IBX582004D475488 Asus Zenfone Live L2 Review: Smartphone Murah Berdesain Cantik

Asus Zenfone Live L2 Review: Smartphone Murah Berdesain Cantik



Asus Zenfone Live L2 Review: Smartphone Murah Berdesain Cantik – Asus Indonesia belum lama ini telah meluncurkan smartphone entry-level baru di tanah air melalui seri Zenfone Live L2. Berdasarkan informasi dan analisa tim Laptophia, sebenarnya Asus Zenfone Live L2 ini tidak membawa banyak perubahan jika dibandingkan dengan Zenfone Live L1 yang tak lain adalah pendahulunya. Pabrikan asal Taiwan ini tampaknya hanya sedikit melakukan refreshment agar tetap eksis di pasar entry-level.

Terlepas dari hal tersebut, Asus Zenfone Live L2 ini tampil dengan desain yang lebih cantik an terlihat lebih mewah dari pendahulunya dengan casing belakang glossy bergradasi. Kinerja Zenfone Live L2 juga mengalami peningkata berkat sokongan SoC Snapdragon 430. Penasaran? Simak Asus Zenfone Live L2 review oleh tim Laptophia kali ini!
Asus Zenfone Live L2 Review: Smartphone Murah Berdesain Cantik

Paket Pembelian Asus Zenfone Live L2

Paket Pembelian Asus Zenfone Live L2
  • Unit Asus Zenfone Live L2 Cosmic Blue
  • Kepala charger
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M2 ZB631KL: Gaming Mantap, Kamera Oke!

Desain Asus Zenfone Live L2

Desain Asus Zenfone Live L2

Desain Asus Zenfone Live L2

Penapilan fisik mungkin menjadi salah satu yang diunggulkan dalam Asus Zenfone Live L2 review kali ini. Pabrikan asal Taiwan ini masih menggunakan basis desain yang sama dengan Zenfone Live L1 yang sudah mengusung layar 18:9 dan tidak dilengkapi poni. Asus menggunakan langkah cerdik dengan menghadirkan casing belakang berfinishing glossy yang mirip kaca dan dipadukan dengan warna yang bergradasi. Tak heran, Zenfone Live L2 terlihat lebih mewah.

Meski menggunakan finishing glossy pada casing belakangnya, Zenfone Live L2 ini tidak terasa licin dan tidak mudah slip saat digenggam. Pemilihan warna yang pada desain Asus Zenfone Live L2 ini cukup tepat dan Laptophia mendapat varian Cosmic Blue. Sayangnya, casing belakang Zenfone Live L2 ini mudah meningalkan bekas sidik jari dan juga goresan. Laptophia merekomendasikan untuk menggunakan softcase sebagai pelindung.

Sedangkan jika dilihat dari depan, Asus Zenfone Live L2 ini menurut Laptophia tak jauh berbeda dengan Zenfone Live L1. Ponsel ini hadir dengan bezel yang cukup tebal berwarna hitam. Dimensi Asus Zenfone Live L2 ini terbilang ramping dan ringkas. Bobotnya juga sangat ringan, sehingga sangat nyaman memasukan Zenfone Live L2 ini ke saku celana atau kemeja. Build quality Asus Zenfone Live L2 ini cukup baik dan solid, meski materialnya terbuat dari plastik atau polikarbonat.
Desain Asus Zenfone Live L2

Desain Asus Zenfone Live L2
Baca juga:Review Asus Zenfone 5Q, Smartphone Selfie Mantap yang Terlupakan
Pada Asus Zenfone Live L2 review kali ini, sisi depan ponsel terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar HD+ 2.5D berukuran 5,5 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Zenfone Live L2 ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone murah meriah Asus Zenfone Live L2 ternyata belum berkontur 2.5D tanpa dukungan atau perlindungan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass dan sejenisnya. Laptophia menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Asus Zenfone Live L2 agar tak mudah tergores.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Asus Zenfone Live L2 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat micrphone, tray slot SIM 1, dan SIM 2 atau microSD dengan jenis dedicated slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Asus ini terdapat port audio 3,5mm.

Sedangkan bagian belakang ponsel Asus Zenfone Live L2 ini terdapat kamera belakang, LED flash yang berada tepat di bawahnya, dan logo Asus. Merek asal Taiwan yang baru saja meluncurkan smartphone Zenfone 6 ini menempatkan port microUSB, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Asus Zenfone Live L2

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Asus Zenfone Live L2

Software & Fitur Asus Zenfone Live L2

Hal yang Laptophia sayangkan dari ponsel cantik Asus Zenfone Live L2 review ini adalah masih menggunakan basis sistem operasi Android 8.0 Oreo. Sebenarnya sebagai smartphone murah atau entry-level, dapat dimaklumi.

