IBX582004D475488 Xiaomi Mi A2 Review dengan OS Android 9.0 Pie

Xiaomi Mi A2 Review dengan OS Android 9.0 Pie



Xiaomi Mi A2 Review dengan OS Android 9.0 Pie – Xiaomi Mi A2 memang bukan smartphone keluaran baru karena ponsel Android One ini pertama kali diperkenalkan September 2018 silam. Hal yang menarik tim Laptophia untuk mengulas smartphone Xiaomi Mi A2 adalah harganya yang merosot tajam sejak meluncurnya ponsel Redmi Note 7. Selain itu, Xiaomi Mi A2 ini dibekali spesifikasi teknis yang masih sangat mumpuni dengan sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 660 AIE dan kamera belakang ganda yang andal.

Xiaomi Mi A2 tampil dengan desain cantik tanpa poni dengan casing metal yang sangat tipis. Kelebihan lain dari Xiaomi Mi A2 adalah termasuk smartphone dalam program Android One yang mendapat jaminan update langsung dari Google selama dua tahun penuh, pensaran? Simak Xiaomi Mi A2 review dengan OS Android 9.0 Pie oleh tim Laptophia.
Xiaomi Mi A2 Review dengan OS Android 9.0 Pie

Paket Pembelian Xiaomi Mi A2

Paket Pembelian Xiaomi Mi A2
  • Unit Xiaomi Mi A2 RAM 4GB ROM 64GB Red
  • Kepala charger
  • Kabel USB Type-C
  • Kabel adaptor USB Type-C to audio 3,5mm
  • Headset
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Xiaomi Mi Play Review: Smartphone Murah Ringkas Berdesain Cantik

Desain Xiaomi Mi A2

Desain Xiaomi Mi A2

Desain Xiaomi Mi A2

Sisi desain mungkin bukan sektor yang diunggulkan pada Xiaomi Mi A2 review kali ini. Smartphone hasil kerja sama antara Xiaomi dan Google ini tampil dengan desain tanpa poni dan belum mengusung desain bezelless. Hal ini terlihat dari layar dengan aspek rasio 18:9 yang diusung oleh Xiaomi Mi A2 masih menyertakan bezel yang cukup tebal. Meski demikian, Xiaomi Mi A2 dibalut dengan casing berbahan metal yang membuatnya terkesan kokoh dan mewah.

Menurut tim Laptophia, warna merah adalah varian warna paling menarik dari ponsel Xiaomi Mi A2. Smartphone Android One ini mengusung body yang sangat tipis bahkan bisa dikatakan salah satu yang paling tipis di kelasnya. Casing belakang Xiaomi Mi A2 yang terbuat dari metal ini menggunakan finishing satin dengan lengkungan lembut pada bagian tepiannya. Pada sisi atas dan bawahnya terdapat garin antenna yang kian menambah nilai estetika.

Hal yang agak mengganggu dari penampilan fisik Xiaomi Mi A2 adalah lubang kamera belakangna yang terlalu menonjol, sehingga membuat lensa kamera rawan tergores. Bahkan ketika Laptophia menggunakan softcase bawaan, kamera belakang Xiaomi Mi A2 masih terlalu menonjol. Terlepas dari hal tersebut, Xiaomi Mi A2 ini menawarkan desain tipis, nyaman digenggam, dan build quality yang sangat solid di kelasnya.
Desain Xiaomi Mi A2

Desain Xiaomi Mi A2
Baca juga:Asus Zenfone Live L2 Review: Smartphone Murah Berdesain Cantik
Pada Xiaomi Mi A2 review oleh tim Laptophia kali ini, bagian depan smartphone ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, LED flash depan, layar full HD+ 2.5D berukuran 5,99 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Mi A2 ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Mi A2 sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 5 yang cukup tangguh menghalau goresan. Laptophia menganjurkan pengguna untuk memasang screenguard atau tempered glass di Mi A2 agar tak mudah tergores atau pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Mi A2 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, dan SIM 2, tanpa kehadiran slot microSD. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Xiaomi Mi A2 ini terdapat microphone, dan infrared blaster.

