IBX582004D475488 Review Asus ZenBook Duo UX481, Laptop Dual Screen Siap Manjakan Multitasker
Asus TUF Gaming FX505

Review Asus ZenBook Duo UX481, Laptop Dual Screen Siap Manjakan Multitasker


Review Asus ZenBook Duo UX481, Laptop Dual Screen Siap Manjakan Multitasker – Asus Indonesia secara resmi telah meluncurkan sebuah laptop baru yang dirancang khusus untuk kreator konten profesional, yakni ZenBook Duo UX481 melalui sebuah acara peluncuran yang digelar di Raffles, Jakarta (11/12/2019). Laptop ini didesain khusus untuk memanjakan kreator konten dan multitasker dengan dukungan dua buah layar atau dual-screen yang disebut dengan ScreenPad Plus yang inovatif, serta kaya fitur.

Hal lain yang cukup menarik dari Asus ZenBook Duo UX481 adalah performanya yang terbilang kencang, meski tak sekencang kakaknya seri Asus ZenBook Pro Duo UX581. Hal ini tak lepas dari dukungan prosesor Intel Core generasi ke-10 yang menggunakan nama sandi Comet Lake yang ditandemkan dengan grafis diskrit dari Nvidia GeForce MX250. Selain itu, Asus ZenBook Duo UX481 ini dibekali dengan baterai berkapasitas besar dan tahan lama. Penasaran? Simak review Asus ZenBook Duo UX481 oleh tim Laptophia kali ini!
Review Asus ZenBook Duo UX481, Laptop Dual Screen Siap Manjakan Multitasker

Paket Penjualan Asus ZenBook Duo UX481

  • Unit Asus ZenBook Duo UX481
  • Detachable laptop stand
  • Charger
  • Manual
  • Kartu garansi
  • Asus backpack
Baca juga:Asus ROG Zephyrus S GX502GW Glacier Blue Review: Gaming Mumpuni, Gahar untuk Content Creator

Desain Asus ZenBook Duo UX481

Desain Asus ZenBook Duo UX481

Desain Asus ZenBook Duo UX481

Desain fisik pada review Asus ZenBook Duo UX481 kali ini tampak unik dengan kehadiran fitur dual screen atau ScreenPad Plus. Konsep desain yang diusung oleh Asus ZenBook Duo UX481 sebenarnya tak jauh berbeda dengan Asus ZenBook Pro Duo UX581, hanya saja seri ZenBook Duo UX481 mengusung dimensi yang lebih ringkas dan bobotnya pun lebih ringan. Laptop yang dirancang khusus untuk multitasker ini mengandalkan desain mewah yang tak lekang oleh waktu dengan LID cover bergaya spun metal finish yang sudah menjadi ciri khas lini Zenbook.

Mengikuti jejak kini ROG, ZenBook Duo UX481 kini mengadopsi desain asimetris dengan menempatkan logo Asus yang agak menyamping. Tak hanya itu, interior laptop ini juga mengingatkan Laptophia pada desain ROG Zephyrus S yang hadir tanpa palm rest pada bagian bawah keyboard. Meski demikian, kita akan disuguhkan penampilan menarik dari layar kedua ScreenPad Plus yang memukai dan ditandemkan dengan keyboard berdesain chiclet yang nyaman digunakan.

Layar laptop ini juga telah mengusung desain four-sided frameless yang membuat bezelnya sangat tipis dan nyaris tidak ada. Hal ini dapat memangkan dimensi laptop secara keseluruhan. Bodi laptop Asus ZenBook Duo UX481 ini dibalut dengan casing berbahan aluminium yang kokoh dan kuat dengan warna Celestial Blue yang elegan. Build quality Asus ZenBook Duo UX481 tampaknya tak perlu dipertanyakan lagi. Laptop ini telah memenuhi standar militar dengan sertifikat MIL-STD-810G.
Desain Asus ZenBook Duo UX481

