IBX582004D475488 Menjajal ScreenPad 2.0 di Asus Zenbook 14 UX434FLC
Asus Zenbook 14 UX434FLC

Menjajal ScreenPad 2.0 di Asus Zenbook 14 UX434FLC



Menjajal ScreenPad 2.0 di Asus Zenbook 14 UX434FLC - Asus adalah salah satu produsen laptop yang paling inovatif saat ini menurut Laptophia. Pabrikan asal Taiwan ini terus menghadirkan aneka inovasi di lini laptop andalannya guna mendongkrak produktivitas pengguna. Sebelumnya pabrikan asal Taiwan ini menggebrak pasar dengan menghadirkan NumberPad di lini Zenbook 13, 14, dan 15 akhir 2018 silam. NumberPad ini dapat memfungsikan touch pad sebagai number pad.

Tak hanya itu, Asus kemudian melanjutkannya dengan menghadirkan layar sentuh multifungsi pada touchpad dengan nama ScreenPad di laptop Asus Zenbook Pro UX480. Tampaknya, fitur ScreenPad ini mendapat sambutan positif dari pengguna dan hal ini mendorong Asus untuk menghadirkan versi terbaru dari ScreenPad, yakni ScreenPad 2.0 di lini Zenbook 13 dan 14 generasi terbaru yang diperkenalkan akhir 2019 kemarin. ScreenPad 2.0 ini menawarkan fitur yang lebih lengkap dan spesifikasi yang lebih mantap. Lalu sehebat apakah ScreenPad 2.0 di Asus Zenbook 14 UX434FLC? Simak ulasan Laptophia kali ini.

Menjajal ScreenPad 2.0

ScreenPad 2.0 saat menjalankan Chrome
Asus Indonesia berbaik hati mengirimkan unit ultrabook premium Zenbook 14 UX434FLC yang sudah dilengkapi dengan fitur ScreenPad 2.0 untuk diulas tuntas di Laptophia. Selain didukung ScreenPad 2.0, ultrabook Zenbook 14 UX434FLC ini juga menawarkan performa tinggi berkat dukungan prosesor Intel Core generasi ke-10 yang menggunakan nama sandi Comet Lake. Zenbook 14 UX434FLC yang Laptophia terima adalah varian dengan prosesor Intel Core i5-10210U.

Lalu apa sebenarnya ScreenPad 2.0? ScreenPad 2.0 adalah layar sentuh yang ditempatkan di bagian touchpad. Layar sentuh ini tak hanya berfungsi sebagai touchpad, tetapi juga memiliki fungsi lain seperti layar yang kedua atau extended display, Quick Key, Number Key, dan banyak lagi.

Spesifikasi ScreenPad 2.0

Tampilan desktop ScreenPad 2.0
Spesifikasi layar ScreenPad 2.0 yang digunakan di Asus Zenbook 14 UX434FLC ini mengalami sedikit peningkatan jika dibandingkan dengan ScreenPad generasi pertama yang disematkan pada ultrabook Zenbook Pro 14 UX480. Ukuran ScreenPad 2.0 tampak lebih besar dan fiturnya lebih lengkap.

ScreenPad 2.0 didukung layar sentuh kapasitif berukuran 5,65 inci berteknologi panel Super IPS+ (In-Plane Switching) dengan resolusi full HD+ 2160 x 1080 piksel. Layar ScreenPad 2.0 dilapisi kaca agar tidak mudah tergores dan menawarkan sudut pandang yang luas, yakni mencapai 178 derajat.
Baca juga:MyAsus, Aplikasi Utilitas Super Lengkap di Laptop Asus

Fungsi dan Fitur ScreenPad 2.0


Keunggulan utama layar ScreenPad 2.0 dibanding touchpad biasa adalah dukungan fitur yang lebih banyak guna mendongkrak produktivitas pengguna. Tak hanya itu, ScreenPad 2.0 juga memanjakan pengguna Zenbook agar dapat menikmati konten multimedia sambil bekerja.