Sedangkan bagian belakang ponsel Android One Mi A2 ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara vertikal, dual-tone LED flash di sisi kanannya, sensor sidik jari, logo Xiaomi, dan logo Android One. Merek asal Tiongkok ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Xiaomi Mi A2

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Xiaomi Mi A2

Software & Fitur Xiaomi Mi A2

Kelebihan utama Xiaomi Mi A2 review kali ini ada pada sisi perangkat lunak dengan dukungan platform Android One menurut Laptophia. Ini berarti ponsel Xiaomi Mi A2 mendapat jaminan upgrada paling tidak dua versi Android dan update keamanan selama dua tahun langsung dari Google. Xiaomi Mi A2 pertama kali diluncurkan menggunakan Android 8.1 Oreo dan kini sudah mendapatkan upgrade ke Android 9.0 Pie. Kemungkinan besar, Xiaomi Mi A2 juga akan mendapat upgrade ke Android Q.

Xiaomi Mi A2 tidak seperti kebanyakan ponsel Xiaomi lainnya yang menggunakan antarmuka MIUI, melainkan menggunakan Android stock. Bagi sebagian pengguna, penggunaan antarmuka Android stock atau Android Pure adalah nilai tambah karena ringan dan bebas iklan. Saat menghidupkan Xiaomi Mi A2, kita akan disambut tampilan Lockscreen, Homescreen, dan juga app drawer yang bisa diakses melalui swipe up.

Tampilan standar seperti seperti yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi A2 ini memang agak membosankan, tetapi jelas minim bloatware dan lebih ringan. Menu kostumisasi yang disediakan memang terbatas, yakni memungkinkan pengguna mengatur widget, mengganti wallpaper Homescreen dan juga Lockscreen, mengatur ukuran fonts, device theme (Light dan Dark), dan display size. Pengguna dapat mnginstal launcher bila bosan dengan tampilan Android stock di Mi A2.

Fitur yang diusung oleh Xiaomi Mi A2 ini terbilang standar Android 9.0 Pie, sebut saja notification dots, night light schedule, mode battery saver, split screen, adaptive brightness, adaptive baterai, Mi Remote, Digital Wellbeing, dan sebagainya. Meski demikian, Xiaomi Mi A2 ini juga didukung fitur lain seperti gesture untuk mengakses fitur atau aplikasi tertentu dengan cepat.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi 6A: Smartphone Murah dengan Face Unlock
Salah satu kelebihan smartphone dengan platform Android One adalah minim bloatware. Hal ini juga dimiliki oleh Mi A2 dengan aplikasi bawaan yang terbilang minim, sebut saja Google Apps, Mi Remote, Mi Drop, Mi Community, dan aplikasi proprietary Xiaomi lainnya.

Secara umum, Xiaomi Mi A2 dengan antarmuka Android stock (Android One) ini menawarkan fitur yang memadai dengan tampilan standar, serta bebas bloatware. Performanya yang ringan dan responsif, serta dukungan update selama dua tahun menjadi keunggulan utamanya.

Benchmark Xiaomi Mi A2

CPU-Z Xiaomi Mi A2
CPU-Z Xiaomi Mi A2
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Mi A2
Benchmark Geekbench 4 Xiaomi Mi A2
Benchmark AnTuTu v7 Xiaomi Mi A2
Benchmark AnTuTu v7 Xiaomi Mi A2
Benchmark Vellamo Xiaomi Mi A2
Benchmark Vellamo Xiaomi Mi A2
Benchmark PCMark Xiaomi Mi A2
Benchmark PCMark Xiaomi Mi A2
Benchmark 3DMark Xiaomi Mi A2
Benchmark 3DMark Xiaomi Mi A2
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Mi A2
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Mi A2
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Mi A2
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Mi A2

Performa Xiaomi Mi A2

Kinerja juga menjadi salah satu keunggulan dari Xiaomi Mi A2 review oleh tim Laptophia kali ini. Smartphone dengan desain sangat tipis ini dipersenjatai oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 660 AIE (Artificial Intelligence Engine) yang mengusung prosesor octa-core Kryo 260 yang terdiri dari quad-core yang berlari dengan kecepatan 1,8GHz dan quad-core dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 512.

