IBX582004D475488 Asus Vivobook Ultra A412DA: Laptop Paling Ringkas Powerful Bertenaga AMD Ryzen

Asus Vivobook Ultra A412DA: Laptop Paling Ringkas Powerful Bertenaga AMD Ryzen



Asus Vivobook Ultra A412DA: Laptop Paling Ringkas Powerful Bertenaga AMD Ryzen – Asus Indonesia telah resmi meluncurkan lini laptop mainstream terbarunya yang membidik generasi muda, yakni Vivobook Ultra A412 pada 21 Juni 2019 silam. Ada beberapa varian di lini Vivobook Ultra A412, salah satu yang paling menarik adalah Asus Vivobook Ultra A412DA yang telah ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 3000 series terbaru yang menggunakan nama sandi Picasso dan sudah menggunakan teknologi litografi 12nm.

Sesuai namanya, Asus Vivobook Ultra A412DA ini tampil dengan dimensi yang ringkas, ringan dan tipis di kelasnya. Tak hanya itu, laptop ini juga tampil menarik dengan empat pilihan warna yang dapat dipilih sesuai selera. Bahkan, Asus Vivobook Ultra A412DA bisa dikatakan salah satu laptop colorful paling ringkas di dunia saat ini. Hal ini jelas sangat mendukung mobilitas pengguna yang menginginkan laptop ringkas dan nyaman dibawa kemana saja tanpa membebani. Tak hanya itu, performa Asus Vivobook Ultra A412DA cukup powerful di kelasnya berkat prosesor AMD Ryzen 3000 series.
Asus Vivobook Ultra A412DA: Laptop Paling Ringkas Powerful Bertenaga AMD Ryzen
Asus Vivobook A412DA

Kinerja Powerful dengan AMD Ryzen 3000 Series

credit:https://wccftech.com/amd-ryzen-3000-mobility-ultra-low-power-cpus-leak/
Performa yang ditawarkan oleh laptop colorful paling ringkas di dunia Asus Vivobook Ultra A412DA cukup kompeten menangani grafis menurut Laptophia Blog karena mengandalkan dukungan prosesor AMD Ryzen 5 3500U generasi APU (Accelerated Processing Unit) Picasso quad-core Zen+ yang berlari dengan kecepatan 2,1GHz dengan Turbo maksimal 3,7GHz.

Varian Asus Vivobook Ultra A412DA yang lebih murah ditenagai oleh AMD Ryzen 3 3200U generasi Picasso dual-core Zen+ yang berlari dengan kecepatan 2,6GHz dengan Turbo maksimal 3,5GHz. Laptop Asus Vivobook A412DA dengan desain keren ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 4GB (Ryzen 3) atau 8GB (Ryzen 5) DDR4-2400Mhz. Tersedia sebuah slot SODIMM kosong untuk upgrade RAM hingga maksimal 12GB.
Baca juga:Review Asus Pro P5440FA Core i7, Laptop Bisnis Impian Pekerja Profesional

Arsitektur Zen+

credit: AMD
Prosesor AMD Ryzen 5 3500U dan Ryzen 3 3200U ini merupakan generasi baru yang istimewa. Prosesor ini menggunakan mikroarsitektur yang disebut dengan Zen+ yang tak lain adalah penerus dari Zen yang digunakan oleh Ryzen generasi sebelumnya. Kedua prosesor yang menggunakan nama sandi Picasso ini sudah menggunakan teknologi proses 12nm yang membuatnya 10% lebih kencang dari pendahulunya dengan konsumsi daya yang sama.

