IBX582004D475488 Review Asus ZenBook Pro Duo UX581, Laptop Sempurna untuk Kreator Konten Profesional
ASUS VivoBook 14 K413

Review Asus ZenBook Pro Duo UX581, Laptop Sempurna untuk Kreator Konten Profesional



Review Asus ZenBook Pro Duo UX581, Laptop Sempurna untuk Kreator Konten Profesional – Asus Indonesia secara resmi telah meluncurkan sebuah laptop baru yang dirancang khusus untuk kreator konten profesional, yakni ZenBook Pro Duo UX581 melalui sebuah acara peluncuran yang digelar di Raffles, Jakarta (11/12/2019). Laptop ZenBook Pro Duo UX581 besutan Asus ini tampak begitu berbeda dengan kebanyakan laptop yang beredar saat ini dengan dukungan dua buah layar atau dual screen guna memanjakan kreator konten dalam menyalurkan ide kreatifnya.

Asus sebenarnya sudah pernah menerapkan konsep desain laptop dua layar dengan menempatkan layar kedua pada touchpad yang disebut dengan ScreenPad. Pabrikan asal Taiwan ini kemudian melakuykan improvisasi dengan menghadirkan layar sentuh berukuran lebih besar dengan fitur dan fungsi yang lebih kaya bernama ScreenPad Plus. Tak hanya itu, Asus ZenBook Pro Duo UX581 ini juga tampil dengan konsep desain yang mewah yang tak lekang oleh waktu. Performa Asus ZenBook Pro Duo UX581 cukup mumpuni dengan duet prosesor Intel Core generasi ke-9 dan grafis dari Nvidia GeForce RTX 2060.
Review Asus ZenBook Pro Duo UX581, Laptop Sempurna untuk Kreator Konten Profesional

Paket Penjualan Asus ZenBook Pro Duo UX581

  • Unit Asus ZenBook Pro Duo UX581
  • Discrete palm rest
  • Detachable laptop stand
  • ASUS Pen
  • Charger
  • Manual
  • Kartu garansi
  • Asus backpack
Baca juga:Asus ROG Zephyrus S GX502GW Glacier Blue Review: Gaming Mumpuni, Gahar untuk Content Creator

Desain Asus ZenBook Pro Duo UX581

Desain Asus ZenBook Pro Duo UX581

Penampilan fisik menjadi salah satu daya tarik review Asus ZenBook Pro Duo UX581 kali ini. Pabrikan asal Taiwan ini hadir dengan konsep desain yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan lini Zenbook generasi sebekumnya. Asus ZenBook Pro Duo UX581 ini tampil dengan penempatan logo asimetris pada LID cover dipadukan dengan finishing metal-spun yang selama ini menjadi ciri khas Zenbook. Asus sendiri sebenarnya sudah lebih dulu menerapkan desain asimetris di lini gaming, yakni ROG (Republic of Gamers).

Asus ZenBook Pro Duo UX581 ini dibalut dengan casing berbahan aluminium yang cukup tebal dan kuat, tetapi masih cukup ringan di kelasnya. Warna Calestial Blue yang diusung oleh laptop konten kreatif profesional membuatnya terkesan semakin mewah. Beralih ke interior, Asus ZenBook Pro Duo UX581 ini menampilkan jajaran keyboard chiclet yang ditemani dengan layar ScreenPad Plus berukuran besar dan juga terdapat NumberPad pada sisi kanan. Laptop ini memang tidak dilengkapi palmrest, tetapi Asus menyertakan discrete palm rest dalam paket pembelian guna meningkatkan kenyamanan.

Sektor layar, pada review Asus ZenBook Pro Duo UX581 kali ini sudah mengusung four-sided frameless atau NanoEdge yang membuat bezel layarnya sangat tipis dan menawarkan screen to body ratio mencapai 89%. Hal ii membuat dimensi laptop canggih ini kian ringkas. Build quality Asus ZenBook Pro Duo UX581 sangat solid dan kuat. Hal ini dibuktikan dengan dikantonginya sertifikasi standar militer, yakni MIL-STD-810G.
Baca juga:Asus Zenbook Edition 30 UX334FL 30th, Ultrabook Mewah dengan LID Cover Kulit Asli
Sertifikasi MIL-STD-810G membuktikan bahwa ZenBook Pro Duo UX581 telah lolos berbagai pengujian ekstrem mulai dari uji penggunaan di ketinggian ekstrem, uji pemelintiran hingga sudut ekstrem, uji penggunaan di suhu ekstrem, hingga uji ketahanan terhadap cipratan air. Pada review Asus ZenBook Pro Duo UX581 kali ini, sisi depan maupunbelakang laptop ini tidak terdapat tombol atau port apapun. Sedangkan sisi atas terlihat logo Asus yang ditempatkan secara asimetris.

