eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Realme 3 Pro Review: Perfoma Kencang, Kamera Memikat!

Realme 3 Pro Review: Perfoma Kencang, Kamera Memikat! – Realme dalam waktu singkat mampu menarik perhatian konsumen tanah air. Hal ini tak lepas dari jajaran produk smartphone kekinian dengan spesifikasi tinggi dan ditawarkan dengan harga yang kompetitif. Realme 3 Pro yang menggunakan tagline “Speed Awaken” menjadi salah satu produk unggulan dan sekaligus rival tangguh bagi Xiaomi Redmi Note 7.

Ponsel Realme 3 Pro ini tampil dengan desain yang menarik dan ditenagai SoC Snapdragon 710 yang biasanya digunakan oleh smartphone premium. Tak hanya itu, Realme 3 Pro juga dipersenjatai kamera yang mumpuni dan didukung baterai berkapasitas besar. Ponsel ini digadang-gadangkan sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya, penasaran? Simak ulasan lengkap Realme 3 Pro review oleh tim Laptophia kali ini!
Realme 3 Pro Review: Perfoma Kencang, Kamera Memikat!

Paket Pembelian Realme 3 Pro

Paket Pembelian Realme 3 Pro
  • Unit Realme 3 Pro RAM 4GB ROM 64GB Lightning Purple
  • Kepala charger (support VOOC fast charger)
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Soundmagic E10C Review: Headset IEM Terbaik di Kelasnya

Desain Realme 3 Pro

Desain Realme 3 Pro

Desain Realme 3 Pro
Penampilan menjadi hal yang menarik dari Realme 3 Pro review kali ini. Smartphone kelas menengah ini tampil dengan gaya kekinian dengan poni minimalis yang disebut dengan waterdrop design. Casing belakang Realme 3 Pro ini memang mengusung warna yang bergradasi, tetapi bukan sembarang gradasi. Casing belakang ponsel ini terlihat cantik dengan lekukan mirip huruf S yang terlihat dinamis sesuai pantulan cahaya disebut dengan Le Mans-inspired Speedway Design.

Casing dan frame Realme 3 Pro ini memang terbuat dari bahan polikarbonat atau plastik. Meski demikian, frame-nya terasa sangat kuat dan solid. Sedangkan casing belakangnya yang bergradasi dan dinamis itu ternyata cukup kesat dan tidak licin. Sayangnya, finishing glossy poada casing belakangnya menjadi magnet bagi sidik jari, sehingga mudah kotor atau kusam. Bezel Realme 3 Pro ini cukup tipis, tetapi bezel bawahnya masih agak tebal.

Dimensi ponsel Realme 3 Pro ini relatif pas digenggam dan bobotnya terbilang lumayan. Meski baterai yang diusungnya berkapasitas 4045mAh, ternyata tak membuat dimensi ponsel ini menjadi tebal. bagian belakang ponsel ini sis kanan dan kirinya melengkung guna menambah kenyamanan saat menggenggamnya. Secara umum, build quality Realme 3 Pro ini terbilang solid meski tak terasa premium. Namun, juga tak terasa murahan.
Desain Realme 3 Pro

Desain Realme 3 Pro
Baca juga:Xiaomi Mi Play Review: Smartphone Murah Ringkas Berdesain Cantik
Pada Realme 3 Pro review kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,3 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Realme 3 Pro besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Realme 3 Pro sudah berkontur 2.5D dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 5 dan masih ditambah screenguard yang terpasang dari pabrik. Meski demikian, Laptophia tetap merekomendasikan pemasangan tempered glass menggantikan screen protector bawaan.

Tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme 3 Pro ini. Sedangkan sisi kiri terdapat volume rocker, tray slot SIM 1, SIM 2, dan microSD dengan jenis triple slot atau dedicated slot. Sisi atas ponsel 4G LTE terbaru Realme 3 Pro ini tedapat sebuah microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme 3 Pro ini terdapat kamera ganda yang tersusun secara vertikal, dual LED flash, sensor sidik jari, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang merupakan subbrand atau sub merk Oppo ini menempatkan port microUSB, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Realme 3 Pro

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Realme 3 Pro

Software & Fitur Realme 3 Pro

Realme 3 Pro dibekali dengan perangkat lunak atau software yang up to date. Ponsel ini menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan balutan antarmuka ColorOS 6 yang kaya fitur. Beberapa sumber menyebutkan bahwa ponsel Realme 3 Pro ini bakal mendapat update ke Android Q di masa mendatang. Jika ini benar, tentu menjadi nilai tambah tersendiri. Selama proses Realme 3 Pro review, laptophia telah mendapat 2 – 3 kali update melalui OTA (Over The Air).

Penampilan antarmuka dari ColorOS 6 yang digunakan oleh smartphone Realme 3 Pro ini sedikit berbeda dari ColorOS 5.2 yang digunakan oleh Realme U1 yang Laptophia ulas sebelumnya. Perbedaan mencolok adalah hadirnya app drawer yan terusun berdasarkan alphabet. Sebelumnya, ColorOS hanya memiliki tampilan Lockscreen dan Homescreen tanpa adanya app drawer. Tak hanya itu, ColorOS 6 ini juga menghadirkan notification center yang berbeda.

Menu kostumisasi yang disediakan oleh Realme 3 Pro ini terbilang cukup lengkap yang memungkinkan kita mengganti wallpaper, mengatur widget, animasi dan sebagainya. Sayangnya, ponsel ini belum dibekali fasilitas theme. Namun, informasi yang beredar menyebutkan bahwa Realme akan merilis update yang membawa fitur theme untuk beberapa ponsel andalannya.

Beberapa fitur menonjol yang diusung oleh ColorOS 6.0 pada ponsel Realme 3 Pro berdasarkan pantauan Laptophia antara lain adalah Night Shield, screen recording, long screenshot, One-Tap Lockscreen, assistive ball, secure keyboard, quiet time, smart driving, fullscreen multitasking, Smart Assistant, gesture & motion, Game Space, Clone Apps, dan banyak lagi. Tombol navigasi ponsel Realme 3 Pro ini bisa dikostumisasi peletakan Back dan Recent apps. Bahkan, tersedia opsi menggunakan gesture swipe sebagai pengganti navigasi.
Baca juga:Asus Zenfone Live L2 Review: Smartphone Murah Berdesain Cantik
Fitur Clone Phone memudahkan pengguna untuk migrasi dari smartphone lawas ke smartphone baru. Sedangkan fitur Clone Apps memungkinkan pengguna menginstal dua aplikasi yang sama dengan identitas yang berbeda. Realme 3 Pro dibekali dengan dua fitur keamanan, yakni face unlock dan sensor sidik jari. Fitur face unlock berjalan dengan sebagaimana mestinya, hanya saja tidak bisa diandalkan dalam kondisi low-light. Sedangkan sensor sidik jarinya cukup sensitif.

Aplikasi bawaan Realme 3 Pro ini lumayan banyak, antara lain adalah Google Apps, Opera browser, Lazada App, Baca Plus, J&T Express, ORoaming, TikTok, Webnovel, Vova, dan Babe. Kita dapat menghapus aplikasi bawaan tersebut jika tidak dibutuhkan guna menambah ruang simpan internalnya.

Secara umum, ColorOS 6.0 yang digunakan oleh Realme 3 Pro ini menawarkan fitur yang lengkap, tampilan antarmuka yang menyenangkan, dan performa yang cukup smooth. Namun, Laptophia menilai performa ColorOS ini masih bisa dioptimalkan lagi agar terasa lebih gegas. Selain itu, konsumsi RAM untuk ColorOS ini memang agak boros. Semoga hal ini dapat menjadi perhatian Realme untuk update perangkat lunak berikutnya.

