IBX582004D475488 Review Northedge E101 Smartwatch, Desain Cantik Fitur Lengkap
https://www.asus.com/id/ROG-Republic-Of-Gamers/ROG-Phone-II/

Review Northedge E101 Smartwatch, Desain Cantik Fitur Lengkap



Review Northedge E101 Smartwatch, Desain Cantik Fitur Lengkap – Smartwatch dan smartband adalah wearable device yang saat ini mulai banyak digunakan oleh masyarakat. Hal ini membuat smartwatch terus berkembang dan menawarkan fitur yang kian beragam. Salah satu produk smartwatch berdesain cantik telah mendarat di markas Laptophia, yakni Northedge E101.

Nama Northedge mungkin terdengar asing dan tidak sepopuler brand besar seperti Zeblaze, Amazfit, dan sebagainya. Northedge adalah brand asal Tiongkok yang cukup terkenal dengan jajaran produk jam tangan sport dan outdoor. Kini Northedge mulai merambah pasar smartwatch dan smartband melalui seri Northedge E101. Penasaran? Simak review Northedge E101 smartwatch oleh tim Laptophia kali ini!
Review Northedge E101 Smartwatch, Desain Cantik Fitur Lengkap

Paket Pembelian Northedge E101

Paket Pembelian Northedge E101
  • Unit Northedge E101 smartwatch
  • Kabel USB untuk charging
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Logitech M331 Silent Plus, Senyap dan Nyaman Digunakan

Desain Northedge E101

Desain Northedge E101

Desain Northedge E101

Desain mungkin menjadi salah satu keunggulan dari review Northedge E101 smartwatch oleh tim Laptophia kali ini. Jam tangan pintar ini hadir dengan desain bulat yang cukup mewah dengan diameter 45mm. Ukuran lingkar smartwatch yang cukup besar membuat Northedge E101 cocok digunakan oleh pria maupu wanita. Tak hanya itu, sekeliling layar smartwatch ini terdapat finishing chrome dengan ornamen angka yang membuatnya terlihat mewah dan menarik.

Smartwatch Northedge E101 ini bobotnya sangat ringan menurut Laptophia, bahkan sekilas seperti mainan. Hal ini tak lepas dari material Northedge E101 yang hampir seluruhnya adalah plastik. Impresi awal Laptophia saat menggenggam dan menggunakan smartwatch Northedge E101 ini kurang terasa mewah. Bagian bawah jam tangan ini terbuat dari plastik yang tidak menimbulkan kesan wah. Sedangkan lingkaran chrome yang berada di sekeliling layar juga terbuat dari plastik.

Meski hampir seluruh bodi pada review Northedge E101 smartwatch ini terbuat dari plastik, build quality-nya cukup solid dan terasa kuat. Laptophia yakin, jam tangan pintar ini cukup durabel. Hal ini diperkuat dengan sertifikat tahan air dan debu IP67 yang dikantongi oleh jam tangan pintar ini. Bagi konsumen yang menginginkan kesan mewah atau mahal, mungkin kurang cocok dengan jam tangan pintar Northedge E101 ini.
Desain Northedge E101

Desain Northedge E101
Baca juga:Review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY, Ternyata Kualitasnya Begini…
Pada sisi atas, jam tangan pintar Northedge E101 ini terdapat layar berukuran 1,3 inci dengan resolusi 240 x 240 piksel dan sebuah tombol sentuh kapasitif. Sedangkan pada sisi kanan terdapat tombol yang digunakan untuk mengoperasikan smartwatch. Sedangkan pada sisi kiri Northedge E101 tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan pada sisi bawah terdapat port magnetik untuk charging dan aneka sensor. Sedangkan strap smartwatch Northedge E101 ini terbuat dari karet yang cukup berkualitas dan lentur.

