IBX582004D475488 Review Asus Vivobook S14 M433, Laptop Kawula Muda Super Kencang Bertenaga AMD Ryzen Renoir
Asus ExpertBook B9450

Review Asus Vivobook S14 M433, Laptop Kawula Muda Super Kencang Bertenaga AMD Ryzen Renoir


Review Asus Vivobook S14 M433, Laptop Kawula Muda Super Kencang Bertenaga AMD Ryzen Renoir – Asus Indonesia telah meluncurkan jajaran laptop dan PC gaming yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen terbaru di sebuah acara yang digelar melalui live streaming, Rabu (10/06/2020). Salah satu produk yang diperkenalkan adalah laptop Asus Vivobook S14 M433 yang tak lain adalah saudara kembar Vivobook S14 S433 yang merupakan laptop yang dirancang untuk generasi muda yang super kencang berkat prosesor AMD Ryzen 7 4700U generasi Renoir.

Sebagai sebuah laptop yang dirancang unyuk Gen-Z dan kawula muda, Asus VivoBook S14 M433 hadir dengan pilihan warna yang colorful, tegas, dan berkepribadian kuat. Selain itu, laptop ini juga siap mengakomodasi kreativitas generasi muda untuk berkarya. Soal performa, Asus VivoBook S14 M433 tak main-main karena mengandalkan prosesor AMD Ryzen 7 47000U generasi Renoir yang sudah menggunakan teknologi fabrikasi 7nm dan menggunakan arsitektur Zen 2, penasaran? Simak review Asus VivoBook S14 M433 oleh tim Laptophia kali ini.

Peket Pembelian Asus Vivobook S14 M433

  • Unit Asus VivoBook S14 M433
  • Charger
  • Sleeve
  • User Guide
  • Kartu garansi
  • Sticker ekslusif dari Muklay

Baca juga:Review Asus VivoBook M409DA: Laptop Ryzen Serba Bisa dengan Harga Terjangkau

Desain Asus Vivobook S14 M433

Sektor desain adalah keunggulan utama pada review Asus VivoBook S14 M433 oleh tim Laptophia kali ini. Serupa dengan VivoBook S14 S433, Asus menghadirkan konsep desain fresh dan colorful yang cocok untuk generasi muda. Pabrikan asal Taiwan ini tampaknya tak setengah-setengah dalam mengaplikasikan konsep desain barunya yang lebih minimalis, tetapi tampil menarik dengan warna-warna yang eye catchy. Ada empat varian warna Asus VivoBook S14 M433 yang cocok untuk kepribadian generasi muda, yakni Indie Black, Gaia Green, Resolute Red, dan Dreamy White.

Sebagai sebuah laptop super kencang AMD Ryzen berbasis Renoir yang dirancang untuk generasi muda, Asus VivoBook S14 M433 siap mengakomodasi kreativitas pengguna dan memberikan ruang untuk kostumisasi yang luas bagi generasi muda yang ingin tampil beda. Ini terlihat dari desain LID cover yang colorful dan menyediakan banyak ruang kosong untuk personalisasi tampilan. Mengikuti gaya Asus ROG terkini, logo VivoBook kini diletakkan menyamping untuk menyediakan ruang kosong yang lebih luas.

Asus kemudian menggandeng Muchlis Fachri atau yang lebih dikenal dengan Muklay. Seniman visual asal Jakarta tersebut akan menghadirkan desain stiker eksklusif khusus untuk pengguna VivoBook S14 M433. Stker dengan desain unik dan eksklusif tersebut dapat ditempelkan di ruang kosong pada LID cover VivoBook S14 M433IA sebagai bentuk personalisasi dan ekspresi generasi muda dalam berkarya.

Tak hanya menawarkan kostumisasi yang luas, laptop generasi muda Asus VivoBook S14 M433 juga menawarkan build quality yang mantap dan solid. Laptop generasi muda bertenaga AMD Ryzen 4000 series andalan Asus ini menggunakan chasis metal yang kuat dipadukan dengan bodi polikarbonat yang ringan, serta dipercantik dengan diamond cut finish pada bagian sudutnya.