Arsitektur Zen sendiri cukup fenomenal karena menawarkan lompatan kinerja single-thread maupun multi-thread yang sangat signifikan jika dibandingkan prosesor AMD generasi sebelumnya. Melalui generasi baru Zen+, performa yang ditawarkannya kian kencang. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, mikroarsitektur Zen+ yang digunakan oleh prosesor AMD Ryzen 5 3500U dan Ryzen 3 3200U di laptop Asus Vivobook Ultra A412DA menawarkan sejumlah peningkatan dibandingkan mikroarsitektur Zen (14nm) generasi pertama, yakni:
  • Menggunakan teknologi 12nm (generasi pertama menggunakan 14nm)
  • Kecepatan clockspeed 10% lebih tinggi
  • Peningkatan IPC (Instruction Per Clock) hingga 3% untuk single-thread
  • Fitur Precision Boost 2
  • Fitur Mobile XFR
  • Peningkatan cache prefetch

Grafis Radeon Vega Terintegrasi yang Mumpuni

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh prosesor AMD Ryzen 3000 series ini dilengkapi dengan grafis terintegrasi dari AMD Radeon RX Vega iGPU. Meski didukung grafis terintegrasi dengan prosesornya, performa grafis yang ditawarkan tak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa benchmark dan ulasan yang Laptophia himpun, performa Radeon RX Vega iGPU ini mampu bersaing dengan grafis diskrit kelas entry-level.

AMD Ryzen 5 3500U diperkuat oleh AMD Radeon RX Vega 8 iGPU. Grafis tersebut mengusung 512 shader core dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 1200MHz dengan antarmuka memori 64-bit. Sedangkan AMD Ryzen 3 3200U diperkuat oleh AMD Radeon RX Vega 3 iGPU yang mengusung 192 shader core dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 1200MHz dengan antarmuka memori 64-bit.

Kemampuan grafis yang handal pada prosesor AMD Ryzen 3000 series pada Asus Vivobook Ultra A412DA membuatnya andal dan mumpuni untuk menangani komputasi grafis, seperti desain grafis 2D maupun 3D. Bahkan, Asus Vivobook Ultra A412DA mampu memainkan game-game berat terkini seperti F1 2019, League of Legends, Fallout 76, FIFA 19, dan sebagainya dengan penyesuaian setting grafisnya.
Baca juga:Review Asus ROG Zephyrus GX701GXR, Laptop Gaming 17 Inci Paling Ringkas Bertenaga Intel Core Generasi Ke-9

Dilengkapi Windows 10 Asli Pre-installed

Microsoft Windows 10 Home x64 asli pre-installed
Salah satu keunggulan laptop ringkas Asus Vivobook Ultra A412DA yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 3000 series ini adalah sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 asli pre-installed di dalamnya. Pengguna tak perlu lagi membeli lisensi sistem operasi lagi yang membutuhkan tambahan biaya, hanya cukup melakukan setup dan aktivasi untuk dapat menggunakan laptop ini dengan sistem operasi legal berlisensi.

Banyak laptop yang dijual di pasaran tanpa sistem operasi berlisensi di dalamnnya. Hal ini membuat banyak konsumen yang akhirnya malah menginstal sistem operasi dan perangkat lunak bajakan. Selain melanggar hukum, penggunaan perangkat lunak bajakan tidak terjamin keamanannya dan tidak mendapatkan dukungan update dari vendor pembuatnya. Namun, pengguna tak perlu khawatir karena Asus Vivobook Ultra A412DA sudah siap pakai dengan sistem operasi Windows 10 asli dan berlisensi.

Aman dengan Sensor Sidik Jari & Windows Hello

Login cepat dan aman dengan fingerprint sensor yang mendukung Windows Hello
Meski bukan laptop kelas bisnis, Asus tetap memperhatikan sektor keamanan dari laptop Vivobook Ultra A412DA bertenaga AMD Ryzen andalannya. Notebook 14 inci paling ringkas Asus Vivobook Ultra A412DA ini dibekali dengan sensor sidik jari atau fingerprint yang terletak pada sudut kanan atas touchpad. Performa sensor sidik jarinya gegas dan akurat dalam mengenali sidik jari. Takhanya itu, fingerprint sensornya juga sudah mendukung perangkat lunak Windows Hello.