Benchmark Realme 3 Pro

CPU-Z Realme 3 Pro
CPU-Z Realme 3 Pro
Benchmark Geekbench 4 Realme 3 Pro
Benchmark Geekbench 4 Realme 3 Pro
Benchmark AnTuTu v7 Realme 3 Pro
Benchmark AnTuTu v7 Realme 3 Pro
Benchmark Vellamo Realme 3 Pro
Benchmark Vellamo Realme 3 Pro
Benchmark PCMark Realme 3 Pro
Benchmark PCMark Realme 3 Pro
Benchmark 3DMark Realme 3 Pro
Benchmark 3DMark Realme 3 Pro
Benchmark Basemark OS II Realme 3 Pro
Benchmark Basemark OS II Realme 3 Pro
Sensorbox For Android & Multitouch Tester Realme 3 Pro
Sensorbox For Android & Multitouch Tester Realme 3 Pro

Performa Realme 3 Pro

Harus diakui bahwa performa merupakan salah satu keunggulan dan daya tarik dari Realme 3 Pro review kali ini. Smartphone ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 710 AIE SDM710 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core Kryo 360 Gold yang berlari dengan kecepatan 2,2GHz dan octa-core Kryo 360 Silver dengan kecepatan 1,7GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB atau 6GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 616.

SoC Qualcomm Snapdragon 710 yang digunakan oleh Realme 3 Pro sama sekali tak bisa dipandang remeh dengan prosesor berperforma tinggi dari Kryo 360 dan diproduksi dengan teknologi 10 nm LPP. Tak heran, performa Snapdragon 710 ini kencang tetapi masih relatif efisien dalam hal konsumsi daya. Pabrikan asal Tiongkok ini menggunakan tagline “Speed Awaken” untuk Realme 3 Pro yang melambangkan performanya yang tinggi.

Berdasarkan penglaman Laptophia saat menguji pakai Realme 3 Pro memang terasa cukup ringan dan responsif. Buka tutup aplikasi dan animasi transisi berjalan smooth dan gegas. kecepatan respon sistem ColorOS memang tak seresponsif yang Laptophia harapkan, tetapi performanya konsisten dan tidak mengalami penurunan meski telah banyak aplikasi tambahan terinstal. Konsumsi RAM Color OS 6.0 memang agak rakus, tetapi tidak terlalu berpengaruh pada pengalaman pengguna.

Skor benchmark AnTutu pada Realme 3 Pro review yang menembus angka 155 ribu-an memang terbilang salah satu yang paling kencang di kelasnya. Dukungan grafis dari Adreno 616 membuat performa gamingnya mumpuni. Ponsel ini mampu memainkan game-game Android modern seperti Free Fire, PUBG Mobile, AOV, Mobile Legends, Fortnite, dan sebagainya dengan lancar. Fitur Game space turut membantu meningkatkan performa gamingnya.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 7: Powerful dengan Kamera 48MP!
Secara umum, performa Realme 3 Pro ini sangat mumpuni untuk kebutuhan komunikasi, gaming, dan juga multitasking. Ponsel ini sangat direkomendasikan bagi yang membutuhkan performa tinggi dengan dana pas-pasan. Selama proses uji pakai dengan memainkan game atau tugas berat lainnya, Realme 3 Pro ini hanya hangat saja dan tidak ada tanda-tanda overheat.

