IBX582004D475488 Review BlitzWolf BW-ES2: Headset Dual Driver Harga Terjangkau
Asus ROG Phone 3

Review BlitzWolf BW-ES2: Headset Dual Driver Harga Terjangkau



Review BlitzWolf BW-ES2: Headset Dual Driver Harga Terjangkau – BlitzWolf adalah salah satu produsen aksesoris asal Tiongkok yang menelurkan aneka produk berkualitas. Setelah sebelumnya Laptophia mengulas headset IEM BlitzWolf BW-ES1 Graphene, kini kami berkesempatan mengulas headset IEM BlitzWolf BW-ES2. Berbeda dengan seri ES1 yang mengandalkan single driver Graphene, BlitzWolf BW-ES2 hadir dengan konsep dual dynamic driver yang diklaim mampu menghasilkan kualitas audio yang mumpuni di kelasnya.

Fenomena headset IEM multi driver sebenarnya bukan hal yang baru dan sudah banyak vendor headset lain yang mengaplikasikannya. Melalui seri BW-ES2, BlitzWolf tampaknya tak ingin kalah bersaing dan dan menjanjikan kualitas suara yang memuaskan. Jika dibandingkan dengan seri ES1, harga BlitzWolf BW-ES2 memang sedikit lebih mahal. Lalu apakah kualitas suaranya mampu mengalahkan varian ES1? Simak ulasan atau review BlitzWolf BW-ES2 oleh tim Laptophia kali ini!
Review BlitzWolf BW-ES2: Headset Dual Driver Harga Terjangkau

Paket Pembelian BlitzWolf BW-ES2

Paket Pembelian BlitzWolf BW-ES2
  • Unit BlitzWolf BW-ES2
  • Eartips silicon
  • Shirt clip
  • Kartu garansi
  • User guide
  • Pouch
Baca juga:Review Xiaomi Mi In-Ear Headphones Basic, Headset di Bawah 100 Ribu Terbaik

Desain BlitzWolf BW-ES2

Desain BlitzWolf BW-ES2

Desain BlitzWolf BW-ES2

Penampilan atau desain fisik pada review BlitzWolf BW-ES2 ini tampak jauh berbeda dengan seri BW-ES1. Tampaknya penggunaan konsep dual dynamic driver membuat BlitzWolf BW-ES2 harus mengusung desain housing yang berbeda. Headset IEM ini dibalut dengan housing berbahan plastik dengan detail yang cukup unik dan futuristik. Pada housing BlitzWolf BW-ES2 ini terdapat semacam punuk yang terbuat dari bahan karet untuk mendukung kenyamanan.

Ukuran housing BlitzWolf BW-ES2 ini memang agak besar dan jauh dari kesan sederhana seperti seri BW-ES1. Namun, bahan plastik yang digunakan oleh headset BlitzWolf BW-ES2 ini membuatnya terasa agak murahan. Bandingkan dengan BW-ES1 yang menggunakan housing aluminium yang terasa lebih premium. Selain itu, desain asimetris membuat kepala BlitzWolf BW-ES2 ini agak miring dengan sudut elevasi 60 derajat guna mendukung kenyamanan atau fitting saat di telinga.

Build quality pada review BlitzWolf BW-ES2 sebenarnya cukup solid, hanya saja terasa kurang premium. Headset besutan vendor asal Tiongkok ini dilengkapi dengan kabel berkualitas berwarna merah dengan panjang mencapai 1,25 meter. Tak hanya itu, kabel headset BlitzWolf BW-ES2 ini sudah anti-tangle atau tidak mudah ruwet. Headset IEM BlitzWolf BW-ES2 menggunakan jack 3,5mm yang lurus dan dilapisi emas agar lebih awet dan tahan dari korosi.
Baca juga:Soundmagic E10C Review: Headset IEM Terbaik di Kelasnya
Pada ulasan BlitzWolf BW-ES2 kali ini, headset murah ini dilengkapi dengan microphone yang ditemani oleh tiga buah tombol. Ketiga tombol tersebut berfungsi untuk volume up, volume down, dan play/pause. Saat disambungkan ke smartphone, tombol tengah BlitzWolf BW-ES2 juga bisa digunakan untuk menerima atau menutup panggilan.

