IBX582004D475488 Harga Luna X Prime Kini Cuma 1 Juta-an, Masih Layak Beli?
Asus TUF Gaming FX505

Harga Luna X Prime Kini Cuma 1 Juta-an, Masih Layak Beli?


Harga Luna X Prime Kini Cuma 1 Juta-an, Masih Layak Beli? – Luna X Prime adalah smartphone yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia Juli 2018 silam dan membidik pasar premium. Saat itu, harga smartphone Luna X Prime ini hampir Rp 4 juta dan menawarkan fitur yang cukup lengkap di kelasnya. Saat ini harga yang Luna X Prime telah mengalami penurunan signifikan. Ponsel dengan poni yang cukup menonjol ini dapat dibawa pulang dengan harga Rp 1 juta-an saja.

Jika dilihat dari spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, Luna X Prime ini masih sangat kompetitif. Smartphone ini didukug kinerja tinggi yang ampuh untuk multitasking atau gaming berkat dukungan SoC MediaTek Helio P60 dengan RAM 4GB. Luna X Prime juga disematkan aneka fitur premium yang tak banyak dimiliki oleh ponsel lain dengan harga 1 jutaan, sebut saja port USB Type-C, AR Emoji, 3D Face Unlock, dan juga wireless charging.

Smartphone Luna X Prime mengusung spesifikasi layar yang berponi dengan aspek rasio 19:9 dengan dukungan layar sentuh berukuran 6,2 inci yang disematkan teknologi In-Cell dengan panel IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi full HD+ 2246 x 1080 piksel yang menawarkan kerapatan mencapai 415 piksel per inci yang cemerlang dengan kecerahan 450 nits. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores pada ponsel ini.
Baca juga:Honor 10 Lite Review: Ponsel Selfie Sentris dengan Android 10
Sektor perangkat lunak, smartphone yang dulu berada di segmen premium Luna X Prime ini menggunakan basis sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Luna UI. Sayangnya, sampai saat ini ponsel andalan Luna ini tidak mendapat update Android dan security patch.

Sisi kamera, Luna X Prime dibekali dukungan kamera belakang ganda dengan resolusi 16 megapiksel dengan sensor OmniVision OV16885 ditandemkan dengan enam elemen lensa aperture f/1.8 yang dilengkapi dengan fitur phase-detection autofokus dan LED flash. Sedangkan kamera kedua mengusung resolusi 5 megapiksel dengan lensa aperture f/2.4 fixed focus. Kombinasi kedua kamera ini mampu menghasilkan efek bokeh ala kamera DSLR.

Kemampuan selfie Luna X Prime ini cukup mumpuni dengan dukungan kamera depan berkekuatan 16 megapiksel dengan sensor BSI CMOS yang masih bersaing di kelasnya dipadukan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur AI recognition guna memuaskan hasrat selfie penggna.

Ponsel Luna X Prime juga memiliki fitur kekinian Face Unlock untuk keamanan data pengguna dengan dukungan kamera 3D face unlock yang dapat bekerja dalam kondisi kurang cahaya. Selain itu, Luna X Prime juga disematkan fitur keamanan sensor sidik jari pada sisi belakang ponsel.

Performa smartphone Luna X Prime ini bukan yang terkencang, tetapi masih sangat powerful di kelasnya menurut Laptophia, karena mengandalkan SoC (System on Chip) Mediatek Helio P60 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G73 MP3.

Luna membekali smartphone Luna X Prime ini dengan baterai berkapasitas 3000mAh yang tanpa kehadiran fitur fast charge untuk mencukupi kebutuhan dayanya. Laptophia menilai kapasitas yang diusungnya relatif memadai mengingat SoC Helio P60 tidak terlalu boros berkat teknologi 12nm yang digunakannya. Ponsel ini dibekali dengan fitur wireless charging yang tak dimiliki oleh para pesaingnya.
Baca juga:Vivo S1 Review: Smartphone Selfie Sentris Berdesain Manis
Smartphone Luna X Prime ini dibekali dengan memori internal 64GB yang masih didukung hadirnya slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 512GB jenis hybrid slot. Luna juga menyematkan sensor sidik jari yang berada di sisi belakang ponsel.

Video Unboxing Luna X Prime

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Kelebihan Luna X Prime

  • Performa tinggi di kelasnya
  • Fitur melimpah
  • Harga terjangkau
  • Kamera memadai

Kekurangan Luna X Prime

  • Tidak mendapat dukungan update software
  • Tidak dilengkapi port audio 3,5mm

Harga Luna X Prime

Luna X Prime merupakan salah satu smartphone premium di masanya yang menawarkan performa tinggi dan fitur yang lengkap. Harga Luna X Prime saat pertama kali diluncurkan di Indonesia adalah Rp 3.999.000. Namun, saat ini harga ponsel ini telah mengalami penurunan yang cukup signifikan. Berdasarkan pantauan tim Laptophia, harga Luna X Prime terbaru di Indonesia saat artikel ini dibuat adalah Rp 1.599.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai kebijakan masing-masing penjual.

Dukungan build quality premium dan desain yang mewah, performa tinggi dari SoC MediaTek Helio P60 ditandemkan dengan RAM 4GB, fitur 3D face unlock yang dapat berfungsi saat kondisi gelap, dukungan wireless charging, dan harga yang terjangkau menjadi daya tarik utama smartphone Luna X Prime saat ini. Secara umum, Luna X Prime masih layak dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan smartphone berkinerja tinggi, fitur lengkap, dan harga yang terjangkau.
Anda dapatmembeli atau cek promo Luna X Prime di Sini (Klik)

Spesifikasi Luna X Prime

  • Sistem Operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Luna UI
  • Chipset MediaTek Helio P60 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A73 dengan kecepatan 2GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2GHz
  • Grafis Mali-G73 MP3
  • Dual kamera belakang 16 megapiksel, sensor OmniVision OV16885 1/3 inci 1um piksel, lensa 26mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash + 5 megapiksel depth sensor
  • Kamera depan 16 megapiksel, sensor BSI, fixed focus dengan aperture f/2.0 + 3D camera untuk face unlock, AI
  • Layar sentuh 6,2 inci dengan resolusi full HD+ 2246 x 1080 pixels, rasio 19:9, kerapatan 415 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 4GB, ROM 64GB dilengkapi slot microSD maksimal 512GB Hybrid Slot
  • WiFi, Bluetooth, FM Radio, GPS, Dual SIM, fingerprint sensor, port USB Type-C, 3D face unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 154.8 x 73.6 x 8 mm dengan berat 162 gram
  • Baterai 3000mAh, non removable, support wireless charging
  • Warna Grey dan Silver
Anda mungkin suka:Review Asus M409BA, Laptop Murah Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!