eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Xiaomi Redmi Note 9 Pro: Smartphone Terbaik di Kelas 3 Juta-an

Review Xiaomi Redmi Note 9 Pro: Smartphone Terbaik di Kelas 3 Juta-an – Xiaomi Redmi Note 9 Pro telah resmi diperkenalkan 9 Juni 2020 dan mengusung tagline “Jawaranya Flaghip-Level”. Ponsel yang didesain untuk pasar kelas menengah dengan rentang harga Rp 3 juta-an ini tampil dengan konsep desain baru yang modern dan didukung layar bolong Dot Display. Redmi Note 9 Pro dibalut casing kaca yang tersedia dalam tiga varian warna, yakni Tropical Green, Glacier White, dan Interstellar Gray.

Melalui Redmi Note 9 Pro, Xiaomi meninggalkan MediaTek dan beralih ke Qualcomm Snapdragon 720G sebagai dapur pacu utamanya. Selain itu, Redmi Note 9 Pro cukup menarik dengan kapasitas baterai yang lebih besar dan fitur fast charge dengan daya 30W. Peningkatan spesifikasi, fitur yang lengkap, dan harga yang kompetitif menempatkan Xiaomi Redmi Note 9 Pro sebagai salah satu smartphone terbaik di rentang harga Rp 3 juta-an. Penasaran? Simak review Xiaomi Redmi Note 9 Pro oleh tim Laptophia kali ini.

Review Xiaomi Redmi Note 9 Pro: Smartphone Terbaik di Kelas 3 Juta-an

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 9 Pro


  • Unit Xiaomi Redmi Note 9 Pro 6GB/64GB Tropical Green
  • Kepala charger (mendukung fast charge 30W)
  • Kabel Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi

Baca juga:Review Asus Vivobook S14 M433, Laptop Kawula Muda Super Kencang Bertenaga AMD Ryzen Renoir

Desain Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Desain Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Desain Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Perubahan terbesar pada Xiaomi Redmi Note 9 Pro dibandingkan pendahulunya adalah sektor desain. Xiaomi menggunakan konsep balance atau keseimbangan pada desain ponsel Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro. Hal ini terlihat cukup mencolok pada penempatan kamera yang tepat berada di tengah casing belakang dan terususn seperti dadu dengan housing berwarna hitam yang agak menonjol.

Unit Redmi Note 9 Pro yang laptophia review kebetulan berwarna Tropical Green dengan casing belakang kaca Gorilla Glass yang tangguh dan dilengkapi tekstur uniik pada bagian bawah kameranya. Sementara sis depan pada review Xiaomi Redmi Note 9 Pro terlihat layar bolong Dot Display yang menempatkan lubang kamera depan tepat di bagian tengah atas. Bezel layarnya cukup tipis, sehingga menambah kesan lega atau luas.

Meski menggunakan frame berbahan plastik, penampilan dan build quality smartphone Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini tetap solid dan terasa kesan premiumnya. Kapasitas baterai yang besar membuat bobor Redmi Note 9 pro ini agak berat, tetapi cukup tipis. Penggunaan casinng belakang kaca membuat ponsel penerus Redmi Note 8 Pro ini licin dan rawan slip.

Desain Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Desain Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Baca juga:Review Shure Aonic 215: TWS Mewah dengan Suara Berkualitas

Pada ulasan Xiaomi Redmi Note 9 Pro review oleh tim Laptophia kali ini, bagian depan smartphone ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan (dot Display), layar full HD+ berukuran 6,67 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Redmi Note 9 Pro ini sudah mengadopsi on-screen button seperti smartphone terkini lainnya.

Layar smartphone kelas 3 juta-an terbaik dengan desain cantik Redmi Note 9 Pro ini cukup tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 5. Meski demikian, Laptophia tetap menganjurkan pengguna untuk memasang tempered glass di Redmi Note 9 Pro agar tak mudah pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power yang terintegrasi dengan fingerprint sensor ditempatkan di sisi kanan ponsel Redmi Note 9 Pro ini. Selain itu, terdapat tray slot SIM dan microSD (triple slot) pada sisi kiri ponsel. Sisi atas ponsel Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini terdapat microphone dan infrared port.