Video Unboxing Northedge E101

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Review Northedge E101

Review Northedge E101

Anggota tim Laptophia sebenarnya tidak ada yang terbiasa menggunakan smartwatch, tetapi kami tertantang untuk mengulas jam tangan pintar Northedge E101 ini. Impresi awal saat pertama kali menjajal smartwatch andalan pabrikan asal Tiongkok ini cukup mengesankan. Northedge E101 ini menawarkan kemampuan ala Xiaomi Mi Smartband 3 untuk memantau kesehatan, tetapi dengan fitur yang lebih luas dan lengkap.

Tim Laptophia akhirnya memutuskan untuk menjajal smartwatch ini selama seminggu guna menyelesaikan review Northedge E101. Tren smartwatch sendiri sebenarnya terus mengalami peningkatan. Bahkan, saat ini telah ada smartwatch yang didesain untuk anak-anak. Lalu seperti apa pengalaman kami selama seminggu menggunakan smartwatch Northedge E101?

Layar

Layar adalah hal yang pertama kali mengejutkan tim Laptophia saat mengulas jam tangan pintar Northedge E101 ini. Tampilannya yang bulat ternyata tidak selalu diikuti dengan layar yang bulat pula. Layar smartwatch Northedge E101 ini ternyata kotak dan menggunakan panel TFT.

Kualitas layarnya terbilang standar, tidak terlalu bagus juga tidak jelek. Saat digunakan di bawah sinar matahari, layar Northedge E101 ini masih cukup terlihat. Laptophia tidak menemukan pengaturan brightness di smartwatch Northedge E101 ini. Sayangnya, layar jam tang pintar Northedge E101 ini bukan layar sentuh dan kami mengoperasikan jam tangan pinter ini dengan tombol kapasitif dibawah layar dan tombol samping kanan.

Fitur Smartwatch Northedge E101


Fitur yang lengkap menjadi keunggulan dari review Northedge E101 smartwatch kali ini. Jam tangan pintar ini dapat menghitung jumlah langkah, jarak tempuh kaki pengguna, jumlah kalori yang terbakar, sleep monitor, pengukur denyut jantung, pengukur tekanan darah, ECG+PPG, sport mode, timer, menampilkan notifikasi dari ponsel, anti lost atau find phone, dan theme. Northedge E101 hanya menyediakan empat buah watchface saja dan itu memang agak membosankan.

Fitur pengukur denyut jantungnya cukup akurat, sedangkan untuk pengukur tekanan darah akurasinya masih kadang meleset. Sedangkan fitur pengukur jumlah langkah juga kadang kurang akurat karena saat Laptophia mengendarai sepeda motor, turut dihitung sebagai langkah dan menambah kalori yang terbakar. Sedangkan fitur lain pada review smartwatch Northedge E101 ini berjalan cukup baik. Hanya saja, penampilan notifikasinya masih perlu diperbaiki lagi karena terkesan kurang informatif.
Baca juga:Review Choetech Q3002, Wall Charger Berkualitas Dukung Quick Charge 3.0
Keunggulan utama smartwatch Northedge E101 ini adalah dilengkapi dengan fitur ECG atau EKG. Lalu apa sebenarnya fungsi ECG atau EKG? ECG atau EKG (elektrokardiagram) merupakan tes diagnostik umum yang digunakan untuk mengevaluasi fungsi jantung. Tes tersebut merekam aktivitas listrik dari jantung, dan pada batas tertentu, mengidentifikasi jika ada peredaran atau aliran darah yang tidak normal. Sayangnya, Laptophia tidak memiliki kapasitas untuk menilai apakah fitur ini akurat atau tidak.

Aplikasi Wearheart

Smartwatch Northedge E101 ini dapat terhubung dengan ponsel menggunakan aplikasi yang disebut dengan Wearheart. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store maupun iTunes App Store dan dapat diunduh secara gratis. Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang cukup user friendly dan informatif. Fitur yang disediakan cukup lengkap dan pairing dapat dilakukan dengan mudah.

Meski aplikasi Wearheart ini berjalan dengan baik, masih perlu perbaikan dan peningkatan fitur. Aplikasi ini tidak menyediakan mode sleep dan notifikasi dari aplikasi juga terbatas. Pengguna tidak dapat menambah atau mengurangi notifikasi aplikasi sesuai keinginan dan jumlah aplikasi yang didukung oleh notifikasi Northedge E101 ini terbilang terbatas.