Sedangkan sisi kanan Asus ZenBook Pro Duo UX581 ini terdapat port USB 3.1 Gen1, port audio combo, lubang exhaust atau ventilasi, dan port USB 3.1 Gen2 Type-C. Sedangkan pada sisi kanan terdapat port power, port HDMI, port USB 3.1 Gen2, dan lubang ventilasi atau exhaust.

Performa Asus ZenBook Pro Duo UX581

Performa Asus ZenBook Pro Duo UX581

Kinerja yang tinggi adalah kelebihan utama yang ditawarkan oleh laptop konten kreator konten profesional Asus ZenBook Pro Duo UX581 ini dengan mengandalkan dukungan prosesor Intel Core i9-9980HK generasi ke-9 Coffee Lake octa-core atau 8-core yang berlari dengan kecepatan 2,4GHz dengan TurboBoost maksimal 5GHz.

Sedangkan ZenBook Pro Duo UX581 varian yang lebih murah Core i7-9750H generasi ke-9 Coffee Lake hexa-core atau 6-core yang berlari dengan kecepatan 2,6GHz dengan TurboBoost maksimal 4,5GHz. Kedua varian laptop canggih ini ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas maksimal 32GB jenis DDR4 dengan kecepatan 2666MHz.

Intel Core i9-9980HK adalah sebuah prosesor octa-core yang berbasis arsitektur Coffee Lake yang mengusung delapan buah core yang dilengkapi dengan teknologi Hyper-Threading. Teknologi ini memungkinkan 1 core dapat memberikan dua jalur eksekusi atau thread, sehingga total Core i9-9980HK memiliki 16 thread.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Intel Core i9-9980HK merupakan prosesor paling powerful yang dapat ditemukan di sebuah laptop kelas konsumen saat ini. Tidak hanya optimal untuk menjalankan aplikasi kreatif kelas professional seperti video dan photo editor, prosesor tersebut juga sangat dapat diandalkan untuk multitasking kelas berat.

Sedangkan varian yang lebih murah menggunakan Intel Core i7-9750H yang memiliki konfigurasi 6 core dan 12 thread dengan kecepatan pemrosesan hingga 4,5GHz. Prosesor ini juga menggunakan arsitektur yang sama dengan Core i9, yakni Coffee Lake atau Intel Core generasi ke-9. Prosesor Intel Core generasi ke-9 sangat ideal digunakan sebagai penunjang kegiatan para content creator yang sering menggunakan aplikasi video atau photo editing yang rata-rata membutuhkan banyak core dan thread agar bisa berjalan optimal.

Hasil benchmark yang Laptophia lakukan menggunakan Cinebench R15 juga menunjukkan prosesor Core i9-9980HK mampu menghasilkan skor hingga 2752 poin, lebih tinggi dari prosesor Intel Core generasi sebelumnya dan juga belum bisa ditandingi prosesor dari brand sebelah. Sedangkan varian Core i7-9750H bisa mencapai kisaran 1200 poin.

Sisi grafis, laptop yang dirancang khusus untuk kreator konten Asus Zenbook Pro Duo UX581 mengandalkan dual graphics yang terdiri dari grafis terintergrasi Intel UHD Graphics 630 dan grafis diskrit Nvidia GeForce RTX 2060 yang dapat bekerja bergantian sesuai kebutuhan dengan teknologi Nvidia Optimus.
Baca juga:Asus Zenbook UX334FLC A701T, Ultrabook Paling Ringkas dengan Fitur ScreenPad
Nvidia GeForce RTX 2060 yang digunakan oleh Asus Zenbook Pro Duo UX581 berbasis chip TU106 yang menggunakan arsitektur Turing. Grafis Grafis GeForce RTX 2060 ini mengandalkan 1920 CUDA core berkecepatan 960MHz dan turbo 1200MHz yang dipadukan dengan 120 TMUs, dan 48 ROPs. Kartu grafis GeForce RTX 2060 yang diusung oleh laptop dual screen Asus Zenbook Pro Duo UX581 ini dikawinkan dengan memori VRAM 6GB GDDR6 berkecepatan 14Gbps dengan antarmuka memori 192-bit. Penasaran? Berikut hasil benchmark yang telah dilakukan oleh team Laptophia.

