IBX582004D475488 Realme C2 Review: Smartphone Murah Terbaik?

Realme C2 Review: Smartphone Murah Terbaik?



Realme C2 Review: Smartphone Murah Terbaik? – Realme adalah pendatang baru yang mengalami perkembangan cukup pesat di pasar tanah air. Konsep produk yang menawarkan desain menarik, fitur terkini, spesifikasi mumpuni dan dibalut dengan harga terjangkau menjadi resep kesuksesan subbrand Oppo ini dalam menarik perhatian konsumen. Salah satu segmen yang digarap pabrikan asal Tiongkok ini adalah entry-level, yakni Realme C2.

Sebelumnya Realme cukup menarik perhatian pasar smartphone murah melalui seri C1. Kini mencoba mengulang kesuksesan dengan menghadirkan Realme C2 yang menawarkan desain yang lebih cantik dan fitur yang telah ditingkatkan. Banyak yang menyebut Realme C2 sebagai salah satu smartphone murah terbaik, benarkah? Simak Realme C2 review oleh tim Laptophia kali ini!
Realme C2 Review: Smartphone Murah Terbaik?

Paket Pembelian Realme C2

Paket Pembelian Realme C2
  • Unit Realme C2 RAM 2GB ROM 16GB Diamond Blue
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Soundmagic E10C Review: Headset IEM Terbaik di Kelasnya

Desain Realme C2

Desain Realme C2

Desain Realme C2

Desain merupakan salah satu daya tarik utama Realme C2 review kali ini. Smartphone ini mengalami perubahan desain yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya, Realme C1. Realme C2 hadir dengan desain poni minimalis atau yang sering disebut teardrop design yang kekinian. Tak hanya itu, kini Realme C2 mengadopsi gaya diamond cut milik Realme 2 pada casing belakangnya dan sukses membuatnya terlihat begitu menarik.

Meski menggunakan desain casing belakang diamond cut seperti Realme 2,ternyata finishing Realme C2 sedikit berbeda. Casing belakang smartphone murah ini tak menggunakan finishing glossy, melainkan bertekstur. Laptophia menilai hal ini dapat meningkatkan grip saat menggenggam dan membuatnya tidak terasa licin. Selain itu, casing belakang Realme C2 ini tak mudah kotor oleh jejak sidik jari seperti casing dengan finishing glossy.

Casing maupun frame ponsel Realme C2 ini memang terbuat dari material plastik atau polikarbonat. Akan tetapi, desainnya yang stylish membuat Realme C2 tidak terlihat murahan. Saat digenggam, ponsel ini terasa solid dengan build quality yang kuat. Ponsel Realme C2 ini tampil dengan dimensi yang pas dan tidak terlalu besar dengan sudut membulat. Meski dibekali baterai berkapasitas besar, dimensi Realme C2 tidak tebal dan tetap ringan.
Desain Realme C2

Desain Realme C2
Baca juga:Xiaomi Mi A2 Review dengan OS Android 9.0 Pie
Pada Realme C2 review kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar HD+ 2.5D berukuran 6,1 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Realme C2 besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Realme C2 sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 3 dan masih ditambah screenguard yang terpasang dari pabrik. Meski demikian, Laptophia tetap merekomendasikan pemasangan tempered glass menggantikan screen protector bawaan.

Tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme C2 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat volume rocker, tray slot SIM 1, SIM 2, dan microSD dengan jenis triple slot atau dedicated slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Realme C2 ini tidak terdapat tombol atau port apapun.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme C2 ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara horizontal, LED flash, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang merupakan subbrand atau sub merk Oppo ini menempatkan port microUSB, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Realme C2

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Realme C2

Software & Fitur Realme C2

Realme C2  cukup percaya diri menggempur pasar entry-level berbekal perangkat lunak atau software terbaru. Hal ini memang menjadi kelebihan tersendiri pada Realme C2 review kali ini. Ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka ColorOS 6. Belum ada informasi apakah nantinya Realme C2 akan mendapat upgrade ke Android Q atau tidak. Namun selama menggunakan ponsel ini, Tim Laptophia sudah menerima dua kali update via OTA.