Sedangkan bagian belakang ponsel Redmi Note 9 Pro ini terdapat empat kamera atau quad camera yang tersusun mirip dadu, LED flash, dan logo Redmi pada bagian bawah. Merek asal Tiongkok yang baru saja memperkenalkan Mi 10 ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Software & Fitur Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Software & Fitur Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Sisi perangkat lunak, Redmi Note 9 Pro tak jauh berbeda dengan smartphone Xiaomi lainnya dengan antarmuka MIUI 11 dengan basis sistem operasi Android 10. Melihat track record-nya, Xiaomi biasanya memberikan upgrade OS Android 1 – 2x. Ini berarti Redmi Note 9 Pro berpeluang akan mendapatkan upgrade ke Android 11 di masa mendatang. Saat ini, Xiaomi tengah sibuk bersiap merilis antarmuka baru MIUI 12 dengan aneka fitur barunya.

Bagi yang sudah menggunakan ponsel Xiaomi sebelumnya, tentu cukup familiar dengan tampilan antarmuka MIUI yang cukup rapi, simpel, dan intuitif. MIUI sampai saat ini tidak menyediakan app drawer dan menampilkan ikon aplikasi yang terinstal di Homescreen. Bagi yang mudah bosan dengan tampilan menu ponsel, MIUI ini sangat memanjakan pengguna dengan opsi kostumisasi yang luas mulai dari theme, wallpaper, widget, dan banyak lagi.

Hal yang Laptophia suka dari tampilan MIUI 11 di review Xiaomi Redmi Note 9 Pro adalah recent apps yang tersusun secara vertikal sesuai dengan aspek rasio layar yang memanjang. Namun, hal yang paling menjengkelkan dari MIUI 11 adalah iklan yang kadang muncul tanpa permisi. Bagi sebagian orang, munculnya iklan ini cukup mengganggu saat menjalankan aplikasi proprietary Xiaomi dan perlu dilakukan beberapa langkah untuk mengurangi kemunculan iklan tersebut.

Performa sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power Redmi Note 9 Pro ini terasa cukup gegas dan akurat. Begitu juga dengan fitur keamanan 2D face unlock yang berjalan cukup memuaskan. Tak hanya itu, Xiaomi Mi Note 10 Pro ini juga dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat berfungsi untuk cek saldo dan mengisi e-money, bertransakasi, hingga berkirim file melalui Android Beam dan sejenisnya.

Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini dilengkapi dengan fitur unik Z-axis linier motor untuk menghasilkan 150 getaran yang berbeda. Fitur ini dapat meningkatkan feedback saat bermain game menjadi lebih akurat, serta menandai berbagai jenis notifikasi, sehingga pengguna dapat tetap melacak pesan, panggilan, dan notifikasi sesuai jenis getaran. Fitur ini membuat bermain game terasa kian seru berkat feedback getar yang berbeda-beda dan ini juga berlaku untuk notifikasi.

Baca juga:Samsung Galaxy M31 Review: Stamina Mumpuni dengan Kamera 64MP

MIUI 11 pada review Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini memiliki sejumlah fitur unggulan seperti Child Mode, Do Not Disturb, Security, NFC, one handed mode, torch, barcode scanner, Document scanner, Mi Share, Enterprise mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Quick replies, Full Screen gesture, Ultra Battery Saver, App Lock, dark mode, dual apps, split screen, dual space, Game speed booster, Blocklist, App Vault, Digital Wellbeing & parental control, dan banyak lagi.

Aplikasi bawaan smartphone Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini lumayan banyak dan sebagian dapat dihapus jika tidak diperlukan. Beberapa aplikasi yang sudah pre-installed di smartphone berkamera terbaik ini antara lain adalah Google Apps, aplikasi proprietary Xiaomi, Get Apps, Lazada, Facebook, WPS Office, AliExpress, Amazon Shopping, dan LinkedIn. Adapun game yang sudah terinstal antara lain adalah Bubble Shooter With Friends, Block Puzzle Guardian, Crazy Juicer, Bubble Story, dan Dust Settle.