Windows Hello adalah perangkat lunak yang membuat cara yang lebih pribadi, lebih cepat, dan lebih aman untuk mendapatkan akses instan ke perangkat Windows 10 Anda menggunakan sidik jari. Saat menyalakan laptop Asus Vivobook Ultra A412DA cukup menyentuh sensor sidik jarinya agar login lebih cepat dan segera memulai bekerja.
Baca juga:Review Asus Zenfone Max M2 ZB633KL: Debut Snapdragon 632, Ternyata Kencang!

Desain Asus Vivobook Ultra A412DA Colorful & Paling Ringkas

Desain adalah salah satu daya tarik atau keunggulan dari review Asus Vivobook Ultra A412DA kali ini. Asus Indonesia mengatakan bahwa laptop Asus Vivobook Ultra A412 ini membidik kawula muda seperti anak kuliahan, profesional muda, dan juga pelajar. Hal ini didukung dengan tersedianya beberapa warna yang colorful dan ceria. Tak hanya itu, notebook Vivobook Ultra A412DA ini juga sudah bisa dikategorikan sebagai ultrabook dengan dimensinya yang ringkas, ringan dan tipis.

Asus Vivobook Ultra A412DA yang Laptophia ulas berwarna Peacock Blue dan ini adalah varian warna yang unik. Warna biru pada casing laptop ini dapat berubah-ubah secara dinamis tergantung kondisi cahaya. Terkadang terlihat biru atau terlihat seperti bergradasi biru keunguan tergantung dari sudut mana kita melihat. Ini sangat menarik dan membuat laptop andalan Asus ini berbeda dengan kebanyakan laptop lainnya.
Aneka varian warna Asus Vivobook Ultra A412DA (credit: Asus)
Laptophia belum tahu apakah warna yang dinamis ini berlaku juga untuk Vivobook Ultra A412DA varian warna lain seperti atau tidak. Pilihan warna lain dari laptop andalan Asus ini tak kalah keren, yakni Slate Grey, Transparent Silver, dan Coral Crush. Kita bisa memilih warna sesuai selera dan kepribadiannya. Tak heran, Asus Vivobook Ultra A412 series menjadi salah satu laptop paling colorful saat ini dengan varian warna yang banyak. Engsel Ergolift yang unik juga kian menambah sisi estetika laptop powerful bertenaga AMD Ryzen generasi terbaru ini.

Asus Vivobook Ultra A412DA yang bertenaga AMD Ryzen 3000 series ini dibalut dengan casing berbahan polikarbonat berkualitas tinggi yang terasa solid dan kokoh. Permukaan casing laptop andalan Asus ini menggunakan finishing doff yang membuatnya terlihat mewah dan tidak mudah kotor.

Sementara pada bagian interiornya, terdapat keyboard berdesain chiclet yang nyaman. Pada review Asus Vivobook Ultra A412DA kali ini, layarnya telah mengusung four-sided NanoEdge seperti yang digunakan oleh ultrabook premium lini Zenbook membuat bezel layarnya sangat tipis tanpa mengorbankan posisi webcam. Tak heran, dimensi Asus Vivobook Ultra A412DA paling ringkas di kelasnya.
interior
Pada review Asus Vivobook Ultra A412DA kali ini, bagian LID cover hanya terdapat logo Asus. Sedangkan pada bagian bawah terdapat stiker Windows, nomor seri laptop, lubang speaker, dan informasi teknis singkat lainnya. Pada sisi depan laptop ringkas bertenaga AMD Ryzen mobile generasi terbaru ini tidak terdapat port atau tombol apapun.
Sisi kanan
Sisi kiri
Baca juga:Review Asus Zenfone Max Pro M2 ZB631KL: Gaming Mantap, Kamera Oke!
Sedangkan pada sisi kanan laptop cantik Asus Vivobook Ultra A412DA terdapat port Kenshington Lock, port USB 2.0, dua buah indikator LED, dan microSD card reader. Asus menempatkan port power, port USB 3.1 Gen1, port HDMI, port USB 3.1 Gen1 Type-C, dan port combo audio 3,5mm pada sebelah kiri laptop Asus Vivobook Ultra A412DA ini. Sisi belakang terdapat lubang exhaust yang berdampingan dengan engsel berdesain Ergolift yang inovatif.