Penampilan antarmuka dari ColorOS 6 yang digunakan oleh smartphone Realme C2 ini tak jauh berbeda dengan Realme 3 Pro yang sudah Laptophia ulas sebelumnya. Kita akan disuguhi tampilan Lockscreen, Homescreen, dan app drawer yang tersusun secara alphabet. Kita dapat mencari aplikasi yang diinginkan dengan melakukan scrolling dari atas ke bawah. Tak hanya itu, ColorOS 6 ini juga menghadirkan notification center yang berbeda dari ColorOS generasi sebelumnya.

Menu kostumisasi yang disediakan oleh Realme C2 ini terbilang cukup lengkap yang memungkinkan kita mengganti wallpaper, mengatur widget, animasi dan sebagainya. Ponsel murah ini juga dilengkapi dengan aplikasi Theme Store yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan menggunakan theme dan wallpaper secara gratis. Koleksi theme dan wallpaper-nya terbilang cukup banyak, sehingga tidak cepat membuat bosan.

Beberapa fitur menonjol yang diusung oleh ColorOS 6.0 pada ponsel Realme C2 berdasarkan pantauan Laptophia antara lain adalah Night Shield, screen recording, long screenshot, One-Tap Lockscreen, assistive ball, secure keyboard, quiet time, smart driving, fullscreen multitasking, Smart Assistant, gesture & motion, Game Space, Clone Apps, dan banyak lagi. Tombol navigasi ponsel Realme C2 ini bisa dikostumisasi peletakan Back dan Recent apps. Bahkan, tersedia opsi menggunakan gesture swipe sebagai pengganti navigasi.
Baca juga:Xiaomi Mi Play Review: Smartphone Murah Ringkas Berdesain Cantik
Realme C2 tidak dilengkapi dengan fitur keamanan sensor sidik jari. Sebagai gantinya, smartphone murah ini dilengkapi dengan face unlock. Fitur face unlock berjalan dengan sebagaimana mestinya, hanya saja tidak bisa diandalkan dalam kondisi low-light. Adapun fitur Clone Apps yang memungkinkan pengguna menginstal dua aplikasi yang sama dengan identitas yang berbeda.

Aplikasi bawaan Realme C2 ini lumayan banyak, antara lain adalah Google Apps, Opera browser, Lazada App, Realme Community, Baca Plus, J&T Express, Webnovel, Vova, dan Babe. Kita dapat menghapus aplikasi bawaan tersebut jika tidak dibutuhkan guna menambah ruang simpan internalnya.

Secara umum, ColorOS 6.0 berbasis Android 9.0 Pie yang digunakan oleh Realme C2 menawarkan tampilan antarmuka yang menarik, kustomizable, dan fitur yang terbilang lengkap. Sayangnya, performa Realme C2 ini terasa kurang gegas dan responsif. Mungkin, Realme perlu mengoptimalkanlebih mendalam agar performanya lebih gegas.

Benchmark Realme C2

CPU-Z Realme C2
CPU-Z Realme C2
Benchmark Geekbench 4 Realme C2
Benchmark Geekbench 4 Realme C2
Benchmark AnTuTu v7 Realme C2
Benchmark AnTuTu v7 Realme C2
Benchmark Vellamo Realme C2
Benchmark Vellamo Realme C2
Benchmark PCMark Realme C2
Benchmark PCMark Realme C2
Benchmark 3DMark Realme C2
Benchmark 3DMark Realme C2
Benchmark Basemark OS II Realme C2
Benchmark Basemark OS II Realme C2
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Realme C2
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Realme C2

Performa Realme C2

Performa memang bukan sektor yang diunggulkan oleh Realme C2 review kali ini. Smartphone murah dengan desain cantik ini mengandalkan sokongan SoC (System on Chip) MediaTek Helio P22 MT6762 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB atau 3GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR Rogue GE8320.

SoC MediaTek Helio P22 yang digunakan oleh smartphone murah Realme C2 ini diproduksi dengan teknologi 12nm. Performa yang ditawarkan secara teori seharusnya lebih kencang dari pesaing terdekatnya seperti Snapdragon 425, Snapdragon 427 atau Helio A22 yang juga digunakan oleh ponsel kelas entry-level. Kebutuhan komunikasi standar dan sosial media seharusnya dapat ditangani dengan baik oleh MediaTek Helio P22 di Realme C2.