Benchmark Asus ZenBook Pro Duo UX581

Benchmark 3DMark Port Royal Asus ZenBook Pro Duo UX581
Benchmark 3DMark Port Royal Asus ZenBook Pro Duo UX581
Benchmark 3DMark Fire Strike Asus ZenBook Pro Duo UX581
Benchmark 3DMark Fire Strike Asus ZenBook Pro Duo UX581
Benchmark PCMark 10 Asus ZenBook Pro Duo UX581
Benchmark PCMark 10 Asus ZenBook Pro Duo UX581
Benchmark Cinebench R15 Asus ZenBook Pro Duo UX581
Benchmark Cinebench R15 Asus ZenBook Pro Duo UX581

Benchmark CrystalDiskMark Asus ZenBook Pro Duo UX581
Benchmark CrystalDiskMark Asus ZenBook Pro Duo UX581

Review Asus ZenBook Pro Duo UX581

Review Asus ZenBook Pro Duo UX581
Ide menambahkan layar ekstra pada sebuah laptop memang telah cukup lama hadir. Namun menghadirkan layar ekstra di sebuah laptop tidaklah mudah. Hal tersebut dikarenakan layar kedua yang dihadirkan tidak memiliki fungsi yang jelas sehingga hanya tampil sekadar sebagai gimmick belaka. Itulah mengapa tidak banyak produsen laptop yang berani mengambil risiko dan menghadirkan layar kedua di laptopnya.

Salah satu produsen laptop yang berani melakukan hal tersebut adalah ASUS. Pada tahun 2018, ASUS memperkenalkan ZenBook Pro UX580 yang hadir dengan fitur unik bernama ScreenPad yang merupakan touchpad berupa layar dengan fungsi ekstra serta aplikasi khusus yang dapat ditambahkan oleh penggunanya. Kali ini ASUS menghadirkan versi terbaru dari ScreenPad di laptop ZenBook Pro Duo UX581. Tidak seperti ScreenPad di pendahulunya, ZenBook Pro Duo UX581 menggunakan ScreenPad Plus dengan ukuran layar yang jauh lebih lebar, tepatnya setengah dari ukuran layar utama laptop ini.

Layar dengan Akurasi Warna Tinggi

Asus membekali laptop dual-screen inovatif Zenbook Pro Duo UX581 dengan layar sentuh kapasitif berteknologi four sided frameless Display berukuran 15,6 inci jenis OLED (Organic Light Emiting Diode) resolusi 4K Ultra HD 3840 x 2160 piksel dengan tingkat kecerahan hingga 400 nits diklaim memiliki spektrum warna 133% sRGBdan 100% DCI-P3 color gamut yang sangat cemerlang di kelasnya.

Akurasi warna yang dihasilkan pada review Asus Zenbook Pro Duo UX581 oleh Laptophia kali ini cukup mengagumkan. Sehingga warna yang dihasilkan tidak hanya lebih banyak namun juga sangat akurat. Spesifikasi tersebut sangat penting bagi para professional kreatif karena mereka harus dapat memastikan produk dan hasil karyanya tampil dengan warna seperti yang diinginkan bahkan ketika dicetak atau ditampilkan di medium lain.

Kebutuhan untuk professional juga semakin terpenuhi dengan hadirnya fitur layar sentuh di layar utamanya. Laptophia melihat fitur layar sentuh Asus ZenBook Pro Duo UX581 sudah mendukung teknologi Windows Ink yang sangat dibutuhkan oleh para professional kreatif seperti ilustrator dan desainer grafis. ASUS bahkan menyediakan pena khusus yang disebut dengan Asus Pen dalam paket penjualannya sehingga para professional dapat langsung menggunakan ZenBook Pro Duo UX581.
Baca juga:Harga dan Spesifikasi Asus ZenBook Duo UX481FA BM036T, Laptop Dual Screen Termurah!

Kehebatan ScreenPad Plus Asus ZenBook Pro Duo UX581


Asus ZenBook Pro Duo UX581 dilengkapi layar kedua dengan kemampuan sentuh berukuran 14 inci dengan resolusi 4K UHD 3840x1100 piksel yang juga berteknologi OLED yang disebut dengan ScreenPad Plus. Layar ScreenPad Plus memiliki segudang fungsi, antara lain adalah sebagai handwriting, task swap, organiser, perluasan view layar, shortcut, task group, dan banyak lagi. Fitur ini sangat mendukung kinerja kreator konten dan pekerja kreatif lainnya.

