eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Xiaomi Mi 9 Lite: Smartphone Selfie Sentris Berdesain Cantik

Review Xiaomi Mi 9 Lite: Smartphone Selfie Sentris Berdesain Cantik – September 2019 silam, Xiaomi telah meluncurkan smartphone baru yang membidik kelas menengah melalui seri CC9. Ponsel Xiaomi CC9 ini ternyata dirilis secara eksklusif untuk pasar China saja. Tak lama kemudian, Xiaomi membawa CC9 ini ke pasar internasional dan mengganti namanya menjadi Mi 9 Lite. keunggulan utama Xiaomi Mi 9 Lite menurut Laptophia adalah dukungan kamera depan yang sangat mumpuni untuk foto selfie. Tak heran jika Xiaomi Mi 9 Lite disebut smartphone selfie sentris.

Tak hanya mengandalkan kemampuan kamera depan yang mumpuni, Xiaomi Mi 9 Lite ini juga didukung tiga kamera belakang yang bisa diandalkan di kelasnya. Soal performa, Xiaomi Mi 9 Lite ini cukup bertaring dan mampu berkompetisi dengan pesaingnya berkat sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 710 octa-core yang ditandemkan dengan RAM sebesar 6GB. Semua itu dibalut dengan desain cantik dan menawan, penasaran? Simak review Xiaomi Mi 9 Lite oleh tim Laptophia kali ini!
Review Xiaomi Mi 9 Lite: Smartphone Selfie Sentris Berdesain Cantik

Paket Pembelian Xiaomi Mi 9 Lite

Paket Pembelian Xiaomi Mi 9 Lite
  • Unit Xiaomi Mi 9 Lite RAM 6GB ROM 64GB Aurora Blue
  • Kepala charger
  • Kabel Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi

Desain Xiaomi Mi 9 Lite

Desain Xiaomi Mi 9 Lite

Desain Xiaomi Mi 9 Lite

Selain kemampuan kamera depan yang mumpuni, desain atau penampilan fisik menjadi salah satu keunggulan pada review Xiaomi Mi 9 Lite oleh tim Laptophia kali ini. Smartphone ini hadir dengn casing belakang glossy dengan finishing yang unik dan cant. Saat terkena cahaya, casing belakang Xiaomi Mi 9 Lite akan menghasilkan pantulan berupa garis-garis pelangi yang dinamis dan menawan. Hal ini mengingatkan Laptophia pada desain casing belakang Xiaomi Mi 9T yang memiliki efek serupa dengan pantulan yang berbeda.

Tak hanya itu, casing belakang Xiaomi Mi 9 Lite terdapat logo Xiaomi yang dapat menyala dengan warna yang berubah-ubah seperti breathing LED pada perangkat gaming dan berfungsi sebagai LED notifikasi. Sementara pada sisi depan, kita disuguhi layar berponi dot drop design dengan bezel yang terbilang tipis di kelasnya. Tak hanya itu, sisi kanan dan kiri casing belakang ponsel ini agak melengkung guna meningkatkan grip dan kenyamanan saat menggenggamnya.

Build quality Xiaomi Mi 9 Lite sangat solid dan premium karena menggunakan balutan kaca antigores Corning Gorilla Glass 5 untuk layar depan dan casing belakangnya, serta dikombinasikan dengan frame berbahan metal yang sangat kokoh. Dimensi Xiaomi Mi 9 Lite ini relatif tipis dan bobotnya cukup ringan meski dibekali dengan baterai berkapasitas 4000mAh. Secara umum, Xiaomi Mi 9 Lite tampil dengan desain sangat cantik dengan build quality premium.
Desain Xiaomi Mi 9 Lite

Desain Xiaomi Mi 9 Lite
Baca juga:Vivo Y19 Review: Smartphone Kelas Menengah yang Serba Besar!
Pada ulasan Xiaomi Mi 9 Lite oleh tim Laptophia kali ini, bagian depan smartphone ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,39 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Mi 9 Lite ini sudah mengadopsi on-screen button seperti smartphone terkini lainnya.

Layar smartphone selfie sentris dengan desain cantik Mi 9 Lite sudah berkontur 2.5D yang tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 5. Meski demikian, Laptophia tetap menganjurkan pengguna untuk memasang tempered glass di Mi 9 Lite agar tak mudah pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Mi 9 Lite ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, SIM 2 atau microSD dengan jenis hybrid slot. Sisi atas ponsel selfie sentris Xiaomi Mi 9 Lite ini terdapat microphone, por audio 3,5mm, dan infrared port.