Selama kurang lebih tiga minggu menggunakan smartpohone Realme C2, ponsel ini menawarkan performa yang lumayan. Respon saat buka tutup menu dan animasi transisi terasa kurang kurang gegas. Realme tampaknya harus lebih mengoptimalkan performa Realme C2 dan ColorOS 6.0 agar lebih smooth. Hal yang paling terasa adalah ketika membuka atau menutup kamera, Laptophia harus menunggu sekian detik untuk siap digunakan.

Dukungan prosesor octa-core dengan clockspeed tinggi di Realme C2 memang seharusnya sudah memadai untuk kebutuhan sehari-hari. Hasil benchmark AnTuTu Realme C2 mampu mencetak skor 74 ribu-an, tak jauh berbeda dengan ponsel lain yang ditenagai oleh SoC Helio P22. Ini menunjukkan bahwa potensi performa Helio P22 sudah cukup baik dan Realme cukup mengoptimalkannya dengan implementasi yang lebih baik bersama ColorOS 6.
Baca juga:Realme 3 Pro Review: Perfoma Kencang, Kamera Memikat!
Pada Realme C2 review kali ini, ponsel murah ini memang tidak dirancang untuk bermain game intensif. Namun, bukan berarti Realme C2 tak mampu memainkan game. Smartphone murah ini cukup bisa diandalkan untuk bermain modern seperti AoV, Mobile Legends, dan bahkan PUBG Mobile dapat dijalankan. Namun, setting grafis kadang perlu disesuaikan agar game berjalan dengan smooth. Panas yang dihasilkan oleh Realme C2 tergolong wajar menurut Laptophia.

Hasil Foto Kamera Realme C2

Hasil Foto Kamera Realme C2

Hasil Foto Kamera Realme C2



Hasil Foto Kamera Realme C2
Foto Siang Hari

Foto Portrait Mode Kamera Belakang

Hasil Foto Kamera Realme C2

Hasil Foto Kamera Realme C2

Hasil Foto Kamera Realme C2
Foto Macro
Hasil Foto Kamera Realme C2
Chroma Boost Off
Hasil Foto Kamera Realme C2
Chroma Boost On
Hasil Foto Kamera Realme C2

Hasil Foto Kamera Realme C2



Hasil Foto Kamera Realme C2
Foto Malam Hari

Hasil Foto Kamera Realme C2

Hasil Foto Kamera Realme C2
Foto Malam Hari dengan LED Flash


Foto Selfie Kamera Depan

Foto Portrait Mode Kamera Depan

Review Kamera Realme C2

Review Kamera Realme C2

Kamera adalah salah satu sektor yang diunggulkan oleh Realme C2 review kali ini. Di atas kertas, spesifikasi kamera Realme C2 mengungguli pesaing terdekatnya seperti Xiaomi Redmi 6A atau Asus Zenfone Live L2. Ponsel ini mengandalkan sokongan kamera belakang ganda berkekuatan 13 megapiksel + 2 megapiksel (depth sensor) dengan lensa aperture f/2.2 yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/3.06 inci 1.12um piksel, phase-detection autofokus, dan LED flash. Kombinasi kedua kamera belakangnya mampu menghasilkan foto bokeh yang menawan.

Realme C2 ini juga terbilang memadai untuk foto selfie dengan dukungan kamera resolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/5 inci 1,12um piksel ditandemkan dengan fitur canggih AI Beauty yang lebih cerdas dalam menerapkan efek beautify sesuai dengan karakter pengguna dan mendukung efek bokeh. Kamera Realme C2 juga didukung Screen Flash untuk foto selfie di tempat kurang cahaya. Ponsel ini juga didukung fitur unik Chroma Boost yang pertama kali diperkenalkan oleh Realme 3.

Aplikasi kamera bawaan Realme C2 ini tak jauh berbeda dari dari Realme 3 Pro yang Laptophia ulas sebelumnya, tetapi dengan fitur yang dipangkas. Ada beberapa mode yang tersedia, yakni Time-Lapse, Slo-Mo, Video, Photo, Portrait, Pano, dan Expert. Pada Mode Expert, kita bisa atur White Balance, EV, ISO, Shutter Speed (hingga 16s), dan fokus.

Hasil jepretan kamera Realme C2 ini diiluar dugaan Laptophia karena lebih baik dari ekspektasi awal. Saat siang hari, hasil jepretan foto Realme C2 ini cukup mengesankan untuk kelas entry-level dengan menghasilkan detail yang cukup baik dan tajam. Kadang memang hasil foto Realme C2 agak oversharp dan warnanya agak warm, meski masih cukup akurat. Dynamic range yang dihasilkan terbilang biasa saja. Namun, mode HDR yang diusungnya mampu meningkatkan dynamic range signifikan dengan sedikit mengorbankan detail.