MIUI 11 yang menawarkan fitur yang lengkap dengan performa yang cukup responsif sebenarnya bisa menjadi kekuatan dan daya tarik Redmi Note 9 Pro. Terlebih lagi, Xiaomi cukup serius mengembangkan MIUI dan merilis update secara regular. Sayangnya munculnya iklan di MIUI ini bisa menjadi deal breaker bagi beberapa orang, meski sebenarnya dapat dihapus dengan beberapa trik yang diulas di sini.

Benchmark Xiaomi Redmi Note 9 Pro

CPU-Z Xiaomi Redmi Note 9 Pro
CPU-Z Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Benchmark Geekbench 5 Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Benchmark Geekbench 5 Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Benchmark AnTuTu v8 Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Benchmark Vellamo Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Benchmark PCMark Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Benchmark 3DMark Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Benchmark Basemark OS II Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Benchmark Androbench Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Benchmark Androbench Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Performa Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Performa Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Kinerja yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi Note 9 Pro bisa dikatakan salah satu yang paling kencang di rentang harga Rp 3 juta-an berkat sokongan SoC Qualcomm Snapdragon 720G SM7125 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core Kryo 465 Gold berkecepatan 2,3GHz dan hexa-core Kryo 465 Silver berkecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB atau 8GB LPDDR4X, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 618. Unit yang Laptophia ulas di sini adalah Redmi Note 9 Pro varian dengan RAM 6GB.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Qualcomm Snapdragon 720G SM7125 yang digunakan pada review Xiaomi Redmi Note 9 Pro merupakan SoC kelas menengah premium yang cukup powerful. Keunggulan utama Snapdragon 720G SM7125 ini adalah diproduksi menggunakan teknologi 8nm LPP yang membuatnya dingin dan hemat konsumsi daya.

Snapdragon 720G SM7125 ini didukung modem Snapdragon X15 yang mendukung LTE Cat.15 (downlink) dan Cat.13 (uplink). Teknologi fabrikasi yang lebih kecil juga membuatnya lebih hemat dalam hal konsumsi daya. Snapdragon 720G SM7125 juga telah mendukung versi Wi-Fi 6 dan pengisian cepat Qualcomm Quick Charge 4+.

Performa chipset Qualcomm Snapdragon 720G pada dasarnya tak jauh berbeda dengan Snapdragon 730G yang digunakan oleh smartphone premium seperti Xiaomi Mi Note 10 Pro. Beberapa benchmark bahkan menunjukkan angka yang tak jauh berbeda. Benchmark AnTuTu v8 misalnya, Redmi Note 9 Pro mampu membukukan skor 273.419 poin. Angka ini bahkan sedikit lebih tinggi dari Mi Note 10 Pro.

Selama lebih dari dua minggu penggunaan oleh tim Laptophia, Redmi Note 9 Pro ini menunjukkan performa yang sangat gegas dan nyaman untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari, sosial media, browsing, multitasking, dan juga gaming kasual. Perpindahan menu, loading game, dan animasi transisi berjalan mulus dan responsif tanpa lag yang mengganggu. Ini menjadi salah satu keunggulan pada review Xiaomi Redmi Note 9 Pro kali ini.

Baca juga:Oppo A52 Review: Baterai Besar dengan Speaker Stereo

Bagi gamer, kemampuan Xiaomi Redmi Note 9 Pro dalam memainkan game terkini seperti PUBG Mobile, Call Of Duty Mobile, Free Fire, Mobile Legends, dan game terbaru lainnya cukup mumpuni. Meski tak dibekali dengan layar 90Hz seperti pesaingnya, pengalaman bermain game di Redmi Note 9 Pro ini sudah cukup memuaskan menurut Laptophia. Panas yang dihasilkan ponsel ini cukup terkendali dan tidak ada tanda-tanda penurunan performa (throttling) atau overheat.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Foto movie frame

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Foto macro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Night mode off

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro
Night mode on
Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Foto portrait mode

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Jika ditilik dari spesifikasi di atas kertas, tidak ada perbedaan signifikan mengenai spesifikasi kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro dibandingkan dengan Redmi Note 8 Pro. Ponsel ini mengandalkan empat buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 64 megapiksel dengan lensa 26mm aperture f/1.89 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL GW1 1/1.7 inci 0,8um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 5 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro dan keempat berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh ala kamera DSLR.