Sedangkan bagian belakang ponsel Mi 9 Lite ini terdapat tiga kamera atau triple camera yang tersusun secara vertikal, LED flash di bawahnya, dan logo Xiaomi yang juga berfungsi sebagai LED notifikasi. Merek asal Tiongkok yang baru saja memperkenalkan Mi Note 10 Pro ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Xiaomi Mi 9 Lite

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Xiaomi Mi 9 Lite

Software & Fitur Xiaomi Mi 9 Lite

Sisi perangkat lunak, tentu tidak asing lagi bagi pengguna smartphone besutan Xiaomi karena menggunakan antarmuka yang sama. Xiaomi Mi 9 Lite ini menggunakan antarmuka default MIUI 10 yang kemudian mendapat upgrade ke MIUI 11. Meski sudah beralih ke MIUI 11, basis sistem operasi yang digunakan oleh ponsel selfie sentris Xiaomi Mi 9 Lite masih Android 9.0 Pie. Laptophia belum mendapat informasi mengenai kapan smartphone ini mendapat upgrade ke Android 10.

Pada review Xiaomi Mi 9 Lite kali ini tim Laptophia menggunakan antarmuka MIUI 11 yang membawa sejumlah fitur baru seperti dark mode, natural sound, dan banyak lagi. MIUI 11 tampil dengan desain yang cukup menarik dengan tema Classical yang fresh. Tak hanya itu, tampilan menu settings di MIUI 11 terlihat lebih minimalis dan makin intuitif.

MIUI 11 yang digunakan oleh smartphone Xiaomi Mi 9 Lite ini terdiri dari Lockscreen dan Homescreen, tanpa kehadiran app drawer. MIUI 11 di Mi 9 Lite ini juga menyediakan opsi kostumisasi yang luas agar tak mudah bosan. Pengguna dapat mengganti theme, wallpaper, animasi, dan banyak lagi sesuai selera. Pengguna dapat mengunduh theme atau wallpaper melalui aplikasi Themes yang sudah terinstal secara default.

Salah satu keunggulan Xiaomi Mi 9 Lite adalah dilengkapi dengan fitur sensor sidik jari di bawah layar atau under screen fingerprint sensor. Kemampuan fitur sidik jarinya tak sebaik dan segegas milik Xiaomi Mi 9T dalam mengenali sidik jari. Sering terjadi sidik jari tidak terdeteksi dengan baik, sehingga harus disentuh beberapa kali. Sedangkan fitur keamanan face unlock pada ulasan Xiaomi Mi 9 Lite berjalan dengan baik jika cahaya memadai.

MIUI 11 pada Xiaomi Mi 9 Lite ini memiliki sejumlah fitur unggulan seperti Child Mode, Do Not Disturb, Security, Cleaner terintegrasi, NFC, RAM cleaner terintegrasi, one handed mode, torch, barcode scanner, Mi Share, Enterprise mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Quick replies, Full Screen gesture, Ambient Display, Ultra Battery Saver, App Lock, dark mode, dual apps, split screen, dual space, Facebook cleanerm Game speed booster, Blocklist, App Vault, Digital Wellbeing, dan banyak lagi.
Baca juga:Asus Zenbook 14 UM431DA AM701T Review: Menakar Performa Ryzen 7 3700U
Aplikasi bawaan smartphone Xiaomi Mi 9 Lite ini tidak terlalu banyak dan sebagian dapat dihapus jika tidak diperlukan. Beberapa aplikasi yang sudah pre-installed si smartphone selfie sentris ini antara lain adalah Google Apps, aplikasi proprietary Xiaomi, Get Apps, Lazada, Facebook, WPS Office, AliExpress, dan Opera. Adapun game yang sudah terinstal antara lain adalah Pop Shooter Blast, dan Dust Settle.

Secara umum, MIUI 11 yang digunakan oleh Xiaomi Mi 9 Lite ini menawarkan tampilan antarmuka yang minimalis, rapi, dan nyaman digunakan. Selain itu, MIUI 11 ini kayak akan fitur, kostumisasi luas, dan mendapatkan dukungan update secara reguler dari Xiaomi. Sayangnya, MIUI 11 masih menampilkan di beberapa aplikasi bawaan seperti App Vault, Music, dan sebagainya. Iklan ini bagi beberapa pengguna mungkin mengganggu, tetapi dapat dihapus dengan cara yang dibahas di sini.