Namun, penggunaan OS Android lebih baru, yakni 9.0 Pie akan menjadi nilai tambah. Pesaing terdekatnya ada yang sudah menggunakan OS Android yang lebih baru. Tak diketahui apakah nantinya Asus akan memberikan update Zenfone Live L2 ke Android Pie atau tidak.

Asus Zenfone Live L2 ini menggunakan antarmuka Zen UI versi 5.0 yang mengusung tampilan khas dan fitur yang cukup kaya. Penampilan antarmuka smartphone Zenfone Live L2 ini sama seperti ponsel Asus lainnya yang menyuguhkan tampilan Homescreen, Lockscreen, dan tersedia App drawer yang dapat diakses dengan cara swipe ke atas. Opsi kostumisasi Zen UI pada ponsel murah andalan Asus berdimensi ringkas ini juga terbilang luas. Pengguna dapat mengatur widget, mengelola homescreen, mengganti wallpaper, theme, animasi, dan sebagainya.

Beberapa fitur yang menonjol dari smartphone besutan Asus Indonesia ini antara lain adalah Page Marker, ZenUI Safeguard, Game Genie, Kids Mode, Easy Mode, Fingerprints gesture, ZenMotion, One hand mode, Pocket mode, Glove mode, Audio Wizard, dan banyak lagi. Sayangnya, aplikasi Selfie Master yang kaya fitur absen di Zenfone Live L2. Meski demikian, fitur yang ditawarkan terbilang lengkap untuk smartphone dengan harga murah.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max M1 ZB555KL: Baterai Tahan Lama, Pas Digenggam
Aplikasi bawaan pada Asus Zenfone Live L2 review kali ini relatif sedikit. Saat pertama kali dihidupkan, ponsel ini sudah terinstal Google Apps, beberapa aplikasi proprietary Asus, Babe, Facebook, JD.ID, dan Instagram. Performa ZenUI di smartphone Zenfone Live L2 ini cukup responsif dan nyaman digunakan.

Benchmark Asus Zenfone Live L2

CPU-Z Asus Zenfone Live L2
CPU-Z Asus Zenfone Live L2
Benchmark Geekbench 4 Asus Zenfone Live L2
Benchmark Geekbench 4 Asus Zenfone Live L2

Benchmark AnTuTu v7 Asus Zenfone Live L2
Benchmark AnTuTu v7 Asus Zenfone Live L2

Benchmark Vellamo Asus Zenfone Live L2
Benchmark Vellamo Asus Zenfone Live L2
Benchmark PCMark Asus Zenfone Live L2
Benchmark PCMark Asus Zenfone Live L2

Benchmark 3DMark Asus Zenfone Live L2
Benchmark 3DMark Asus Zenfone Live L2

Benchmark Basemark OS II Asus Zenfone Live L2
Benchmark Basemark OS II Asus Zenfone Live L2
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Asus Zenfone Live L2
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Asus Zenfone Live L2

Performa Asus Zenfone Live L2

Performa bukan sektor yang diunggulkan pada Asus Zenfone Live L2 review kali ini. Mesi demikian, smartphone ini tetap menjanjikan performa yang memadai untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Asus membekali Zenfone Live L2 dengan dukungan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 1,4GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 505.

Kinerja yang dihasilkan oleh Asus Zenfone Live L2 setara dengan Zenfone Max M1 yang pernah Laptophia ulas sebelumnya. Snapdragon 430 yang digunakan oleh Zenfone Live L2 bukanlah chipset baru dan masih menggunakan teknologi 28nm. Berdasarkan hasil benchmark AnTuTu, Asus Zenfone Live L2 ini masih kalah superior ketimbang pesaingnya yang menggunakan SoC MediaTek Helio A22. Zenfone Live L2 hanya membukukan skor 56 ribu-an. Sedangkan pesaingnya mampu menembus angka 61 ribu-an poin.

Keputusan menggunakan SoC Snapdragon 430 pada ponsel anyar seperti Zenfone Live L2 kurang tepat menurut Laptophia. Meski demikian, kinerja secara umum masih sangat memadai untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari seperti sosial media, gaming kasual, dan multimedia. Kapasitas RAM yang hanya 2GB membuatnya hanya cocok untuk kebutuhan ringan dan bukan untuk multitasking.
Baca juga:Asus Zenfone 5 ZE620KL Review: Si Cantik Berkamera Flagship!
Meski didesain untuk pasar entry-level, Asus Zenfone Live L2 ini memiliki performa gaming yang terbilang lumayan berkat GPU (Graphics Processing Unit) dari Adreno 505. Kemampuan grafisnya masih di atas ponsel lain dengan SoC Helio A22.

Jelas, Zenfone Live L2 mampu memainkan game terkini seperti AoV, Mobile Legends, dan bahkan PUBG Mobile. Game dapat berjalan mulus dengan penyesuaian setting grafisnya. Selama digunakan, Zenfone Live L2 menghasilkan panas dalam kategori wajar.