Pada review Asus ZenBook Duo UX481 kali ini, sisi depan maupun belakang laptop ini tidak terdapat tombol atau port apapun. Sedangkan sisi atas terlihat logo Asus yang ditempatkan secara asimetris. Sedangkan sisi kanan Asus ZenBook Duo UX481 ini terdapat port USB 3.1 Gen1, port audio combo, lubang exhaust atau ventilasi, dan microSD card reader. Sedangkan pada sisi kiri terdapat port power, port HDMI, port USB 3.1 Gen2, port USB 3.1 Gen2 Type-C dan lubang ventilasi atau exhaust.
Baca juga:Review Asus ZenBook UM431DA: Ultrabook Ringkas dan Premium Powerful Tak Lagi Mahal

Performa Asus ZenBook Duo UX481

Performa Asus ZenBook Duo UX481

Performa adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan pada review Asus Zenbook Duo UX481 menurut Laptophia karena mengandalkan dukungan prosesor Intel Core i7-10510U quad-core generasi ke-10 atau Comet Lake yang berlari dengan kecepatan standar 1,8GHz dan TurboBoost hingga 4,9GHz.

Adapun ZenBook Duo UX481 varian lebih murah yang ditenagai oleh Intel Core i5-10210U quad-core generasi Comet Lake yang berlari dengan kecepatan standar 1,6GHz dan TurboBoost hingga 4,2GHz. Laptop ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 8GB (varian Core i5) atau 16GB (varian Core i7) jenis LPDDR3 2133MHz on-board, sehingga tidak dapat dilakukan upgrade.

Baik Intel Core i7-10510U maupun Core i5-10210U pada review Asus ZenBook Duo UX481 merupakan prosesor Core generasi ke-10 yang menggunakan nama sandi Comet Lake. Prosesor ini menggunakan teknologi fabrikasi 14nm++ yang menawarkan konsumsi daya yang leboh efisien dan dibarengi dengan peningkatan performa jika dibandingkan Intel Core generasi ke-8 Whiskey Lake.

Prosesor Intel Core i7-10510U maupun Core i5-10210U ini mengusung prosesor quad-core yang disematkan teknologi Hyper-Threading. Teknologi ini memungkinkan 1 core dapat memberikan dua jalur eksekusi atau thread, sehingga total kedua prosesor ini masing-masing memiliki 8 thread. Hal ini membuat Asus ZenBook Duo UX481 sangat cocok menangani multitasking, editing video, dan menangani proyek kreatiflainnya.

Hasil benchmark Asus Zenbook Duo UX481 yang Laptophia lakukan menggunakan Cinebench R15 juga menunjukkan prosesor Core i7-10510U mampu menghasilkan skor hingga 583 poin, lebih tinggi dari prosesor Intel Core generasi sebelumnya. Ini membuktikan bahwa prosesor Intel Core generasi ke-10 memang menawarkan lompatan kinerja jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Sisi grafis, ultrabook Asus Zenbook Duo UX481 dengan desain kompak dan mewah ini mengandalkan Intel UHD Graphics 620 yang ditandemkan dengan grafis diskrit Nvidia GeForce MX250. GPU (Graphics Processing Unit) Intel HD Graphics 620 yang mengusung 24 execution unit (EUs) dengan kecepatan 300 – 1150MHz. Performa grafisnya memang mengalami peningkatan jika dibandingkan generasi sebelumnya. Adapun varian Zenbook Duo UX481FA yang tidak dibekali dengan grafis diskrit dan hanya mengandalkan GPU terintegrasi.
Baca juga:Review Asus ROG Zephyrus S GX531GW, Laptop Gaming GeForce RTX Tertipis!
Berdasarkan informasi yang Laptophia terima, GeForce MX250 ini mengandalkan 384 shader core berteknologi Pascal dengan kecepatan 1518MHz dengan Turbo 1852MHz yang dipadukan dengan 24 TMUs, dan 8 ROPs. Kartu grafis GeForce MX250 yang digunakan pada review Asus Zenbook Duo UX481 ini dikawinkan dengan memori VRAM 2GB GDDR5 berkecepatan 7GHz dengan antarmuka memori 64-bit.