Kenyamanan

Smartwatch Northedge E101 ini dilengkapi dengan strap atau gelang yang terbuat dari karet. Kualitas karetnya berkualitas dan lentur. Laptophia cukup nyaman menggunakan jam tangan pintar Northedge E101 ini dalam waktu lama tanpa ada gejala gatal atau panas pada kulit.

Baterai

Daya tahan baterai 180mAh yang diusung oleh smartwatch Northedge E101 ini cukup baik di kelasnya. Dalam kondisi selalu terhubung dengan smartphone, smartwatch ini mampu bertahan rata-rata mampu bertahan hingga 2 – 3 hari. Jika tidak selalu terhubung dengan ponsel, daya tahan baterainya bisa lebih lama.

Kesimpulan

Northedge E101 adalah sebuah smartband dengan gaya smartwatch yang mengusung desain cantik dan fitur yang sangat lengkap. Hampir semua fitur smartwatch ini berjalan dengan baik tanpa kendala. Daya tahan baterainya juga terbilang memadai. Secara umum, smartwatch Northedge E101 ini cukup laik dibeli.

Sayangnya, layar smartwatch Northedge E101 ini kotak dan kualitasnya sangat standar. Selain itu, aplikasi Wearheart yang digunakan oleh smartwatch ini masih perlu dikembangkan lebih lanjut agar Northedge E101 bisa lebih optimal.
Baca juga:Review Vivo Y17: Triple Kamera dengan Baterai Jumbo!

Kelebihan Northedge E101

  • Fitur lengkap
  • Mendukung ECG + PPG
  • Desain menarik

Kekurangan Northedge E101

  • Layar kotak dan tidak touchscreen
  • Layar masih TFT

Harga Northedge E101

Northedge E101 merupakan smartband bergaya smartwatch yang menawarkan desain cukup menarik dengan fitur yang lengkap. Harga Northedge E101 smartwatch terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah berkisar Rp 500 ribu-an. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar dan juga kebijakan masing-masing penjual. Menurut Laptophia, apa yang ditawarkan oleh Northedge E101 cukup sepadan dengan harganya.

Berdasarkan hasil review Northedge E101 smartwatch yang telah tim Laptophia lakukan menunjukkan hasil yang cukup baik. Smartwatch ini tampil dengan desain yang cukup menarik dan mengusung fungsi lengkap ala smartband. Performa Northedge E101 relatif memuaskan, tetapi aplikasi pendukungnya masih perlu banyak peningkatan. Secara umum, Northedge E101 cukup laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan smartband bergaya smartwatch dengan fitur yang lengkap.
Anda dapat membeli atau cek promo Northedge E101 di Sini (Klik)

Spesifikasi Northedge E101

  • Product Model: E101
  • Master Chip: nRF52832
  • Sensor:  BST-BMA253
  • ECG Chip: TI
  • PPG Chip: HRS3300DS
  • Compatible System: Android 4.4 atau lebih baru, iOS 8.2 atau lebih baru
  • Fitur andalan: Blood Pressure, Heart Rate, ECG
  • Care Functions: Can share real-time data with families
  • Fitur utama: Wearbale Hardware+SmartApp+Big Data Cloud Service
  • Fitur lain: ECG, Step, Calories, Distance, Sleep monitor, Call reminder, Alarm Reminder, Raise you hand the watch light, Social share (wechat/QQ/Facebook/Twitter), shake hand to take phonto
  • Screen Size: 1.3 inch 240 x 240
  • Screen Type: TFT
  • Bluetooth: 4.0BLE (Low power)
  • Kapasitas baterai: 180mAh
  • Manipulation Mode:  touch control+Button control, mobile phone APP control
  • Waterproof dengan sertifikat IP67
  • Dimensi 260 x 12 x 45 mm berat 35 gram
Anda mungkin suka:Asus Vivobook Ultra A412DA: Laptop Paling Ringkas Powerful Bertenaga AMD Ryzen

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!