IBX582004D475488 Review Asus M409BA, Laptop Murah Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa
Asus ExpertBook B9450

Review Asus M409BA, Laptop Murah Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa



Review Asus M409BA, Laptop Murah Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa – Asus Indonesia sampai saat ini masih merupakan market leader notebook atau laptop tanah air. Setelah menggempur pasar kelas atas melalui lini Zenbook 14 UX434FLC yang dilengkapi ScreenPad 2.0, kini Asus membidik segmen entry-level dengan melepas seri Asus M409BA yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Laptop ini tampil dengan desain yang menawan, mirip dengan seri Vivobook Ultra series.

Meski dijual dengan harga yang murah, laptop Asus M409BA ini tetap kompetitif dengan dukungan media penyimpanan berupa SSD berkapasitas 256GB. Sisi performa, Asus M409BA ini mengandalkan dukungan prosesor lawas AMD APU A4-9125 generasi Stoney Ridge. Seminggu yang lalu, satu unit Asus M409BA telah mendarat di markas Laptophia untuk diulas mendalam, penasaran? Simak review Asus M409BA oleh tim Laptophia kali ini!
Review Asus M409BA, Laptop Murah Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa


Paket Penjualan Asus M409BA

Paket Penjualan Asus M409BA
  • Unit Asus M409BA BV422T Transparent Silver
  • Charger
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Asus backpack
Baca juga:Vivo S1 Review: Smartphone Selfie Sentris Berdesain Manis

Desain Asus M409BA

Desain Asus M409BA

Desain Asus M409BA

Desain adalah salah satu daya tarik atau keunggulan dari review Asus M409BA kali ini. Laptop ini tak hanya tampil dengan pendekatan desain yang kekinian, tetapi juga dimensi yang lebih ringkas. Hal ini terlihat dari dimensi Asus M409BA ini juga sudah bisa dikatakan lebih ringkas dari sebagian besar pesaingnya. Sedangkan konsep desain Asus M409BA secara umum mengikuti Vivobook Ultra A412 series menurut Laptophia.

Asus M409BA yang Laptophia ulas berwarna Transparent Silver yang terkesan begitu mewah. Selain itu, juga tersedia varian warna Slate Gray sebagai alternatif. Bagian LID cover laptop M409BA andalan vendor asal Taiwan ini menggunakan bahan polikarbonat, serta terdapat logo Asus yang cukup mencolok dengan warna chrome. LID cover pada review Asus M409BA ini menggunakan finishing sand-blasting yang terlihat cukup mewah, meski terasa plastik saat disentuh.

Asus M409BA ini dibalut dengan casing berbahan polikarbonat atau plastik yang terasa solid dan kokoh menurut Laptophia. Sementara pada bagian interiornya juga menggunakan finishing yang sama dengan LID cover dan bezel sekitar layar berwarna hitam. Selain itu, terdapat keyboard berdesain chiclet yang nyaman. Pada review Asus M409BA kali ini, layarnya mengusung NanoEdge yang membuat bezel layarnya kanan dan kirinya cukup tipis. Sayangnya, bezel atas dan bawah para ulasan Asus M409BA kali ini masih cukup tebal.

Desain Asus M409BA

Desain Asus M409BA
Baca juga:Honor 10 Lite Review: Ponsel Selfie Sentris dengan Android 10
Pada review Asus M409BA kali ini, bagian LID cover hanya terdapat logo Asus. Sedangkan pada bagian bawah terdapat stiker Windows, nomor seri laptop, lubang speaker, dan informasi teknis singkat lainnya. Pada sisi depan laptop ringkas yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa ini tidak terdapat port atau tombol apapun. Adapun wabcam yang terletak di atas layar laptop pelajar dengan harga terjangkau ini.

Sedangkan pada sisi kanan laptop kekinian murah Asus M409BA terdapat port Kenshington Lock, dua buah port USB, dua buah indikator LED, port combo audio 3,5mm, dan microSD card reader. Asus menempatkan port power, port USB 3.1 Gen1, port HDMI, dan port USB 3.1 Gen1 Type-C pada sebelah kiri laptop Asus M409BA ini. Berbeda dengan seri Vivobook Ultra, Asus M409BA menempatkan lubang exhaust pada sisi kiri laptop.