Benchmark Asus ZenBook Duo UX481

Benchmark PCMark 10 Asus ZenBook Duo UX481
Benchmark PCMark 10 Asus ZenBook Duo UX481
Benchmark Cinebench R15 Asus ZenBook Duo UX481
Benchmark Cinebench R15 Asus ZenBook Duo UX481
Benchmark 3DMark Fire Strike Asus ZenBook Duo UX481
Benchmark 3DMark Fire Strike Asus ZenBook Duo UX481
Benchmark 3DMark Night Raid Asus ZenBook Duo UX481
Benchmark 3DMark Night Raid Asus ZenBook Duo UX481
Benchmark CrystalDiskMark Asus ZenBook Duo UX481
Benchmark CrystalDiskMark Asus ZenBook Duo UX481

Review Asus ZenBook Duo UX481

Review Asus ZenBook Duo UX481

Istilah multitasking sudah cukup lama hadir, khususnya sejak perangkat komputasi memiliki performa yang semakin kencang berkat perkembangan teknologi yang kian pesat. Multitasking dalam dunia komputasi berarti menjalankan dua atau lebih aplikasi secara bersamaan. Asus menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan sebuah laptop yang dirancang untuk memanjakan multitasker melalui lini ZenBook Duo UX481.

Hal yang paling menonjol dari review Asus ZenBook Duo UX481 adalah dukungan fitur dua layar atau dual screen yang disebut dengan ScreenPad Plus. Pabrikan asal Taiwan ini tampaknya telah bekerja keras untuk membuat ScreenPad Plus dapat bekerja dengan baik, memiliki banyak fungsi, dan meningkatkan kenyamanan dalam menyalurkan kreativitas. Hal ini membuat ScreenPad Plus memang memiliki andil dalam meningkatakan produktivitas dan bukan sekadar gimik belaka.

Layar

Asus membekali ultrabook dual-screen inovatif Zenbook Duo UX481 dengan layar berteknologi NanoEdge Display berukuran 14 inci jenis IPS (In-Plane Switching) LCD dengan LED (Light Emiting Diode) backlight resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel yang diklaim memiliki spektrum warna 100% sRGB, 74% AdobeRGB, dan 72% NTSC color gamut yang sangat cemerlang di kelasnya. Kualitas layarnya terbilang sangat baik menurut Laptophia dengan saturasi warna yang mantap dan didukung brightness yang memadai.

Tak hanya itu, layar ultrabook dual screen Zenbook Duo UX481 ini juga didukung fitur Asus Splendid dan Asus True2Live yang mampu mengoptimalkan warna dan ketajaman layar sesuai kebutuhan pengguna. Selain itu, akurasi warna layarnya tak perlu diragukan lagi dengan dukungan Pantone Validated Display. Ukuran layar 14 inci ini menggunakan teknologi bezel tipis atau NanoEdge dengan rasio screen to body mencapai 90% dan membuat dimensinya ringkas.

ScreenPad Plus Manjakan Multitasker


Keunggulan utama review Asus Zenbook Duo UX481 oleh tim Laptophia kali ini adalah dilengkapi layar kedua dengan kemampuan sentuh berukuran 12,6 inci dengan resolusi full HD yang disebut dengan ScreenPad Plus. Layar ScreenPad Plus memiliki segudang fungsi, antara lain adalah sebagai handwriting, task swap, organiser, perluasan view layar, shortcut, task group, dan banyak lagi. Fitur ini sangat mendukung kinerja kreator konten dan pekerja kreatif lainnya.

Laptophia melihat kemampuan multitasking menjadi tujuan utama pengembangan ScreenPad Plus. Pengguna ZenBook Duo UX481 dapat menampilkan hingga tiga window atau aplikasi di ScreenPad Plus. Cara menggunakan ScreenPad Plus ini cukup mudah, yakni drag-and-drop aplikasi yang diinginkan dan posisikan sesuai dengan layout yang disediakan. Jika hanya ingin menampilkan dua aplikasi, drag aplikasi yang dipilih ke tepi layar ScreenPad Plus dan sistem akan membagi layar menjadi dua bagian secara otomatis.