Pengguna juga dapat dengan mudah menambahkan shortcut aplikasi yang sering digunakan agar tampil di ScreenPad 2.0, sehingga mudah diakses. Berikut ini beberapa fitur utama ScreenPad 2.0 yang terdapat di Asus Zenbook 14 UX434FLC yang Laptophia gunakan.

Secondary Display atau Extended Display

ScreenPad 2.0 saat menjalankan aplikasi AIMP

Salah satu fitur utama ScreenPad 2.0 adalah dapat difungsikan sebagai secondary display atau layar kedua. Misalnya pengguna bekerja menjalankan aplikasi Microsoft Excel, tetapi tak ingin ketinggalan menonton streaming di YouTube atau Netflix. Maka pengguna cukup drag saja aplikasi streaming tersebut ke ScreenPad 2.0. Video streaming akan tetap berjalan dan dinikmati melalui layar kedua di ScreenPad 2.0 dan pengguna dapat bekerja di layar utama.

Skenario multitasking lain yang dapat memanfaatkan ScreenPad 2.0 sebagai layar kedua adalah saat bekerja melakukan editing foto dan video, ternyata harus sambil chatting menggunakan aplikasi lain. Pengguna dapat memindahkan aplikasi chat ke ScreenPad 2.0 melalui App Switcher. Hal ini memungkinkan pengguna dapat chatting sekaligus video editing tanpa repot berpindah jendela aplikasi.

Pengguna dapat menjalankan aplikasi lain seperti memainkan musik, video, dan aplikasi lainnya di ScreenPad 2.0 tanpa mengganggu aplikasi utama yang berjalan di layar utama atau main display. Laptophia juga melihat kemudahan untuk memindahkan aplikasi dari ScreenPad 2.0 ke main display atau sebaliknya berkat fungsi App Switcher.

ScreenPad 2.0 di Asus Zenbook 14 UX434FLC ini juga dapat difungsikan sebagai extended display. Misalnya sedang melakukan edit video, kita dapat memindahkan jendela preview di ScreenPad 2.0. Sehingga kita dapat melihat preview secara real-time sekaligus melakukan editing di layar utama.

Number Key


Salah satu fitur andalan ScreenPad 2.0 adalah Number Key. Secara fungsi, Number Key ini tak jauh berbeda dengan Number Pad yang digunakan di Zenbook 13 dan 14 generasi sebelumnya, yakni mengubah layar ScreenPad 2.0 menjadi sebuah Number Pad virtual. Tentu hal ini dapat meningkatkan produktivitas pengguna ketika banyak menginput angka saat bekerja.
Baca juga:Review Asus ZenBook Duo UX481, Laptop Dual Screen Siap Manjakan Multitasker

Handwriting


Salah satu keunggulan ScreenPad 2.0 yang disematkan di ultrabook Asus Zenbook 14 UX434FLC adalah fitur pengenalan tulisan tangan atau handwriting. Melalui fitur ini, kita dapat melakukan input tulisan atau kalimat dengan menulis secara langsung di ScreenPad 2.0. Kalimat yang ditulis akan dikenali sesuai setting bahasa yang digunakan.

Tak hanya itu, pengguna juga dapat menambah atau mengganti dukungan bahasa di handwriting pada ScreenPad 2.0 melalui menu Settings di Windows. Fitur seperti ini sangat bermanfaat bagi konsumen yang akan menginput dengan huruf kanji dan sebagainya.

Slide Xpert, Doc Expert dan Sheet Xpert

Sheet Xpert

Slide Xpert

Word Xpert

Fitur andalan ScreenPad 2.0 yang dapat menunjang produktivitas pengguna adalah trio Slide Xpert, Doc Expert dan Sheet Xpert yang dapat diaktifkan ketika menjalankan aplikasi Microsoft Power Point, Microsoft Word, dan Microsoft Excel. Baik Slide Xpert, Doc Expert maupun Sheet Xpert menawarkan kemudahan akses untuk mengedit teks, mengubah ukuran font, warna, mode presentasi, dan banyak lagi dengan cepat.