Review Asus Vivobook Ultra A412DA

Asus tampaknya tak main-main di pasar mainstream dan seri Vivobook Ultra A412DA yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 3000 series yang powerful ini akan menjadi salah satu tulang punggungnya. Prosesor AMD Ryzen 5 3500U dan Ryzen 3 3200U yang digunakan oleh Asus Vivobook Ultra A412DA mengusung arsitektur Zen+ yang powerful dan menggunakan teknologi 12nm yang membuat konsumsi dayanya sangat efisien.

Pabrikan asal Taiwan ini mencoba tampil beda dari generasi sebelumnya dengan Vivobook Ultra A412DA yang mengadopsi aneka fitur baru andalannya seperti four-sided NanoEdge, Ergolift, dimensi yang sangat ringkas, dan dukungan kinerja tinggi dari AMD Ryzen 3000 series. Asus Vivobook Ultra A412 juga tampil dengan desain yang menarik. Mampukah Asus Vivobook Ultra A412DA menarik perhatian konsumen mainstream tanah air, khususnya generasi muda? Menurut Laptophia setelah menjajalnya: sangat mampu.

Layar


Keunggulan Asus Vivobook Ultra A412DA ini adalah desain four-sided NanoEdge yang memuat bezel layarnya sangat tipis. Hal ini membuat dimensi laptop secara keseluruhan menjadi sangat ringkas. Tak hanya itu, Asus Vivobook Ultra A412DA ini tetap menempatkan webcam di atas layar untuk kenyamanan pengguna.

Kualitas layar mungkin bagian yang kurang menonjol pada review Asus Vivobook Ultra A412DA oleh tim Laptophia kali ini. Asus memang membekali laptop ringkas colorful ini dengan layar resolusi full HD yang berkualitas cukup baik. Layar Vivobook Ultra A412DA ini mampu menghasilkan warna yang cukup baik dan memadai untuk komputasi sehari-hari.

Brightness yang dihasilkan juga cukup terang dan kontras yang terbilang baik. Pengguna masih dapat melakukan tuning melalui fasilitas Asus Splendid dan Tru2Life guna mendapatkan pengalaman multimedia yang menyenangkan. Layar Vivobook Ultra A412DA ini menggunakan panel anti-glare, sehingga tidak mudah membuat mata silau saat bekerja dalam kondisi cahaya menantang.

Fitur EyeCare pada laptop andalan Asus ini dapat mengurangi lelah dan melindungi mata dari pancaran sinar biru. Cara kerja fitur ini adalah mengurangi pancaran sinar biru di layar hingga 30% agar mata tak cepat lelah saat bekerja dalam waktu lama atau bekerja dalam lingkungan remang-remang.
Baca juga:Review Asus Zenfone 5Q, Smartphone Selfie Mantap yang Terlupakan

Kenyamanan

Engsel Ergolift yang Inovatif
Asus Vivobook Ultra A412DA dibekali dengan keyboard berdesain chiclet yang menawarkan key travel yang cukup nyaman. Dukungan engsel ErgoLift dengan sudut 2 derajat yang membuat keyboard sedikit miring ternyata memang menambah kenyamanan saat mengetik. Selain itu, keyboard Asus Vivobook Ultra A412DA ini juga dilengkapi dengan backlight berwarna putih yang dapat membantu mengetik dalam kondisi remang-remang.

