eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus Pro P5440FA Core i7, Laptop Bisnis Impian Pekerja Profesional

Review Asus Pro P5440FA Core i7, Laptop Bisnis Impian Pekerja Profesional – Asus selama ini memang dikenal sebagai produsen laptop konsumer melalui seri Vivobook, gamer melalui lini ROG dan TUF Gaming, serta premium melalui keluarga Zenbook. Pabrikan asal Taiwan ini sebenarnya sudah terjun ke pasar laptop bisnis dan enterprise melalui lini Asus Pro yang selama ini dikuasai oleh Lenovo melalui seri ThinkPad, Dell, dan brand lain. Salah satu produk profesional terbaru dari lini tersebut adalah Asus Pro P5440FA.

Laptop Asus Pro P5440FA dirancang khusus untuk segmen bisnis dan enterprise yang siap mendongkrak produktivitas para profesional. Notebook ini tampil dengan konsep desain yang sederhana dan didukung dimensi ringan, ringkas, dan tipis. Jangan salah, laptop bisnis andalan Asus ini tangguh karena berstandar militer yang dibuktikan dengan sertifikat MIL-STD-810G. Tak heran, laptop ini siap bertahan dalam situasi kerja yang berat. Performa Asus Pro P5440FA ini tak bisa dipandang sebelah mata dengan dukungan prosesor Intel generasi Whiskey Lake terbaru. Penasaran? Simak review Asus Pro P5440FA oleh tim Laptophia.
Review Asus Pro P5440FA Core i7, Laptop Bisnis Impian Pekerja Profesional

Paket Penjualan Asus Pro P5440FA

  • Unit Asus Pro P5440FA Slab Grey
  • Charger
  • User guide
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Asus VivoBook S430UN: Si Cantik Ergolift Berkinerja Tinggi

Desain Asus Pro P5440FA

Desain Asus Pro P5440FA

Desain Asus Pro P5440FA

Desain memang bukan keunggulan utama pada review Asus Pro P5440FA kali ini menurut Laptophia. Selama ini memang segmen bisnis tidak menonjolkan desain atau penampilan, melainkan keandalan dan kenyamanan saat digunakan. Tak heran, Asus Pro P5440FA ini tampil dengan gaya minimalis dan tak banyak ornamen yang mencolok di sekeliling bodinya. Simpel dan elegan adalah kesan pertama tim Laptophia saat pertama kali melihat dan memegang laptop bisnis andalan Asus ini.

Asus Pro P5440FA ini dibalut dengan casing solid yang terbuat dari bahan metal aluminium yang terasa sangat kokoh. Uniknya meski laptop ini kokoh dan kuat, bobotnya sangat ringan! Menurut informasi dari Asus Indonesia, bobot Asus Pro P5440FA hanya 1,23 kilogram saja. Ini sangat ringan untuk sebuah laptop dengan ukuran layar 14 inci menurut Laptophia. Hal ini jelas sangat mendukung mobilitas para profesional yang biasanya enggan dibebani oleh laptop yang berat.

Hal menarik dari review Asus Pro P5440FA ini adalah engsel yang diusungnya dapat diputar hingga 180 derajat. Pada beberapa skenario kerja, fitur engsel yang dapat diputar 180 derajat ini memang berguna. Interior laptop bisnis Asus Pro P5440FA ini juga cukup elegan dan minimalis dengan plamrest dengan finishing brushed metal. Layar Asus Pro P5440FA telah mengusung NanoEdge, tetapi bezelnya tidak setipis laptop konsumer Asus seperti Vivobook dan Zenbook terbaru.
Desain Asus Pro P5440FA

Desain Asus Pro P5440FA
Baca juga:Membedah Laptop Paling Ringkas Vivobook Ultra A412 Bersama Asus Indonesia
Pada review Asus Pro P5440FA kali ini, bagian LID cover hanya terdapat logo Asus. Sedangkan pada bagian bawah terdapat stiker Windows, nomor seri laptop, lubang speaker, dan informasi teknis singkat lainnya. Pada sisi depan laptop bisnis ini tidak terdapat port atau tombol apapun.

Sedangkan pada sisi kanan laptop bisnis Asus Pro P5440FA terdapat port power, port USB 3.1 Gen 1. Asus menempatkan dua buah port USB 3.1 Gen1, port HDMI, port USB 3.1 Gen2 Type-C, dan port combo audio 3,5mm dan dua buah LED indikator pada sebelah kiri laptop Asus Pro P5440FA ini. Sisi belakang terdapat lubang exhaust yang tertutup engselnya yang dapat diputar hingga 180 derajat.