Hasil Foto Kamera Realme 3 Pro

Hasil Foto Kamera Realme 3 Pro




Foto Siang hari
Chroma Boost off
Chroma Boost on

Hasil Foto Kamera Realme 3 Pro
Foto Portrait Mode Kamera Belakang




Foto Macro
Hasil Foto Kamera Realme 3 Pro

Hasil Foto Kamera Realme 3 Pro


Hasil Foto Kamera Realme 3 Pro


Foto Malam Hari
Nightscape off
Nightscape on



Foto Selfie


Foto Selfie Portrait Mode

Hasil Rekaman Video Full HD Realme 3 Pro 

(coming soon)

Review Kamera Realme 3 Pro

Review Kamera Realme 3 Pro

Kemampuan fotografi merupakan salah satu keunggulan utama yang ditawarkan oleh Realme 3 Pro review kali ini. Ponsel ini dipersenjatai amera belakang ganda berkekuatan 16 megapiksel + 5 megapiksel (depth sensor) dengan lensa aperture f/1.7 yang menggunakan sensor Sony IMX519 1/2.6 inci 1.22um piksel, phase-detection autofokus, dan LED flash. Kombinasi kedua kamera belakangnya mampu menghasilkan foto bokeh yang menawan.

Realme 3 Pro ini juga terbilang mumpuni untuk foto selfie dengan dukungan kamera resolusi 25 megapiksel dengan sensor Sony IMX576 berukuran 1/2.8 inci 0,8um piksel ditandemkan dengan fitur canggih AI Beauty yang lebih cerdas dalam menerapkan efek beautify sesuai dengan karakter pengguna. Mode Nightscape, Chroma Boost dan Ultra HD dari Realme 3 Pro menjadi fitur unggulannya.

Aplikasi kamera bawaan Realme 3 Pro ini tak jauh berbeda dari smartphone besutan Realme lainnya. Ada beberapa mode yang tersedia, yakni Time-Lapse, Slo-Mo, Video, Nightscape, Photo, Portrait, Sticker, Pano, dan Expert. Pada Mode Expert, kita bisa atur White Balance, EV, ISO, Shutter Speed (hingga 16s), dan fokus.

Hasil foto smartphone Realme 3 Pro di luar dugaan Laptophia karena sangat memuaskan. Hasil jepretannya saat siang hari kaya akan detail, warna yang ceria dan kuat, dan tajam. Kadang karakter warna Realme 3 Pro ini agak warm dan ketika mode AI aktif, warna yang dihasilkan sedikit oversaturated. Dynamic range yang dihasilkan secara default sudah sangat wide dan memuaskan. Ketika mode HDR diaktifkan, kamera Realme 3 Pro menjadi sangat mumpuni digunakan untuk memotret dalam kondisi backlight sekalipun!

Mode Chroma Boost memberikan peningkatan pada warna-warna tertentu pada foto dam membuatnya sangat menarik dan sedikit oversaturated. Namun, mode ini membuat warna yang dihasilkan menjadi kurang natural. Mode portrait Realme 3 Pro mampu menghasilkan foto dengan seleksi yang rapi antara subyek dengan background. Efek bokeh buatan yang dihasilkan terbilang cukup baik dan memuaskan.

Kecepatan fokus kamera Realme 3 Pro ini sangat responsif dan akurat. Hal ini membuat kamera belakang Realme 3 Pro cocok bagi pengemar foto macro dengan ponsel. Hasil foto macro Realme 3 Pro ini juga sangat memuaskan dengan detail yang tinggi, warna yang colorful dan vivid, fokus yang akurat, tajam, dan efek bokeh yang cukup menawan.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi 6A: Smartphone Murah dengan Face Unlock
Saat malam hari, kamera Realme 3 Pro masih mampu menunjukkan kelasnya. Laptophia menilai Realme 3 Pro merupakan salah satu smartphone 3 juta-an dengan kamera terbaik untuk low-light. Foto yang dihasilkan masih cukup tajam, warna yang natural, dan noise yang masih terkendali. Kecepatan fokusnya memang mengalami penurunan, tetapi tak signifikan. Mode Nightscape mampu menghasilkan foto yang jauh lebih terang, meski detail agak menurun dan kadang agak reddish.