Pada review Xiaomi Redmi Note 9 Pro kali ini, kemampuan swafoto atau foto selfie memang bukan sektor yang diunggulkan. Meski demikian, Redmi Note 9 Pro ini cukup andal dengan dukungan sebuah kamera depan dengan resolusi 16 megapiksel dengan sensor BSI 1/3.1 inci 1um piksel dipadukan dengan lensa aperture f/2.48 fixed focus.

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Baca juga:Xiaomi Redmi 8 Review: Murah dengan Fitur Melimpah

Aplikasi kamera bawaan pada review Redmi Note 9 Pro ini sama seperti ponsel besutan Xiaomi lainya yang menggunakan MIUI Camera. Aplikasi kamera bawaannya menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan fitur yang terbilang lengkap.

Hal yang menarik adalah mode manual atau mode Pro tersedia di kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro dan memungkinkan pengguna mengatur white balance, fokus, ISO, dan shutter speed hingga maksimal 32 detik, serta mendukung mode pengambilan RAW. Mode kamera yang disediakan antara lain Slow Motion (hingga 960fps), Short Video, Video, Photo, 64M, Portrait, Night, Panorama, dan Pro.

Kamera Redmi Note 9 Pro ini menyediakan mode Movie Frame yang mengusung aspek rasio super lebar ala film bioskop. Selain itu, ponsel ini juga sudah mendukung mode RAW. Salah satu fitur unggulan Redmi Note 9 Pro adalah Slo-Selfie yang memungkinkan pengguna merekam video slow motion menggunakan kamera depan.

Meski mengusung spesifikasi kamera yang sama dengan pendahulunya, hasil jepretan Xiaomi Redmi Note 9 Pro menawarkan lompatan kualitas yang signifikan menurut Laptophia. Saat saing hari, kamera utamanya mampu menghasilkan foto dengan tingkat detail yang sangat tinggi, warna yang punchy, dan dynamic range yang luas. Bahkan saat Laptophia menggunakan 2x digital zoom, hasil jepretan Redmi Note 9 Pro ini masih menawarkan detail yang memadai. Ketika backlight, mode HDR akan sangat membantu mengatasi bayangan gelap yang timbul.

Bagi penggemar foto portrait atau bokeh, kamera belakang Redmi Note 9 Pro ini mampu menghasilkan separasi yang rapi di kelasnya dan kita dapat mengatur tingkat bokeh-nya. Sedangkan untuk foto macro, kamera utama Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini sangat bisa diandalkan dengan kecepatan fokus yang cepat dan akurat. Hasil foto macro pun menawarkan detail yang tinggi dengan karakter warna yang punchy.

Saat malam hari, performa kamera pada review Xiaomi Redmi Note 9 Pro tampaknya masih belum memenuhi ekspektasi tim Laptophia. Kecepatan fokus kameranya menurun signifikan dan bahkan tak jarang Laptophia mendapati foto yang ngeblur lantaran lensa belum mengunci fokus. Harus benar-benar steady saat malam hari agar fokusnya tetap terjaga.

Hasil foto malam hari relatif standar di kelasnya dengan detail yang merosot signifikan dan noise dengan kuantitas yang cukup terlihat. Saturasi warna saat malam hari masih bisa dipertahankan dan terlihat cukup natural. Sayangnya saat banyak lampu kota yang terlalu terang, kamera ponsel ini tampak belum mampu mengatasi cahaya yang pecah atau bleed yang membuat foto kurang bagus. Beruntung, Night Mode yang disediakan mampu menghasilkan kualitas dan detail yang baik saat malam hari.

Foto selfie yang dihasilkan kamera 16MP milik Redmi Note 9 Pro cukup memuaskan dengan detail yang tinggi, saturasi dan tone warna yang mendekati natural, efek beautify yang andal, dan dynamic range yang baik. Tak hanya itu, kamera depan juga dilengkapi mode portrait yang performanya tak jauh berbeda dengan kamera belakangnya.