Snapdragon 660 AIE merupakan salah satu SoC berkinerja tinggi yang populer diadopsi oleh smartphone kelas menengah. Tak hanya menawarkan performa tinggi, tetapi juga konsumsi daya yang efisien berkat teknologi 14nm yang digunakannya. Kinerja kencang Snapdragon 660 AIE ini dikombinasikan dengan Android stock pada Xiaomi Mi A2, sehingga menghasilkan performa yang gegas, ringan, dan sangat responsif. Laptophia bahkan hampir tak pernah menemui lag saat proses pengujian.

Buka tutup aplikasi dan animasi perpindahan menu berjalan responsif dan menyenangkan. Bahkan saat sudah banyak aplikasi terinstal pun Xiaomi Mi A2 belum menunjukkan tanda-tanda penurunan performa. Hal ini tergambar dari skor benchmark AnTuTu Mi A2 yang mencapai 132 ribu-an. Jelas, kinerja smartphone ini sangat lebih dari cukup untuk pengguna mainstream.
Baca juga:Benchmark AnTuTu Qualcomm Snapdragon 710 di Realme 3 Pro
Berbekal grafis dari Adreno 512, Xiaomi Mi A2 ini termasuk lihai dalam memainkan game Android terkini seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, AOV, Free Fire, dan sebagainya relatif lancar tanpa kendala. Saat memainkan game dalam waktu agak lama, body Xiaomi Mi A2 memang agak panas, tetapi masih dalam batas wajar dan tidak ada tanda-tanda overheat.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2


Foto Siang Hari


Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2
Foto Portrait Mode Kamera Belakang
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2



Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2
Foto Macro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2

Foto Malam Hari


Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2
Foto Malam Hari dengan LED Flash
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi A2
Foto Selfie Kamera Depan

Foto Portrait Mode Kamera Depan

Review Kamera Xiaomi Mi A2

Review Kamera Xiaomi Mi A2

Kamera menjadi salah satu keunggulan dari Xiaomi Mi A2 review kali ini menurut Laptophia. Ponsel Android One ini mengandalkan kamera belakang ganda dengan resolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX486 berukuran 1/2.9 inci 1.25um piksel ditandemkan dengan enam elemen lensa aperture f/1.75 yang dilengkapi dengan fitur phase-detection autofokus dan dual LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 20 megapiksel dengan sensor Sony IMX376 1/2.8 inci 1um piksel ditandemkan lensa aperture f/1.75 yang berperan sebagai low-light sensor. Kombinasi kedua kamera besutan Xiaomi Mi A2 ini membuatnya mumpuni untuk memotret dalam kondisi cahaya minim atau low-light berkat teknologi pixel binning 4-in-1. Kamera Mi A2 ini juga didukung kecerdasan buatan atau AI dengan algoritma baru yang mampu mendeteksi 27 skenario untuk hasil foto yang lebih optimal.

Xiaomi Mi A2 mengalami peningkatan signifikan untuk kamera depan karena dibekali dengan kamera depan yang mumpuni berkekuatan 20 megapiksel dengan sensor Sony IMX376 1/2.8 inci 1um piksel yang dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus dan diperkuat fitur pixel binning 4-in-1 dan AI untuk foto selfie dan video call.

Aplikasi kamera bawaan Xiaomi Mi A2 review kali ini menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan kaya akan fitur. Tak hanya itu, aplikasi kamera Mi A2 ini telah terintegrasi fitur Google Lens. Hal yang menarik adalah mode manual atau mode Pro tersedia di kamera Mi A2 dan memungkinkan pengguna mengatur shutter speed hingga maksimal 32 detik.

Kemampuan kamera Xiaomi Mi A2 cukup memukau tim Laptophia karena foto yang dihasilkan sangat memuaskan. Pada kondisi siang hari dengan cahaya melimpah, kamera Xiaomi Mi A2 mampu menghasilkan foto dengan detail tinggi, tajam, warna yang natural, dan dynamic rang yang cukup luas. Mode HDR kian meningkatkan dynamic range, meski sedikit menurunkan detail. Hasil jepretan Xiaomi Mi A2 bahkan sedikit lebih baik ketimbang Redmi Note 7 menurut tim Laptophia.
Baca juga:Realme U1 Review: Smartphone Selfie yang Mumpuni untuk Gaming
Mode portrait Xiaomi Mi A2 mampu menghasilkan separasi yang rapi dan efek bokeh yang cukup baik di kelasnya. Kecepatan autofokusnya laik mendapat acungan jempol, terlebih saat digunakan untuk memotret obyek macro. Laptophia melihat foto macro yang dihasilkan oleh Xiaomi Mi A2 ini sangat detail, fokus yang akurat, dan warna yang natural.

