IBX582004D475488 Review Asus ROG Zephyrus GX701GXR, Laptop Gaming 17 Inci Paling Ringkas Bertenaga Intel Core Generasi Ke-9

Review Asus ROG Zephyrus GX701GXR, Laptop Gaming 17 Inci Paling Ringkas Bertenaga Intel Core Generasi Ke-9



Review Asus ROG Zephyrus GX701GXR, Laptop Gaming 17 Inci Paling Ringkas Bertenaga Intel Core Generasi Ke-9 – Asus Indonesia hari (11/07/2019) telah resmi meluncurkan laptop gaming andalannya di acara ROG (Republic of Gamers) yang bertajuk “Be Unstoppable”. Acara peluncuran laptop gaming ROG terbesar ini digelar di Hotel Pullman, Central Park, Jakarta. Salah satu dari sekian laptop gaming canggih yang diperkenalkan pabrikan asal Taiwan ini adalah Asus ROG Zephyrus GX701GXR.

Kali ini Laptophia berkolaborasi dengan Asus Indonesia untuk mengulas atau review Asus ROG Zephyrus GX701GXR lebih mendalam untuk mengupas performa, fitur, dan keunggulan yang dimilikinya. Asus ROG Zephyrus GX701GXR merupakan salah satu laptop gaming 17 inci paling ringkas yang ditenagai oleh prosesor Intel 9th Gen dan grafis dari Nvidia GeForce RTX 2080.

Performa Asus ROG Zephyrus GX701GXR

Di antara laptop gaming dengan bodi ringkas dan tipis, ASUS berhasil menjadi pemimpin dengan hadirnya ROG Zephyrus S GX701GXR yang merupakan laptop gaming paling tipis di dunia. Kini laptop gaming tersebut bahkan telah ditenagai oleh prosesor terbaru Intel Core generasi ke-9. Tidak hanya itu, ROG Zephyrus S GX701GXR juga dilengkapi berbagai fitur eksklusif dan konfigurasi hardware terbaik di kelasnya.

Kinerja yang tinggi adalah kelebihan utama yang ditawarkan oleh laptop gaming Asus ROG Zephyrus S GX701GXR ini dengan mengandalkan dukungan prosesor Intel Core i7-9750H generasi ke-9 Coffee Lake hexa-core atau 6-core yang berlari dengan kecepatan 2,6GHz dengan TurboBoost maksimal 4,5GHz dan ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas maksimal 32GB jenis DDR4 dengan kecepatan 2666MHz.
Baca juga:Asus ROG Strix G531GD I505G1T, Laptop Gaming ROG 2019 Termurah!
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ROG Zephyrus S GX701GXR merupakan sebuah laptop gaming premium yang dilengkapi dengan hardware terbaik di kelasnya. Laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i7-9750H yang memiliki konfigurasi 6 core dan 12 thread dengan kecepatan pemrosesan hingga 4,5GHz.

Prosesor ini sangat ideal digunakan sebagai penunjang kegiatan para content creator yang sering menggunakan aplikasi video atau photo editing yang rata-rata membutuhkan banyak core dan thread agar bisa berjalan optimal. Hasil benchmark menggunakan Cinebench R15 juga menunjukkan prosesor ini mampu menghasilkan skor hingga 1200 poin, lebih tinggi dari prosesor Intel Core generasi sebelumnya.

Sisi grafis, laptop gaming Asus ROG Zephyrus S GX701GXR mengandalkan dual graphics yang terdiri dari Intel UHD Graphics 630 dan Nvidia GeForce RTX 2080 yang dapat bekerja bergantian sesuai kebutuhan dengan teknologi Nvidia Optimus.

Nvidia GeForce RTX 2080 yang digunakan oleh laptop gaming Asus ROG Zephyrus S GX701GXR berbasis chip TU104 yang menggunakan arsitektur Turing. Grafis GeForce RTX 2080 ini mengandalkan 2944 CUDA core berkecepatan 1095MHz dan Turbo hingga 1230MHz yang dipadukan dengan 184 TMUs, dan 64 ROPs. Kartu grafis GeForce RTX 2080 pada laptop gaming super Asus ROG Zephyrus S GX701GXR berdasarkan info yang laptophia terima dikawinkan dengan memori VRAM 8GB GDDR6 berkecepatan 14GBps dengan antarmuka memori 256-bit.