Benchmark Xiaomi Mi 9 Lite

CPU-Z Xiaomi Mi 9 Lite
CPU-Z Xiaomi Mi 9 Lite
Benchmark Geekbench 5 Xiaomi Mi 9 Lite
Benchmark Geekbench 5 Xiaomi Mi 9 Lite
Benchmark AnTuTu v8 Xiaomi Mi 9 Lite
Benchmark AnTuTu v8 Xiaomi Mi 9 Lite
Benchmark Vellamo Xiaomi Mi 9 Lite
Benchmark Vellamo Xiaomi Mi 9 Lite
Benchmark PCMark Xiaomi Mi 9 Lite
Benchmark PCMark Xiaomi Mi 9 Lite
Benchmark 3DMark Xiaomi Mi 9 Lite
Benchmark 3DMark Xiaomi Mi 9 Lite
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Mi 9 Lite
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Mi 9 Lite
Benchmark Androbench Xiaomi Mi 9 Lite
Benchmark Androbench Xiaomi Mi 9 Lite
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Mi 9 Lite
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Mi 9 Lite

Performa Xiaomi Mi 9 Lite

Performa Xiaomi Mi 9 Lite

Meski bukan yang paling kencang, performa juga salah satu sektor yang diunggulkan pada review Xiaomi Mi 9 Lite kali ini. Smartphone selfie sentris yang memiliki nama lain sebagai Xiaomi CC9 ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 710 AIE SDM710 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core Kryo 360 Gold yang berlari dengan kecepatan 2,2GHz dan octa-core Kryo 360 Silver dengan kecepatan 1,7GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB atau 6GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 616.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Qualcomm Snapdragon 710 SDM710 yang digunakan Xiaomi Mi 9 Lite adalah SoC kelas menengah yang diposisikan antara Snapdragon seri 600 dan seri 800. Keunggulan utama Snapdragon 710 ini adalah diproduksi menggunakan teknologi 10nm LPP yang membuatnya dingin dan hemat konsumsi daya.

Snapdragon 710 ini didukung modem Snapdragon X15 yang mendukung LTE Cat.15 (downlink) dan Cat.13 (uplink). Selain itu, Snapdragon 710 ini juga didukung teknologi multi-core AI Engine untuk pemrosesan AI yang lebih cepat 2x lipat. Sektor fotografi, Snapdragon 710 diperkuat ISP Spectra 250 14bit yang mampu mendukung single kamera dengan resolusi tinggi.

Meski bukan SoC keluaran terbaru, Snapdragon 710 ini masih menawarkan performa yang gahar di kelas menengah. Kinerja yang dimilikinya sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari, sosial media, gaming, dan juga tugas berat lainnya seperti editing video dan multitasking. Selama hampir tiga minggu menggunakan Xiaomi Mi 9 Lite yang ditenagai Snapdragon 710 ini, Laptophia tidak mengalami kendala performa seperti lag atau freeze. Semua berjalan dengan smooth dan responsif.

Kemampuan yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 9 Lite juga relatif kompetitif jika dibandingkan para pesaingnya yang rata-rata ditenagai oleh SoC Snapdragon 665 atau MediaTek Helio P70. Sedangkan jika dihadapkan dengan Snapdragon 712, performa Xiaomi Mi 9 Lite hanya 10% lebih lambat dan itu tidak akan terasa untuk penggunaan sehari-hari. Pengujian benchmark menunjukkan Xiaomi Mi 9 Lite mampu mencetak skor AnTuTu v8 mencapai 213 ribuan. Kemampuan grafisnya juga masih sangat bisa diandalkan dengan skor benchmark SlingShot Extreme di atas 1700 poin.
Baca juga:Xiaomi Mi Band 4 Review: Gelang Pintar Terbaik?
Performa Xiaomi Mi 9 Lite dalam penggunaan sehari-hari berbanding lurus dengan hasil benchmark. Ponsel ini mampu memainkan aneka game moder Android seperti PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends, dan game terbaru lainnya dengan lancar. Saat penggunaan intensif seperti gaming atau edting video, suhu yang dihasilkan memang naik. Akan tetapi panas yang dihasilkan masih sebatas wajar dan tidak ada tanda-tanda overheat.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite


Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite
Foto siang hari
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite
Foto portrait mode
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite


Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite
Foto macro
Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite



Foto malam hari
Night mode off

Night mode on
Night mode off

Night mode on

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite


Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 9 Lite
Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 9 Lite
Foto selfie
Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 9 Lite


Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 9 Lite

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 9 Lite
Foto selfie mode portrait

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi 9 Lite







Review Kamera Xiaomi Mi 9 Lite

Review Kamera Xiaomi Mi 9 Lite

Spesifikasi kamera yang diusung oleh Xiaomi Mi 9 Lite memang tak segahar Xiaomi Mi 9T atau Redmi Note 8 Pro yang Laptophia ulas sebelumnya, meski sama-sama berbekal tiga kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 48 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Sony IMX582 1/2 inci 0,8um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI Scene Detection, dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh ala kamera DSLR.

Keunggulan utama Xiaomi Mi 9 Lite atau versi global dari Xiaomi CC9 adalah kamera depan yang sangat mumpuni dengan resolusi 32 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5KGD1 1/2.8 inci 0.8um piksel dipadukan dengan lensa 26mm aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur AI Portrait Selfie untuk foto selfie dan video call.

Aplikasi kamera bawaan pada review Xiaomi Mi 9 Lite ini menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan fitur yang memadai. Aplikasi kamera default-nya memang sama dengan ponsel Xiaomi lainnya, yakni MIUI Camera.

Hal yang menarik adalah mode manual atau mode Pro tersedia di kamera Xiaomi Mi 9 Lite dan memungkinkan pengguna mengatur white balance, fokus, ISO, dan shutter speed hingga maksimal 32 detik. Mode kamera yang disediakan antara lain Slow Motion (hingga 960fps), Short Video, Video, Photo, Portrait, Night, Panorama, dan Pro. Mode 48MP dapat diakses melalui mode Pro.

Hasil jepretan kamera utama smartphone Xiaomi Mi 9 Lite saat siang hari sangat memuaskan tim Laptophia. Foto yang dihasilkan terbilang sangat tajam, kaya akan detail, dynamic range yang wide, dan warnanya cukup punchy, tapi tidak over saturated. Obyek yang agak rumit seperti tanaman dan dedaunan dapat dipresentasikan dengan baik oleh kamera Xiaomi Mi 9 Lite, sehingga detail yang dihasilkan memuaskan. Mode HDR mampu meningkatkan dynamic range yang cukup signifikan dengan diiringi peningkatan saturasi warna.

Mode portrait yang disediakan oleh Xiaomi Mi 9 Lite ini memiliki karakter dan kualitas yang tak jauh berbeda dengan Xiaomi Mi 9T. Hasil foto mode portrait Xiaomi Mi 9 Lite ini sangat memuaskan dengan separasi yang rapi dan efek bokehnya pun terlihat lebih alami. Bagi penggemar foto macro, kamera utama Xiaomi Mi 9 Lite ini menawarkan kecepatan fokus yang terbilang cepat dan akurat. Selain itu, hasil foto macro Mi 9 Lite ini juga memuaskan dengan detail yang tinggi, warna yang punchy, dynamic range yang luas, dan tentu saja efek blur yang alami.

Saat malam hari, kemampuan kamera Xiaomi Mi 9 Lite ini tak jauh berbeda dengan Mi 9T. Foto saat kondisi minim cahaya secara umum sudah memadai untuk kelas menengah karena mampu menghasilkan saturasi warna yang menyenangkan dan tentunya penurunan detail yang masih bisa diterima. Noise yang muncul tidak terlalu banyak dan relatif terkendali. Kulaitas fotonya masih laik diunggah ke sosial media. LED flash yang diusungnya terbukti cukup terang dan dangat membantu untuk memotret dalam kondisi yang benar-benar minim cahaya.
Baca juga:Infinix Hot 8 Review: Daya Tahan Baterai Andal, Performa Standar
Performa kamera wide-angle Xiaomi Mi 9 Lite ini juga terbilang baik di kelasnya dan mungkin setara kamera wide angle milik Xiaomi Mi 9T. Saat siang hari, kamera wide angle mampu menghasilkan foto yang kaya detail dan warna yang sangat menarik. Namun, bagian sudutnya ada sedikit efek soft atau sering disebut corner softness. Sayangnya, saat kondisi malam hari performa kamera wide-angle Xiaomi Mi 9 Lite ini kurang bisa diandalkan. Foto yang dihasilkan tidak detail dan warnanya agak pudar.