Laptophia melihat kemampuan multitasking menjadi tujuan utama pengembangan ScreenPad Plus. Pengguna ZenBook Pro Duo UX581 dapat menampilkan hingga tiga window atau aplikasi di ScreenPad Plus. Cara menggunakan ScreenPad Plus ini cukup mudah, yakni drag-and-drop aplikasi yang diinginkan dan posisikan sesuai dengan layout yang disediakan. Jika hanya ingin menampilkan dua aplikasi, drag aplikasi yang dipilih ke tepi layar ScreenPad Plus dan sistem akan membagi layar menjadi dua bagian secara otomatis.

Asus juga menyediakan antarmuka khusus agar pengguna ZenBook Pro Duo UX581 lebih mudah dalam mengatur berbagai aplikasi yang sedang ditampilkan baik di layar utama maupun di ScreenPad Plus. Salah satu fitur untuk membantu multitasking adalah App Switcher yang memungkinkan pengguna dapat memindahkan aplikasi dari layar utama ke ScreenPad Plus secara instan. Melalui fitur ini, pengguna bahkan dapat menampilkan aplikasinya secara penuh melalui layar utama dan ScreenPad Plus.

ScreenPad Plus juga memiliki fitur bernama Task Swap yang memungkinkan pengguna ZenBook Pro Duo UX581 untuk memindahkan aplikasi yang berada di layar utama ke ScreenPad Plus secara instan, begitu pun sebaliknya. Sementara fitur App Navigator dan Task Group mempermudah pengguna Asus ZenBook Pro Duo UX581 untuk mengatur sekaligus memonitor aplikasi apa saja yang sedang berjalan secara lebih mudah melalui ScreenPad Plus.

Satu fitur istimewa yang tidak boleh dilewatkan pada review Asus ZenBook Pro Duo UX581 oleh Laptophia kali ini adalah Quick Key. Fitur tersebut memungkinkan pengguna ZenBook Pro Duo UX581 menampilkan tombol pintasan (shortcut) di layar ScreenPad Plus. Selain dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, Quick Key juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi apapaun yang sedang dijalankan. Dengan demikian Quick Key dapat menampilkan tombol pintasan sesuai dengan aplikasi yang sedang berjalan.

Audio

Sektor audio, Asus membekali laptop dua layar Zenbook Pro Duo UX581 ini dengan speaker stereo dengan Harman Kardon certified yang didukung teknologi ICEpower dan Asus SonicMaster untuk meningkatkan pengalaman multimedia pengguna. Tak heran, kualitas audio yang keluar dari laptop ini sangat memanjakan telinga.

Engsel Ergolift yang Inovatif


Keunggulan lain pada review Asus ZenBook Pro Duo UX581 telah dilengkapi dengan fitur ErgoLift Design. Berdasarkan pengamatan Laptophia, engsel ErgoLift ini memang sudah menjadi ciri khas lini laptop Asus dari kelas menengah hingga premium. Fitur ini membuat bodi utamanya terangkat dan menghadirkan rongga udara ekstra. Rongga udara udara tersebut dapat membantu menghadirkan aliran udara yang lebih lancar.

Tidak hanya membuat aliran udara untuk system pendingin menjadi lebih baik, ErgoLift Design juga membuat Pengalaman mengetik di laptop Asus ZenBook Pro Duo UX581 menjadi lebih baik. Hal tersebut dikarenakan ErgoLift Design juga membuat posisi keyboard menjadi sedikit miring dan lebih nyaman untuk mengetik.

Konektivitas Lengkap

Sisi konektivitas pada review Asus Zenbook Pro Duo UX581 ini cukup lengkap menurut Laptophia Blog dengan mengandalkan WiFi 6 802.11ax, Bluetooth 5.0, Port USB 3.1 Gen1, Port USB 3.1 Gen2, Port USB 3.1 Gen2 Type-C (support Thunderbolt 3, data transfers and display connectivity), Port HDMI, dan combo audio jack.

Storage

Sektor media penyimpanan, Asus Zenbook Pro Duo UX581 ini dibekali media penyimpanan SSD (Solid State Drive) PCIe 3.0 x4 M.2 NVMe berkapasitas 1TB guna menampung data pengguna. Solusi penyimpanan SSD yang menawarkan performa transfer rate yang tinggi dan konsumsi daya efisien untuk menampung data pengguna. Laptop berlayar OLED juga didukung fitur keamanan berupa face recognition dengan dukungan IR Camera.
Baca juga:Asus Zenbook Pro UX533FTC A701T, Ultrabook Powerful untuk Pekerja Kreatif

Baterai

Asus Zenbook Pro Duo UX581 ini juga didukung baterai mumpuni dengan kapasitas 8 Cells 71 Whrs Battery yang diklaim mampu bertahan hingga 7,5 jam untuk penggunaan normal. Durasi baterai yang ditawarkan oleh laptop ini memang tak semantap lini ultrabook, tetapi ini dapat dimaklumi mengingat Asus Zenbook Pro Duo UX581 dilengkapi dua layar dengan spesifikasi setara laptop gaming terkini.