Fitur GPU Switch

ROG Zephyrus S GX701GXR merupakan laptop gaming yang dibekali dengan G-Sync, yaitu teknologi dari NVIDIA agar efek stuttering dan tearing tidak muncul saat bermain game. Sayangnya, teknologi tersebut membutuhkan chip grafis NVIDIA GeForce yang tertanam di laptop ini untuk tetap aktif sehingga memakan daya baterai ekstra bahkan saat tidak digunakan bermain game.

Mengatasi masalah tersebut, ASUS menghadirkan sebuah fiturbernama GPU Switch yang memungkinkan fitur G-Sync untuk dimatikan dan pengguna bisa memanfaatkan chip grafis terintegrasi Intel HD Graphics yang lebih hemat daya ketika menggunakan laptop ini tanpa terhubung ke sumber listrik. Hebatnya, fitur ini memungkinkan G-Sync untuk dimatikan dan dinyalakan tanpa harus melakukan reboot.
Baca juga:Asus ROG Strix G731GT I765G1T, Laptop Gaming 17 Inci dengan GeForce GTX 1650

Benchmark Asus ROG Zephyrus GX701GXR

Benchmark 3DMark FireStrike Asus ROG Zephyrus GX701GXR
Benchmark 3DMark FireStrike Asus ROG Zephyrus GX701GXR

Benchmark 3DMark Port Royal Asus ROG Zephyrus GX701GXR
Benchmark 3DMark Port Royal Asus ROG Zephyrus GX701GXR

Benchmark 3DMark Time Spy Asus ROG Zephyrus GX701GXR
Benchmark 3DMark Time Spy Asus ROG Zephyrus GX701GXR

Benchmark Cinebench R15 Asus ROG Zephyrus GX701GXR
Benchmark Cinebench R15 Asus ROG Zephyrus GX701GXR

Benchmark FarCry New Dawn Asus ROG Zephyrus GX701GXR
Benchmark FarCry New Dawn Asus ROG Zephyrus GX701GXR

Benchmark Ghost Recon Wildlands Asus ROG Zephyrus GX701GXR
Benchmark Ghost Recon Wildlands Asus ROG Zephyrus GX701GXR

Benchmark PCMark 8 Battery Asus ROG Zephyrus GX701GXR
Benchmark PCMark 8 Battery Asus ROG Zephyrus GX701GXR

Desain Asus ROG Zephyrus GX701GXR

Desain Asus ROG Zephyrus GX701GXR
Laptophia melihat Asus ROG Zephyrus GX701GXR masih menggunakan konsep desain yang sama dengan Zephyrus S generasi pertama, yakni tanpa menggunakan palmrest. Keyboard gaming langsung tersaji di bagian paling bawah interiornya dan dilengkapi touchpad berfitur NumberPad pada sisi kirinya. Sdementara di atasnya terdapat space untuk solusi pendinginan dengan logo ROG yang terpampang cukup jelas.

Asus ROG Zephyrus GX701GXR dibekali dengan LID cover berbahan metal yang kokoh dengan logo ROG pada sisi kanan jika dilihat dari belakang. Build qualitynya sangat solid dan terkesan kuat, ini relatif sepadan dengan harga yang ditawarkannya. Namun, finishing metal pada body Asus ROG Zephyrus GX701GXR ini ternyata menjadi magnet sidik jari, sehingga mudah kotor.
Desain Asus ROG Zephyrus GX701GXR
Pada review Asus ROG Zephyrus GX701GXR kali ini, sisi depan laptop gaming ini tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan pada sisi belakang terdapat dua buah lubang exhaust untuk sirkulasi udara, serta terdapat logo Zxephyrus. Pada bagian atas pada sisi belakang terdapat indikator power dan baterai.