Tombol tengah BlitzWolf BW-ES2 ini juga bisa digunakan untuk next track dengan menekan tombol dua kali dan previous track dengan menekannya tiga kali. Sayangnya, fitur ini hanya berfungsi di smartphone. Sedangkan di DAP seperti Fiio M3k yang Laptophia gunakan fitur tombol ini tidak berfungsi.

Review BlitzWolf BW-ES2

Review BlitzWolf BW-ES2

Dukungan dual dynamic driver menjadi salah satu daya tarik dari headset IEM BlitzWolf BW-ES2 yang dijual dengan harga yang terbilang cukup terjangkau. Melihat performa dan kualitas suara yang dihasilkan oleh BlitzWolf BW-ES1, tim Laptophia cukup optimis bahwa headset ini dapat menghasilkan kualitas suara yang lebih baik berkat dukungan konsep dual driver. Meski sebenarnya, dual driver sendiri belum tentu lebih baik daripada single driver.

Melihat harga yang ditawarkan, BlitzWolf BW-ES2 ini tampaknya akan bersaing dengan headset IEM lain seperti Xiaomi In-Ear Pro HD, Xiaomi In-Ear Pro 2, 1More Voice of China, Sony MDR EX155AP, KZ ZSN Pro, dan sebagainya. Lalu mampukah BlitzWolf BW-ES2 berkompetisi di kelasnya?

Kualitas Suara

BlitzWolf BW-ES2 dibekali dua buah driver dinamis berukuran 6mm Ukuran drivernya memang jauh lebih kecil ketimbang BlitzWolf BW-ES1 yang berukuran 10mm. BlitzWolf melalui website resminya mengatakan bahwa dukungan dual driver dapat menghasilkan suara treble yang bright dan bass yang mendalam, serta vokal dengan detail yang baik. Tak hanya itu, dual driver juga dapat meningkatkan daya kejut dan kuantitas suara yang sebanding dengan dual hybrid driver.

Impresi awal saat menggunakan headset BlitzWolf BW-ES2 menurut tim Laptophia cukup baik dengan karakter suara yang agak warm. Bass yang dihasilkan oleh BlitzWolf BW-ES2 ini sebenarnya cukup kuat dan mendalam. Hal ini Laptophia rasakan saat memainkan lagu Dedicated – Linkin Park dan In Stereo – Fort Minor.

Namun untuk lagu dengan dobel pedal drum atau bass yang cepat, BlitzWolf BW-ES2 ini keteteran dan kehilangan detail. Hal ini terasa saat memainkan lagu The Sins And The Sentence – Trivium, suara dobel pedal drumnya terdengar mendengung dan kurang punchy.

Suara vokal yang dihasilkan headset BlitzWolf BW-ES2 ini cukup jelas, tetapi pada beberapa lagu terdengar agak mundur. Suara vokalnya kurang bertekstur seperti suara scream Matt Heafy di lagu Sever The Hand tampak kurang gahar dan kasar. Hal yang sama juga Laptophia rasakan pada vokal wanita seperti pada lagu Supremacy yang mana suara Tarja Turunen kurang intim dan emosional, serta saat melengkin nada tinggi juga kurang memuaskan.
Baca juga:Review Lenyes S805, Speaker Portabel NFC Murah yang Menggelegar
Sedangkan untuk treble atau high, BlitzWolf BW-ES2 ini tampak malu-malu dan kurang detail. Hal ini sangat terasa saat memainkan lagu yang kaya suara treble seperti Sever The Hands milik Trivium. Laptophia menilai BlitzWolf BW-ES2 kurang cocok untuk memainkan lagu berkarakter bright. Separasi antar instrumen pada headset dual driver BlitzWolf BW-ES2 ini cukup baik, meski masih belum sebaik seri BW-ES1. Sound stage tidak terlalu luas dan saat memainkan lagu symponic metal seperti The Poet And The Pendulum – Nightwish terasa kurang megah.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Laptophia menjajal headset BlitzWolf BW-ES2 dual dynamic driver ini dengan beberapa perangkat, seperti DAP Fiio M3k, Xiaomi Mi 9T, Xiaomi Redmi Note 8 Pro, Samsung Galaxy M30s, dan laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Headset andalan BlitzWolf ini berjalan dengan baik tanpi ada masalah kompatibilitas. Namun, tombol kontrol ini tidak berfungsi di DAP Fiio M3k.

