IBX582004D475488 Review Senfer DT6 Pro, IEM Quad Driver Bersuara Detail dan Bertenaga
ASUS VivoBook 14 K413

Review Senfer DT6 Pro, IEM Quad Driver Bersuara Detail dan Bertenaga



Review Senfer DT6 Pro, IEM Quad Driver Bersuara Detail dan Bertenaga – Setelah sebelumnya cukup terkesan saat mengulas Senfer DT6 dan PT15, Laptophia memutuskan untuk membeli dan mengulas headset IEM (In-Ear Monitor) Senfer DT6 Pro. Seri Senfer DT6 Pro ini bisa dikatakan sebagai upgrade dari Senfer DT6. Keunggulan utama Senfer DT6 Pro ini adalah didukung empat buah driver yang terdiri dari tiga jenis driver, yakni dinamis, dua buah balanced armature, dan ceramic piezoelectric driver.

Meski nama Senfer masih belum terlalu familiar di kalangan konsumen tanah air, tetapi vendor asal Tiongkok ini terus konsisten menelurkan produk yang berkualitas. Tim Laptophia sendiri cukup puas dengan karakter suara dan kualitas dari jajaran headset besutan Senfer ini. Lalu bagaimana kualitas dan performa headset IEM Senfer DT6 Pro ini? Simak review Senfer DT6 Pro yang telah dua bulan terakhir ini digunakan sebagai daily driver oleh tim Laptophia.

Review Senfer DT6 Pro, IEM Quad Driver Bersuara Detail dan Bertenaga

Paket Pembelian Senfer DT6 Pro

Paket Pembelian Senfer DT6 Pro
  • Unit IEM Senfer DT6 Pro warna Black
  • Eartips silicon
  • Shirt clip
  • Kartu garansi dan User guide

Baca juga:Review Shure Aonic 215: TWS Mewah dengan Suara Berkualitas

Desain Senfer DT6 Pro

Desain Senfer DT6 Pro

Desain Senfer DT6 Pro

Desain Senfer DT6 Pro

Serupa dengan Senfer DT6, headset IEM Senfer DT6 Pro ini dibalut dengan housing berbahan logam yang cukup tebal dan kuat, serta mengusung finishing yang mengkilap. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Senfer DT6 Pro ini tersedia dalam empat varian warna, yakni Gold, Blue, Gray, dan Black. Kebetulan unit Senfer DT6 Pro yang Laptophia gunakan pada review kali ini berwarna hitam.

Material metal yang digunakan pada housing Senfer DT6 Pro membuatnya terasa agak berat. Konsep desain housing headset ini sedikit berbeda dari Senfer DT6 yang mengusung empat buah lubang ventilasi pada sisi belakang, kini digantikan oleh lengkungan ventilasi berukuran besar. Bentuk nozzle Senfer DT6 Pro ini agak memanjang dan asimetris guna mendukung kenyamanan saat digunakan.

Sama seperti pendahulunya, keunggulan review Senfer DT6 Pro kali ini adalah dilengkapi detachable atau kabel yang dapat dilepas dan digangi dengan menggunakan antarmuka MMCX. Pengguna dapat mengganti kabel yang rusak atau upgrade ke kabel yang lebih berkualitas yang kompatibel dengan MMCX. Kabel bawaan Senfer DT6 Pro sendiri panjanganya 1,2 meter dengan bentuk yang unik karena terdiri dari beberapa kabel yang terusun seperti rambut yang dikepang. Senfer DT6 Pro dilengkapi jack 3,5mm tipe straight.

Desain Senfer DT6 Pro

Desain Senfer DT6 Pro

Desain Senfer DT6 Pro


Baca juga:Review Pioneer SE-CH3T, IEM Hi Res Terjangkau dengan Detail Mantap di Kelasnya

Pada ulasan Senfer DT6 Pro kali ini, headset quad hybrid driver ini dilengkapi dengan microphone yang ditemani oleh tiga buah tombol. Ketiga tombol tersebut berfungsi untuk volume up, volume down, dan play/pause. Saat disambungkan ke smartphone, tombol tengah Senfer DT6 Pro juga bisa digunakan untuk menerima atau menutup panggilan.

Tombol tengah Senfer DT6 Pro ini juga bisa digunakan untuk next track dengan menekan tombol dua kali dan previous track dengan menekannya tiga kali. Sayangnya, fitur ini hanya berfungsi di smartphone. Sedangkan di DAP seperti Fiio M3k yang Laptophia gunakan fitur tombol ini tidak berfungsi.

Review Senfer DT6 Pro

Review Senfer DT6 Pro

Melihat spesifikasi teknis yang ditawarkan headset IEM Senfer DT6 Pro ini, tim Laptophia optimis kualitas suaranya lebih baik dari pendahulunya. Konfigurasi quad driver yang diusung oleh Senfer DT6 Pro ini terbilang unik dan tidak ditemui di headset lain dengan harga yang sama.

Quad driver hybrid yang diusung oleh Senfer DT6 Pro yang terdiri dari dynamic driver berukuran 12,5mm untuk menangani mid dan bass, dua buah balanced armature untuk menangani high, dan ceramic piezoelectric driver untuk menangani ultra high pitch. Kombinasi ketiga jenis driver pada headset andalan Senfer ini diharapkan dapat menampilkan detail yang baik dan cakupan frekuensi yang lebih luas.

