IBX582004D475488 Review Soul Upbeat High Performance Earphone, Cocok untuk Basshead!
Asus TUF Gaming FX505

Review Soul Upbeat High Performance Earphone, Cocok untuk Basshead!



Review Soul Upbeat High Performance Earphone, Cocok untuk Basshead! – Soul Upbeat High Performance Earphone atau lebih dikenal dengan sebutan Soul Upbeat meupakan sebuah hedaset jenis IEM (In-Ear Monitor) kelas entry-level yang cukup menarik. Headset Soul Upbeat ini diklaim menawarkan performa tinggi dan kejernihan di semua frekuensi, mulai dari low, mid, dan high. Penampilan fisik Soul Upbeat ini juga cukup minimalis dan tersedia dalam empat varian warna yang dapat dipilih sesuai selera.

Nama Soul sendiri sebenarnya belum setenar JBL, Sennheiser atau Audio Technica di pasar Indonesia. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Soul adalah sebuah brand yang fokus pada produk audio yang didirikan oleh artis bernama Ludacris pada 2010 silam. Kurang lebih sebulan yang lalu satu unit Soul Upbeat High Performance Earphone telah mendarat di Laptophia untuk dilakukan pengujian. Penasaran? Simak review Soul Upbeat High Performance Earphone oleh tim Laptophia kali ini!
Review Soul Upbeat High Performance Earphone, Cocok untuk Basshead!

Paket Pembelian Soul Upbeat

Paket Pembelian Soul Upbeat
  • Unit Soul Upbeat High Performance Earphone
  • Eartips silicon
  • Kartu garansi
  • User guide
Baca juga:Review Asus Zenbook Edition 30 UX334FL, Ultrabook Termewah Berdesain Super Premium

Desain Soul Upbeat

Desain Soul Upbeat

Desain Soul Upbeat

Sisi desain bisa menjadi salah satu keunggulan pada review Soul Upbeat High Performance Earphone kali ini menurut Laptophia. Headset besutan Soul by Ludacris ini tampil dengan desain minimalis, tetapi menarik. Headset IEM ini menggunakan housing berukuran cukup kecil dengan bentuk bulat, tanpa ada ornamen tambahan. ing dengan warna krom pada bagian depan membuat tampilan Soul Upbeat kian manis.

Housing Soul Upbeat ini cukup kuat dan solid karena terbuat dari bahan metal. Tentunya saat digenggam, kesan premium langsung terasa dan beda jauh dengan headset yang menggunakan housing berbahan plastik. Meski menggunakan material metal, bobot headset Soul Upbeat ini tetap ringan dan nyaman digunakan dalam waktu lama.

Headset besutan Soul ini dilengkapi dengan kabel berkualitas dengan panjang mencapai 1,2 meter. Tak hanya itu, kabel headset Soul Upbeat ini sudah anti-tangle atau tidak mudah ruwet. Hal yang unik adalah Soul Upbeat ini dilengkapi dengan tombol volume yang mengusung desain slider. Ini berbeda dari kebanyakan headset yang menggunakan model tombol.
Desain Soul Upbeat

Desain Soul Upbeat

Pada review Soul Upbeat kali ini, headset murah ini dilengkapi dengan microphone yang ditemani oleh sebuah tombol dan slider. Slider berfungsi untuk volume up dan volume down dengan cara di geser. Sedangkan tombolnya berfungsi untuk play/pause. Saat disambungkan ke smartphone, tombol tengah Soul Upbeat juga bisa digunakan untuk menerima atau menutup panggilan.

Tombol tengah Soul Upbeat ini juga bisa digunakan untuk next track dengan menekan tombol dua kali dan previous track dengan menekannya tiga kali. Sayangnya, fitur ini hanya berfungsi di smartphone Android yang Laptophia gunakan. Sedangkan di DAP Fiio M3k yang Laptophia gunakan tidak berfungsi.
Baca juga:Review Asus TUF Gaming FX505DY R5697T, Laptop Gaming AMD Ryzen Kencang dan Terjangkau

Review Soul Upbeat

Review Soul Upbeat

Soul Upbeat High Performance Earphone mencoba menarik perhatian pasar audio kelas entry-level di Indonesia. Harganya yang terjangkau dan build quality yang terbilang mantap menjadi modal utama untuk meraih simpati konsumen. Soal karakter suara, mungkin hal tersebut agak subyektif dan masing-masing pengguna memiliki perspektif sendiri. Lalu apakah karakter suara yang dihasilkan oleh Soul Upbeat akan disukai oleh konsumen tanah air?

Kualitas Suara

Tidak ada yang istimewa dari spesifikasi teknis pada review Soul Upbeat ini. Headset ini hanya mengandalkan sebuah driver dinamis berukuran 9mm yang telah di-tuning sedemikian rupa. Mereka menyebutnya sebagai Soul advanced driver. Soul mengklaim headset ini menawarkan kualitas suara dan clarity yang baik di semua frekuensi, benarkah?

Impresi awal Laptophia Blog saat mendengarkan musik melalui Soul Upbeat High Performance Earphone menggunakan DAP Fiio M3k, karakter suaranya agak warm dengan bass yang kuat. Bass yang dihasilkan oleh Soul Upbeat ini benar-benar “High Performance” dengan dentuman yang kuat, mendalam, dan kuantitas yang cukup melimpah. Laptophia sangat menikmati alunan bass di lagu-lagu rap seperti Believe Me dan In Stereo milik Fort Minor atau Mocking Bird milik Eminem.

