IBX582004D475488 Review Senfer PT15: Earbud Berkualitas dengan Kabel MMCX
Asus Zenbook 14

Review Senfer PT15: Earbud Berkualitas dengan Kabel MMCX



Review Senfer PT15: Earbud Berkualitas dengan Kabel MMCX – Senfer PT15 adalah sebuah earbud kelas low-end yang sangat menarik ditengah ramainya serbuan headset jenis IEM (In-Ear Monitor). Rata-rata vendor headset saat ini fokus menghadirkan headset jenis IEM dengan aneka inovasinya. Namun, sebenarnya banyak penikmat musik yang lebih suka menggunakan headset jenis earbud seperti Senfer PT15 ketimbang IEM. Meski isolasi suaranya tak sebagus IEM, mendengarkan musik melalui earbud seperti Senfer PT15 memiliki sensasi tersendiri.

Seperti yang pernah Laptophia singgung pada apad artikel review Senfer DT6 sebelumnya, nama Senfer adalah brand audio asal Tiongkok dan namanya masih belum populer di Indonesia. Meski belum terdengar di pasar tanah air, kualitas suara yang ditawarkan oleh produk-produk Senfer ini bersaing dengan nama besar lain seperti KZ, QKZ, Xiaomi, JBL, Audio Technica, Philips dan sebagainya. Pabrikan asal China ini ternyata masih menggarap pasar earbud melalui produk unggulannya, Senfer PT15. Penasaran? Simak review Senfer PT15 oleh tim Laptophia kali ini.
Review Senfer PT15: Earbud Berkualitas dengan Kabel MMCX

Paket Pembelian Senfer PT15

Paket Pembelian Senfer PT15
  • Unit Senfer PT15
  • Foam earbud (dua pasang)
  • Shirt clip
  • Case

Desain Senfer PT15

Desain Senfer PT15

Desain Senfer PT15

Desain dan build quality bisa dikatakan sebagai salah satu keunggulan pada review Senfer PT15 kali ini. Earbud dengan harga di bawah Rp 200 ribu ini menunjukkan kelasnya dengan material yang sangat kuat dan solid. Berbeda dengan kebanyakan earbud murah yang menggunakan housing plastik, Senfer PT15 ini dibalut dengan housing metal yang tebal dan kuat. Sementara pada bagian speaker grill tampak menggunakan material aluminium.

Material metal yang solid [ada headset Senfer PT15 ini membuat bobotnya sedikut lebih berat, meski hal ini tidak mengganggu. Earbud Senfer PT15 ini sebenarnya tersedia dalam tiga varian warna, yakni Black, Red, dan Blue. Kebetulan unit Senfer PT15 yang tim Laptophia terima adalah warna hitam dengan finishing metalik yang keren. Sekilas memang bentuk atau konsep desain dari Senfer PT15 ini tak jauh berbeda dengan earbud tradisional yang beredar di pasar.

Salah satu keunggulan Senfer PT15 ini adalah mengusung konsep detachable atau kabel yang dapat dilepas dan diganti dengan menggunakan antarmuka MMCX. Pengguna dapat mengganti kabel yang rusak atau upgrade ke kabel yang lebih berkualitas yang kompatibel dengan MMCX. Kabel bawaan Senfer PT15 sendiri panjanganya 1,2 meter dengan bentuk yang unik karena terdiri dari beberapa kabel yang terusun seperti rambut yang dikepang. Senfer PT15 dilengkapi jack 3,5mm tipe straight.
Desain Senfer PT15

Desain Senfer PT15

Baca juga:Soundmagic E10C Review: Headset IEM Terbaik di Kelasnya
Pada ulasan Senfer PT15 kali ini, headset earbud murah ini dilengkapi dengan microphone yang ditemani oleh tiga buah tombol. Ketiga tombol tersebut berfungsi untuk volume up, volume down, dan play/pause. Saat disambungkan ke smartphone, tombol tengah Senfer PT15 juga bisa digunakan untuk menerima atau menutup panggilan.

Tombol tengah Senfer PT15 ini juga bisa digunakan untuk next track dengan menekan tombol dua kali dan previous track dengan menekannya tiga kali. Sayangnya, fitur ini hanya berfungsi di smartphone. Sedangkan di DAP seperti Fiio M3k yang Laptophia gunakan fitur tombol ini tidak berfungsi.

Review Senfer PT15

Review Senfer PT15

Senfer PT15 bisa menjadi pilihan bagi penikmat musik yang menyukai tipe earbud karena kini pilihannya tak terlalu banyak di pasaran. Setidaknya, pengembangan dan inovasi earbud tak secepat jenis IEM. Beberapa orang ada yang merasa tidak nyaman menggunakan headset jenis IEM, meski isolasi suaranya lebih baik. Lalu sebaik apakah kualitas suara yang dihasilkan earbud murah Senfer PT15 ini? Tim Laptophia telah menggunakannya selama kurang lebih dua bulan untuk merasakan kehebatannya.

Kualitas Suara

Senfer PT15 ini dibekali dengan sebuah driver dinamis yang berukuran cukup besar di kelasnya dan menggunakan material graphene. Saat pertama kali mendengarkan musik dengan Senfer PT15, tim Laptophia cukup terkejut karena kualitas suaranya diluar dugaan untuk harga di bawah Rp 200 ribu! Tim Laptophia sudah menjajal mendengarkan musik dengan volume tinggi dan Senfer PT15 mampu mengakomodasinya tanpa terjadi distorsi atau suara pecah.