Sedangkan pada sisi kanan Asus ROG Zephyrus GX701GXR terdapat dua buah port USB, port USB Type-C, lubang exhaust, dan port kenshington lock. Sedangkan pada sisi kiri laptop gaming andalan Asus ini terdapat lubang exhaust, port power, port USB, port USB Type-C, dan port combo audio.

Review Asus ROG Zephyrus GX701GXR

Review Asus ROG Zephyrus GX701GXR

Layar


Layar merupakan salah satu nilai plus ROG Zephyrus S GX701GXR. Jika laptop gaming selalu mengutamakan refresh rate dan response time serta mengabaikan kualitas warna, ROG Zephyrus S GX701GXR justru bisa menghadirkan semuanya dengan sempurna.

Laptop gaming ini menggunakan panel dengan refresh rate hingga 144Hz dan response time 3ms (grey-to-grey) yang merupakan standar di industri eSports profesional. Tidak hanya itu, panel yang diusung juga memiliki tingkat akurasi warna yang tinggi dan telah didukung oleh ProArt TruColor Technology. ditambah lagi layar laptop ini telah dikalibrasi sejak awal dan mengantongi sertifikasi Pantone Validated Display.

Penggunaan layar tersebut membuat ROG Zephyrus S GX701GXR tidak hanya ideal untuk gamer yang menginginkan laptop berperforma tinggi dengan layar terbaik. Kalangan profesional grafis dan kreator konten pun bahkan bisa memanfaatkan laptop ini sebagai perangkat untuk menunjang pekerjaannya.

Super Narrow Display yang membuat bezel pada layar ROG Zephyrus GX701GXR tampil sangat tipis. Tidak main-main, ukuran bezel-nya hanya 6,9mm sehingga laptop gaming ini berhasil tampil dengan screen-to-body ratio hingga 81 persen.

Bezel yang sangat tipis juga membuat bodi ROG Zephyrus S dapat tampil lebih ringkas dari laptop gaming sekelasnya. Meski mengusung layar 17-inci, ROG Zephyrus S GX701GXR memiliki dimensi bodi sebesar 399x272 milimeter atau sekitar 23 persen lebih kecil dari sebagian besar laptop gaming 17 inci lainnya yang ada di pasar saat ini.
Baca juga:Harga dan Spesifikasi Asus ROG G531GT dengan Grafis GeForce GTX 1650

Audio


Bukan laptop gaming jika tidak dilengkapi dengan sistem audio khusus. Agar penggunanya mendapatkan pengalaman gaming terbaik, ROG Zephyrus S GX701GXR telah dilengkapi dengan sistem audio khusus yang ditenagai oleh teknologi Smart Amplifier sehingga suara yang dihasilkan dapat lebih keras dan detail.

Smart Amplifier memungkinkan suara yang dihasilkan menjadi 2,5 kali lebih keras, mampu menghasilkan suara bass 1,6 kali lebih kencang, dan memiliki dynamic range 1,5 kali lebih baik. Sistem audio di ROG Zephyrus S GX701GXR juga telah mendukung 7.1 Surround Audio serta telah memiliki sertifikasi Hi-Res Audio.

Khusus ROG Zephyrus S GX701GXR, terdapat sebuah fitur berupa Volume Wheel yang dapat digunakan untuk mengontrol volume secara langsung ketika sedang bermain game. Jadi pengguna tidak perlu lagi menggunakan kombinasi tombol di keyboard untuk mengontrol volume di tengah-tengah permainan.

Konektivitas


Sebuah laptop gaming juga harus memiliki konektivitas lengkap agar penggunanya bisa menghubungkan berbagai perangkat dan aksesori gaming. ROG Zephyrus S GX701GXR sendiri telah dilengkapi dengan port USB 3.1 Type-A dan Type-C, HDMI, serta port audio. Sementara untuk konektivitas nirkabel, ROG Zephyrus S GX701GXR dilengkapi dengan WiFi 802.11ac (2x2) dan Bluetooth 5.0.