Sayangnya, bass yang kuat ini tidak diimbangi dengan kecepatan atau responsifitas yang memadai. Hal ini terlihat saat Laptophia memainkan lagu Shogun milik Trivium yang mana dibuka dengan dentuman dobel pedal drum berkecepatan cukup tinggi. Soul Upbeat tampak keteteran menampilkan detail tersebut dan suara yang terdengar hanya cenderung mendengung. Laptophia menilai headset andalan Soul ini kurang cocok untuk lagu dengan tempo yang cepat.
Baca juga:Senfer DT6 Review: Triple Driver Unik dengan Suara Detail Mantap
Suara mid yang dihasilkan pada review Soul Upbeat High Performance Earphone ini terbilang lumayan. Suara vokal pria maupun wanita dapat disajikan dengan jelas, tetapi memang terasa kurang intim dan kurang menarik emosi pendengarkanya. Suara nada tinggi Tarja Turunen pada lagu Supremacy kurang terasa melengking dan tidak memberikan efek dramatis. Begitu juga suara distorsi gitar pada intro lagu Strife milik Trivium terasa kurang gahar.

Bagaimana dengan treble atau high? Laptophia merasa treble yang dihasilkan Soul Upbeat High Performance Earphone ini bisa dikatakan cukup, tidak menusuk. Namun, detail yang dihasilkan lagi-lagi kurang memuaskan. Pada lagu Sever The Hands milik Trivium, suara hi-hats, crash cymbal atau ride cymbal nyaris tidak dapat dibedakan. Soul Upbeat ini juga kurang cocok untuk memainkan lagu-lagu dengan instrumen rumit karena separasi antar instrumennya terbilang kurang oke. Selain itu, soundstage terbilang sempit.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Laptophia menjajal headset earbud murah Soul Upbeat High Performance Earphone ini dengan beberapa perangkat, seperti DAP Fiio M3k, Xiaomi Mi Note 10 Pro, Xiaomi Mi A3, Vivo Y19, dan laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Headset andalan Soul by Ludacris ini berjalan dengan baik tanpi ada masalah kompatibilitas. Tombol kontrol ini tidak berfungsi di DAP Fiio M3k.

Soal kenyamanan dan fitting, sebenarnya tim Laptophia tidak ada masalah dengan Soul Upbeat ini. Penggunaan dalam jangka waktu dua jam nonstop, headset jenis IEM ini masih relatif nyaman. Ukuran housingnya yang kecil dan ringan membuat headset ini tidak bermasalah ketika digunakan oleh orang dengan lubang telinga kecil sekalipun, asal menggunakan ukuran eartips yang tepat

Kesimpulan

Secara umum, Soul Upbeat ini merupakan sebuah headset IEM murah yang menawarkan performa bass yang cukup kuat, bertenaga, dan mendalam. Ini sangat cocok bagi basshead atau konsumen yang sering mendengarkan lagu EDM, rap atau hip-hop. Tak hanya itu, build quality Soul Upbeat ini sangat solid dan terkesan mewah. Ukurannya yang kecil dan ringan membuatnya nyaman digunakan.

Sayangnya, Soul Upbeat ini kurang mampu menyajikan detail dengan baik, terutama untuk mid dan high. Bass yang dihasilkan pun terasa berat dan kurang responsif. Soul Upbeat ini kurang cocok bagi yang sering mendengarkan lagu dengan tempo cepat, instrumen rumit atau lagu yang menonjolkan vokal. Meski demikian, Laptophia menilai Soul Upbeat High Performance Earphone laik dipertimbangkan di kelasnya.
Baca juga:Review Philips TX2, Headset IEM Hi Res dengan Detail Luar Biasa

Kelebihan Soul Upbeat

  • Bass kuat, cocok untuk basshead
  • Nyaman digunakan
  • Build quality solid

Kekurangan Soul Upbeat

  • Detail agak kurang
  • Separasi antar instrumen kurang oke
  • Soundstage sempit

Harga Soul Upbeat

Soul Upbeat merupakan sebuah headset bertipe IEM dengan harga murah yang menawarkan karakter suara yang cocok untuk menyuka bass atau basshead. Harga headset Soul Upbeat terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 220.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan promo yang digelar oleh masing-masing penjual. Berdasarkan hasil review Soul Upbeat High Performance Earphone, bass menjadi daya tarik utamanya.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh headset IEM Soul Upbeat High Performance Earphone ini sangat menyenangkan dengan bass yang kuat dan nyaman digunakan. Tak hanya itu, headset besutan vendor yang didirikan oleh artis Ludacris ini juga menawarkan build quality yang solid dengan kabel yang berkualitas. Sayangnya, detail yang dihasilkan memang agak kurang. Secara umum, Soul Upbeat sangat laik dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan headset IEM dengan bass yang kuat.
Anda dapat membeli atau cek promo Soul Upbeat di Sini (Klik)

Spesifikasi Soul Upbeat

  • Model: Soul Upbeat High Performance Earphone
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe dinamis dengan Soul advanced driver
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 93±3dB
  • Output maksimal 5 mW
  • Berat: 15 gram
  • Diameter driver 9 mm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 20Hz – 20kHz
  • Dilengkapi microphone
  • Kabel berkualitas baik
Anda mungkin suka:Review Asus Zenbook 14 UX434FLC, Ultrabook Ringkas dengan ScreenPad 2.0

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!