IBX582004D475488 Review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY, Ternyata Kualitasnya Begini…
Asus ROG Phone 3

Review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY, Ternyata Kualitasnya Begini…



Review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY, Ternyata Kualitasnya Begini… – Xiaomi selama ini tak hanya dikenal sebagai produsen smartphone, tetapi juga memiliki lini produk audio yang cukup populer. Pabrikan asal Tiongkok ini sempat naik daun dengan jajaran headset seri Piston dan dilanjutkan oleh lini Mi In-Ear Headphones. Seri terbaru yang belum lama ini masuk pasar Indonesia adalah Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY.

Headset ini di luar negeri juga sering disebut sebagai Xiaomi Mi Dual Driver half in-ear. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia yang sudah melakukan review beberapa headset Xiaomi, rata-rata kualitasnya tidak mengecewakan. Lalu bagaimana dengan headset Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY ini? Berikut review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY lengkap oleh tim Laptophia!
Review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY, Ternyata Kualitasnya Begini…

Paket Pembelian Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY

Paket Pembelian Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY
  • Unit Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY
  • Manual
Baca juga:JBL C150SI Review: Headset Murah dengan Bass Mantap!

Desain Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY

Desain Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY

Tak ada yang istimewa dari desain fisk pada review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY kali ini. Headset andalan Xiaomi ini bertipe earbud atau yang serung disebut sebagai half in-ear. Konsep desain headset Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY ini sekilas tak jauh berbeda dengan Apple Earpod. Selama ini memang sudah banyak vendor headset yang “terinspirasi” dari desain headset Apple Earpod, termasuk headset Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY ini, meski bentuk detailnya sedikit berbeda.

Housing Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY ini terbuat dari bahan plastik atau polikarbonat yang tersedia dalam dua varian warna, yakni hitam dan putih. Kebetulan unit yang Laptophia terima berwarna hitam, sehingga tidak mudah kotor. Jujur saja, materaial housing yang digunakan oleh headset andalan Xiaomi ini terasa agak murahan. Housing plastik tersebut menggunakan finishing glossy yang terasa agak tipis dan mudah meninggalkan goresan halus.

Bobot headset pada review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY ini terbilang sangat ringan dan tidak dilengkapi foam dalam paket pembeliannya. Tampaknya, headset ini didesain untuk digunakan tanpa tambahan foam. Pada bagian bawah terdapat housing untuk microphone yang juga terbuat dari material plastik yang sama dengan yang digunakan pada earbud.  Terdapat tiga tombol yang berfungsi sebagai play/pause, tombol volume up, dan tombol volume down. Ketiga tombol tersebut menggunakan material karet yang cukup empuk, tetapi kurang nyaman saat dipencet.
Desain Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY
Baca juga:Soundmagic E10C Review: Headset IEM Terbaik di Kelasnya
Kabel pada review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY kali ini panjangnya 1,25 meter dengan lapisan berwarna hitam yang cukup kuat dan terasa lentur. Material kabel headset ini cukup baik dan tidak mudah ruwet.

Sayangnya, kabel Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY ini tidak dilengkapi sleeve atau pelindung, mengingat harganya hampir Rp 200 ribu. Sedangkan jack 3,5mm pada headset Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY ini bertipe L-Shape 90 derajat dengan kualitas yang cukup baik menurut Laptophia. Secara umum, build quality headset Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY terbilang standar saja.

Review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY

Review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY

Pada review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY kali ini Laptophia mengharapkan kualitas suara yang meyakinkan. Terlebih, Xiaomi selama ini memiliki track record bagus untuk produk audio, termasuk headset. Dukungan teknologi dual driver dan harga yang kompetitif menjadi daya tarik utama Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY menurut Laptophia. Namun, setelah lebih dari sebulan mengguunakan headset andalan Xiaomi ini, ternyata hasilnya berbeda dari perkiraan.

Kualitas Suara

Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY ini merupakan sebuah headset dual driver yang menggunakan teknologi piezoelektrik yang sejauh ini tidak banyak yang mengimplementasikannya di produk headset. Setelah sebulan melakukan uji pakai headset Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY, tim Laptophia agak terkejut dengan kualitas suaranya yang ternyata dibawah ekspektasi. Kualitas suaranya mungkin masih memadai bagi pendengar musik kasual, tetapi tidak cocok bagi yang memperhatikan detail suara.