Tak hanya kamera belakang yang mumpuni, Realme 3 Pro review kali ini juga didukung kamera depan yang mumpuni untuk foto selfie. Performa dan hasil foto kamera depannya tak jauh beda dengan Realme U1 yang mampu menghasilkan detail tinggi, warna yang vivid, dan efek beautify yang proporsional. Kamera depan Realme 3 Pro memiliki fitur HDR yang membuatnya sangat mumpuni untuk foto selfie dalam kondisi backilight sekalipun. Mode portrait kamera depan juga cukup memuaskan berkat seleksi yang cukup rapi antara foreground dengan background.

Realme 3 Pro Review

Realme 3 Pro Review

Realme 3 Pro merupakan sebuah smartphone kelas menengah yang sangat menarik menurut Laptophia. Tak hanya mengandalkan spesifikasi yang tinggi, Realme 3 Pro ini juga menghadirkan sisi estetika yang digarap dengan baik melalui desain yang menarik. Dukungan SoC Snapdragon 710 yang mengusung prosesor octa-core sukses menarilk perhatian karena menawarkan kinerja tinggi dengan konsumsi daya yang efisien.

Harga yang kompetitif ternyata tak membuat kemampuan fotografi dikorbankan. Realme memang masih mengusung kamera belakang yang sama dengan Realme 2 Pro. Namun, Realme telah melakukan perbaikan dan peningkatan yang cukup signifikan dengan kamera belakangnya. Begitu juga dengan kamera depan Realme 3 Pro yang kini mengusung resolusi tinggi dan bersaing dengan ponsel selfie sentris lainnya. Realme 3 Pro sebuah paket lengkap yang cemerlang, sehingga sulit untuk tidak memilihnya.

Layar

Realme 3 Pro ini dibekali layar sentuh 6,3 inci dengan resolusi full HD+ berteknologi panel IPS. Spesifikasi layar yang ditawarkan ponsel ini setara dengan Realme 2 Pro atau Realme U1. Tim Laptophia melihat kualitasnya tak jauh berbeda. Layar Realme 3 Pro mampu menghasilkan tampilan visual yang tajam, padat, dan warna vivid yang memanjakan mata.

Viewing angle-nya luas dan respon touchscren gegas. Saat digunakan di bawah sinar matahari, performa layar Realme 3 Pro ini tergolong biasa saja. Tulisan yang tampil di layar masih dapat dibaca dengan baik. Layar Realme 3 Pro sudah dilindungi antigores dari Corning Gorilla Glass 5 dan ditambah screenguard yang terpasang dari pabrik.
Baca juga:Samsung Galaxy M20 Review: Baterai Jumbo dengan Kamera Wide Angle

Audio

Realme 3 Pro dibekali dengan speaker yang menghadap ke bawah, sehingga tidak tertutup ketika ponsel diletakkan di bidang datar. Speaker Realme 3 Pro mampu menghasilkan volume suara yang kencang dan kualitas suaranya jernih. Treble memang mendominasi, sama seperti kebanyakan speaker ponsel lain dan bass cukup terdengar.

Saat menggunakan headset Sounmagic E10C untuk mendengarkan musik di Realme 3 Pro, keluaran suaranya sangat solid, detail, dan bass yang cukup kuat. Kualitas suaranya semakin jernih dan memanjakan telinga ketika mengaktifkan fitur Real Power Sound yang merupakan hasil kerja sama Realme dengan Dirac HD.

Baterai

Sisi baterai menjadi salah satu keunggulan pada Realme 3 Pro review kali ini. Ponsel ini dibekali baterai berkapasitas 4045mAh non-removable yang mampu bertahan hingga seharian penuhuntuk penggunaan sosial media intensif. Jika penggunaan lebih berat seperti gaming, tentu daya tahan baterainya lebih singkat lagi. Keunggulan lain dari Realme 3 Pro adalah fitur VOOC fast charge yang mampu mengisi daya baterai dengan cepat di kelasnya.

Memori

Smartphone menengah yang andal untuk gaming dan selfie Realme 3 Pro ini menyisakan memori internal sekitar 46,9GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,5GB – 1,9GB. Smartphone ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port microUSB yang diusungnya.