Video Unboxing Asus M409BA

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Performa Asus M409BA

Performa Asus M409BA

Pada review Asus M409BA kali ini, performa tampaknya bukan sektor yang diunggulkan menurut Laptophia. Hal ini dapat dimaklumi mengingat laptop Asus M409BA ini menyasar segmen entry-level, khususnya pelajar dan mahasiswa untuk menangani komputasi ringan sehari-hari. Laptop murah meriah Asus M409BA ini mengandalkan dukungan prosesor AMD APU A4-9125 yang merupakan APU (Accelerated Perocessing Unit) generasi ketujuh yang mengusung dual-core berarsitektur Excavator yang berlari dengan kecepatan 2,3GHz dengan Turbo maksimal 2,6GHz.

AMD APU A4-9125 ini sama seperti prosesor AMD lainnya yang berbasis APU generasi ke-7 yang menggunakan nama sandi Stoney Ridge yang masih menggunakan teknologi fabrikasi 28nm. Untuk saat ini memang AMD APU A4-9125 bisa dikatakan sudah agak ketinggalan. Prosesor ini sendiri pertama kali diperkenalkan ke pasar awal tahun 2017 silam.

Prosesor AMD APU A4-9125 ini menggunakan arsitektur Excavator yang terdiri dari satu modul dual-core dan telah mendukung penggunaan memori RAM DDR4 2133MHz. Performa yang ditawarkan prosesor AMD APU A4-9125 ini relatif memadai untuk komputasi ringan sehari-hari. Pada ulasan Asus M409BA kali ini, prosesor AMD APU A4-9125 ditandemkan dengan RAM default 4GB DDR4 2133MHz onboard, serta disediakan satu slot SODIMM untuk upgrade.

Sisi grafis, AMD APU A4-9125 yang digunakan oleh Asus M409BA ini dibekali dengan grafis terintegrasi dari AMD Radeon R3 yang mengandalkan 128 shader core dengan arsitektur GCN (Graphics Core Next) yang berlari dengan kecepatan 655MHz dengan antarmuka memori 64-bit, serta ditandemkan dengan sharing VRAM hingga 512MB (shared). Performa grafis laptop ini cukup memadai untuk grafis standar atau game ringan.

Selama proses review Asus M409BA, Laptophia merasakan performanya memang tidak terlalu gegas. Buka tutup aplikasi terasa kurang responsif, padahal sudah menggunakan storage SSD. Ini sebenarnya dapat dimaklumi mengingat prosesor AMD APU A4-9125 yang digunakannya dioptimalkan untuk konsumsi daya yang efisien dan harga yang terjangkau. Meski demikian, Asus M409BA ini masih cukup nyaman untuk menangani Office, browsing streaming, dan kegiatan komputasi ringan lainnya.
Baca juga:Xiaomi Mi Note 10 Pro Review: Smartphone Premium Berkamera Terbaik
Performa real-world yang dihasilkan oleh notebook pelajar Asus M409BA ini sejalan dengan skor benchmarknya yang relatif kecil. Laptop Asus M409BA mampu menghasilkan skor Geekbench 5 mencapai 353 poin untuk Single-Core dan 587 poin untuk Multi-Core. Suhu yang dihasilkan oleh Asus M409BA ini relatif aman terkendali, meski terasa agak panas pada sisi kiri laptop saat penggunaan yang cukup intensif.

Benchmark Asus M409BA











Review Asus M409BA

Review Asus M409BA

Asus M409BA merupakan salah satu jawaban Asus untuk segmen entry-level yang cocok untuk kalangan pelajar dan mahasiswa. Harus diakui bahwa spesifikasi yang ditawarkan oleh notebook Asus M409BA tidaklah istimewa dan setara dengan payar yang ditawarkan oleh para pesaingnya. Lalu apa yang menarik dari Asus M409BA ini?

