IBX582004D475488 Mifa A3 Review: Speaker Portabel Unik Bersuara Kencang

Mifa A3 Review: Speaker Portabel Unik Bersuara Kencang



Mifa A3 Review: Speaker Portabel Unik Bersuara Kencang – Mifa adalah salah satu brand speaker portabel yang cukup populer di Indonesia. Pabrikan yang konon mendesain produknya di California ini terkenal dengan jajaran speaker portabel dengan kemampuan outdoor yang tangguh dan kualitas suara yang mumpuni. Salah satu produk terbaru mereka adalah Mifa A3.

Speaker ini sudah mampir di lab review Laptophia sejak sebulan yang lalu. Berbeda dengan speaker Mifa generasi sebelumnya yang mengusung desain outdoor dengan casing karet, Mifa A3 tampil dengan gaya elegan dan malah mengarah futuristik. Bentuk Mifa A3 yang unik ini didukung single driver berdaya 10W guna memuaskan telinga pengguna. Penasaran? Berikut ini adalah Mifa A3 review oleh tim Laptophia!
Mifa A3 Review: Speaker Portabel Unik Bersuara Kencang

Paket Pembelian Mifa A3

Paket Pembelian Mifa A3
  • Mifa A3 Portable Bluetooth Speaker Black Silver
  • Kabel USB
  • Kabel AUX
  • Buku manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review JBL Charge 3: Suara Menggelegar dengan Baterai Besar!

Desain Mifa A3

Desain Mifa A3

Desain adalah salah satu kekuatan utama dari speaker Mifa A3 review kali ini menurut Laptophia. Mifa tampaknya mengerahkan desainer andalannya untuk menghadirkan konsep yang jauh berbeda dari pendahulunya. Selama ini Mifa terkenal dengan lini speaker outdoor dengan casing karet yang menimbulkan kesan tangguh. Sedangkan Mifa A3 ini menggunakan konsep elegan futuristik dengan lekukan unik dan tidak biasa. Mifa A3 jauh berbeda jika dibandingkan speaker portabel yang beredar di pasaran.

Mifa A3 hadir dengan bentuk tabung dengan lekukan “langsing” unik pada bagian tengahnya. Tak hanya itu, Mifa menggunakan dua warna pada seri A3 ini, yakni warna hitam pada bagian atas dan warna silver pada bagian bawah. Pada bagian atas yang berwarna hitam, terdapat lubang speaker grill di sekelilingnya dan menyala hijau saat speaker diaktifkan. Terlihat sebuah LED hijau dari lubang speaker grill yang membuat Mifa A3 terkesan begitu futuristik.

Bagian atasya terdapat panel kontrol yang dapat dioperasikan menggunakan sentuhan dan dilengkapi backlight. Speaker portabel Mifa A3 ini dibalut dengan material metal yang kuat dan terasa sangat solid saat dipegang. Sedangkan pada sisi atas dan bawahnya terbuat dari polikarbonat. Dimensi Mifa A3 ini ternyata cukup besar dan kurang nyaman untuk dibawa kemana-mana. Build quality Mifa A3 terbilang solid dengan bobot yang lumayan.
Desain Mifa A3
Baca juga:Review Ultimate Ears Wonderboom: Speaker Mantap yang Bisa Dicuci!
Pada Mifa A3 review kali ini, sisi depan terdapat tombol power atau lock. Sedangkan sisi belakan terdapat port aux, slot microSD, dan port microUSB untuk charging. Sedangkan sisi bawah speaker Mifa A3 ini tidak terdapat tombol atau port apapun, hanya ada informasi singkat mengenai spesifiksi teknisnya.

Sisi atas terdapat panel sentuh yang melingkari logo Mifa. Pengguna dapat meningkatkan atau mengurangi volume dengan melakkan swipe atau sentuhan pada lingkaran tersebut. Juga terdapat tombol Next dan Previous track, serta tombol Play/Pause dan Bluetooth yang dapat dioperasikan dengan sentuhan. Mifa A3 ini memiliki kemampuan tahan debu dan cipratan air dengan sertifikat IPX4.

Video Unboxing Mifa A3

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Mifa A3 Review

Mifa A3 Review

Melalui seri A3, Mifa tampaknya ingin menghadirkan sesuatu yang baru dan segar bagi penggemar produk speakernya. Mifa tampaknya ingin lepas dari image speaker outdoor dengan desain body karet yang menjadi ciri khas nya. Mifa A3 tampil berbeda dengan desain futuristik yang menarik dan lepas dari pakem desain outdoor, meski masih memiliki kemampuan tahan cipratan air.

Pada Mifa A3 review kali ini, Laptophia memang berharap speaker ini dapat menghasilkan kualitas suara yang memuaskan mengingat harganya di atas angka Rp 400 ribu. Namun jika dilihat dari spesifikasi teknisnya, Mifa A3 ini tampaknya tak sekencang seri terdahulu seperti A10 atau A20 misalnya. Penasaran? Simak ulasan Mifa A3 kali ini.

Kualitas Suara

Mifa A3 ini hanya mengandalkan satu driver berkekuatan 10W dan didukung low frequency amplifier. Ukuran dayanya memang terbilang besar, tetapi hanya terdiri satu driver, sehingga dipastikan kita tidak mendapatkan pengalaman suara stereo seperti yang ditawarkan speaker dengan dua buah driver. Saat pertama kali menjajal speaker Mifa A3 ini, Laptophia agak terkejut karena volume yang dihasilkan terbilang kencang.