Kamera ultra wide-angle pada review Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini juga mampu menghasilkan foto yang memuaskan dengan detail yang lumayan saat siang hari dengan kondisi cahaya yang melimpah. Distorsi pada sudutnya dapat diatasi dengan baik, tetapi membuatnya sedikit agak soft. Saat malam hari, kamera wide angle Redmi Note 9 Pro ini kurang bisa diandalkan karena detail merosot tajam dan terlihat seperti efek cat air.

Baca juga:Xiaomi Mi A3 Review: Android One Menawan yang Nyaris Sempurna

Berbeda dengan kamera dedicated macro milik Redmi Note 8 atau Note 8 Pro yang tidak bisa diandalkan, kamera dedicated macro Redmi Note 9 Pro ini mengalami peningkatan kualitas yang signifikan. Hal tak lepas dari peningkatan resolusi kamera macro dari 2 megapiksel ke 5 megaiksel.Hasil jepretan kamera dedicated macro Redi Note 9 Pro ini mempu menghasilkan detail yang memadai, jarak fokus yang sangat dekat, dan saturasi warna yang cenderung warm atau kekuningan.

Review Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Review Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Perubahan desain yang radikal diiringi dengan peningkatan di beberapa sektor membuat Xiaomi Redmi Note 9 Pro layak meneruskan estafet Redmi Note 8 Pro di pasar kelas menengah, khususnya rentang harga 3 juta-an. Ponsel ini juga menyempurnakan apa yang tidak dimiliki oleh pendahulunya. Hal inilah yang membuat Laptophia menilai Xiaomi Redmi Note 9 Pro salah satu smartphone terbaik di kelasnya.

Layar

Xiaomi Redmi Note 9 Pro menawarkan layar berukuran lebih besar dari pendahulunya, yakni 6,67 inci Dot Display dengan resolusi full HD+ berteknologi panel IPS. Ukuran yang lebih besar membuat layar ponsel ini terasa lebih lega dan kehadiran punch hole atau lubang kamera depannya ternyata tidak mengganggu. Kualitas layar Redmi Note 9 Pro terbilang mumpuni dengan saturasi warna yang terlihat hidup, vibrant, dan tajam.

Meski tak dibekali refresh rate 90Hz seperti para pesaingnya, layar Redmi Note 9 Pro sudah memuaskan untuk bermain game atau menikmati konten multimedia menurut Laptophia. Respon touchscreen-nya cukup responsif dan akurat, sehingga nyaman untuk bermain game. Viewing angle luas dan saat digunakan di bawah sinar matahari pun tidak menjadi masalah yang berarti bagi Redmi Note 9 Pro andalan Xiaomi ini.

Audio

Smartphone terbaik di kelas 3 juta-an Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini dibekali dengan sebuah speaker yang menghadap ke bawah. Suara yang dihasilkan oleh smartphone Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini volumenya tidak terlalu keras. Kualitas suara yang dihasilkan terbilang cukup baik, tetapi cenderung menonjolkan mid dan suara vokal, sehingga terasa kurang kaya saat memainkan lagu dengan instrumen yang kompleks.

Baca juga:Review Xiaomi Mi 9 Lite: Smartphone Selfie Sentris Berdesain Cantik

Tim Laptophia menjajal Xiaomi Redmi Note 9 Pro dengan mendengarkan musik menggunakan headset Hi Res dari Philips TX2 dan Senfer DT6 untuk memainkan lagu-lagi rock dan metal. Keluaran suara yang tim Laptophia rasakan terbilang mantap, tetapi volume outputnya terasa kurang keras. Volume suara yang dihasilkan kencang, detail, dan bass juga dirasa memadai. Kualitas suaranya masih dapat ditingkatkan dan disesuaikan dengan selera melalui fitur Mi Enhancer.

Memori

Smartphone quad camera yang menggunakan tagline “Jawaranya Flagship-Level” Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini menyisakan memori internal sekitar 48GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 2,2GB – 2,6GB. Smartphone penerus Redmi Note 8 Pro ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD.

Baterai

Sektor baterai menjadi kelebihan atau daya tarik dari review Xiaomi Redmi Note 9 Pro menurut Laptophia kali ini. Ponsel ini tak hanya menawarkan baterai berkapasitas 5020mAh yang terbilang besar di kelasnya, tetapi juga turut disematkan fitur fast charge dengan daya 30W. Tak hanya itu, charger dengan daya 30W juga turut disertakan dalam paket pembelian Redmi Note 9 Pro ini.