Baca juga:Review Asus TUF Gaming FX505DY R5697T, Laptop Gaming AMD Ryzen Kencang dan Terjangkau


Sama seperti VivoBook S14 S433, Asus juga menandai tombol enter pada Vivobook S14 M433 dengan warna kuning yang membuatnya kian menarik dan eye-catchy. Tak hanya itu, laptop terbaru Asus ini mengusung dimensi yang tipis dengan ketebalan hanya 1,59cm dan bobotnya pun ringan di kelasnya, yakni 1,4kg saja. Hal ini tentu sangat mendukung mobilitas pengguna.

Pada review Asus VivoBook S14 M433 kali ini, sisi depan laptop generasi muda ini tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan pada sisi belakang terdapat buah lubang exhaust untuk membuang panas. Sedangkan pada sisi kanan laptop yang dirancang untuk kawula muda Asus VivoBook S14 M433 terdapat dua buah port USB, dua buah LED indikator, dan card reader jenis microSD card.

Pada sisi kiri laptop bertenaga AMD Ryzen andalan Asus ini terdapat port input untuk power atau charger, port USB, port USB Type-C, port HDMI, dan port combo audio. Dua buah speaker Harman Kardon di laptop Asus VivoBook S14 M433 berada di sisi bawah pada sisi kanan dan kiri.

Performa Asus Vivobook S14 M433

Performa memang menjadi salah satu keunggulan dari review Asus VivoBook S14 M433 oleh tim Laptophia kali ini. Sebagai sebuah laptop yang dirancang untuk Gen-Z, performa VivoBook S14 M433 sudah cukup mumpuni untuk mendukung pekerjaan masa kini seperti YouTuber, konten kreator, dan pekerja kreatif lainnya. Laptop Asus VivoBook S14 M433 ini sudah didukung oleh prosesor AMD Ryzen 4000 series dengan nama sandi Renoir yang menggunakan arsitektur Zen 2 dan teknlogi 7nm.

Performa yang ditawarkan oleh laptop cantik Asus Vivobook S14 M433 bisa dikatakan salah satu yang paling kencang di kelasnya menurut Laptophia karena mengandalkan dukungan prosesor AMD Ryzen 7 4700U generasi Renoir octa-core 8 thread Zen2 yang berlari dengan kecepatan 2GHz dengan Turbo maksimal 4,1GHz.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, prosesor AMD Ryzen 7 4700U yang digunakan pada review Asus Vivobook S14 M433 ini cukup menarik. Prosesor ini menggunakan mikroarsitektur yang disebut dengan Zen 2 yang merupakan penerus Zen dan Zen+ yang menawrkan peningkatan IPC (Instruction Per Clock) hingga 15%. Prosesor yang menggunakan nama sandi Renoir ini sudah menggunakan teknologi proses 7nm yang membuatnya lebih dingin dan efisien konsumsi daya baterainya.

Arsitektur Zen sendiri cukup fenomenal karena menawarkan lompatan kinerja single-thread maupun multi-thread yang sangat signifikan jika dibandingkan prosesor AMD generasi sebelumnya. Melalui generasi baru Zen 2, performa yang ditawarkannya kian kencang dan dibarengi dengan konsumsi daya yang lebih efisien. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, mikroarsitektur Zen2 yang digunakan oleh prosesor AMD Ryzen 7 4700U di laptop Asus Vivobook S14 M433 menawarkan sejumlah peningkatan dibandingkan mikroarsitektur Zen (14nm) atau Zen+ (12nm), yakni:

  • Menggunakan teknologi 7nm
  • Peningkatan IPC (Instruction Per Clock) hingga 15% per-core iso-frequency
  • Peningkatkan performa grafis terintegrasi
  • Konsumsi daya lebih efisien

Jumlah core yang banyak membuat Asus Vivobook S14 M433 sangat kompeten untuk multitasking, render video, dan tugas lain yang membutuhkan banyak thread atau jalur pemrosesan. Laptop Asus Vivobook S14 M433 didukung oleh memori RAM sebesar 8GB jenis DDR4-3200MHz onboard dengan dual channel aktif.