Performa Asus Pro P5440FA

Performa Asus Pro P5440FA

Performa memang menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan pada review Asus Pro P5440FA kali ini. Laptop bisnis andalan Asus ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-8565U quad-core generasi Whiskey Lake atau Intel Core generasi ke-8 yang berlari dengan kecepatan standar 1,8GHz dan TurboBoost hingga 4,6GHz. Laptop bisnis Asus Pro P5440FA ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 8GB DDR4-2400Mhz yang masih dapat di-upgrade hingga maksimal 16GB jika diperlukan.

Unit laptop bisnis Asus Pro P5440FA yang Laptophia terima memang ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-8565U. Bagi yang memiliki dana terbatas, juga tersedia Asus Pro P5440FA varian yang lebih rendah dengan dukungan prosesor Intel Core i5-8265U atau Core i3-8145U. Berdasarkan pantauan Laptophia saat artikel ini ditulis, Asus Pro P5440FA sudah tersedia di pasar tanah air kecuali varian dengan prosesor Intel Core i3.

Sektor grafis, notebook bisnis ini bisa dikatakan cukup standar di kelasnya. Asus Pro P5440FA megandalkan sokongan grafis terintegrasi dari Intel UHD Graphics 620 tanpa kehadiran grafis diskrit. GPU (Graphics Processing Unit) Intel UHD Graphics 620 yang mengusung 24 execution unit (EUs) dengan kecepatan 300 – 1050MHz. Performa grafisnya memang sudah cukup memadai untuk komputasi sehari-hari.

Bedasarkan pengalaman dan impresi tim Laptophia, notebook bisnis Asus Pro P5440FA menawarkan performa yang sudah sangat memadai untuk kebutuhan komputasi kelas menengah atau berat saat ini. Selama menjajal bekerja dengan laptop ini, Laptophia sama sekali tidak mengalami kendala di sisi performa.
Baca juga:Review Asus X441MA, Laptop Murah Paling Cocok untuk Pelajar
Asus Pro P5440FA ini memang bukan laptop untuk memainkan game atau desain grafis, tetapi dirancang khusus untuk bekerja. Performa yang dimiliki Asus Pro P5440FA sudah lebih dari cukup untuk mendongkrak produktivitas para profesional dilingkungan bisnis. Kinerja grafis terintegrasinya memang terbatas, tetapi mampu menangani komputasi sehari-hari dan dibekali fitur yang lengkap untuk mendukung pekerjaan. Penasaran dengan Asus Pro P5440FA? Berikut hasil benchmark yang diberikan oleh tim Asus Indonesia.

Benchmark Asus Pro P5440FA

Benchmark 3DMark Fire Strike Asus Pro P5440FA
Benchmark 3DMark Fire Strike Asus Pro P5440FA

Benchmark Cinebench R15 Asus Pro P5440FA
Benchmark Cinebench R15 Asus Pro P5440FA

Benchmark CrystalDiskMark Asus Pro P5440FA
Benchmark CrystalDiskMark Asus Pro P5440FA

Benchmark PCMark Asus Pro P5440FA
Benchmark PCMark Asus Pro P5440FA

Benchmark Unigine Heaven 4.0 Asus Pro P5440FA
Benchmark Unigine Heaven 4.0 Asus Pro P5440FA

Review Asus Pro P5440FA

Review Asus Pro P5440FA

Asus Pro P5440FA merupakan sebuah konsep laptop bisnis yang mendekati ideal menurut Laptophia. Notebook ini menawarkan kinerja yang powerful, desain yang elegan, dan tangguh berkat sertifikasi militer MIL-STD-810G. Tak hanya itu, Asus Pro P5440FA menawarkan bobot yang sangat ringan guna menunjang para profesional yang me miliki mobilitas tinggi.

Layar

Layar Asus Pro P5440FA sendiri menggunakan panel LED berukuran 14 inci beresolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Layar tersebut sudah dilengkapi fitur anti-glare sehingga kontennya tetap bisa terlihat meski layar terpapar cahaya.

Hal tersebut sangat penting mengingat laptop ini ditujukan untuk bekerja secara mobile di berbagai kondisi, termasuk kondisi outdoor yang terpapar cahaya. Secara umum, Laptophia cukup nyaman dengan performa layar Asus Pro P5440FA saat digunakan dalam waktu lama.