Asus juga menyediakan antarmuka khusus agar pengguna ZenBook Duo UX481 lebih mudah dalam mengatur berbagai aplikasi yang sedang ditampilkan baik di layar utama maupun di ScreenPad Plus. Salah satu fitur untuk membantu multitasking adalah App Switcher yang memungkinkan pengguna dapat memindahkan aplikasi dari layar utama ke ScreenPad Plus secara instan. Melalui fitur ini, pengguna bahkan dapat menampilkan aplikasinya secara penuh melalui layar utama dan ScreenPad Plus.

ScreenPad Plus juga memiliki fitur bernama Task Swap yang memungkinkan pengguna ZenBook Duo UX481 untuk memindahkan aplikasi yang berada di layar utama ke ScreenPad Plus secara instan, begitu pun sebaliknya. Sementara fitur App Navigator dan Task Group mempermudah pengguna Asus ZenBook Duo UX481 untuk mengatur sekaligus memonitor aplikasi apa saja yang sedang berjalan secara lebih mudah melalui ScreenPad Plus.
Baca juga:Review Asus ROG Zephyrus S GX502GW, Laptop Gaming Super dengan Fitur Lengkap
Satu fitur istimewa yang tidak boleh dilewatkan pada review Asus ZenBook Duo UX481 oleh Laptophia kali ini adalah Quick Key. Fitur tersebut memungkinkan pengguna ZenBook Duo UX481 menampilkan tombol pintasan (shortcut) di layar ScreenPad Plus. Selain dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, Quick Key juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi apapaun yang sedang dijalankan. Dengan demikian Quick Key dapat menampilkan tombol pintasan sesuai dengan aplikasi yang sedang berjalan.

Audio

Sektor audio juga menjadi salah satu keunggulan atau daya tarik pada review Asus Zenbook Duo UX481 oleh tim Laptophia kali ini dengan speaker stereo dengan Harman Kardon certified yang didukung teknologi ICEpower dan Asus SonicMaster untuk meningkatkan pengalaman multimedia pengguna. Tak heran, kualitas audio yang keluar dari ultrabook ini sangat memanjakan telinga. Suara terdengar detail, bass bertenaga, dan treble yang lembut di telinga.

Engsel Ergolift


Keunggulan lain pada review Asus ZenBook Duo UX481 telah dilengkapi dengan fitur ErgoLift Design. Berdasarkan pengamatan Laptophia, engsel ErgoLift ini memang sudah menjadi ciri khas lini laptop Asus dari kelas menengah hingga premium. Fitur ini membuat bodi utamanya terangkat dan menghadirkan rongga udara ekstra. Rongga udara udara tersebut dapat membantu menghadirkan aliran udara yang lebih lancar.

Tidak hanya membuat aliran udara untuk system pendingin menjadi lebih baik, ErgoLift Design juga membuat Pengalaman mengetik di laptop Asus ZenBook Duo UX481 menjadi lebih baik. Hal tersebut dikarenakan ErgoLift Design juga membuat posisi keyboard menjadi sedikit miring dan lebih nyaman untuk mengetik.

Storage

Sektor media penyimpanan, Asus Zenbook Duo UX481 ini dibekali media penyimpanan SSD (Solid State Drive) PCIe 3.0 x2 M.2 NVMe berkapasitas 512GB atau 1TB guna menampung data pengguna. Solusi penyimpanan SSD yang menawarkan performa transfer rate yang tinggi dan konsumsi daya efisien untuk menampung data pengguna.

Konektivitas Lengkap

Sisi konektivitas, Asus Zenbook Duo UX481 ini cukup lengkap menurut Laptophia Blog dengan mengandalkan WiFi, Bluetooth, Port USB 3.1 Gen1, Port USB 3.1 Gen2, Port USB 3.1 Gen2 Type-C (support fast charging, data transfers and display connectivity), Port HDMI, MicroSD card reader, dan combo audio jack.

Baterai

Daya tahan baterai juga menjadi keunggulan review Asus Zenbook Duo UX481 kali ini dengan didukung baterai mumpuni dengan kapasitas 4 Cells 70 Whrs Battery yang diklaim mampu bertahan hingga 15 jam penggunaan dengan ScreenPad Plus on atau 22 jam dengan ScreenPad off.