Baca juga:Asus Zenbook 14 UM431DA AM701T Review: Menakar Performa Ryzen 7 3700U

Sisi grafis, laptop generasi muda Asus Vivobook S14 M433 cukup andal di kelasnya berkat dukungan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi powerful dari AMD Radeon RX Vega 7 iGPU tanpa dukungan grafis diskrit. Grafis terintegrasi tersebut sudah sangat bertenaga untuk menangani desain grafis ringan dengan mengusung 448 shader core, 28 TMUs, dan 8 ROPs dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 1600MHz dengan antarmuka memori system shared.

Kombinasi prosesor AMD Ryzen 7 4700U dengan grafis dari AMD Radeon RX Vega 7 pada ulasan laptop Asus VivoBook S14 M433 mampu menghasilkan performa yang cukup baik untuk gaming kasual. Call of Duty 4 Modern Warfare misalnya. Game tersebut mampu berjalan dengan rata-rata framerate di angka 61 fps. Game lainnya yaitu PES pun mampu berjalan di rata-rata framerate 51 fps.

Tak hanya untuk gaming, kinerja multitasking dan editing video Asus Asus VivoBook S14 M433 ini bisa diandalkan menurut Laptophia. Hal ini terlihat dari skor Cinebench R20 cukup tinggi di kelasnya dengan skor mencapai 2648 pts untuk CPU dan 436 pts untuk CPU Single-Core. Berikut ini hasil benchmark Asus VivoBook S14 M433 oleh tim Laptophia.

Benchmark Asus Vivobook S14 M433





Review Asus Vivobook S14 M433

Layar

Dukungan layar dengan panel IPS-level 14 inci LED (Light Emiting Diode) backlight resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel membuat Asus VivoBook S14 M433 mampu memberikan pengalaman visual yang menyenangkan. Keunggulan utama layar Asus VivoBook S14 M433 ini adalah cakupan warna atau color gamut yang mencapai 100% sRGB, sehingga sangat akurat. Pancaran warna layar yang akurat sangat membantu kawula muda atau Gen-Z untuk editing foto, video, dan color grading agar hasilnya lebih tepat.

Layar laptop yang dirancang untuk generasi muda andalan Asus ini dapat menampilkan gambar yang tajam, warna yang colorful, dan brightness yang memadai. Saat digunakan untuk menonton film bersama-sama, layar laptop VivoBook S14 M433 memuaskan karena menawarkan viewing angle yang luas, yakni mencapai 178 derajat. Layar VivoBook S14 M433 bertenaga AMD Ryzen ini didukung bezel super tipis NanoEdge dengan screen to body ratio mencapai 85%.

Tak hanya memadai untuk kebutuhan multimedia, layar Asus VivoBook S14 M433 ini juga sangat nyaman untuk komputasi sehari-hari seperti mengetik, mengerjakan spreadsheet, streaming, browsing, dan sebagainya. Pengguna dapat melakukan tuning melalui fasilitas Asus Splendid dan Tru2Life. Pengguna dapat mengaktifkan fitur EyeCare yang mengurangi pancaran cahaya biru agar mata tidak cepat lelah menatap monitor.

Audio

Sektor audio juga menjadi salah satu keunggulan atau daya tarik pada review Asus VivoBook S14 M433 oleh tim Laptophia kali ini dengan speaker stereo dengan Harman Kardon certified yang didukung teknologi smart amplifier dan Asus SonicMaster untuk meningkatkan pengalaman multimedia pengguna. Kualitas suara yang dihasilkan speaker laptop ini tak kalah mumpuni jika dibandingkan dengan laptop premium seperti lini Zenbook dengan karakter suara detail dan bertenaga.