Pendekatan desain yang berbeda ditempuh oleh pabrikan yang berbasis di Taiwan ini. Setelah sukses melalui lini Vivobook Ultra, Asus kemudian menurunkan konsep desainnya ke varian yang lebih murah seperti Asus M409BA ini. Hal inilah yang membuat laptop murah ini berbeda dan terlihat mewah di kelasnya.

Layar

Kualitas layar mungkin bagian yang kurang menonjol pada review Asus M409BA oleh tim Laptophia kali ini. Asus memang membekali laptop ringkas dengan harga terjangkau ini dengan layar resolusi HD yang berkualitas cukup baik. Namun, tampaknya layar Asus M409BA masih menggunakan panel jenis TN (Twisted Newmatic). Hal ini mengakibatkan viewing angle layarnya kurang memuaskan karena kurang luas. Hal ini dirasakan ketika menikmati video bersama rekan atau keluarga.

Saturasi warna yang dihasilkan layar Asus M409BA ini sedikit pudar menurut Laptophia. Namun, ini cukup standar untuk kelas entry-level. Brightness yang dihasilkan juga cukup terang dan kontras yang terbilang baik. Pengguna masih dapat melakukan tuning melalui fasilitas Asus Splendid dan Tru2Life yang dapat diakses melalui aplikasi MyAsus. Juga tersedia mode Asus Eye Care yang mengurangi pancaran sinar biru, sehingga membuat mata lebih nyaman dan tidak mudah lelah.
Baca juga:Review Asus Zenbook Edition 30 UX334FL, Ultrabook Termewah Berdesain Super Premium

Kenyamanan

Asus M409BA dibekali dengan keyboard berdesain chiclet yang menawarkan key travel yang cukup nyaman. Saat Laptophia gunakan untuk mengetik dalam jangka waktu yang lama, keyboard notebook murah ini cukup nyaman dan minim typo. Sayangnya, Asus tidak melengkapinya dengan fitur backlight, sehingga agak sulit digunakan dalam kondisi minim cahaya atau remang-remang.

Pada review Asus M409BA kali ini, touchpad yang diusungnya cukup nyaman digunakan dan tidak licin. Akurasi touchpad-nya cukup baik. Bagi yang tidak biasa menggunakan touchpad, dapat menggunakan mouse tambahan. Sudut kanan atas touchpad terdapat sensor sidik jari yang cukup gegas dan akurat dalam mengenali sidik jari. Fitur keamanan ini juga didukung dari sisi perangkat lunak melalui fitur Windows Hello.

Panas yang dihasilkan oleh laptop pelajar dengan dimensi ringkas Asus M409BA terbilang sebatas wajar. Tidak ada gejala overheat saat digunakan untuk tugas berat. Suara kipasnya memang cukup terdengar kencang ketika suhu meningkat.

Perangkat Lunak


Salah satu keunggulan laptop ringkas Asus M409BA ini adalah sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 asli pre-installed di dalamnya. Pengguna tak perlu lagi membeli lisensi sistem operasi, hanya cukup melakukan setup dan aktivasi untuk dapat menggunakan laptop ini dengan sistem operasi legal.

Sistem operasi besutan Microsoft ini berjalan lancar di Asus M409BA tanpa kendala. Beberapa aplikasi bawaan yang terinstal di laptop ini adalah Office 365 trial, McAfee antivirus, aplikasi bawaan Asus, aplikasi bawaan Microsoft, dan beberapa game ringan seperti Candy Crush Saga.

Audio

Audio bisa menjadi salah satu hal yang menarik pada review Asus M409BA kali ini. Laptop ringkas untuk pelajar dan mahasiswa ini tak hanya dibekali desain kekinian, tetapi juga didukung audio yang mumpuni dengan speaker stereo 2 x 2W yang didukung teknologi ICEpower dan Asus SonicMaster. Keluaran suara speaker laptop M409BA cukup kencang dan renyah. Beberapa orang mungkin akan menilai suara speakernya agak tipis dengan karakter bright.