Soal kenyamanan dan fitting, tampaknya BlitzWolf BW-ES2 ini masih kalah dengan BlitzWolf BW-ES1 Graphene. Hal ini tak lepas dari desain housing BlitzWolf BW-ES2 yang lebih besar, sehingga kurang nyaman jika digunakan pada telinga yang berukuran kecil. Laptophia sendiri merasa lelah menggunakan headset IEM dual driver ini setelah dua jam non stop untuk mendengarkan musik. Beruntung, kemampuan isolasi suara dari luar headset BlitzWolf BW-ES2 cukup baik.

Kesimpulan

Secara umum, BlitzWolf BW-ES2 merupakan sebuah headset dual dynamic driver yang cukup menarik dengan harga yang terjangkau. Kualitas suara yang dihasilkan headset tipe IEM ini juga cukup memuaskan dengan karakter yang agak warm dengan bass yang cukup kuat, meski kurang responsif. Jika dibandingkan, tim Laptophia lebih menyukai BlitzWolf BW-ES1 ketimbang seri dual driver ini. Meski demikian, BlitzWolf BW-ES2 merupakan headset IEM yang layak dipertimbangkan.
Baca juga:Review Microwear L7 Smartwatch, Desain Mewah Kaya Fitur

Kelebihan BlitzWolf BW-ES2

  • Kualitas suara baik dan jernih
  • Mengusung dual dynamic 6mm driver
  • Harga kompetitif
  • Paket penjualan lengkap

Kekurangan BlitzWolf BW-ES2

  • Bass kurang baik

Harga BlitzWolf BW-ES2

BlitzWolf BW-ES2 merupakan headset IEM yang sudah mengusung konsep dual dynamic driver yang dijual dengan harga terjangkau. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka tanah air (20/11/2019) harga BlitzWolf BW-ES2 terbaru di Indonesia adalah Rp 299.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar atau promo yang berlaku. Berdasarkan hasil review BlitzWolf BW-ES2 yang telah tim Laptophia lakukan, jelas headset ini cukup laik dipertimbangkan bagi penikmat musik.

Kualitas suara yang dihasilkan bisa dikatakn baik dan powerful. Headset BlitzWolf BW-ES2 ini mengusung karakter suara yang agak warm dengan detail yang cukup baik. Secara umum, headset IEM BlitzWolf BW-ES2 ini dapat dipertimbangkan bagi penikmat musik yang ingin merasakan sensasi dual dynamic driver dengan harga yang terjangkau. Selain itu, headset BlitzWolf BW-ES2 ini juga mudah dijumpai di e-commerce dan marketplace di Indonesia.
Anda dapat membeli atau cek promo BlitzWolf BW-ES2 di Sini (Klik) atau di Sini (Klik)

Spesifikasi BlitzWolf BW-ES2

  • Model: BW-ES2
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe dinamis dengan dual driver
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 108±3dB
  • Output maksimal 5 mW
  • Berat: 17 gram
  • Diameter driver 2 x 6 mm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 20Hz – 40kHz
  • Dilengkapi microphone
  • Kabel berkualitas baik
Anda mungkin suka:Review Asus ZenBook UM431DA: Ultrabook Ringkas dan Premium Powerful Tak Lagi Mahal

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!