Kesimpulan

Secara umum, Laptophia menilai ZenBook Pro Duo UX581 merupakan laptop yang tidak bias dibandingkan dengan laptop lainnya karena hingga saat ini memang tidak ada laptop seperti ini. Tidak bisa dipungkiri, ZenBook Pro Duo UX581 memang sangat cocok sebagai mobile workstation bagi para profesional kreatif. Selain memiliki layar kelas industry kreatif, ScreenPad Plus juga merupakan nilai plus melalui peningkatakan produktivitas yang dapat dihadirkannya.

Tidak hanya itu, ZenBook Pro Duo UX581 juga dibekali dengan spesifikasi yang sangat baik sehingga dipastikan tidak akan mengganggu aktivitas kreatif penggunanya. Terlebih lagi spesifikasi yang diusung oleh laptop ini juga dapat digunakan untuk bermain game meski tidak tampil sebagai laptop gaming. Dengan demikian, hamper segala scenario penggunaan dapat dilakukan oleh laptop ini.

Kelebihan Asus ZenBook Pro Duo UX581

  • Layar OLED 4K UHD berkualitas tinggi dan akurat
  • Kinerja tinggi di kelasnya
  • Fitur ScreenPad Plus inovatif & kaya fungsi
  • Kaya fitur pendukung kreator konten

Kekurangan Asus ZenBook Pro Duo UX581

  • Tidak dilengkapi card reader

Harga Asus ZenBook Pro Duo UX581

Harga laptop Asus ZenBook Pro Duo UX581 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 45.999.000 untuk varian dengan prosesor Intel Core i7-9750H. Sedangkan harga Asus ZenBook Pro Duo UX581 varian dengan prosesor Intel Core i9-9980HK lebih mahal, yakni Rp 55.999.000. Dukungan layar sentuh 4K UHD OLED dengan kualitas dan akurasi yang sangat tinggi, ScreenPad Plus yang inovatif dengan teknologi OLED, kinerja tinggi dari duet prosesor Intel Core generasi ke-9 yang ditandemkan dengan grafis diskrit dari Nvidia GeForce RTX 2060, engsel ergolift yang inovatif, dan aksesoris pendukung yang lengkap menjadi daya tarik utama Asus ZenBook Pro Duo UX581 menurut Laptophia.
Anda dapat membeli atau cek promo Asus ZenBook Pro Duo UX581GV di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus ZenBook Pro Duo UX581

  • Layar sentuh kapasitif OLED 15,6 inci resolusi 4K UHD 3840 x 2160 piksel, Asus Splendid, 133% sRGB, 100% DCI-P3, Pantone Validated Display, Anti-Glare, Vesa HDR Certified Display, 400nits, four-sided Frameless Display
  • ScreenPad Plus layar sentuh OLED kapasitif 14 inch 4K Ultra HD 3840 x 1111 piksel, 178˚ wide-view technology
  • Prosesor Intel i9-9980HK octa-core 2,4GHz TurboBoost hingga 5GHz
  • Prosesor Intel i7-9750H hexa-core 2,6GHz TurboBoost hingga 4,5GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel UHD Graphics 630 dan Nvidia GeForce RTX 2060 VRAM 6GB GDDR6
  • Memori RAM 32GB DDR4 2666MHz onboard
  • Storage SSD 1TB M.2 PCIe Gen3 x4 NVMe
  • Konektifitas WiFi 6 802.11ax, Bluetooth 5.0, Port USB 3.1 Gen1, Port USB 3.1 Gen2, Port USB 3.1 Gen2 Type-C (support Thunderbolt 3, data transfers and display connectivity), Port HDMI, combo audio jack, NumberPad
  • Dual Speaker stereo, Harman Kardon Certified, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera HD webcam, IR Camera dengan Face Recognition
  • Baterai 71Wh 8-cell Rechargeable Li-Polymer Battery Pack, hingga 7,5 jam penggunaan normal
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 original (Core i7) atau Microsoft Windows 10 Pro x64 original (Core i9)
  • Dimensi 35.9(W) x 24.6(D) x 2.30 ~ 2.40 (H) cm berat 2,5 kilogram
  • Sertifikat MIL-STD 810G, UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, CCC, EU Flower, Energy star, WEEE
  • Warna Celestial Blue
Anda mungkin suka:Review Asus ZenBook UM431DA: Ultrabook Ringkas dan Premium Powerful Tak Lagi Mahal

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!