Saat malam hari, Xiaomi Mi A2 ini memang masih belum sebaik Redmi Note 7 tetapi sudah cukup bisa diandalkan. Foto yang dihasilkan saat kondisi malam cukup teraing, noise yang nampak masih bisa dimaklumi, dan warna yang dihasilkan masih cukup baik. Penurunan detail memang terjadi, tetapi tidak terlalu signifikan. Laptophia cukup puas dengan Xiaomi Mi A2 review kamera saat malam hari. LED flash yang diusungnya cukup terang dan sangat membantu untuk memotret dalam kondisi gelap.

Kamera depan Xiaomi Mi A2 yang berkekuatan 20 megapiksel ini juga cukup mumpuni untuk foto selfie karena mampu menghasilkan detail yang cukup tinggi, meski berkarakter soft. Foto selfie yang dihasilkan menawarkan dynamic range yang baik dan warna yang mendekati natural. Foto selfie mode portrait dengan kamera depan Xiaomi Mi A2 ini juga relatif memuaskan menurut Laptophia.

Xiaomi Mi A2 Review

Xiaomi Mi A2 Review

Xiaomi Mi A2 adalah sebuah smartphone kelas menengah yang sebenarnya cukup menarik. Tampaknya, absennya port audio 3,5mm dan slot microSD membuat Xiaomi Mi A2 kurang tenar. Semenjak Redmi Note 7 keluar, harga Xiaomi Mi A2 dipangkas sangat signifikan. Hal ini membuat ponsel ini cukup menarik karena kinerjanya tinggi, dukungan terjamin dari Google, dan build quality yang sangat solid di kelasnya.

Pada Xiaomi Mi A2 review kali ini, sisi kameranya memang cukup menonjol. Bahkan, tim Laptophia menilai kemampuan kamera belakang gandanya masih lebih baik ketimbang Redmi Note 7 yang belum lama ini dirilis. Minimnya stok Redmi Note 7 membuat Xiaomi Mi A2 pantas menjadi alternatif yang cukup kuat.

Layar

Xiaomi Mi A2 ini dibekali layar berukuran 5,99 inci dengan resolusi full HD+ yang menggunakan teknologi panel IPS. Layar ponsel ini masih mengusung desain tanpa poni dengan aspek rasio 18:9. Kualitas layarnya bisa dikatakan cukup baik di kelasnya dengan warna yang cukup vivid, tajam, dan terasa cukup padar. Viewing angle-nya luas khas teknologi IPS dan didukung respon touchscreen yang sangat gegas.

Saat digunakan di bawah sinar matahari, performa Xiaomi Mi A2 ini terbilang standar saja. Layar Xiaomi Mi A2 ini sudah dilindungi oleh lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 5 dan dipadukan dengan oleophobic coating, sehingga tidak mudah meninggalkan jejak sidik jari.
Baca juga:Samsung Galaxy M20 Review: Baterai Jumbo dengan Kamera Wide Angle

Audio

Siapa sangka smartphone Android One tipis Xiaomi Mi A2 ini dibekali dengan loudspeaker yang terbilang kencang. Speaker yang menghadap ke bawah ini tak hanya menghasilkan suara yang lantang, tetapi juga jernih dan detail saat mendengarkan musik. Sayangnya, suara bass meang kurang nendang.

Saat mendengarkan musik menggunakan headset Sennheiser HD 202 II, kualitas audio pada Xiaomi Mi A2 review kali ini terbilang mantap di kelasnya. Bass yang dihasilkan cukup kuat, treble yang detail dan tidak menusuk, dan juga suara vokal yang cukup jelas.