Kenyamanan

Sebagai sebuah laptop yang dirancang khusus untuk bekerja dan mendongkrak produktivitas, Asus Pro P5440FA ini harus dilengkapi dengan keyboard dan touchpad yang nyaman. Selama proses review Asus Pro P5440FA, Laptophia merasakan bahwa keyboard yang diusung oleh laptop bisnis andalan Asus ini nyaman, tidak mudah bikin lelah, dan juga tidak gampang typo saat mengetik.

Keyboard di laptop bisnis andalan Asus ini memiliki key pitch sebesar 19,05mm dan dish key 0,15mm, membuat jari dengan mudah dapat beradaptasi pada posisi setiap tombolnya. Agar lebih nyaman, keyboard di Asus Pro P5440FA hadir dengan key travel 1,5mm. Key travel tersebut memberikan sensasi mengetik yang pas, jadi tekanan tombolnya tidak terlalu dangkal dan tidak terlalu dalam.

Keyboard Asus Pro P5440FA dilengkapi backlight yang tingkat kecerahannya dapat diatur langsung melalui tombol di keyboard. Fitur backlight di keyboard juga sangat penting untuk laptop penunjang produktivitas. Bayangkan ketika Anda harus bekerja saat perjalanan malam hari di pesawat yang cahayanya terbatas. Fitur backlight pada keyboard memungkinkan Anda tetap dapat melihat semua tombol meski dalam gelap.

Touchpad Asus Pro P5440FA ini ukurannya cukup luas. Saat digunakan untuk bernavigasi, Laptophia merasakan akurasi yang baik, respon yang gegas, dan nyaman. Pada bagian sudut kanan atas terdapat sensor sidik jari yang mampu meningkatkan keamanan data. Laptophia juga sempat menjajal sensor sidik jari Asus Pro P5440FA dan ternyata cukup gegas dan akurat.

Perangkat Lunak

Sebuah laptop kelas enterprise juga memiliki perbedaan dari sisi software dan sistem keamanannya. Laptophia melihat Asus Pro P5440FA menggunakan sistem operasi Windows 10 Pro, bukan Windows 10 Home yang biasanya terdapat di laptop kelas konsumen biasa. Windows 10 Pro memiliki beragam fitur tambahan untuk pengguna profesional yang tidak ada di varian Windows 10 lainnya.

Di Windows 10 Pro, Laptophia mendapatkan beragam fitur eksklusif termasuk sistem keamanan canggih. Fitur eksklusif tersebut di antaranya adalah Domain Join, Group Policy Management, Bitlocker, Enterprise Mode Internet Explorer (EMIE), Assigned Access 8.1, Remote Desktop, Client Hyper-V, dan Direct Access. Sebagain besar merupakan fitur yang kerap digunakan di lingkungan perusahaan.
Baca juga:Asus ROG Strix Hero III G531GU, Andalkan Duet Intel Core i7-9750H dan GeForce GTX 1660 Ti
Assigned Access 8.1 misalnya. Fitur tersebut memungkinkan administrator untuk memblokir aplikasi tertentu agar tidak bisa digunakan oleh pengguna di User Account lainnya. Fitur lainnya seperti BitLocker membuat laptop ini semakin aman dengan mengenkripsi data yang ada di dalamnya. BitLocker bahkan merupakan salah satu fitur enkripsi data yang paling canggih saat ini.

Jika Anda bekerja dengan fasilitas cloud Microsoft Azure, Windows 10 Pro merupakan pilihan yang tepat. Sistem operasi ini sudah mendukung fitur seamless connectivity untuk Azure Active Directory. Bahkan Windows 10 Pro memiliki Business Store for Windows 10.

Audio

Suara speaker Asus Pro P5440FA ini memang didominasi oleh treble, tetapi itu tidak cempreng. Treble memang terdengar lebih crisp, detail, dan tidak menusuk telinga. Sedangkan untuk bass, suarnya memang tidak terlalu mendalam tetapi bisa terdengar dengan baik. Suata vokalnya juga terbilang jernih. Speaker Asus Pro P5440FA sudah memadai untuk menikmati konten multimedia.