Laptop premium ini juga dibekali fitur fast charging yang dapat mengisi daya hingga 60% dalam waktu 49 menit saja. Pengujian yang Laptophia lakukan menggunakan PCMark 10 battery pada mode modern office bahkan menunjukkan ZenBook Duo UX481 dapat bertahan hingga 8 jam.

Kesimpulan

Secara umum, berdasarkan hasil review Asus ZenBook Duo UX481 oleh tim Laptophia, notebook ini menawarkan performa serta pengalaman multitasking yang jauh lebih baik. Berkat spesifikasi yang mumpuni serta ScreenPad Plus, pengguna ZenBook Duo UX481 dapat melakukan lebih banyak hal termasuk menyelesaikan pekerjaannya secara lebih cepat.
Baca juga:Review Asus Vivobook Ultra A412FA EK303T, Laptop Ringkas Colorful untuk Generasi Muda!
Meski tidak setipis varian ZenBook lainnya, ZenBook Duo UX481 masih tetap sangat mudah dibawa bepergian karena dimensinya yang ringkas serta bobotnya yang cukup ringan. Adapter yang ukurannya tidak besar juga semakin membuat laptop ini mudah untuk dibawa bepergian. Dengan demikian, ZenBook Duo UX481 bisa dikatakan sebagai perangkat penunjang produktivitas yang bias digunakan di manapun dan kapanpun.

Kelebihan Asus ZenBook Duo UX481

  • Kinerja tinggi di kelasnya
  • Fitur ScreenPad Plus yang inovatif dan multifungsi
  • Menggunakan prosesor Intel Core Gen 10
  • Daya tahan baterai mantap

Kekurangan Asus ZenBook Duo UX481

  • -

Harga dan Varian Asus ZenBook Duo UX481

  • Rp16.299.000 (Core i5, UMA, 8GB/512GB)
  • Rp18.299.000 (Core i5, MX250, 8GB/512GB)
  • Rp20.299.000 (Core i7, MX250, 16GB/512GB)
  • Rp23.999.000 (Core i7, MX250, 16GB/1TB)
Anda dapat membeli atau cek promo Asus ZenBook Duo UX481 di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus ZenBook Duo UX481

  • Layar IPS LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, 400 nits Asus Splendid, 100% sRGB, 72% AdobeRGB, dan 72% NTSC color gamut, Pantone Validated Display, four-sided NanoEdge Display
  • ScreenPad Plus layar sentuh LCD kapasitif 12.6-inch Full HD (1920 x 515), 178˚ wide-view technology
  • Prosesor Intel Core i7-10510U quad-core 1,8GHz TurboBoost 4,9GHz
  • Prosesor Intel Core i5-10210U quad-core 1,6GHz TurboBoost 4,2GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel UHD Graphics 620 dan Nvidia GeForce MX250 VRAM 2GB GDDR5
  • Memori RAM 8GB atau 16GB LPDDR3 2133MHz onboard
  • Storage SSD 512GB M.2 PCIe Gen 3.0 x2 NVMe
  • Konektifitas WiFi, Bluetooth, Port USB 3.1 Gen1, Port USB 3.1 Gen2, Port USB 3.1 Gen2 Type-C (support fast charging, data transfers and display connectivity), Port HDMI, MicroSD card reader, combo audio jack
  • Dual Speaker stereo, Harman Kardon Certified, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera HD webcam, IR Camera dengan Face Recognition
  • Baterai 70Wh 4-cell lithium-polymer Battery, hingga 15 jam penggunaan (screenpad on) atau 22 jam penggunaan (screenpad off)
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 original
  • Dimensi 32.3(W) x 22.9(D) x 1.99 (H) cm berat 1,5 kilogram
  • Sertifikat MIL-STD 810G, UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, CCC, EU Flower, Energy star, WEEE
  • Warna Celestial Blue
Anda mungkin suka:Review Asus ZenBook Pro Duo UX581, Laptop Sempurna untuk Kreator Konten Profesional

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!