Kamera depan pada review Xiaomi Mi 9 Lite yang berkekuatan 32 megapiksel ini bisa dikatakan salah salah satu yang terbaik di kelasnya menurut tim Laptophia. Foto selfie kamera depan Xiaomi Mi 9 Lite mampu menghasilkan detail yang sangat tinggi, dynamic range yang luas, dan tone warna yang sangat menyenangkan untuk subyek manusia. Tak hanya itu, mode portrait kamera depan Xiaomi Mi 9 Lite juga mengagumkan. Jelas, smartphone Xiaomi Mi 9 Lite salah satu smartphone selfie terbaik dengan harga 4 juta-an dan sanggup bersaing depan ponsel lain yang lebih mahal.

Review Xiaomi Mi 9 Lite

Review Xiaomi Mi 9 Lite

Xiaomi Mi 9 Lite atau juga disebut sebagai Xiaomi CC9 adalah smartphone selfie sentris yang tak hanya mengandalkan kamera sebagai daya tarik utamanya. Ponsel ini menawarkan performa tinggi, daya tahan baterai memadai, dan desain yang cantik.

Sayangnya, Xiaomi Mi 9 Lite tidak masuk pasar Indonesia secara resmi sehingga produk yang beredar bergaransi distributor. Jika hadir secara resmi, tentu Xiaomi Mi 9 Lite akan jadi lawan tangguh bagi Vivo S1 Pro, Oppo A9 2020, Samsung Galaxy A51, dan juga Realme XT.

Layar

Xiaomi Mi 9 Lite dibekali spesifikasi layar yang sama persis dengan Mi 9T yang Laptophia ulas sebelumnya, yakni 6,39 inci dengan resolusi full HD+ yang menggunakan teknologi AMOLED. Layar AMOLED yang diusungnya tak jauh berbeda dengan layar ponsel flagship yang menawarkan kontras tinggi, tajam, warna yang sangat vivid dan begitu memanjakan mata, serta dapat menampilkan warna hitam yang pekat. Tak hanya itu, layar Mi 9 Lite ini kabarnya telah mendukung HDR (High Dynamic Range).

Viewing angle yang ditawarkan oleh layar Xiaomi Mi 9 Lite sangat luas dan respon touchscreen gegas, serta responsif. berbeda dengan Mi 9T, layar Mi 9 Lite ini tidak mengalami ghost touch saat ponsel digunakan sambil di-charge. Saat digunakan di bawah sinar matahari, Xiaomi Mi 9 Lite ini sangat memuaskan dan kita dapat melihat gambar atau tulisan di layar dengan jelas.
Baca juga:Xiaomi Redmi Note 8 Review: Lebih Baik dari Redmi Note 7?

Audio

Smartphone khusus selfie Xiaomi Mi 9 Lite ini dibekali dengan sebuah speaker yang menghadap ke bawah. Suara yang dihasilkan oleh smartphone Xiaomi Mi 9 Lite ini cukup keras. Kualitas suara yang dihasilkan terbilang baik, meski belum sebaik speaker Mi 9T. Suara speaker didominasi oleh treble, meski demikian suara vokal tetap terdengar jelas dan suara bass juga masih bisa dirasakan.

Tim Laptophia menjajal Xiaomi Mi 9 Lite dengan mendengarkan musik menggunakan headset Hi Res dari Philips TX2 untuk memainkan lagu-lagi rock dan metal. Keluaran suara yang tim Laptophia rasakan terbilang baik, volume suara kencang, detail, dan bass juga dirasa memadai. Kualitas suaranya masih dapat ditingkatkan dan disesuaikan dengan selera melalui fitur Mi Enhancer.

Memori

Smartphone triple kamera bergaya selfie sentris yang memiliki fitur NFC Xiaomi Mi 9 Lite ini menyisakan memori internal sekitar 52,07GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 3,2GB – 3,5GB. Smartphone yang menggunakan nama Xiaomi CC9 untuk pasar China ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya.

