IBX582004D475488 Review Microwear L7 Smartwatch, Desain Mewah Kaya Fitur
Asus TUF Gaming FX505

Review Microwear L7 Smartwatch, Desain Mewah Kaya Fitur



Review Microwear L7 Smartwatch, Desain Mewah Kaya Fitur – Smartwatch kini menjadi salah satu wearable device yang cukup populer dan banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Meningkatnya popularitas smartwatch ini mendorong banyak vendor untuk menghadirkan aneka varian smartwatch. Salah satu smartwatch murah yang cukup menarik perhatian Laptophia adalah Microwear L7. Microwear sendiri adalah brand asal Tiongkok yang memiliki lini smartwatch yang cukup lengkap dan sebagian telah bisa dibeli melalui e-commerce Indonesia, salah satunya adalah seri L7.

Tak hanya mengandalkan fitur yang lengkap, Microwear L7 ini juga tampil dengan desain yang elegan dan didukung material yang berkualitas. Hal ini meruntuhkan anggapan bahwa smartwatch murah selalu tampil dengan desain yang kurang oke dan material murahan. Microwear L7 menunjukkan bahwa smartwatch murah bisa tampil mewah memesona. Sebulan yang lalu, Microwear L7 mendarat dengan selamat di markas Laptophia untuk diulas mendalam. Penasaran? Simak review Microwear L7 smartwatch oleh tim Laptophia kali ini!
Review Microwear L7 Smartwatch, Desain Mewah Kaya Fitur

Paket Pembelian Microwear L7

Paket Pembelian Microwear L7
  • Unit Microwear L7 smartwatch
  • Kabel USB magnetik untuk charging
  • Obeng mini
  • Manual
Baca juga:Review Logitech M331 Silent Plus, Senyap dan Nyaman Digunakan

Desain Microwear L7

Desain Microwear L7

Desain Microwear L7

Desain menjadi keunggulan utama review Microwear L7 smartwatch kali ini menurut Laptophia. Jam tangan pintar ini tampil dengan desain yang sangat mewah dan sekilas mengingatkan Laptophia pada konsep desain Huawei Watch GT. Microwear L7 tampil dengan ukuran dial atau diameter yang cukup besar, yakni 42mm. Sekeliling dial smartwatch Microwear L7 terdapat angka-angka yang memudahkan untuk membaca menit saat melihat jam tangan.

Jam tangan pintar Microwear L7 ini menggunakan material metal yang kokoh dan terasa sangat tebal dan dipadukan dengan casing belakang yang terbuat dari polikarbonat berwarna hitam. Ukuran frame yang mengelilingi layar smartwatch ini tidak terlalu tebal dan cukup proporsional. Sementara kehadiran dua buah tombol pada sisi kanan smartwatch Microwear L7 turut berperan menghasilkan aura sporty dan maskulin. Tim Laptophia sangat menyukai penampilan Microwear L7 ini.

Pada review Microwear L7 smartwatch kali ini, sebenarnya ada banyak varian warna dan pilihan strap atau gelang. Kebetulan unit Microwear L7 yang datang ke markas Laptophia adalah varian warna hitam dengan strap milanese berbahan metal yang kokoh berwarna hitam pula. Salah satu kelebihan Microwear L7 ini adalah strapnya detachable atau dapat dengan mudah diganti dengan cara menarik tuas pada bagian engsel strap-nya. Kita dapat mengganti strap Microwear L7 sesuai selera dan banyak dijual di e-commerce terkemuka tanah air.
Baca juga:Review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY, Ternyata Kualitasnya Begini…
Dimensi atau ukuran smartwatch Microwear L7 sebenarnya tak jauh berbeda dengan jam tangan pintar lainnya. Jika dibandingkan dengan Northedge E101 yang Laptophia ulas sebelumnya, Microwear L7 ini sedikit agak tebal dan berat. Secara umum, build quality dari smartwatch Microwear L7 sangat solid, kuat, dan sama sekali tak terlihat murahan.
Desain Microwear L7

Desain Microwear L7

Pada sisi atas, jam tangan pintar Microwear L7 ini terdapat layar sentuh berbentuk bulat atau real round berukuran 1,3 inci dengan resolusi 240 x 240 piksel. Sedangkan pada sisi kanan terdapat dua buah tombol yang digunakan untuk mengoperasikan smartwatch. Sedangkan pada sisi kiri Microwear L7 terdapat microphone yang berguna untuk telepon atau Bluetooth call. Sedangkan pada sisi bawah terdapat port magnetik untuk charging dan aneka sensor.