Baca juga:Asus ROG Zephyrus G15 GA502IU R966B6T, Laptop Gaming Bertenaga AMD Ryzen 9 4900HS

Kenyamanan

Asus VivoBook S14 M433 dibekali dengan keyboard berdesain chiclet yang menawarkan key travel sejauh 1,4mm yang cukup nyaman. Key travel tersebut terbilang optimal untuk mengetik dalam waktu lama menurut Laptophia. Hal ini karena jarak tekannya yang sangat pas atau ideal, hal ini membuat kawula muda lebih nyaman ketika mengetik dalam jangka waktu lama. Selain itu, keyboard laptop bertenaga AMD Ryzen 4000 series ini sudah dilengkapi backlight untuk membantu mengetik dalam kondisi remang-remang.

Pada review Asus VivoBook S14 M433 kali ini, touchpad yang diusungnya cukup nyaman digunakan dan tidak licin. Akurasi touchpad-nya cukup baik. Bagi yang tidak biasa menggunakan touchpad, dapat menggunakan mouse tambahan. Sudut kanan atas touchpad terdapat sensor sidik jari yang cukup gegas dan akurat dalam mengenali sidik jari. Fitur keamanan ini juga didukung dari sisi perangkat lunak melalui fitur Windows Hello.

Media Penyimpanan

Sektor media penyimpanan, Asus VivoBook S14 M433 ini setara dengan seri S433 yang dibekali media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) 512GB PCIe 3x2 M.2 NVMe yang menawarkan transfer rate tinggi dengan konsumsi daya yang efisien, sehingga loading sistem terasa sangat gegas dan responsif.

Performa tinggi storage laptop AMD Ryzen VivoBook S14 M433 besutan Asus ini terbukti dari hasil benchmark CrystalDiskMark yang bisa dikatakan di atas rata-rata, yakni 1837,8MB/s untuk read dan 963MB/s untuk write. Kapasitas penyimpanannya relatif memadai untuk mengakomodasi generasi muda dalam berkarya dan menyimpanan datanya.

Perangkat Lunak

Salah satu keunggulan laptop ringkas Asus VivoBook S14 M433 ini adalah sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 asli pre-installed di dalamnya. Pengguna tak perlu lagi membeli lisensi sistem operasi, hanya cukup melakukan setup dan aktivasi untuk dapat menggunakan laptop ini dengan sistem operasi legal.

Selain itu, dukungan aplikasi Microsoft Office Home & Student 2019 asli pre-installed di dalamnya juga menjadi daya tarik pada review Asus VivoBook S14 M433 kali ini. Sehingga pengguna langsung dapat memakai Asus VivoBook S14 M433 untuk bekerja dengan perangkat lunak asli dan legal.

Daya Tahan Baterai

Sebagai laptop yang dirancang khusus untuk generasi muda masa kini dengan mobilitas tinggi, VivoBook S14 M433 ini didukung baterai mumpuni dengan kapasitas 50Wh 3S1P, 3-cell Li-ion Battery. Laptop ini juga dibekali fitur fast charging yang dapat mengisi daya hingga 60% dalam waktu 49 menit saja.

Pengujian menggunakan PCMark 10 pada skenario Modern Office pada review Asus VivoBook S14 M433 kali ini dapat bertahan hingga hampir 10 jam. Hal ini membuktikan bahwa daya tahan baterai Asus VivoBook S14 M433 ini sudah lebih dari cukup untuk menemani generasi muda bekerja seharian tanpa harus repot dengan colokan listrik. Hal ini tak lepas dari dukungan prosesor Ryzen 7 4700U yang sudah menggunakan teknologi fabrikasi 7nm.