Pada review Asus Vivobook Ultra A412DA kali ini, touchpad yang diusungnya cukup nyaman digunakan dan tidak licin. Akurasi touchpad-nya cukup baik. Bagi yang tidak biasa menggunakan touchpad, dapat menggunakan mouse tambahan. Sudut kanan atas touchpad terdapat sensor sidik jari yang cukup gegas dan akurat dalam mengenali sidik jari. Fitur keamanan ini juga didukung dari sisi perangkat lunak melalui fitur Windows Hello.

Panas yang dihasilkan oleh laptop colorful paling ringkas Asus Vivobook Ultra A412DA terbilang sebatas wajar. Laptop atau PC yang ditenagai prosesor AMD panas adalah mitos. Bahkan untuk penggunaan berat seperti video editing dan gaming pun suhunya masih terjaga. Konsumen tak perlu ragu dengan produk bertenaga AMD hanya karena mitos panas yang sudah tidak relevan.

Audio

Audio bisa menjadi salah satu hal yang menarik pada review Asus VivoBook Ultra A412DA kali ini. Laptop ringkas untuk generasi muda ini tak hanya dibekali desain cantik, tetapi juga didukung audio yang mumpuni dengan speaker stereo yang didukung teknologi ICEpower dan Asus SonicMaster. Keluaran suara speaker laptop VivoBook Ultra A412DA yang ditenagai oleh AMD Ryzen generasi terbaru ini cukup kencang, renyah, dan berkarakter agak bright.

Suara speaker VivoBook Ultra A412DA andalan Asus ini memang didominasi oleh treble, tetapi itu tidak cempreng. Treble memang terdengar lebih crisp, detail, dan tidak menusuk telinga. Sedangkan untuk bass, suaranya memang tidak terlalu mendalam tetapi bisa terdengar dengan baik dan mampu menghasilkan volume yang cukup kencang. Suara vokalnya juga terbilang jernih. Speaker VivoBook Ultra A412DA sudah memadai untuk menikmati konten multimedia.

Saat Laptophia menjajal mendengarkan musik menggunakan headphone di Asus Vivobook Ultra A412DA ini, keluaran suaranya sangat solid. Bass yang dihasillkan kuat, treble detail dan tidak menusuk, dan suara vokal terdengar cukup intim dengan artikulasi yang cukup baik dan memuaskan.

Baterai

3 mode untuk memperpanjang masa pakai baterai
Berbekal baterai berkapasitas 2 cell 37 whrs, Asus VivoBook Ultra A412DA yang ditenagai oleh AMD Ryzen 3000 series cukup percaya diri. Kapasitas baterai yang diusungnya memang tidak bisa dikatakan besar dan bahkan awalnya Laptophia meragukan daya tahan baterainya yang kecil. Namun, setelah menjajal laptop ringkas besutan Asus ini, terlihat bahwa baterainya mampu bertahan lama berkat konsumsi daya prosesor AMD Ryzen 3000 series yang sangat efisien yang diproduksi dengan teknologi 12nm.

Berdasarkan pengalaman tim Laptophia, baterai laptop VivoBook Ultra A412DA andalan Asus ini mampu bertahan hingga 5 – 6 jam untuk komputasi dasar atau light computing seperti Office dan browsing. Tentunya daya tahan baterai bisa berbeda-beda tergantung intensitas dan pola pemakaian masing-masing pengguna. Laptop andalan Asus ini juga dibekali fitur fast charging yang dapat mengisi daya hingga 60% dalam waktu 49 menit saja.
Baca juga:Review Asus VivoBook S430UN: Si Cantik Ergolift Berkinerja Tinggi
Salah satu kelebihan Asus VivoBook Ultra A412DA adalah dilengkapi tiga mode baterai untuk memaksimalkan performa dan umur baterai yang bisa diakses melalui aplikasi MyAsus. Tiga mode tersebut antara lain adalah Mode kapasitas penuh, Mode Seimbang, dan Mode masa pakai maksimal. Pengguna dapat memilih mode sesuai kebutuhan guna memaksimalkan usia baterai.