Baterai

Notebook bisnis Asus Pro P5440FA juga didukung baterai mumpuni dengan kapasitas 3 Cells 50 Whrs lithium-prismatic battery yang mampu mencukupi kebutuhan daya dalam waktu lama. Berdasarkan informasi di website Asus, laptop bisnis ini mampu bertahan hingga 10 jam penggunaan ringan. Namun berdasarkan review Asus Pro P5440FA yang telah Laptophia lakukan, baterai laptop ini dapat bertahan hingga 6 – 7 jam.

Daya tahan baterai laptop ini sebenarnya dapat bervariasi tergantung pola dan intensitas penggunaan. Berdasarkan pengujian menggunakan PCMark 8, laptop ini dapat bertahan selama kurang lebih 5,5 jam dengan kondisi WiFi aktif, mode battery life, dan tingkat kecerahan layar 50%.

Kesimpulan

Secara umum, review Asus Pro P5440FA yang telah dilakukan oleh tim Laptophia ini menunjukkan hasil yang cukup baik sebagai sebuah laptop kelas bisnis. Laptop ini didesain khusus untuk para pebisnis, profesional, dan untuk bekerja. Laptop ini bukan untuk bermain atau bahkan hanya sekadar menikmati konten multimedia saja. Hal tersebut dapat dilihat dari spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, dimana sebagian besar memang ditujukan untuk kebutuhan bisnis.

Hadir dengan bentuk yang ringkas dan ringan, Asus Pro P5440FA dapat dijadikan sebagai perangkat andalan untuk bekerja secara mobile. Performanya juga sangat mumpuni untuk membuka berbagai aplikasi kantoran dan bekerja secara multitasking. Sementara daya tahan baterainya cukup untuk bekerja secara mobile.
Baca juga:Harga dan Spesifikasi Asus A409FJ EK501T Bertenaga Core i5-8265U

Kelebihan Asus Pro P5440FA

  • Kinerja powerful
  • Baterai tahan lama
  • Tangguh dengan standar militer
  • Bobot sangat ringan di kelasnya
  • Dilengkapi OS Windows 10 asli pre-installed
  • Cocok atau ideal untuk bisnis, enterprise dan para profesional

Kekurangan Asus Pro P5440FA

  • Kurang cocok untuk menangani grafis

Harga Asus Pro P5440FA

Asus Pro P5440FA merupakan sebuah laptop profesional yang tangguh dan powerful, sehingga laik menjadi impian para profesional dan bisnis. Harga notebook bisnis Asus Pro P5440FA terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah mulai Rp 16.599.000. Harga ini sebenarnya cukup masuk akal dan kompetitif jika melihat hasil review Asus Pro P5440FA yang telah Laptophia lakukan. Notebook ini telah menunjukkan keandalannya sebagai sebuah laptop kelas bisnis yang siap mendukung produktivitas para profesional.

Laptophia melihat Asus Pro P5440FA tampil dengan desain yang sederhana, tetapi elegan. Bobot yang ringan menjadi kekuatan dan daya tarik utama notebook bisnis Asus Pro P5440FA dan hal ini jelas mendukung mobilitas para profesional. Kinerja yang ditawarkan oleh Asus Pro P5440FA ini terbilang mumpuni di kelasnya dan keyboard yang diusungnya sangat nyaman. Sayangnya, laptop bisnis Asus Pro P5440FA ini tidak dilengkapi dengan grafis diskrit, sehingga kurang mumpuni untuk menangani grafis.

Spesifikasi Asus Pro P5440FA

  • Layar LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, refresh rate 120Hz, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor Intel Core i7-8565U quad-core 1,8GHz TurboBoost 4,6GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel UHD Graphics 620
  • Memori RAM 8GB DDR4-2400MHz, upgradeable to 16GB DDR4
  • Storage SSD 512GB PCIe 3x2 M.2
  • Konektifitas WiFi, Bluetooth, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.1 Gen 1 Type-C, Port 3.1 Gen 2, Port HDMI, card reader, combo audio jack, fingerprint sensor
  • Fitur keamanan fingerprint reader dan TPM
  • Tangguh dengan standar militer MIL-STD-810G
  • Dual Speaker stereo, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi HD 720p
  • Baterai 3 Cell 50WHr lithium-prismatic Battery, hingga 10 jam
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Pro x64 Asli
  • Dimensi 326 x 229.3 x 10.1 ~18.5 mm berat 1,23 kilogram
  • Warna Slab Gray
Anda mungkin suka:Review Asus ROG Zephyrus GX701GXR, Laptop Gaming 17 Inci Paling Ringkas Bertenaga Intel Core Generasi Ke-9