasi dari speaker Lenyes S105 ini sebenarnya tak jauh berbeda dari para pesaingnya. Namun, review dari beberapa pembeli di e-commerce ternama tanah air memberikan ulasan positif. Hal inilah yang mendoromg tim Laptophia untuk mengulas lebih dalam. Jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi Compact Speaker 2 yang Laptophia ulas sebelumnya, jelas Lenyes S105 di atas kertas jauh lebih superior. Lenyes S105 ini bahkan mendukung fitur TWS. Lalu bagaimana review Lenyes S105 ini?

Kualitas Suara

Speaker bluetooth Lenyes S105 ini mengandalkan sokongan single driver dengan daya hingga 5W yang ditandemkan dengan passive bass radiator pada sisi belakangnya. Sekilas memang spesifikasi yang ditawarkan oleh Lenyes S105 tak jauh berbeda dengan para pesaingnya. Namun, speaker Lenyes S105 ini mampu menghasilkan volume suara yang sangat lantang di kelasnya dan ketika volume dimaksimalkan, distorsi yang dihasilkan masih bisa dimaklumi.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker Lenyes S105 ini cukup menonjol di bagian mid, terutama vokal. Suara vokal terdengar sangat jelas dan cukup detail, baik saat nanda rendah maupun tinggi. Saat mendengarkan lagu-lagu Alter Bridge, suara Myles Kennedy saat nanda tinggi seperti di lagu Metalingus masih dapat dipresentasikan dengan baik. Tak hanya suara vokal laki-laki, suara vokal perempuan juga mampu disajikan dengan baik ketika Laptophia memutar lagu Cry For The Moon milik Epica.
Baca juga:Mifa i8 Review: Si Mungil yang Merdu dan Kencang!
Suara bass yang dihasilkan oleh speaker bluetooth Lenyes S105 ini cukup kuat proporsional untuk ukurannya yang terbilang ringkas. Tentunya, kita tidak bisa berharap suara bass yang jedag-jedug seperti speaker yang berukuran besar. Saat memutar lagu Dedicated besutan Linkin Park, suara bass cukup kuat, rapi, tetapi terasa kurang mendalam. Sayangnya, suara treble kurang keluar di speaker Lenyes S105.. Treble memang terdengar cukup baik, tetapi masih kurang detail.

Separasi antar instrumen di speaker Lenyes S105 ini memang kurang oke. Hal ini Laptophia rasakan saat memutar lagu The Poet And The Pendukum milik Nightwish yang terasa kurang bisa dinikmati. Soundstage juga terbatas di speaker murah meriah ini. Selain itu, ketika memainkan musik dengan volume yang hampir penuh, Lenyes S105 tampak mulai kehilangan dinamika dan musik pun kurang bisa dinikmati.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker Lenyes S105 ini, Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker andalan Lenyes ini seperti Realme 3 Pro, Pocophone F1, Xiaomi Mi 9T, dan sebuah laptop Asus Vivobook Ultra A412FA dapat terhubung dengan speaker tanpa masalah

Baterai

Pada review Lenyes S105 oleh tim Laptophia kali ini, speaker ringkas nan tangguh ini dibekali baterai berkapasitas 1200mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 10 jam penggunaan. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia yang sering menggunakannya dengan volume di atas 60%, baterai hanya tahan 4 – 5 jam saja.

Kesimpulan

Sebagai sebuah speaker dengan harga yang terjangkau, apa yang ditawarkan oleh speaker bluetooth Lenyes S105 ini relatif memuaskan. Speaker ini mampu menghasilkan kualitas suara yang baik dengan bass yang cukup kuat. Tak hanya itu, speaker ini juga mampu menghasilkan suara yang cukup kencang. Lenyes S105 ini juga cukup tangguh dengan kemampuan tahan air dan debu, serta build quality yang relatif solid di kelasnya.
Baca juga:Eggel Solo Review: Speaker Bluetooth Terbaik di Bawah 200 Ribu!
Sayangnya, speaker Lenyes S105 ini tidak dilengkapi port aux dan fitur FM Radio. Selain itu, bagi yang gemar mendengarkan lagu dengan karakter bright, mungkin kurang cocok di Lenyes S105 karena treble relatif malu-malu dan kurang detail. Meski demikian, secara umum kekurangan yang dimiliki oleh Lenyes S105 sangat bisa dimaklumi mengingat harganya sangat terjangkau dan apa yang ditawarkan sebenarnya sudah melebihi harganya.

Kelebihan Lenyes S105

  • Suara kencang dengan bass cukup kuat
  • Build quality solid
  • Tangguh dan tahan air
  • Harga terjangkau

Kekurangan Lenyes S105

  • Treble kurang detail
  • Tidak dilengkapi port aux

Harga Lenyes S105

Lenyes S105 merupakan salah satu speaker bluetooth portabel yang menawarkan kemampuan tahan air dan debu dengan harga yang sangat terjangkau. Harga speaker bluetooth Lenyes S105 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 169.000. Berdasarkan hasil review Lenyes S105 yang telah tim Laptophia lakukan, speaker ini mampu menghasilkan kualitas suara yang mantap dengan bass yang kuat untuk ukuran yang ditawarkan. Speaker ini juga tangguh dengan kemampuan tahan air dan debu.

Sebagai sebuah speaker dengan harga yang sangat terjangkau, fitur yang ditawarkan Lenyes S105 ini terbilang cukup lengkap di kelasnya. Hal yang membuat Laptophia heran adalah speaker murah Lenyes S105 ini bahkan mendukung fitur TWS yang memungkinkan pengguna merasakan sensasi stereo dengan menghubungkan dua unit Lenyes S105. Secara umum, Lenyes S105 ini sangat laik diperimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan speaker bluetooth portabel murah dengan kualitas suara yang baik.
Anda dapat membeli atau cek promo Lenyes S105 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Lenyes S105

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 50mm x 1
  • RMS: 4Ω 5W x 2 THD=1%
  • Frequency Response: 120Hz - 20KHz
  • Signal to noise ratio 63dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.2 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD tersedia
  • Mendukung TWS
  • Baterai built-in 1200mAh lithium battery, hingga 10 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 90 x 47 x 81 mm
  • Berat 331,7 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Blue
Anda mungkin suka:Review JBL Charge 3: Suara Menggelegar dengan Baterai Besar!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!