Berbicara soal kamera, ROG Zephyrus S GX701GXR tidak dilengkapi dengan webcam internal. Webcam laptop gaming ini disediakan secara terpisah, namun memiliki kualitas yang jeuh lebih baik dari webcam standar yang biasanya terdapat di laptop gaming lainnya. Webcam ROG Zephyrus S GX701GXR telah mendukung perekaman 60fps di resolusi Full HD dan telah dilengkapi dengan mounting khusus sehingga bisa dipasangkan di tripod.

Bisa Isi Daya melalui Port USB Type-C

ROG Zephyrus S GX701GXR hadir dengan port USB Type-C yang tidak hanya bisa digunakan sebagai fasilitas transfer data berkecepatan tinggi, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi daya baterai laptop ini. Hal tersebut dikarenakan ROG Zephyrus S GX701GXR sudah dilengkapi fitur USB Type-C Power Delivery yang juga mendukung teknologi fast charging.

Menggunakan adapter USB Type-C berdaya 60W, daya baterai di ROG Zephyrus S GX701GXR dapat diisi hingga kapasitas 100 persen hanya dalam waktu 150 menit. Dukungan USB Type-C Power Delivery juga membuat daya baterai laptop ini bisa diisi menggunakan power bank seperti ZenPower Pro.

Solusi Pendinginan



ROG Zephyrus S GX701GXR merupakan laptop gaming kelas atas yang dilengkapi dengan berbagai komponen yang performanya super kencang. Agar performanya tetap stabil, dibutuhkan sebuah sistem pendingin khusus yang mampu menjaga suhu seluruh komponen di dalam laptop ini.

Menghadirkan sistem pendingin untuk komponen berperforma tinggi yang ditempatkan di bodi laptop berukuran super ringkas dan tipis merupakan tantangan yang tidak mudah. Namun tim riset dan pengembang di ASUS berhasil mengatasi tantangan tersebut dengan menghadirkan teknologi pendingin bernama Active Aerodynamic System (AAS).

AAS di ROG Zephyrus S GX701GXR memiliki mekanisme yang sangat unik. Bagian bawah bodi laptop gaming ini akan terbuka secara otomatis ketika digunakan atau layarnya diangkat. Dengan mekanisme tersebut, ROG Zephyrus S GX701GXR menjadi memiliki rongga udara ekstra yang membuat sistem pendingin bisa berjalan lebih optimal.

Sistem pendingin AAS telah didukung dengan fitur seperti Anti-Dust Cooling, serta komponen khusus yaitu kipas 12V yang masing-masing memiliki 83 blade, heatsink dengan 250 fin, serta 5 heatpipe khusus. Tidak hanya itu, sistem pendingin AAS juga berkontribusi dalam membuat ROG Zephyrus S GX701GXR sebagai laptop gaming 17 inci paling tipis di dunia.

Fitur Armoury Crate


Asus ROG Zephyrus S GX701GXR juga telah hadir dengan Armoury Crate, yaitu sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai pusat kontrol untuk berbagai fitur yang ada di laptop gaming ini. Melalui Armoury Crate, pengguna bisa melakukan pengaturan tampilan RGB Backlit sehingga dapat tampil berbeda dengan laptop lainnya. Selain itu, terdapat juga kontrol untuk sistem audio dan tampilan visual pada layar.

Yang paling menarik adalah Armoury Crate di ROG Zephyrus S GX701GXR bisa digunakan untuk mengontrol performa pada laptop gaming ini. Pengguna bahkan bisa mengatur output performa secara manual atau melalui preset yang telah disediakan.
Baca juga:Harga dan Spesifikasi Asus ROG Zephyrus G GA502DU R76601T, Laptop Gaming Tipis Merakyat

Keyboard Gaming


Keyboard merupakan perangkat kontrol utama di laptop gaming. Untuk itulah ROG Zephyrus S GX701GXR dilengkapi dengan keyboard khusus dengan fitur yang dapat meningkatkan pengalaman bermain. Selain tampil dengan layout khusus untuk bermain game, keyboard laptop gaming ini juga menggunakan tombol yang dilengkapi fitur anti-ghosting lewat teknologi N-Key Rollover.

