eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Perbandingan Infinix Note 7 Lite vs Infinix S5, Harga Sama Pilih Mana?

Perbandingan Infinix Note 7 Lite vs Infinix S5, Harga Sama Pilih Mana? – Smartphone Infinix Note 7 Lite secara resmi telah diluncurkan di Indonesia (17/04/2020). Smartphone dengan tagline #GakMungkin ini dibekali dengan empat buah kamera belakang dengan kamera utama 48MP. Soal performa, Infinix Note 7 Lite ini masih mengandalkan SoC MediaTek Helio P22 yang ditandemkan dengan RAM berkapasitas 4GB. Tak hanya itu, ponsel ini juga dibekali baterai berkapasitas besar, yakni 5000mAh.

Sebelumnya Infinix telah lebih dulu memperkenalkan smartphone seri S5 pada Desember 2019 silam dan fokus pada kemampuan kamera depan untuk foto selfie. Soal jeroan, Infinix S5 relatif masih cukup bersaing di kelasnya dengan dukungan kamera selfie 32MP, quad kamera belakang, dan ditenagai oleh SoC MediaTek Helio P22 octa-core dan RAM 6GB. Lalu perbandingan Infinix Note 7 Lite vs Infinix S5 dengan harga yang sama, pilih mana? Simak ulasan Laptophia kali ini!

Spesifikasi Infinix Note 7 Lite

  • Sistem Operasi Android 10 dengan antarmuka XOS 6.0 Dolphin
  • Chipset MediaTek Helio P22 MT6762 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 2GHz
  • Grafis PowerVR GE8320
  • Tiga kamera belakang degan kamera utama 48 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI 1/2 inci 0.8um piksel, lensa aperture f/1.8 dengan dilengkapi dual LED flash + kamera 2 megapiksel depth sensor + kamera 2 megapiksel macro + kamera AI Lens
  • Kamera depan 8 megapiksel lensa aperture f/2.0 fixed focus, sensor BSI CMOS, screen flash, AI
  • Layar sentuh 6,6 inci 2.5D aspek rasio 20:9, dengan resolusi HD+ 1600 x 720 pixels, kerapatan 270 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 4GB, ROM 128GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (side mounted), DTS Audio
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 165.4 x 76.8 x 8.7 mm dengan berat 185 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, XCharge 10W
  • Warna Forest Green, Violet, dan Space Gray
Anda dapat membeli atau cek promo Infinix Note 7 Lite di Sini (Klik)

Spesifikasi Infinix S5

  • Sistem Operasi Android 9.0 Pie dengan antarmuka XOS 5.0 Cheetah
  • Chipset MediaTek Helio P22 MT6762 dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 2GHz
  • Grafis PowerVR GE8320
  • Empat kamera belakang dengan kamera utama 16 megapiksel, sensor BSI, phase-detection autofokus, sensor BSI CMOS, lensa aperture f/1.8 dengan dilengkapi quad LED flash + 5 megapiksel, sensor BSI, lensa 14mm f/2.2 ultra-wide + 2 megapiksel lensa aperture f/2.4 (depth sensor) + QVGA AI camera
  • Kamera depan 32 megapiksel lensa aperture f/2.0 fixed focus, sensor BSI CMOS 1/2.8 inci 0.8um piksel, screen flash, AI
  • Layar sentuh 6,6 inci 2.5D aspek rasio 20:9, dengan resolusi HD+ 1600 x 720 pixels, kerapatan 270 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 6GB, ROM 128GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 156 x 75 x 7.9 mm dengan berat 154 gram
  • Baterai 4000mAh non-removable, XCharge 10W
  • Warna Quetzal Cyan, Violet, dan Black
Anda dapat membeli atau cek promo Infinix S5 X652A di Sini (Klik)

Perbandingan Infinix Note 7 Lite vs Infinix S5


Penampilan fisik Infinix S5 vs Infinix Note 7 Lite ini sebenarnya mengusung konsep desain yang tak jauh berbeda. Kedua smartphone andalan pabrikan asal Hong Kong ini sama-sama mengusung konsep desain punch hole atau layar bolong pada sudut kanan atasnya. Desain punch hole Infinity O ini memang terbilang unik dan mewah karena tak banyak ponsel di Indonesia yang mengadopsi desain seperti ini.

Perbedaan mencolok adalah susunan kamera belakang yang mana Infinix Note 7 Lite dilengkapi housing berwarna hitam dengankamera tersusun vertikal. Sedangkan Infinix S5 juga dilengkapi empat kamera yang tersusun vertikal, tetapi tidak dilengkapi housing. Selain itu, dimensi Infinix Note 7 Lite ini sedikit lebuh besar, tebal, dan berat dari Infinix S5. Keduanya sama-sama tersedia dalam tiga varian warna, yakni Quetzal Cyan, Violet, dan Black untuk Infinix S5. Sedangkan Infinix Note 7 Lite tersedia varian Forest Green, Violet, dan Space Gray.
Baca juga:Perbedaan Infinix Note 7 vs Note 7 Lite: Harga Beda 500 Ribu, Pilih Mana?