Karakter suara Senfer PT15 ini secara umum bisa dikatakan nyaris flat atau setidaknya berorientasi netral. Earbud Senfer PT15 ini mampu menghasilkan suara bass yang cukup punchy dan bertenaga, tetapi kurang mendalam. Kuantitas bass-nya sudah memadai menurut Laptophia, tetapi bagi basshead mungkin masih kurang nendang. Saat memainkan lagu Waking The Demon milik BUllet For My Valentine, suara bass dan sub bass dirasa cukup memadai.

Sedangkan untuk sektor mid, Senfer PT15 ini cukup cukup dominan dan jernih. Suara vokal terdengar sangat jelas dan detail, baik suara laki-laki maupun perempuan. Laptophia saat menikmati suara vokal Tarja Turunen di lagu Supremacy yang mampu disajikan dengan baik oleh Senfer PT15, nada tinggi yang melengking dan terdengar cukup intim. Earbud murah ini juga mempu menghasulkan suara screaming yang garang dan bertekstur pada lagu seperti Sever The Hand milik Trivium.
Baca juga:Review Nakamichi N7, IEM Suara Jernih dengan Bass yang Mantap!
Sedangkan untuk high atau treble, Senfer PT15 ini tampaknya cukup kalem dengan detail yang cukup baik. Satu hal yang Laptophia suka dari Senfer PT15 ini adalah soundstage yang dihasilkan cukup luas untuk sebuah earbud dengan harga yang terjangkau. Tak hanya itu, imaging yang dihasilkan Senfer PT15 ini terbilang mengesankan. Ini terlihat saat memainkan bagian tengah lagi Sever The Hand yang berpindah dari telinga kanan ke kiri atau sebaliknya dengan smooth dan menyenangkan.

Separasi antar instrumen yang disajikan oleh headset earbud Senfer PT15 ini tampaknya kurang menggembirakan. Headset ini tampaknya kurang mampu menghasilkan separasai instrumen dan detail untuk lagu-lagu yang rumit dan melibatkan banyak instrumen, misalnya lagu symphonic metal dari Nightwish atau Epica.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Laptophia menjajal headset earbud murah Senfer PT15 ini dengan beberapa perangkat, seperti DAP Fiio M3k, Xiaomi Mi Note 10 Pro, Xiaomi Mi A3, Vivo Y19, dan laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Headset andalan Senfer ini berjalan dengan baik tanpi ada masalah kompatibilitas. Tombol kontrol ini tidak berfungsi di DAP Fiio M3k.

Soal kenyamanan dan fitting, sebenarnya tim Laptophia tidak ada masalah dengan Senfer PT15 ini. Penggunaan dalam jangka waktu dua jam nonstop, headset jenis earbud ini masih relatif nyaman. Namun, bagi yang memiliki telinga agak kecil mungkij kurang nyaman dengan Senfer PT15 yang ukurannya agak besar dan bobotnya cukup berat.

Kesimpulan

Secara umum, Senfer PT15 ini merupakan sebuah headset jenis earbud entry-level yang tampil dengan build quality yang kokoh dan solid. Kualitas suara yang dihasilkan terbilang mantap di kelasnya, dengan karakter flat atau netral. Keunggulan utama Senfer PT15 menurut Laptophia adalah mampu menghasilkan kualitas suara yang jernih, soundstage luas, dan imaging yang mengesankan. Jelas, Senfer PT15 ini merupakan salah satu earbud paling laik beli dengan harga di bawah Rp 200 ribu.
Baca juga:Review BlitzWolf BW-ES2: Headset Dual Driver Harga Terjangkau

Kelebihan Senfer PT15

  • Kualitas suara mantap di kelasnya
  • Build quality solid dan mewah
  • Kabel MMCX anti ruwet dan detachable
  • Harga terjangkau

Kekurangan Senfer PT15

  • -

Harga Senfer PT15

Senfer PT15 adalah salah satu earbud berkualitas dengan build quality yang mantap dan kualitas suara yang tak bisa dipandang sebelah mata. Harga earbud atau headset Senfer PT15 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 180 ribu-an atau rata-rata di bawah Rp 200 ribu. Berdasarkan hasil review Senfer PT15 yang telah tim Laptophia lakukan, headset jenis earbud ini sangat laik dipertimbangkan dan sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Karakter suara yang nyaris flat dengan didukung detail yang cukup baik di kelas entry-level menjadi daya tarik utama Senfer PT15 menurut Laptophia. Tak hanya soal kualitas suara, build quality Senfer PT15 merupakan salah satu yang terbaik dan paling solid di kelasnya. Kabel bawaan Senfer PT15 relatif berkualitas dan anti-ruwet. Selain itu, pengguna dapat melakukan upgrade ke kabel yang berkualitas dengan antarmuka MMCX. Secara umum, Senfer PT15 sangat cocok bagi konsumen yang membutuhkan earbud dengan harga yang terjangkau.
Anda dapat membeli atau cek promo Senfer PT15 di Sini (Klik)

Spesifikasi Senfer PT15

  • Model: Senfer PT15
  • Jenis headset: earbud
  • Tipe dinamis dengan driver Graphene
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 120±2dB
  • Input power maksimal 30 mW
  • Berat: 15 gram
  • Diameter driver 13,5 mm Graphene
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 15Hz-25KHz
  • Dilengkapi microphone
  • Kabel berkualitas, anti ruwet, detachable dengan antarmuka MMCX
  • Warna Black, Red, dan Blue
Anda mungkin suka:Review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY, Ternyata Kualitasnya Begini…

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!