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Live L2


Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Live L2


Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Live L2

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Live L2
Foto Siang Hari
Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Live L2
Foto Portrait Mode Kamera Belakang

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Live L2

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Live L2


Foto Macro

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Live L2

Hasil Foto Kamera Asus Zenfone Live L2


Foto Malam Hari


Foto Malam Hari dengan LED Flash
Foto Selfie Kamera Depan
Foto Selfie Mode Portrait

Review Kamera Asus Zenfone Live L2

Review Kamera Asus Zenfone Live L2

Sebagai smartphone entry-level, tentu kemampuan kamera bukan menjadi daya tarik utama pada Asus Zenfone Live L2 review kali ini. Asus membekali Zenfone Live L2 dengan kamera belakang berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel dengan fitur phase-detection autofokus ditandemkan lima elemen lensa dengan aperture f/2.0 lengkap dengan LED flash. Kamera depan Asus Zenfone Live L2 RAM 2GB ROM 16GB ini berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus yang cukup lumayan untuk foto selfie dan video call.

Zenfone Live L2 menggunakan aplikasi Zen UI Camera yang biasa digunakan oleh jajaran smartphone Asus. Tampilan antarmuka aplikasi kameranya sama seperti yang Laptophia temui di smartphone Zenfone Max M1 dan Zenfone 5 yang telah diulas sebelumnya. Tak banyak mode kamera yang disediakan oleh Asus Zenfone Live L2, antara lain adalah Panorama, Time Lapse, beauty, dan Portrait. Fitur pendukunga kamera Zenfone Live L2 ini terbilang lengkap dengan hadirnya color filter, HDR, dan sebagainya.

Saat siang hari dengan cahaya yang melimpah, Asus Zenfone Live L2 review kali ini menunjukkan hasil yang memuaskan. Hasil foto kamera belakangnya cukup tajam, detail, dan saturasi warnanya mendekati akurat. Dynamic range memang agak terbatas dan fokus terkadang agak lambat. Mode HDR pada kamera Asus Zenfone Live L2 ini mampu menghasilkan perbedaan yang signifikan dengan peningkatan saturasi dan dynamic range. Sayangnya, proses penyimpanan foto pada mode HDR ini memakan waktu sekian detik.

Saat digunakan untuk mode portrait, kemampuan kamera belakang Asus Zenfone Live L2 ini agak mengecewakan karena separasi background dengan obyeknya tidak rapi. Ini bisa dimaklumi mengingat kamera yang diusungnya hanya satu buah saja. Saat digunakan untuk memotret macro, kecepatan fokus kamera Asus Zenfone Live L2 ini kurang gegas, sehingga pengguna harus sedikit bersabar. Hasil foto macro-nya sendiri cukup standar untuk ponsel kelas entry-level.
Baca juga:Review Asus Zenfone 5z: Flagship Murah Berdesain Cantik
Performa kamera Asus Zenfone Live L2 review pada malam hari kurang memuaskan. Foto yang dihasilkan terlihat agak gelap, detail merosot, dan noise yang cukup terasa. Hal ini bisa dimaklumi mengingat harga yang ditawarkan memang terjangkau. Selain itu, saat kondisi cahaya kurang memadai, kecepatan fokus kamera Zenfone Live L2 juga merosot, sehingga tangan harus steady saat memotret agar foto yang dihasilkan tidak blur.

Kemampuan kamera depan Asus Zenfone Live L2 ini untuk foto selfie terbilang standar. Kabar baiknya, kamera depan Zenfone Live L2 ini dilengkapi mode portrait yang mampu menghasilkan efek bokeh. Kabar buruknya, hasil foto mode portrait kurang memuaskan dengan separasi yang tidak rapi. Asus seharusnya dapat mengoptimalkan mode portrait ini pada update firmware.

Review Asus Zenfone Live L2

Review Asus Zenfone Live L2

Asus Zenfone Live L2 adalah sebuah smartphone kelas entry-level baru yang tampil dengan desain yang cantik. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, Asus Zenfone Live L2 sebenarnya tidak menawarkan perubahan atau peningkatan yang signifikan di sisi perangkat keras. Pengguna Asus Zenfone Live L1 tidak perlu melakukan upgrade ke Zenfone Live L2 menurut Laptophia.

Daya tarik utama Asus Zenfone Live L2 ini justru ada pada desainnya yang lebih kekinian dan menarik. Asus menggunakan finishing glossy yang mewah dipadukan warna bergradasi yang cantik dan elegan. Sebagai sebuah smartphone entry-level, Asus Zenfone Live L2 harus diapresiasi. Berikut Asus Zenfone Live L2 review lengkap oleh tim Laptophia.