Kapasitas RAM Infinix Note 7 Lite vs Infinix S5

Sisi performa, baik Infinix Note 7 Lite maupun Infinix S5 sama-sama ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek P22 MT6762 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2GHz dipadukan grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GE8320 untuk performa yang memadai. Infinix S5 dilengkapi RAM lebih besar, yakni 6GB. Sedangkan Infinix Note 7 Lite hanya dibekali RAM 4GB saja.

Kamera Infinix Note 7 Lite vs Infinix S5

Sektor fotografi, Infinix Note 7 Lite vs Infinix S5 sama-sama dibekali dengan empat buah kamera belakang. Infinix Note 7 Lite lebih unggul dengan dukungan kamera utama berkekuatan 48 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/2 inci 0.8um piksel yang didukung fitur phase-detection autofokus, dan dual LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 2 megapiksel sebagai depth sensor. Kombinasi dua kamera belakang ponsel pintar ini mampu menghasilkan portrait atau efek bokeh ala kamera DSLR. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 2 megapiksel sebagai dedicated macro. Kamera keempat berfungsi sebagai AI detection.

Infinix S5 juga dibekali dengan empat kamera belakang, tetapi masih kalah kelas ketimbang Infinix Note 7. Ponsel ini didukung kamera utama berkekuatan 16 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor BSI CMOS, phase-detection autofokus (PDAF), dan masih diperkuat Quad LED flash untuk memotret di tempat minim cahaya.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 5 megapiksel dengan lensa ultra-wide 14mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 120 derajat berkat dukungan fitur AI Super Wide-Angle Camera. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 2 megapiksel berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan foto bokeh ala kamera DSLR. Terakhir adalah kamera QVGA untuk AI detection.

Kamera Depan Kamera Infinix Note 7 Lite vs Infinix S5


Kemampuan kamera depan Infinix S5 ini jelas jauh lebih mantap dari Infinix Note 7 Lite karena memang sejak awal didesain untuk memuaskan penggemar foto selfie. Infinix S5 ini mengandalkan dukungan kamera depan berkekuatan 32 megapiksel dengan sensor BSI CMOS berukuran 1/2.8 inci 0.8um piksel fixed focus yang disematkan fitur AI yang pintar yang mampu mendeteksi 1024 titik wajah.

Sedangkan Infinix Note 7 Lite terbilang standar di kelasnya dengan dukungan kamera depan berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS fixed focus yang disematkan fitur AI yang pintar guna memuaskan hasrat foto selfie atau melakukan video call.
Baca juga:Realme C3 Review: Smartphone Murah Paling Powerful!

Baterai Infinix Note 7 Lite vs Infinix S5

Kapasitas baterai Infinix Note 7 Lite jelas lebih unggul karena mencapai 5000mAh. Sedangkan Infinix S5 hanya dibekali baterai berkapasitas 4000mAh saja. Kedua smartphone andalan Infinix ini sama-sama tidak dibekali dengan fitur fast charge, sehingga hanya dibekali kemampuan charging standar, yakni 10W.

Perangkat Lunak Infinix Note 7 Lite vs Infinix S5

Infinix Note 7 Lite dibekali dengan sistem operasi yang lebih baru, yakni Android 10 dengan XOS 6.0 Dolphin. Sedangkan Infinix S5 masih mengandalkan OS Android 9.0 Pie dengan antarmuka XOS 5.0 Cheetah. Sampai saat ini belum ada informasi mengenai apakah Infinix S5 akan mendapat upgrade ke Android 10 atau tidak.

Fitur Lain Infinix Note 7 Lite vs Infinix S5

Salah satu fitur yang dimiliki oleh Infinix Note 7 Lite adalah dukungan DTS Sound yang mampu meningkatkan kualitas audio secara umum. Fitur ini tidak dimiliki oleh Infinix S5.

Harga Infinix Note 7 Lite vs Infinix S5

Harga smartphone Infinix Note 7 Lite RAM 4GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.199.000. Sedangkan harga Infinix S5 terbaru saat artikelini dibuat relatif sama dengan Infinix Note 7 Lite. Tentunya harga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai ketentuan promo yang berlaku.

Pilih Mana Infinix Note 7 Lite vs Infinix S5?

Berdasarkan ulasan perbandingan di atas yang telah dilakukan oleh tim Laptophia, mana yang laik pilih antara Infinix Note 7 Lite vs Infinix S5? Secara umum, Infinix Note 7 Lite lebih menarik daripada Infinix S5 menurut Laptophia, Seri Note 7 Lite ini menawarkan kamera belakang yang lebih mumpuni, baterai lebih besar, fitur DTS Sound, dan sistem operasi yang lebih baru.

Meski demikian, Infinix S5 juga masih cukup layak dilirik bagi yang membutuhkan kapasitas RAM yang lebih besar dan kamera dengan yang jauh lebih mumpuni untuk foto selfie. Tentunya semua kembali pada selera dan kebutuhan masing-masing pengguna.
Anda mungkin suka:Vivo S1 Review: Smartphone Selfie Sentris Berdesain Manis