Berdasarkan pengalaman tim Laptophia, Asus VivoBook S14 M433, daya tahan baterainya memang bisa diandalkan dan pengisian daya berlangsung cepat. Ini sangat mendukung mobilitas tim Laptophia saat proses pengujian atau bekerja menggunakan laptop ini. Penggunaan office, browsing, dan streaming baterai laptop andalan Asus ini bisa 9 – 10 jam. Tentunya daya tahan baterai ini bisa berbeda tergantung beban kerja masing-masing.

Baca juga:Asus TUF Gaming A15 FX506IU R766B7T, Andalkan Duet AMD Ryzen 7 4800H dan GeForce GTX 1660 Ti

Kesimpulan

Secara umum, Asus VivoBook S14 M433 memag sebuah laptop yang benar dikembangkan dan dirancang secara serius untuk kawula muda masa kini yang ingin tampil trendi dengan perform yang kencang. Kinerjanya sangat memadai untuk komputasi menengah, gaming kasual, hingga multitasking. Laptop Asus VivoBook S14 M433 ini hadir dengan warna-warna yang colorful dan customizable dengan stike Muklay yang eksklusif ini sangat mengakomodasi kreativitas generasi muda yang selalu ingin tampil beda.

Asus VivoBook S14 M433 menawarkan performa yang kencang dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 7 4700U Renoir dengan teknologi 7nm, layar berkualitas dengan warna yang akurat, dimensi yang ringkas, dan daya tahan baterai mumpuni. Kelebihan ini membuat Asus VivoBook S14 M433 cocok untuk menemani generasi muda yang ingin berkarya dengan kreativitas seperti YouTuber, Influencer, Blogger, dan juga kreator konten.

Kelebihan Asus Vivobook S14 M433

  • Performa super kencang di kelasnya dengan AMD Ryzen 7 4700U
  • Desain menarik dan colorful, cocok untuk generasi muda
  • Dimensi ringkas, ringan, dan tipis
  • Harga sangat kompetitif
  • Daya tahan baterai bisa diandalkan
  • Dilengkapi OS Windows 10 Home x64 + Microsoft Office Home and Student 2019 asli pre-installed

Kekurangan Asus Vivobook S14 M433

  • RAM onboard, tidak dapat di upgrade

Harga Asus Vivobook S14 M433

Asus Vivobook S14 M433 adalah laptop yang dirancang untuk generasi muda yang menawarkan performa super kencang berkat ditenagai prosesor AMD Ryzen 7 4700U dengan arsitektur AMD Zen 2 dengan nama sandi Renoir yang powerful. Harga laptop Asus Vivobook S14 M433IA terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 11.799.000. Hasil review Asus Vivobook S14 M433 yang telah Laptophia menunjukkan performa yang memuaskan dan layak dipertimbangkan di kelasnya.

Anda dapat membeli atau cek promo Asus Vivobook S14 M433 di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus Vivobook S14 M433

  • Layar IPS level LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, 100% sRGB color gamut, 250 nits, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor AMD Ryzen 7 4700U octa-core (8 thread) dengan kecepatan 2GHz Turbo maksimal 4,1GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 7 iGPU
  • Memori RAM 8GB DDR4-3200MHz, onboard
  • Storage SSD 512GB PCIe 3x2 M.2 NVMe
  • Konektifitas WiFi 6 802.11 ax (2x2), Bluetooth 5.0, Port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, MicroSD card reader, combo audio jack
  • Fitur keamanan sensor sidik jari (Fingerprint Sensor)
  • Dual Speaker stereo Harman Kardon certified, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi HD 720p
  • Baterai 3 Cell 50WHr lithium-polymer Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 Asli + Microsoft Office Home and Student 2019
  • Dimensi 32.4(W) x 21.3(D) x 1.59 (H) cm berat 1,4 kilogram
  • Warna Indie Black (EB704TS), Gaia Green (EB702TS), Resolute Red (EB701TS), Dreamy White (EB703TS)

Anda mungkin suka:Review Asus M409BA, Laptop Murah Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!