Quick Key


Salah satu fitur ScreenPad 2.0 yang Laptophia sukai adalah Quick Key. Fitur ini menghadirkan sekumpulan shortcut yang sangat membantu pengguna hanya dalam satu sentuhan saja. Misalnya, pengguna dapat melakukan operasi Copy dan Paste hanya dengan sentuhan di ScreenPad 2.0 tanpa harus repot menekan kombinasi keyboard seperti CTRL+C dan CTRL+V.

Shortcut yang berupa kombinasi tombol keyboard di Quick Key ini dapat ditambah sesuai kebutuhan. Tak hanya itu, pengguna juga dapat bmembuat grup yang berisi shortcut yang sering digunakan. Misalnya, grup Quick Key dengan nama Video Editing berisi shortcut kombinasi tombol untuk Adobe Premiere, dan sebagainya.

Touchpad


Tentu saja ScreenPad 2.0 ini juga berfungsi sebagai touchpad ketika pengguna bekerja tanpa menggunakan mouse. Pengguna cukup mengaktifkan mode Touchpad dan ScreenPad 2.0 langsung berubah menjadi touchpad yang biasa tersedia di laptop kebanyakan.

Pengaturan ScreenPad 2.0


ScreenPad 2.0 menyediakan menu Settings tersendiri yang memungkinkan pengguna untuk melakukan penyesuaian atau pengaturan yang diperlukan. Beberapa opsi yang disediakan adalah pengaturan ScreenPad Brightness, mengganti background ScreenPad, mode battery saver, mengatur resolusi ScreenPad, ScreenPad Refresh Rate, dan banyak lagi.

Pengenalan ScreenPad 2.0 oleh Asus


Kesimpulan

Setelah menggunakan ScreenPad 2.0 selama kurang lebih sebulan di ultrabook Asus Zenbook 14 UX434FLC, Laptophia cukup terkejut dengan kemampuan dan fitur yang dimiliki. Selama bekerja, Laptophia sangat terbantu dengan kehadiran ScreenPad 2.0 sebagai layar kedua, meningkatkan produktivitas, dan membuat multitasking terasa lebih nyaman.
Anda dapt membeli atau cek promo Asus Zenbook UX434FLC A701T di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus Zenbook 14 UX434FLC varian Intel Core i5

  • Layar IPS LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, Asus Splendid, 100% sRGB, 72% AdobeRGB, dan 72% NTSC color gamut, NanoEdge Display
  • ScreenPad 2.0 5,65 inci SuperIPS+ Full HD 1920 x 1080 piksel, 178˚ wide-view technology, glass-covered
  • Prosesor Intel Core i5-10210U quad-core 1,6GHz TurboBoost 4,2GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel UHD Graphics 620 dan Nvidia GeForce MX250 VRAM 2GB GDDR5
  • Memori RAM 8GB LPDDR3 2133MHz onboard
  • Storage SSD 1TB M.2 PCIe 3.0 x2 NVME
  • Konektifitas WiFi, Bluetooth, Port USB 3.1 Gen2, Port USB 2.0, Port USB 3.0 Gen2 Type-C, Port HDMI, card reader, combo audio jack
  • Dual 1W Speaker stereo, Harman Kardon Certified, SmartAMP, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam 3D IR HD camera, face login
  • Baterai 50Wh 3-cell lithium-polymerBattery, hingga 13 jam penggunaan
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 original
  • Dimensi 319 x 199 x 16.9 mm berat 1,26 kilogram
  • Sertifikat MIL-STD-810G, UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, CCC, EU Flower, Energy star, WEEE
  • Warna Royal Blue (A501T) dan Icicle Silver (A502T)
Anda mungkin suka:Perbedaan Prosesor Intel Ice Lake vs Comet Lake

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!