Kesimpulan

Secara umum, Realme 3 Pro review kali ini hampir semupurna! Smartphone ini menawarkan spesifikasi dan performa di atas rata-rata berkat sokonngan SoC Snapdragon 710. Kemampuan fotografi Realme 3 Pro ini sama sekali tak bisa dipandang sebelah mata dan mampu mengungguli rival terdekatnya. Daya tahan baterai memadai dengan fitur VOOC fast charge dan didukung perangkat lunak yang mumpuni. Realme 3 Pro adalah pilihan terbaik dengan harga Rp 3 juta.

Tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan Realme 3 Pro. Smartphone ini masih menggunakan port microUSB yang sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke port USB Type-C. Selain itu, Realme 3 Pro ini tidak dilengkapi fitur NFC, serta performa ColorOS 6.0 seharusnya masih bisa dioptimalkan lagi.
Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 6 Pro: Kamera Mantap, Cocok untuk Selfie!

Kelebihan Realme 3 Pro

  • Performa kencang di kelasnya
  • Kamera depan dan belakang mumpuni di kelasnya
  • Desain menarik
  • Triple slot
  • Baterai besar dan mendukung VOOC fast charging

Kekurangan Realme 3 Pro

  • Masih menggunakan port microUSB

Harga Realme 3 Pro

Realme 3 Pro merupakan salah satu smartphone kelas menengah terbaik yang menawarkan fitur dan spesifikasi premium. Harga Realme 3 Pro terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari toko online terkemuka adalah Rp 2.999.000 untuk varian 4GB/64GB. Sedangkan harga Realme 3 Pro varian 6GB/128GB lebih mahal, yakni Rp 3.699.000. Berdasarkan Realme 3 Pro review yang telah Laptophia lakukan, ponsel ini menunjukkan hasil yang sangat memuaskan.

Realme 3 Pro menawarkan performa yang kencang berkat sokongan Snapdragon 710 dan cocok untuk meladeni game-game Android terbaru. Kamera menjadi salah satu keunggulan Realme 3 Pro yang cukup mencolok dengan hasil jepretan yang memuaskan dan salah satu yang terbaik di kelasnya. Secara umum, Realme 3 Pro merupakan salah satu smartphone terbaik dan paling laik beli di kelas 3 juta-an sekaligus menjadi rival yang sangat berat bagi Xiaomi Redmi Note 7 yang sudah Laptophia ulas terlebih dahulu.
Anda dapat membeli atau cek promo Realme 3 Pro di Sini (Klik)

Spesifikasi Realme 3 Pro

  • Sistem Operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka Color OS 6
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 710 AIE SDM710 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 360 Gold 2,2GHz dan quad-core Kryo 360 Silver 1,7GHz
  • Grafis Adreno 616
  • Kamera belakang ganda 16 megapiksel + 5 megapiksel (depth sensor) dengan sensor Sony IMX519 1/2.6 inci 1.22um piksel, enam elemen lensa aperture f/1.7, phase-detection autofokus, LED flash
  • Kamera depan 25 megapiksel fixed focus dengan sensor Sony IMX576 1/2.8 inci 0.8um piksel, lensa aperture f/2.0, AI beauty 2.0
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,3 inci, dengan resolusi Full HD+ 2340 x 1080 pixels, kerapatan 409 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel LTPS IPS, Corning Gorilla Glass 5
  • Memori RAM 4GB atau 6GB, ROM 64GB atau 128GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port MicroUSB, USB OTG, GPS, dual SIM, fingerprint sensor, port audio 3,5mm
  • Dimensi 156.8 x 74.2 x 8.3 mm berat 172 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 4045mAh, non-removab, VOOC 20W fast charge
  • Warna Carbon Gray, Nitro Blue, dan Lightning Purple
Anda mungkin suka:Xiaomi Mi A2 Review dengan OS Android 9.0 Pie