Kualitas Suara

Selama review Senfer DT6 Pro, tim Laptophia sudah menggunakannya sebagai daily driver selama kurang lebih dua bulan. Karakter atau sound signature yang dihasilkan oleh Senfer DT6 Pro memang berbeda jika dibandingkan Senfer DT6 yang flat atau netral. Headset Senfer DT6 Pro ini sedikit V-shape dengan bass yang lebih bertenaga dan detail yang lebih mengesankan.

Saat memainkan lagu Sever The Hand dari Trivium, Senfer DT6 Pro mampu menyajikan tingkat detail yang mengagumkan dengan tekstur distorsi gitar yang garang, gebukan drum set yang bertenaga dan detail, dan suara vokal Matt Heafy yang tak kalah garang. Laptophia bahkan dapat membedakan bunyi tiap bagian dalam drumset pada bagian tengah lagu ini. Separasi antar instrumen juga disajikan dengan baik oleh headset quad driver ini.

Suara bass yang dihasilkan oleh IEM Senfer DT6 Pro lebih powerful ketimbang pendahulunya. Karakter bass-nya cukum mendalam, penuh energi, dan sangat enjoyable. Ketika harus berhadapan dengan dobel pedal drum yang cepat seperti pada lagu Shattering The Skies Above milik Trivium atau Beast of Man besutan Arch enemy masih bisa ditangani dengan baik.

Baca juga:Review Soul Upbeat High Performance Earphone, Cocok untuk Basshead!

Berbeda dengan Senfer DT6, headset Senfer DT6 Pro ini kurang mampu menghasilkan suara vokal yang intim. Suara vokal wanita sebenarnya cukup menyenangkan, hanya saja kadang terdengar tipis, kurang emosional, dan kurang natural seperti saat mendengarkan lagu I Lost My Self milik ReVamp atau Innocence milik Tarja. Sedangkan untuk suara vokal pria terdengar lebih baik dan dan cukup natural menurut Laptophia.

Sama seperti seri DT6, treble atau high yang dihasilkan oleh headset triple driver hybrid Senfer DT6 Pro ini sangat kaya, renyah, dan natural. Pada lagu yang berkarakter bright, kadang suara treble terdengar cukup agresif dan menyenangkan. Meski demikian, treble masih terdengar lembut dan tidak menusuk telinga.

Senfer DT6 Pro mampu menghasilkan soundstage yang lebih luas dan megah jika dibandingkan dengan pendahulunya. Ini sangat terasa saat memainkan musik symphonic metal yang penuh instrumen orkestra seperti pada lagu The Poet And The Pendulum atau Storytime milik Nightwish. Meski demikian, soundstage-nya terasa kurang mendalam. Imaging atau efek perpindahan suara dari channel kanan dan kiri terbilang baik, meski masih unggul Senfer DT6 reguler.

Kompatibilitas & Fitting

Laptophia menjajal headset quad hybrid driver Senfer DT6 Pro ini dengan beberapa perangkat, seperti DAP Fiio M3k, Xiaomi Redmi Note 9 Pro, Xiaomi Mi Note 10 Pro, Oppo A52, dan laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Headset andalan Senfer ini berjalan dengan baik tanpi ada masalah kompatibilitas. Tombol kontrol ini tidak berfungsi di DAP Fiio M3k.

Soal kenyamanan dan fitting, tim Laptophia menilai Senfer DT6 Pro ini tak senyaman pendahulunya. Penggunaan dalam jangka waktu tiga jam nonstop, headset IEM dengan quad hybrid driver ini membuat telinga agak lelah karena agak berat. Masalah lain yang timbul adalah kadang ada semacam listrik statis yang membuat sensasi tersetrum di telinga. Hal ini tidak sering terjadi, sehingga tidak terlalu mengganggu.

Kesimpulan

Secara umum, Senfer DT6 Pro ini merupakan sebuah headset entry-level quad driver yang mampu menyajikan kualitas suara dngan detail yang menakjubkan, bass yang bertenaga, dan soundstage yang luas. Karakter suara Senfer DT6 Pro memang cenderung sedikit V-shape, tidak flat seperti pendahulunya. Sayangnya, ada efek listrik statis yang sedikit mengganggu kenyamanan saat menggunakan headset ini. Terlepas dari hal tersebut, Senfer DT6 Pro sangat layak dipertimbangkan di kelasnya.

Kelebihan Senfer DT6 Pro

  • Kualitas suara sangat detail dan bertenaga
  • Kabel dapat diganti (detachable) dnegan konektor MMCX
  • Harga bersaing

Kekurangan Senfer DT6 Pro

  • Kualitas kabel bawaan kurang baik
  • Masalah listrik statis

Harga Senfer DT6 Pro

Harga headset IEM quad driver Senfer DT6 Pro terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka adalah Rp 339.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai promo atau kebijakan masing-masing seller. Berdasarkan hasil review Senfer DT6 Pro yang telah tim Laptophia lakukan, headset IEM quad driver ini sangat menarik dan layak dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan headset mantap dengan dana Rp 300 ribu-an.

Anda dapat membeli atau cek promo Senfer DT6 Pro di Sini (Klik)

Spesifikasi Senfer DT6 Pro

  • Model: DT6 Pro
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe hybrid quad driver: 1x dynamic driver, 2x balanced armature driver dan 1x ceramic piezoelectric driver
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 105±3dB
  • Output maksimal 10 mW
  • Berat: 17 gram
  • Diameter driver dinamis 12,5 mm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 10Hz – 35kHz
  • Dilengkapi microphone
  • Kabel detachable MMCX berkualitas baik
  • Warna Gold, Blue, Gray, dan Black

Anda mungkin suka:Review Realme Narzo, Layar Smooth dengan Performa Yahud


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!