Layar

Berbekal layar sentuh berteknologi IPS berukuran 5,5 inci dengan resolusi HD+ menawarkan kualitas yang cukup baik. Layar smartphone murah andalan Asus ini terlihat cukup nyaman di mata, tajam, dan warnanya juga terbilang oke. Selain itu, respon layar sentuh Zenfone Live L2 terbilang responsif.

Layar IPS yang diusung oleh Asus Zenfone Live L2 ini juga menawarkan sudut pandang yang luas. Hal ini sangat mendukung kenyamanan saat menikmati konten multimedia seperti video melalui ponsel ini. Sayangnya, saat digunakan di bawah sinar matahari, performa layar Asus Zenfone Live L2 memang agak kurang.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 7: Powerful dengan Kamera 48MP!

Audio

Pada Asus Zenfone Live L2 review kali ini, ponsel ini dibekali dengan loudspeaker yang berada pada sisi bawah ponsel. Hal yang mengejutkan adalah loudspeaker Asus Zenfone Live L2 ini ternyata tidak terlalu keras suaranya dan malah cenderung pelan. Meski demikian, kualitas suaranya cukup jernih dan didominasi oleh treble. Saat mendengarkan musik dengan headphone Sennheiser HD 202 II, keluaran suara Asus Zenfone Live L2 ini cukup solid dengan bass yang kuat.

Baterai

Asus Zenfone Live L2 dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia yang telah menggunakannya selama kurang lebih seminggu, daya tahan baterai Asus Zenfone Live L2 tidak sampai seharian penuh. Jika pagi hari charge penuh, sore hari hanya tersisa belasan persen

Memori

Smartphone murah meriah Asus Zenfone Live L2 ini menyisakan ROM atau memori internal sekitar 8,22GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 400 – 600-an MB. Smartphone ini telah mendukung USB OTG dengan port microUSB.

Kesimpulan

Secara umum, Asus Zenfone Live L2 lebih mengarah pada refreshment ketimbang upgrade jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Terlepas dari hal tersebut, Laptophia menilai Asus Zenfone Live L2 merupakan salah satu smartphone entry-level yang laik dipertimbangkan. Performa yang diusung Asus Zenfone Live L2 masih sangat kompetitif, fitur lengkap, harga terjangkau, dan desain cantik.

Hal yang Laptophia sayangkan adalah Asus Zenfone Live L2 masih menggunakan OS Android 8.0 Oreo dan masih ditenagai SoC lawas Snapdragon 430. Asus bisa memilih SoC yang lebih baru dan efisien dalam hal konsumsi daya. Selain itu, performa loudspeakernya juga kurang kencang.
Baca juga:Benchmark AnTuTu Asus Zenfone Live L2 Bertenaga Snapdragon 430

Kelebihan Asus Zenfone Live L2

  • Desain cantik
  • Dilengkapi face unlock
  • Harga sangat kompetitif

Kekurangan Asus Zenfone Live L2

  • RAM hanya 2GB
  • Masih menggunakan OS Android 8.0 Oreo

Harga Asus Zenfone Live L2

Asus Zenfone Live L2 merupakan smartphone murah terbaru yang tampil dengan desain yang cantik berkat casing belakang yang mengkilap dan bergradasi. Harga Asus Zenfone Live L2 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.199.000. Berdasarkan hasil Asus Zenfone Live L2 review yang telah tim Laptophia lakukan, ponsel ini mampu menunjukkan hasil yang cukup memuaskan.

Sebagai sebuah smartphone entry-level, Asus Zenfone Live L2 ini masih mampu memberikan performa yang memadai, kamera yang cukup baik, dan masih didukung desain casing belakang yang cantik. Secara umum, Asus Zenfone Live L2 ini merupakan salah satu smartphone murah yang sangat laik dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat membeli atau cek promi Asus Zenfone Live L2 di Sini (klik)

Spesifikasi Asus Zenfone Live L2

  • Sistem Operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka Zen UI 5.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 430 MSM8937 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 1,4GHz
  • Grafis Adreno 505
  • Kamera belakang 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.0, LED flash. Kamera depan 8 megapiksel, sensor BSI CMOS, aperture f/2.0
  • Layar sentuh 5,5 inci 2.5D dengan resolusi HD+ 1440 x 720 piksel, kerapatan 293 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 2GB, ROM 16GB, dilengkapi slot microSD maksimal 2TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, USB OTG, 3.5mm audio jack, GPS, Face Unlock, dual SIM
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 147.3 x 71.8 x 8.2 mm dengan berat 140 gram
  • Baterai 3000mAh, non removable
  • Warna Rocket Red dan Cosmic Blue
Anda mungkin suka:Review Asus Zenfone Max M2 ZB633KL: Debut Snapdragon 632, Ternyata Kencang!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!