Baterai

Baterai menjadi salah satu keunggulan pada review Xiaomi Mi 9 Lite oleh tim Laptophia kali ini. Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4030mAh. Kapasitas ini terdengar tak jauh berbeda dengan smartphone menengah lainnya, tetapi performanya sungguh berbeda. Ponsel Mi 9 Lite juga mendukung fitur fast charging dengan daya maksimal hingga 18W.

Daya tahan baterai Xiaomi Mi 9 Lite ini cukup mumpuni menurut Laptophia, meski tidak mengejutkan seperti Xiaomi Mi 9T yang sudah diulas sebelumnya. Selama hampir tiga minggu menggunakan ponsel ini, rata-rata Laptophia dapat menggunakan Mi 9 Lite ini hingga seharian penuh atau bahkan lebih untuk penggunaan sosial media intensif, streaming, komunikasi sehari-hari, dan juga penggunaan kamera yang cukup sering.
Baca juga:Review Samsung Galaxy M30s: Performa Kian Kencang, Stamina Luar Biasa

Kesimpulan

Secara umum, Xiaomi Mi 9 Lite merupakan salah satu smartphone selfie sentrsi terbaik saat ini menurut Laptophia. Kemampuan kamera depannya untuk foto selfie bisa disandingkan dengan ponsel selfie sentris lain yang lebih mahal. Selain itu, Xiaomi Mi 9 Lite didukung kamera belakang yang mumpuni, performa yang cukup tinggi, dan juga daya tahan baterai yang sangat memadai untuk penggunaan harian. Fitur Xiaomi Mi 9 Lite juga terbilang lengkap di kelasnya.

Kelemahan utama Xiaomi Mi 9 Lite adalah tidak diluncurkan secara resmi di pasar Indonesia, sehingga produk yang beredar adalah BM atau ilegal. Ini mungkin akan bermasalah ketika Kominfo mulai menerapkan aturan pemblokiran IMEI. Selain hal tersebut, MIUI 11 yang digunakan oleh Xiaomi Mi 9 Lite menampilkan iklan yang mungkin mengganggu bagi sebagian pengguna.

Kelebihan Xiaomi Mi 9 Lite

  • Kamera depan dan belakang mumpuni di kelasnya
  • Performa kencang dan bersaing
  • Desain cantik dengan build quality mantap
  • Fitur lengkap

Kekurangan Xiaomi Mi 9 Lite

  • Tidak bergaransi resmi

Harga Xiaomi Mi 9 Lite

Harga smartphone Xiaomi Mi 9 Lite terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari toko online terkemuka tanah air adalah Rp 3.899.000 untuk varian 6GB/64GB. Adapun Xiaomi Mi 9 Lite varian 6GB/128GB yang dijual dengan harga yang lebih mahal, yakni Rp 4.399.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan masing-masing seller. Berdasarkan hasil review Xiaomi Mi 9 Lite oleh tim Laptophia di atas, smartphone ini laik dipertimbangkan di kelasnya.
Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Mi 9 Lite di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Mi 9 Lite

  • Sistem Operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka MIUI 10
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 710 AIE SDM710 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 360 Gold 2,2GHz dan quad-core Kryo 360 Silver 1,7GHz
  • Grafis Adreno 616
  • Quad kamera 48 megapiksel, sensor Sony IMX582 1/2 inci 0.8um piksel, aperture f/1.8, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash + 8 megapiksel sensor BSI 1/4 inci 1.12um piksel lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.2 + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 32 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL S5KGD1 1/2.8 inci 0.8um piksel, lensa 26mm aperture f/2.0, fixed focus
  • Layar sentuh 6,39 inci 2.5D, aspek rasio 19.5:9 dengan resolusi full HD+ 1080 x 2340 pixels, kerapatan 403 ppi (pixel per inch), 600nits, HDR, 16 juta warna, Super AMOLED, Corning Gorilla Glass 5
  • Memori RAM 6GB LPDDR4X, ROM 64GB atau 128GB UFS 2.1, dilengkapi slot microSD max 256GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, NFC, under display fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 156.8 x 74.5 x 8.7 mm dengan berat 179 gram
  • Baterai lithium pokymer 4030mAh non-removable, Qualcomm Quick Charge 3.0 18W
  • Warna Onyx Black, Aurora Blue, dan Pearl White
Anda mungkin suka:Amazfit GTR Review: Smartwatch Mewah dengan Baterai Tahan Lama