Hal yang menjadi sorotan Laptophia pada Realme C2 review di sektor kamera ini adalah masalah fokus. Kecepatan autofokusnya memang cukup responsif, tetapi kadang kurang mengunci fokus, sehingga berpotensi menghasilkan foto yang blur dan tidak fokus. Hal ini kian parah pada saat malam hari. Mode portrait dari kamera belakang ganda Realme C2 lumayan, meski jauh di bawah Realme 3 Pro yang Laptophia bahas sebelumnya.
Baca juga:Asus Zenfone Live L2 Review: Smartphone Murah Berdesain Cantik
Kemampuan kamera Realme C2 untuk memotret macro sebenarnya laik mendapat acungan jempol. Hal ini terlihat dari hasil jepretannya yang menampilkan fokus akurat, detail yang baik, warna yang kaya, dan efek bokeh ciamik. Namun, kadang kala fokus tidak terkunci dengan baik. Hal ini membuat pengguna harus lebih bersabar dan steady saat memotret agar hasilnya benar-benar sesuai harapan.

Saat malam hari, performa kamera Realme C2 tak jauh berbeda dengan para pesaingnya. Kecepatan fokusnya menurun drastis dan entah kenapa proses penyimpanan foto atau post processing-nya agak lama. Foto yang dihasilkan mengalami penurunan detail yang signifikan dan kadan muncul efek seperti cat air. Noise yang dihasilkan tidak terlalu signifikan. Algoritma untuk mengurangi noise di Realme C2 cukup baik, meski harus mengorbakan detail foto. Warna yang dihasilkan cukup baik dan tidak pudar.

Kamera depan pada Realme C2 review kali ini memang di atas kertas biasa saja. Hasil foto selfie kamera depan ponsel murah ini juga tak jauh berbeda dengan pesaingnya. Hal menarik dari kamera depan Realme C2 ini adalah kemampuannya dalam mengatasi highlight atau backlight, sehingga wajah terlihat saat selfie membelakangi sumber cahaya. Foto portrait kamera depan Realme C2 ini biasa saja dan tidak terlalu rapi.

Realme C2 Review

Realme C2 Review

Realme C2 adalah salah satu smartphone murah terbaik menurut tim Laptophia. Ponsel ini tak hanya menawarkan spesifikasi dan fitur yang mumpuni di kelasnya, tetapi juga didukung desain yang sangat menarik. Biasanya memang sisi desain ini selalu dikesampingkan oleh smartphone kelas entry-level, sehingga banyak smartphone murah yang sampil seadanya meski spesifikasinya cukup menarik.

Jika dibandingkan dengan Realme C1, Realme C2 ini menawarkan desain yang lebih menarik dan kekinian. Soal performa, sebenarnya Realme C2 tidak banyak mengalami peningkatan performa karena Helio P22 yang digunakannya tak jauh berbeda kinerjanya dengan Snapdragon 450 yang dipakai pendahulunya. Kamera Realme C2 ini cukup baik untuk kelas entry-level dengan dukungan kamera belakang ganda.

Layar

Realme C2 ini hadir dengan layar full screen dengan bezel yang terbilang sangat tipis di kelasnya. Layar ponsel ini berukuran 6,1 inci berteknologi panel IPS dengan resolusi HD+ yang cukup berkualitas. Warna yang dihasilkan layar Realme C2 ini baik, meski tak terlali vivid. Respon touchscreen Realme C2 ini tidak terlalu responsif, tetapi cukup nyaman untuk bermain game.

Viewing angle kayarnya terbilang luas. Sayangnya saat digunakan di bawah sinar matahari, layar Realme C2 tak cukup terang. Pada Realme C2 review kali ini, layarnya sudah dilindungi oleh antigores dari Corning Gorilla Glass 3 dan masih dilengkapi screenguard yang terpasang dari pabrik.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 7: Powerful dengan Kamera 48MP!

Audio

Realme C2 dibekali sebuah loudspeaker pada sisi bawah ponsel. Posisi speaker ini membuat speakernya tidak rawan tertutup saat diletakkan di meja. Suara yang dihasilkan oleh speaker Realme C2 ini cukup kencang menurut Laptophia. Karakteristik suaranya sama seperti kebanyakan speaker ponsel yang didominasi oleh treble, tetapi tidak cempreng.