Speaker unik Mifa A3 ini emang mampu menghasilkan suara yang jernih dan cukup detail saat memainkan aneka genre lagu dan mayoritas Laptophia memainkan lagu dengan genre rock dan metal. Saat volume dimaksimalkan, ternyata bergetar dan menimbulkan suara “drrrtt” yang agak mengganggu pada nada tinggi. Ini sangat disayangkan dan menandakan desain speaker portabel Mifa A3 belum sepenuhnya matang.
Baca juga:Review Samsung Bottle EO-SG710 Wireless Speaker: Suara Kurang Nendang
Terlepas dari masalah suara getaran, Mifa A3 ini sebenarnya mampu menghasilkan suara yang cukup asyik. Bass atau low dapat ditampilkan dengan jelas, meski kurang mendalam. Sedangkan untuk suara vokal dan mid memang menjadi keunggulan utama dari speaker Mifa A3 ini. Vokal laki-laki maupun perempuan dapat terdengar detail dengan artikulasi yang jelas. Sayangnya, treble terasa terlalu “cring” tapi kurang mendetail. Sedangkan separasi antar instrumen cukup baik.

Laptophia menjajal speaker ini untuk memainkan musik dengan instrumen yang agak rumit dari band Epica dan Nightwish, hasilnya masih bisa dinikmati. Mifa A3 juga dapat menghadirkan musik akustik yang cukup renyah. Laptophia cukup menikmkati saat speaker ini memainkan lagu Angels Fall First milik Nightwish.

Kompatibilitas

Selama proses pengujian Mifa A3 oleh tim Laptophia, speaker bluetooth berdesain unik bersuara kencang ini telah disambungkan dengan beberapa gadget seperti smartphone Pocophone F1, Asus Zenfone Max Pro M2, Realme 3 Pro, Redmi Note 7, dan juga Xiaomi Mi Play.

Speaker Mifa A3 ini kompatibel dan dapat berfungsi dengan baik ketika dihubungkan dengan gadget yang Laptophia sebutkan tadi. Hanya saja, kontrol sentuh volume kadang bekerja dan kadang tidak, kurang konsisten.

Baterai

Pada Mifa A3 review kali ini, speaker unik ini dibekali dengan baterai berkapasitas 1800mAh yang diklaim dapat bertahan hingga 12 jam penggunaan. Namun, berdasarkan pengalaman yang dialami tim Laptophia rata-rata Mifa A3 hanya bertahan hingga 7 – 8 jam saja dengan penggunaan volume 60 – 80%. Mungkin jika digunakan dengan volume 50% atau lebih rendah daya tahannya bisa sesuai klaim Mifa.

Kesimpulan

Secara umum, Mifa A3 ini mampu menghasilkan suara yang cukup kencang dan berkualitas di kelasnya. Selain itu, desainnya yang unik dan futuristik ini cocok bagi konsumen yang menginginkan speaker portabel dengan desain yang tidak biasa. Build quality speaker ini solid dengan dukungan baterai yang tahan lama.

Sayangnya, saat volume tinggi pada lagu-lagu tertentu menimbulkan suara getarang yang agak mengganggu. Selain itu, ukuran Mifa A3 yang terbilang besar membuatnya kurang nyaman dibawa kemana-mana. Bass yang dihasilkan Mifa A3 memang terbilang lumayan, tetapi belum memenuhi ekspektasi basshead.

Kelebihan Mifa A3

  • Suara kencang
  • Desain unik dan futuristik
  • Fitur lengkap

Kekurangan Mifa A3

  • Dimensi besar
  • Kurang cocok untuk basshead

Harga Mifa A3

Mifa A3 merupakan sebuah speaker portabel dengan desain yang unik dan sangat berbeda dengan kebanyakan produk serupa yang beredar di pasaran. Harga speaker portabel Mifa A3 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 479.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar dan kebijakan penjual.

Berdasarkan Mifa A3 review oleh tim Laptophia, speaker Mifa A3 ini hadir dengan desain unik dan pengoperasian sentuh yang futuristik. Keluaran suaranya terbilang kencang, meski bass yang dihasilkan masih kurang memuaskan. Secara umum, Mifa A3 ini masih menjadi speaker portabel yang laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan speaker kencang dengan penampilan yang unik.
Anda dapat membeli atau cek promo Mifa A3 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Mifa A3

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Single-channel + Bass
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: sentuh kapasitif
  • Loudspeaker: 2,5 inci full range driver speaker, Low frequency amplifier
  • RMS: 4Ω 10W THD=10%
  • Frequency Response: 80 Hz - 20 KHz
  • Signal to noise ratio 63dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.2 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD tersedia, maksimal 32GB FAT32
  • Casing metal, tahan percikan air dan debu dengan sertifikat IP45
  • Bitrate: MP3:8Kbps-320Kbps, WMA:32Kbps-384Kbps, APE:600Kbps-1400Kbps, FLAC:600Kbps-1400Kbps, WAV:600Kbps-1200Kbps
  • Baterai built-in 1800mAh lithium battery, hingga 12 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 112 × 112 × 140 mm
  • Berat 443 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, TF/Micro SD Card, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black Silver
Anda mungkin suka:Mifa A20 Review: Desain Mewah dengan Kualitas Suara Wah!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!