Video Unboxing Microwear L7

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Review Microwear L7


Selama ini smartwatch dengan harga murah identik dengan desain yang biasa saja, build quality yang murahan, dan miskin fitur. Namun, anggapan seperti ini tampaknya tak berlaku untuk smartwatch murah Microwear L7. Jam tangan pintar asal Tiongkok ini mengusung konsep yang berbeda dengan menghadirkan desain mewah dengan material premium, serta fitur yang sangat lengkap di kelasnya. Secara fungsi, Microwear L7 ini mirip dengan gelang kesehatan atau sport tracker sepertiu Mi Band atau Honor Band.

Setelah kurang lebih seminggu menggunakan smartwatch guna menyelesaikan review Microwear L7, Laptophia mendapatkan impresi yang cukup baik. Meski demikian, Microwear L7 juga memiliki sejumlah kekurangan yang mungkin bisa menjadi ‘deal breaker’ bagi pemburu smartwatch murah.

Layar

Jam tangan pintar Microwear L7 ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 1,3 inci dengan resolusi 240 x 240 piksel yang menggunakan panel IPS (In-Plane Switching). Jika dilihat dari jenis layarnya, seharusnya kualitas layar Microwear L7 lebih superior ketimbang Northedge E101 yang Laptophia ulas sebelumnya. Layar real round atau bulat memiliki kelebihan tersendiri karena lebih enak dilihat dan tentunya menjadi nilai tambah dari sisi estetika.

Layar smartwatch Microwear L7 ini mampu menampilkan gambar yang colorful, tajam, dan cukup halus. Komplain Laptophia hanya soal respons touchscreen-nya yang terasa kurang responsif. Viewing angle layarnya cukup luas, tetapi saat digunakan di bawah sinar matahari masih kurang mumpuni, bahkan ketika brightness sudah dimaksimalkan. Ini dapat dimaklumi mengingat harganya cukup terjangkau.

Fitur Microwear L7


Microwear L7 hanya menyediakan tujuh buah watchface saja dan dan rata-rata tampilannya cukup menarik. Konon watchface-nya masih bisa ditambah dengan trik tertentu. Tampilan antarmuka pada review Microwear L7 cukup menarik dan userfriendly, serta menyediakan dua jenis theme. Kita dapat mengakses menu melalui tombol pada sisi kiri atau dengan menyentuh layarnya.

Fitur yang sangat lengkap menjadi keunggulan dari review Microwear L7 smartwatch kali ini. Jam tangan pintar ini dapat menghitung jumlah langkah, jarak tempuh kaki pengguna, jumlah kalori yang terbakar, sleep monitor, pengukur denyut jantung, pengukur tekanan darah, blood oxygen, ECG, sport mode, timer, menampilkan notifikasi dari ponsel, anti lost atau find phone, kalkulator, BT call, BT Music, sync phonebook, remote camera, weather, dan beberapa opsi bahasa.
Baca juga:Review Choetech Q3002, Wall Charger Berkualitas Dukung Quick Charge 3.0
Fitur pengukur denyut jantungnya cukup akurat, sedangkan untuk pengukur tekanan darah akurasinya masih kadang meleset. Sedangkan fitur pengukur jumlah langkah juga kadang kurang akurat karena saat Laptophia mengendarai sepeda motor, turut dihitung sebagai langkah dan menambah kalori yang terbakar.

Sedangkan fitur lain pada review smartwatch Microwear L7 ini berjalan cukup baik. Notifikasi dari ponsel dapat ditampilan oleh smartwatch L7 ini dan dapat dibaca dengan baik. Hanya saja, penampilan notifikasinya masih perlu dipemanis lagi.

Keunggulan utama smartwatch Microwear L7 ini adalah dilengkapi dengan fitur ECG atau EKG. Lalu apa sebenarnya fungsi ECG atau EKG? ECG atau EKG (elektrokardiagram) merupakan tes diagnostik umum yang digunakan untuk mengevaluasi fungsi jantung. Tes tersebut merekam aktivitas listrik dari jantung, dan pada batas tertentu, mengidentifikasi jika ada peredaran atau aliran darah yang tidak normal. Namun, akurasinya masih perlu dipertanyakan.

Aplikasi Fundo Pro

Smartwatch Microwear L7 ini menggunakan aplikasi Fundo Pro untuk terhubung ke smartphone. Aplikasi Fundo Pro ini tampil dengan antarmuka yang cukup menarik dengan theme dark yang nyaman dilihat. Fundo Pro akan membantu pengguna smartwatch untuk mendapatkan informasi terkait jumlah kalori yang terbakar, jumlah langkah, denyut jantung, kualitas tidur, dan banyak lagi, serta dilengkapi dengan analisanya.

Fitur yang ditawarkan oleh Fundo Pro ini cukup lengkap dan kita dapat mengatur fitur mana saja yang dapat diaktifkan. Berbeda dengan aplikasi Wearheart yang digunakan oleh smartwatch Northedge E101, Fundo Pro ini dapat menampilkan hampir semua notifikasi aplikasi yang terinstal di smartphone. Pengguna dapat memilih aplikasi apa saja yang akan ditampilkan notifikasinya di smartwatch. Sejauh ini, Laptophia menilai aplikasi Fundo Pro cukup stabil dan belum pernah error atau terdapat bug yang signifikan.