Daya tahan baterai Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini berdasarkan pengalaman tim Laptophia selama dua minggu terakhir ini mampu bertahan 1,5 – 2 hari untuk pemakaian kasual non gaming. Dukungan SoC Snapdragon 720G yang berteknologi 8nm memiliki andil dalam efisiensi konsumsi daya. Meski sama-sama mendukung fast charging 30W, kecepatan pengisian daya Redmi Note 9 Pro masih kalah cepat dari Mi Note 10 Pro. Ponsel ini butuh waktu 1 jam lebih 15 menit agar baterai terisi penuh.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi Note 9 Pro tak hanya menawarkan perubahan desain yang radikal dan peningkatan spesifikasi di pelbagai sektor, tetapi juga menyempurnakan pendahulunya. Ponsel ini menawarkan performa yang kencang di kelasnya, kamera yang bisa diandalkan di segala kondisi cahaya, dan baterai berkapasitas besar dengan pengisian yang cepat. Hanya munculnya iklan di MIUI 11 yang menggagalkan kesempurnaan ponsel ini. Laptophia menilai Xiaomi Redmi Note 9 Pro salah satu smartphone terbaik di rentang harga Rp 3 juta-an.

Baca juga:Duel Xiaomi Redmi Note 9 Pro vs Oppo A92: Harga Beda Rp 300 Ribu, Pilih Mana?

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 9 Pro

  • Performa kencang di kelasnya
  • Kamera depan dan belakang mumpuni
  • Daya tahan baterai andal dengan fast charge 30W
  • Dilengkapi NFC
  • Harga kompetitif

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 9 Pro

  • MIUI menampilkan iklan

Harga Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Harga smartphone Xiaomi Redmi Note 9 Pro RAM 8GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 3.899.000. Adapun Xiaomi Redmi Note 9 Pro varian dengan RAM 4GB ROM 64GB yang dibandrol Rp 3.499.000. Berdasarkan hasil review Xiaomi Redmi Note 9 Pro oleh tim Laptophia, smartphone ini menawarkan performa yang mumpuni, daya tahan baterai andal, dan fitur yang lengkap. Tak heran, Xiaomi Redmi Note 9 Pro merupakan salah satu ponsel pintar terbaik di rentang harga Rp 3 juta-an.

Anda dapat membeli atau cek promo Xiaomi Redmi Note 9 Pro di Sini (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 Pro

  • Sistem Operasi Android 10 dengan antarmuka MIUI 11
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 720G SM7125 dengan prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core Kryo 465 Gold 2,3GHz, dan hexa-core Kryo 465 Silver 1,8GHz
  • Grafis Adreno 618
  • Quad kamera 64 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL GW1 1/1.7 inci 0.8um piksel, lensa 26mm aperture f/1.89, phase-detection autofokus dengan dilengkapi dual LED flash + 8 megapiksel sensor BSI 1/4 inci lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.2 + 5 megapiksel dengan lensa f/2.4 (macro) + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 16 megapiksel, sensor BSI 1/3 inci 1um piksel, lensa aperture f/2.48, fixed focus, Slo-Selfie
  • Layar sentuh punch hole DotDisplay 6,67 inci 2.5D, aspek rasio 20:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 pixels, kerapatan 395 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass 5
  • Memori RAM 6GB atau 8GB LPDDR4X, ROM 64GB atau 128GB UFS 2.1, dilengkapi slot microSD max 512GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, IR blaster, fingerprint sensor (side mounted), face unlock, NFC
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 165.8 x 76.7 x 8.8 mm dengan berat 209 gram
  • Baterai 5020mAh non-removable, Fast Charging 30W
  • Warna Tropical Green, Glacier White, dan Interstellar Gray

Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi 8A Pro: Upgrade yang Tidak Signifikan

1 komentar

1 komentar

  • Tya Swan
    Tya Swan
    10 Oktober 2023 pukul 21.18
    Ini kameranya mantap di masanya. Sayangnya, housing kameranya suka kemasukan debu 😅
    Reply