Speaker ponsel ini masih terdengar suara bass yang membuat kualitas suara secara umum masih enjoyable. Ketika menggunakan headset, Realme C2 ini mampu menghasilkan output suara yang solid dan seimbang.

Baterai

Baterai menjadi salah satu keunggulan dari Realme C2 review kali ini. Kapasitas baterai besar yang mencapai 4000mAh ditandemkan dengan SoC MediaTek Helio P22 yang dibuat dengan teknologi 12nm membuat daya tahan baterai Realme C2 awet di kelasnya.

Penggunaan sosial media intensif ala Laptophia, ponsel Realme C2 ini mampu bertahan hingga seharian penuh. Kapasitas baterainya memang menurun jika dibandingkan dengan Realme C1, tetapi daya tahannya tak jauh berbeda. Sayangnya, Realme C2 ini belum didukung fitur fast charge.

Memori

Smartphone murah yang yang tampil dengan desain menarik Realme C2 ini menyisakan memori internal sekitar 6,47GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 800MB – 950MB. Smartphone ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port microUSB yang diusungnya.

Kesimpulan

Secara umum, Realme C2 merupakan salah satu smartphone murah atau entry-level terbaik menurut tim Laptophia. Ponsel ini menawarkan kinerja yang memadai, kamera ganda dengan hasil jepretan di atas rata-rata, baterai tahan lama, dan dibalut dengan desain yang menarik di kelasnya. Fitur sepele tapi banyak diinginkan seperti triple slot pun didukung oleh ponsel andalan Realme ini.

Realme C2 ini juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah performa ColorOS 6 yang terasa kurang responsif dan smooth. Hal ini seharusnya dapat dioptimalkan lagi. Meski hasil jepretan kamera Realme C2 ini terbilang bagus, tetapi kemampuan mengunci fokus masih perlu ditingkatkan lagi guna mengurangi blur atau tidak fokus pada hasil foto.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi 6A: Smartphone Murah dengan Face Unlock

Kelebihan Realme C2

  • Kamera baik di kelasnya
  • Baterai tahan lama
  • Desain menarik
  • Triple slot

Kekurangan Realme C2

  • Performa masih bisa dioptimalkan

Harga Realme C2

Realme C2 merupakan salah satu smartphone murah atau entry-level terbaik di kelasnya dengan spesifikasi yang bersaing dan desain menarik. Harga smartphone Realme C2 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah adalah Rp 1.499.000 untuk varian 2GB/16GB. Sedangkan Realme C2 varian 3GB/32GB dijual dengan harga yang lebih tinggi, yakni Rp 1.699.000. Berdasarkan hasil Realme C2 review yang telah Tim Laptophia lakukan, ponsel ini menunjukkan hasil yang memuaskan untuk pasar entry-level.

Realme C2 telah menunjukkan kelasnya sebagai smartphone entry-level yang menawarkan performa memadai, kamera yang bisa diandalkan, baterai berkapasitas besar, dan desain yang menarik. Harga yang murah tak membuat ponsel Realme C2 tampil seadanya. Secara umum, Realme C2 merupakan salah satu smartphone murah terbaik dan laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan ponsel murah dengan fitur terkini dan penampilan yang trendi.
Anda dapat membeli atau cek promo Realme C2 di Sini (Klik)

Spesifikasi Realme C2

  • Sistem Operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka Color OS 6.0
  • Chipset MediaTek Helio P22 MT6762 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 2GHz
  • Grafis PowerVR GE8320
  • Kamera belakang ganda 13 megapiksel, sensor BSI, phase-detection autofokus, sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.2 dengan dilengkapi LED flash + kamera 2 megapiksel depth sensor.
  • Kamera depan 5 megapiksel, sensor BSI 1/5 inci, fixed focus
  • Layar sentuh 6,1 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1520 x 720 pixels, kerapatan 281 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 2GB atau 3GB, ROM 16GB atau 32GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 154.3 x 73.7 x 8.5 mm dengan berat 166 gram
  • Baterai 4000mAh non-removable
  • Warna Diamond Black dan Diamond Blue
Anda mungkin suka:Realme U1 Review: Smartphone Selfie yang Mumpuni untuk Gaming

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!