Suara mid bass memang agak dominan di review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY kali ini. Hal ini membuat sub bass menjadi kurang terdengar dan bass secara umum terasa kurang mendalam. Suara vokalnya juga terasa agak aneh. Hal ini cukup terasa saat Laptophia memutar lagu-lagu lawas dari Metallica seperti Until It Sleeps,  Low Man’s Lyric, dan juga My Friend of Misery. Suara vokal James Hetfield terasa agak berat dan kadang tertutup mid bass yang agak boomy.

Saat memainkan lagu The Sin And The Sentence dari Trivium, suara dobel pedal drum-nya tidak terdengar memuaskan. Hal yang sama juga Laptophia rasakan pada bagian vokal Matt Heafy yang terdengar agak aneh. Bagi penggemar bass atau basshead, mungkin kurang cocok dengan karakter suara Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY. Sedangkan untuk high atau treble, Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY ini laik mendapat acungan jempol dengan tingkat detail yang tinggi dan tidak menusuk telinga.
Baca juga:Review JBL T205, Headset Keren dengan Kabel Anti Ruwet!
Sound stage headset Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY ini terasa agak sempit dan kurang cocok untuk memainkan musik dengan instrumen yang rumit. Separasi antar instrumen dari headset andalan Xiaomi ini juga kurang memuaskan. Hal ini Laptophia rasakan saat memutar lagu-lagu Nightwish seperti Storytime, Weak Fantasy, dan sebagainya. 

Kompatibilitas & Kenyamanan

Selama proses review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY, beberapa smartphone yang digunakan antara lain Pocophone F1 by Xiaomi, Realme 3 Pro, dan Vivo Y17. Headset ini berfungsi dengan sebagai mana mestinya dan ketiga tombol bawaannya juga kompatibel. Headet andalan Xiaomi ini cukup nyaman digunakan dalam waktu lama dan tidak mudah membuat telinga terasa panas. Isolasi terhadap suara dari luar pada headset Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY ini cukup baik, meski tidak dilengkapi foam.

Kesimpulan

Secara umum, review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY ini memang belum sesuai dengan harapan tim Laptophia. Dukungan teknologi dual driver yang dipadu dengan piezoelektrik menjadi dua inovasi yang menarik di headset ini. Kualitas suaranya memang belum memenuhi ekspektasi, tetapi sudah memadai untuk sekadar mendengarkan musik, mendengarkan audiobook atau bahkan untuk berkomunikasi melalui telepon.

Karakter suara yang dominan pada mid bass, sound stage yang kurang luas, dan bass yang kurang mendalam memang menjadi alasan kuat untuk penikmat audio mengalihkan pilihan ke headset lain. Tak hanya itu, build quality Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY memang cukup solid, tetapi material plastik yang digunakan terasa agak murahan. Secara umum, Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY masih bisa dipertimbangkan bagi penikmat musik kasual. Sedangkan konsumen yang concern dengan kualitas dan detail suara, bisa beralih ke headset lain.

Kelebihan Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY

  • Teknologi dual driver
  • Nyaman digunakan
  • Kabel tidak mudah ruwet

Kekurangan Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY

  • Material terasa murahan
  • Kualitas suara biasa saja

Harga Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY

Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY merupakan headset terbaru yang menawarkan teknologi dual driver yang mumpuni dengan kualitas baik. Harga Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 199.000. Berdasarkan hasil review Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY yang telah Laptophia lakukan, headset ini menawarkan performa dan kualitas suara yang sebenarnya biasa saja dan tidak ada yang istimewa.

Hal yang paling disayangkan oleh tim Laptophia adalah penggunaan material housing pada Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY yang terasa agak murahan. Selain itu, meski sudah mengandalkan dua buah driver, kualitas suaranya masih belum memenuhi ekspektasi Laptophia sebagai sebuah headset dengan harga Rp 200 ribu-an. Secara umum, Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY ini relatif standar dan bagi yang membutuhkan kualitas suara yang lebih dengan build quality yang lebih baik bisa beralih ke kandidat headset lain.
Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Mi Dual Driver BRE01JY

  • Model: Honor Mi Dual Driver BRE01JY
  • Jenis headset: Earbud
  • Tipe dual driver
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 105±3dB
  • Rated power 5mW
  • Berat: 14 gram
  • Diameter driver 12,5 mm
  • Panjang kabel: 1,25 m
  • Jenis Plug: L shape 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 20 - 40KHz
  • Microphone
  • Kabel standar, tidak dilengkapi Sleeve
Anda mungkin suka:Review Honor AM116, Headset Murah Kualitas Suara Menyenangkan

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!