Baterai

Baterai mungkin menjadi nilai minus dari Xiaomi Mi A2 review kali ini. Ponsel Android One dengan bodi yang sangat tipis ini hanya dibekali baterai berkapasitas 3000mAh saja. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia, baterai Xiaomi Mi A2 ini hanya mampu bertahan sampai sore hari. Bahkan, jika penggunaan sangat intensif hanya bertahan setengah hari saja. Beruntung, Xiaomi Mi A2 ini diperkuat fitur Quick Charge 3.0, sehingga pengisian daya lebih cepat

Memori

Smartphone menengah dengan platfroma Android One Xiaomi Mi A2 ini menyisakan memori internal sekitar 41,99GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,9GB – 2,2GB. Smartphone ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya.

Kesimpulan

Secara umum, Xiaomi Mi A2 ini menawarkan kinerja yang mumpuni dengan duet SoC Snapdragon 660 AIE dengan RAM 4GB. Tak hanya itu, ponsel ini juga memiliki masa depan yang terjamin dengan dukungan update dari Google selama dua tahun. Kamera yang diusung Xiaomi Mi A2 ini terbukti mumpuni di segala kondisi cahaya. Jelas, Xiaomi Mi A2 alternatif yang cukup kuat untuk dipinang jika stok Redmi Note 7 sulit didapat.

Xiaomi Mi A2 memang smartphone yang solid, tetapi kurang tenar saat awal kehadiran. Hal ini menurut Laptophia disebabkan oleh beberapa kelemahan pada ponsel Xiaomi Mi A2, sebut saja tidak adanya slot microSD, port audio 3,5mm, dan juga daya tahan baterai yang terbilang pas-pasan.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 6 Pro: Kamera Mantap, Cocok untuk Selfie!

Kelebihan Xiaomi Mi A2

  • Android One dengan dukungan update hingga 2 tahun
  • Performa kencang
  • Desain tipis dan mewah
  • Kamera mumpuni

Kekurangan Xiaomi Mi A2

  • Daya tahan baterai pas-pasan
  • Tidak dilengkapi slot microSD
  • Tidak dilengkapi port audio 3,5mm

Harga Xiaomi Mi A2

Xiaomi Mi A2 merupakan sebuah smartphone kelas menengah yang masih cukup menarik berkat dukungan platform Android One. Harga smartphone Xiaomi Mi A2 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang laptophia himpun saat artikel ini ditulis adalah Rp 2.299.000. Tentunya harga ini bersifat fluktuatif atau dapat berubah sewaktu-waktu. Saat pertama kali diluncurkan, ponsel Xiaomi Mi A2 ini dijual dengan harga Rp 3.699.000.

Berdasarkan Xiaomi Mi A2  review yang telah tim Laptophia lakukan, smartphone ini mempu menunjukkan performa yang memuaskan dengan kemampuan kamera yang mumpuni di pelbagai kondisi. Xiaomi Mi A2 ini nyaris sempurna, tetapi kapasitas baterai terbatas dan tidak dilengkapi port audio 3,5mm. Secara umum, Xiaomi Mi A2 masih sangat laik dipertimbangkan di kelasnya dan masih mendapat jamunan update langsung dari Google.
Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Mi A2 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Mi A2

  • Sistem Operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka Android pure (Android One)
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE SDM660 dengan prosesor octa-core Kryo 260 yang terdiri dari quad-core 2GHz dan quad-core 1,8GHz
  • Grafis Adreno 512
  • Dual kamera 12 megapiksel, sensor Sony IMX486 1/2.9 inci 1,25um piksel, aperture f/1.75, phase-detection autofokus dengan dilengkapi dual LED flash + 20 megapiksel, phase-detetion autofokus, sensor Sony IMX376 1/2.8 inci 1um piksel, lensa f/1.75, pixel binning
  • Kamera depan 20 megapiksel, sensor Sony IMX376 1/2.8 inci 1um piksel, lensa aperture f/2.2, fixed focus, pixel binning
  • Layar sentuh 5,99 inci 2.5D, aspek rasio 18:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2160 pixels, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass 5
  • Memori RAM 4GB LPDDR4X, ROM 64GB, tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor, infrared blaster
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 158.7 x 75.4 x 7.3 mm dengan berat 166 gram
  • Baterai 3000mAh non-removable, Qualcomm Quick Charge 3.0
  • Warna Black, Gold, Blue, Red, dan Rose Gold
Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi Note 7: Powerful dengan Kamera 48MP!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!