Suara speaker M409BA andalan Asus ini tak jauh berbeda dengan Asus M409DA yang didominasi oleh treble, tetapi itu tidak cempreng. Treble memang terdengar lebih crisp, detail, dan tidak menusuk telinga. Sedangkan untuk bass, suaranya memang tidak terlalu mendalam tetapi bisa terdengar dengan baik dan mampu menghasilkan volume yang cukup kencang. Suara vokalnya juga terbilang jernih. Speaker M409BA sudah memadai untuk menikmati konten multimedia.

Storage

Sektor media penyimpanan, Asus M409BA BV421T ini dibekali media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) PCIe Gen3 x2 M.2 berkapasitas 256GB guna menampung data pengguna. Solusi penyimpanan SSD yang menawarkan performa transfer rate yang tinggi dan konsumsi daya efisien untuk menampung data pengguna. Saat pertama kali dinyalakan, media penyimpanan yang tersisa masih cukup luas, yakni berkisar 204 – 206GB.
Baca juga:Asus Zenbook 14 UM431DA AM701T Review: Menakar Performa Ryzen 7 3700U

Baterai

Laptop Asus M409BA yang dijual dengan harga terjangkau ini memang tak dibekali baterai berkapasitas besar, yakni hanya 2 cell 32Whrs. Setelah seminggu menggunakan laptop Asus M409BA ini, Laptophia menilai daya tahan baterainya termasuk standar di kelasnya. Penggunaan ringan seperti browsing, office, dan komputasi harian lainnya, Asus M409BA ini mampu bertahan hingga 4 jam lebih.

Penggunaan prosesor AMD APU A4-9125 yang masih menggunakan teknologi fabrikasi lawas 28nm mungkin membuat konsumsi dayanya kurang efisien. Untungnya, laptop ini telah menggunakan media penyimpanan SSD yang dikenal hemat energi ketimbang hard disk konvensional.

Kesimpulan

Secara umum, Asus M409BA merupakan sebuah laptop kelas entry-level yang tampil dengan konsep desain kekinian yang menarik. Harganya yang terbilang sangat terjangkau membuat Asus M409BA ideal untuk pelajar dan mahasiswa. Performa yang ditawarkan oleh Asus M409BA memang bukan yang paling kencang di kelasnya, tetapi masih sanggup menangani komputasi ringan sehari-hari. Asus M409BA salah satu laptop murah yang layak dipertimbangkan, serta ideal bagi pelajar dan mahasiswa.

Kelebihan Asus M409BA

  • Desain kekinian dengan build quality solid
  • Media penyimpanan SSD yang gegas
  • Harga terjangkau
  • Dilengkapi OS Windows 10 asli pre-installed

Kekurangan Asus M409BA

  • Performa kurang gegas

Harga Asus M409BA

Harga notebook Asus M409BA BV421T terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 3.999.000. Harga yang ditawarkan oleh laptop Asus M409BA BV421T relatif sepadan dan kompetitif di kelas entry-level. Asus M409BA BV421T merupakan sebuah laptop bertenaga AMD A4-9125 murah yang sudah mengusung desain kekinian yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa. Berdasarkan review Asus M409BA yang telah dilakukan Laptophia, performanya cocok untuk menangani aneka komputasi harian seperti office, browsing, dan multimedia viewing.
Anda dapat membeli atau cek promo Asus M409BA di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus M409BA

  • Layar TFT LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi HD 1366 x 768 piksel, 45% NTSC color gamut, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display
  • Prosesor AMD APU A4-9125 dual-core 2,3GHz dengan Turbo Core 2,6GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon R3 Graphics
  • Memori RAM 4GB DDR4-2133MHz onboard, upgradeable to 8GB DDR4
  • Storage SSD 256GB PCIe Gen3 x2 SSD
  • Konektifitas WiFi 5 (802.11 ac), Bluetooth 5.0, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.1 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, card reader, combo audio jack, fingerprint sensor
  • 2 x 2W dual speaker stereo, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi VGA
  • Baterai 2 Cell 32WHr lithium-ion Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 Asli
  • Dimensi 325 x 216 x 22.9 mm berat 1,5 kilogram
  • Warna Transparent Silver dan Slate Grey
Anda mungkin suka:Review Asus TUF Gaming FX505DY R5697T, Laptop Gaming AMD Ryzen Kencang dan Terjangkau

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!