Kenyamanan

Jam tangan pintar Microwear L7 ini relatif nyaman digunakan, meski ukurannya terasa agak tebal. Sedangkan strap jenis milanese yang berbahan metal juga terasanyaman dan tidak panas atau gatal jika digunakan dalam waktu lama.

Baterai

Daya tahan baterai mungkin menjadi salah satu kemahan review Microwear L7 smartwatch oleh tim Laptophia kali ini. Microwear L7 dibekali baterai berkapasitas 300mAh dan diklaim dapat bertahan hingga 2 – 3 hari penggunaan.

Namun berdasarkan pengujian yang Laptophia lakukan, Microwear L7 hanya bertahan hingga hampir sehari saja dalam kondisi terkoneksi smartphone. Ketika fitur BT remote diaktifkan, daya baterai makin singkat. Jika tidak terhubung dengan ponsel, daya tahan Microwear L7 bisa beberapa hari.

Kesimpulan

Secara umum, Microwear L7 merupakan smartwatch murah dengan desain premium dan dibalut dengan material yang kuat. Sebagai jam tangan pintar murah, Microwear L7 jauh dari kesan murahan, bahkan malah terkesan mewah. Fitur yang ditawarkan sangat lengkap, layar berkualitas, dan strap dapat diganti sesuai selera. Tak hanya itu, aplikasi Fundo Pro yang menjadi “teman” juga menawarkan performa yang baik.
Baca juga:Soundmagic E10C Review: Headset IEM Terbaik di Kelasnya
Sayangnya, respon layar sentuh Microwear L7 ini terbilang kurang gegas dan kurang sensitif. Tak hanya itu, daya tahan baterai Microwear L7 ini terbilang kurang memuaskan. Meski demikian, Laptophia menilai Microwear L7 merupakan salah satu smartwatch murah meriah yang laik dipertimbangkan di kelasnya.

Kelebihan Microwear L7

  • Desain mewah
  • Build quality dan kualitas material sangat solid
  • Fitur sangat lengkap

Kekurangan Microwear L7

  • Daya tahan baterai kurang memuaskan
  • Touchscreen kurang sensitif

Harga Microwear L7

Microwear L7 adalah salah satu smartwatch atau jam tangan pintar murah yang tampil sangat menarik dan build quality yang sangat solid. Harga smartwatch Microwear L7 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini ditulis (15/09/2019) adalah Rp 549.000. Tentunya harga Microwear L7 ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar dan promo masing-masing penjual. Berdasarkan fitur dan penampilan yang ditawarkan, Microwear L7 cukup sepadan dengan harga yang ditawarkan menurut Laptophia.

Berdasarkan hasil review Microwear L7 smartwatch yang telah dilakukan oleh tim Laptophia, menunjukkan hasil yang cukup memuaskan meski memiliki sejumlah kekurangan. Desain yang elegan dengan build quality yang mentap menjadi keunggulan utama Microwear L7 ini. Fitur yang ditawarkan oleh smartwatch terbilang lengkap di kelasnya, performa responsif, dan watchface yang disediakan cukup banyak. Secara umum, Microwear L7 cocok bagi konsumen yang membutuhkan smartwatch murah dengan penampilan mewah, serta fitur yang lengkap.
Anda dapat membeli atau cek promo Microwear L7 smartwatch di Sini (Klik)

Spesifikasi Microwear L7

  • Product Model: L7
  • Master Chip: MediaTek MTK2502
  • Sensor:  BST-BMA253
  • ECG Chip: TI
  • PPG Chip: HRS3300DS
  • Compatible System: Android 5.0 atau lebih baru, iOS 8 atau lebih baru
  • Fitur andalan: Blood Pressure, Heart Rate, ECG
  • Aplikasi: Fundo Pro
  • Fitur utama: Wearbale Hardware+SmartApp+Big Data Cloud Service
  • Fitur lain: ECG, Step, Calories, Distance, Sleep monitor, Call reminder, Alarm Reminder, Raise you hand the watch light, Social share (wechat/QQ/Facebook/Twitter), BT Music, Remote Camera, BT Call
  • Screen Size: 1.3 inci 240 x 240 piksel
  • Screen Type: IPS
  • Bluetooth: 3.0 dan 4.0
  • Kapasitas baterai: lithium polymer 300mAh
  • Manipulation Mode:  touchscreen, button control, dan mobile phone APP control
  • Waterproof dengan sertifikat IP68
  • Dimensi 240 x 22 x 42 mm berat 55 gram
Anda mungkin suka:Review Northedge E101 Smartwatch, Desain Cantik Fitur Lengkap

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!