Tidak ketinggalan pula fitur Per-Key RGB Lighting sehingga pengguna laptop ini bisa memilih warna backlit di setiap tombol keyboard-nya. Karena didukung oleh AURA RGB, fitur RGB Backlit di laptop ini mampu menampilkan kombinasi warna yang sangat banyak dan telah dilengkapi dengan preset tampilan seperti Static, Strobing, Breathing, Rainbow, dan Comet.

Kesimpulan

ASUS ROG Zephyrus S GX701GXR merupakan versi penyempurnaan dari ROG Zephyrus S GX701GX yang kini memiliki performa lebih baik berkat penggunaan prosesor Intel Core generasi ke-9. ROG Zephyrus S GX701GXR tetap merupakan laptop yang sangat powerful untuk bermain game dan bekerja. Bahkan merupakan laptop yang bisa diandalkan untuk para profesional.

Kelebihan Asus ROG Zephyrus GX701GXR

  • Layar berukuran besar dengan refresh rate 144Hz
  • Desain ringkas
  • Kinerja gaming kencang dengan prosesor Intel 9th Gen
  • Dilengkapi OS Windows 10 pre-installed

Kekurangan Asus ROG Zephyrus GX701GXR

  • Desain aneh tanpa palmrest
  • Tidak dilengkapi webcam internal

Harga Asus ROG Zephyrus GX701GXR

Harga notebook gaming canggih Asus ROG Zephyrus S GX701GXR terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini dibuat adalah Rp 57.999.000. Namun, hal ini wajar jika menilik spesifikasi dan perangkat keras yang digunakan oleh laptop gaming asal Taiwan ini. Asus ROG Zephyrus S GX701GXR merupakan salah satu laptop gaming layar 17 inci terkencang dan tertipis saat ini.

Dukungan dimensi tipis dan ringan, layar berukuran besar dengan refresh rate 144Hz, kinerja gamin tinggi dari duet prosesor Intel Core i7-9750 Coffee Lake dengan grafis kencang dari Nvidia GeForce RTX 2080, dan fitur pendukung gaming yang lengkap menjadi daya tarik utama Asus ROG Zephyrus S GX701GXR berdasarkan hasil review menurut Laptophia.

Spesifikasi Asus ROG Zephyrus GX701GXR

Main Spec.ASUS ROG Zephyrus S GX701GXR
CPU9th Gen Intel Core i7-9750H Processor Hexa Core (12M Cache, up to 4.5GHz)
Operating SystemWindows 10
Memory32GB DDR4 2666MHz SDRAM
StorageM.2 NVMe PCIe SSD 1TB
Display17,3” (16:9) IPS-level FHD (1920x1080), 144Hz 3ms G-Sync, 100% sRGB Pantone Validated Display
GraphicsNVIDIA GeForce RTX 2080 (Max-Q) 8GB GDDR6 VRAM
Input/Output1 x USB 3.1 Type-A (Gen2), 2 x USB 3.1 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen2), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen1), Combo Audio Jack, 1 x HDMI 2.0b, 1 x Type-C DisplayPort 1.4
CameraFHD 1080P@60FPS External Camera
Connectivity802.11ac (2*2) Wi-Fi, Bluetooth 5.0
Audio2x 2W speakers with Smart AMP technology, ESS Hi-Fi DAC, Array Microphone
Battery76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 39.9(W) x 27.2(D) x 1.87 ~ 1.87(H) cm
Weight2,6Kg with Battery
ColorsMetal Black
*Artikel original Review Asus ROG Zephyrus GX701GXR ini dibuat oleh Asus dan disesuaikan oleh tim Laptophia
Anda mungkin suka:Harga dan Spesifikasi Asus ROG Strix G531GU I566G1T Bertenaga GeForce GTX 1660 Ti

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!