Mode kapasitas penuh memungkinkan baterai Asus Vivobook Ultra A412DA ini terisi penuh 100%. Mode ini cocok bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan sering bekerja dengan mendalkan daya tahan baterai. Sedangkan Mode Seimbang memungkinkan pengisian hingga 80% yang cocok untuk pengguna yang sering presentasi agar daya tahan baterai maksimal.

Sedangkan mode terakhir adalah Mode Masa Pakai Maksimal yang memungkinkan pengisian daya baterai hingga 60% guna memaksimalkan usia dan masa pakai baterai laptop. Mode ini cocok digunakan pengguna yang menghubungkan laptop ke pengisi daya atau charger terus menerus saat bekerja.

Kesimpulan

Secara umum, Asus VivoBook Ultra A412DA adalah sebuah potret laptop kekinian yang membidik kawula muda dengan desain yang menarik, ringkas, dan colorful. Performa laptop ini terbilang kencang di kelasnya. Hal ini tak lepas dari dukungan prosesor AMD Ryzen 3000 series dengan arsitektur Zen+ yang powerful dan teknologi 12nm yang sangat efisien dalam hal konsumsi daya.

Daya tahan baterai laptop Asus VivoBook Ultra A412D mumpuni dan mampu mendukung mobilitas pengguna. Bobotnya yang ringan, dimensi yang ringkas, dan tipis membuatnya mudah masuk dalam tas yang berukuran kecil sekalipun. Asus VivoBook Ultra A412D didukung engsel Ergolift yang inovatif. Asus Vivobook Ultra A412DA juga merupakan salah satu laptop 14 inci colorful paling ringkas di kelasnya yang laik dipertimbangan.

Kelebihan Asus Vivobook Ultra A412DA

  • Dimensi paling ringkas di kelasnya
  • Upgradeable RAM & SSD
  • Desain keren dan colorful
  • Performa powerful dengan AMD Ryzen 3000 series
  • Daya tahan baterai mumpuni

Kekurangan Asus Vivobook Ultra A412DA

  • -

Harga Asus Vivobook Ultra A412DA

  • Asus Vivobook Ultra A412DA AMD Ryzen 3 3200U Rp 6.499.000
  • Asus Vivobook Ultra A412DA AMD Ryzen 5 3500U Rp 8.499.000

Spesifikasi Asus Vivobook Ultra A412DA

  • Layar IPS LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, Asus Splendid, Asus Eye Care, four-sided NanoEdge Display
  • Prosesor AMD Ryzen 5 3500U quad-core dengan kecepatan 2,1GHz Turbo maksimal 3,7GHz
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 8 iGPU
  • Prosesor AMD Ryzen 3 3200U dual-core dengan kecepatan 2,6GHz Turbo maksimal 3,5GHz
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 3 iGPU
  • Chipset AMD
  • Memori RAM 4GB (Ryzen 3) atau 8GB (Ryzen 5) DDR4-2400MHz, dilengkapi satu slot SODIMM kosong untuk upgrade
  • Storage hard disk 1TB 5400rpm, tersedia slot M.2 SSD untuk upgrade
  • Konektifitas WiFi, Bluetooth, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.1 Gen1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, card reader, combo audio jack
  • Fitur keamanan fingerprint sensor dengan dukungan Windows Hello
  • Dual Speaker stereo, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi HD 720p
  • Baterai 2 Cell 37WHr lithium Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 Asli Berlisensi
  • Dimensi 322 x 212 x 19.9 mm berat 1,5 kilogram
  • Warna Slate Grey, Transparent Silver, Peacock Blue, dan Coral Crush
  • Sertifikat UL, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, CCC, CB, Energy Star
(Source: Asus)
Anda mungkin suka:Review Asus Vivobook Ultra A412FA EK303T, Laptop Ringkas Colorful untuk Generasi Muda!

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!