IBX582004D475488 Review Asus VivoBook M409DA: Laptop Ryzen Serba Bisa dengan Harga Terjangkau
Asus TUF Gaming FX505

Review Asus VivoBook M409DA: Laptop Ryzen Serba Bisa dengan Harga Terjangkau



Review Asus VivoBook M409DA: Laptop Ryzen Serba Bisa dengan Harga Terjangkau – Asus Indonesia kembali menggempur pasar laptop tanah air dan kali ini segmen yang dibidik adalah kelas mainstream degan meluncurkan seri Asus VivoBook M409DA. Laptop ini menawarkan konsep desain yang mirip dengan Vivobook Ultra dengan perbedaan di beberapa sektor. Seri VivoBook M409DA ini adalah jagoan Asus yang menawarkan kemampuan all-rounder atau serba bisa dengan harga yang masih kompetitif di kelasnya. Kali ini tim Laptophia berkesempatan mengulas atau review Asus VivoBook M409DA.

Laptop Asus VivoBook M409DA ini menawarkan performa yang cukup tinggi di kelasnya berkat sokongan prosesor AMD Ryzen 5 3500U atau Ryzen 3 3200U generasi Picasso yang menggunakan arsitektur Zen+, serta ditandemkan dengan RAM 4GB. Tak hanya itu, grafis terintegrasi AMD Radeon RX Vega iGPU yang diusung oleh Asus VivoBook M409DA relatif memadai untuk menangani grafis dasar, gaming kasual, dan juga multimedia. Penasaran? Simak review Asus VivoBook M409DA oleh tim Laptophia kali ini!
Review Asus VivoBook M409DA: Laptop Ryzen Serba Bisa dengan Harga Terjangkau

Paket Penjualan Asus VivoBook M409DA

  • Unit Asus VivoBook M409DA
  • Charger
  • User guide
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Asus TUF Gaming FX505DY R5697T, Laptop Gaming AMD Ryzen Kencang dan Terjangkau

Desain Asus VivoBook M409DA



Desain adalah salah satu daya tarik atau keunggulan dari review Asus VivoBook M409DA kali ini. Asus Indonesia mengatakan bahwa laptop Asus VivoBook M409DA ini cocok untuk all-round, tanpa mengorbankan mobilitas. Hal ini terlihat dari dimensi VivoBook M409DA ini juga sudah bisa dikatakan salah satu laptop paling ringkas di kelasnya. Sedangkan konsep desain VivoBook M409DA secara umum mengikuti Vivobook Ultra A412 series menurut Laptophia.

Asus VivoBook M409DA yang Laptophia ulas berwarna Transparent Silver yang terkesan begitu mewah. Selain itu, juga tersedia varian warna Slate Gray sebagai alternatif. Bagian LID cover laptop VivoBook M409DA andalan vendor asal Taiwan ini menggunakan bahan polikarbonat, serta terdapat logo Asus yang cukup mencolok dengan warna chrome.

Asus VivoBook M409DA ini dibalut dengan casing berbahan polikarbonat atau plastik yang terasa solid dan kokoh. Permukaan casing laptop andalan Asus ini menggunakan finishing doff yang membuatnya terlihat mewah. Sementara pada bagian interiornya, terdapat keyboard berdesain chiclet yang nyaman. Pada review Asus VivoBook M409DA kali ini, layarnya telah mengusung NanoEdge yang membuat bezel layarnya sangat tipis tanpa mengorbankan posisi webcam. Tak heran, dimensi Asus VivoBook M409DA paling ringkas di kelasnya.

Baca juga:Review Asus Zenbook 14 UX434FLC, Ultrabook Ringkas dengan ScreenPad 2.0
Pada review Asus VivoBook M409DA kali ini, bagian LID cover hanya terdapat logo Asus. Sedangkan pada bagian bawah terdapat stiker Windows, nomor seri laptop, lubang speaker, dan informasi teknis singkat lainnya. Pada sisi depan laptop ringkas nan trendi ini tidak terdapat port atau tombol apapun.

Sedangkan pada sisi kanan laptop serba bisa Asus VivoBook M409DA terdapat port Kenshington Lock, dua buah port USB, dua buah indikator LED, port combo audio 3,5mm, dan microSD card reader. Asus menempatkan port power, port USB 3.1 Gen1, port HDMI, dan port USB 3.1 Gen1 Type-C pada sebelah kiri laptop Asus VivoBook M409DA ini. Berbeda dengan seri Vivobook Ultra, VivoBook M409DA menempatkan lubang exhaust pada sisi kiri laptop.

Performa Asus VivoBook M409DA


Performa yang ditawarkan oleh laptop all-round paling ringkas di kelasnya Asus VivoBook M409DA cukup kompeten menangani grafis menurut Laptophia Blog karena mengandalkan dukungan prosesor AMD Ryzen 5 3500U generasi APU (Accelerated Processing Unit) Picasso quad-core Zen+ yang berlari dengan kecepatan 2,1GHz dengan Turbo maksimal 3,7GHz.

Varian Asus VivoBook M409DA yang lebih murah ditenagai oleh AMD Ryzen 3 3200U generasi Picasso dual-core Zen+ yang berlari dengan kecepatan 2,6GHz dengan Turbo maksimal 3,5GHz. Laptop Asus Vivobook A412DA dengan desain keren ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 4GB (Ryzen 3) atau 8GB (Ryzen 5) DDR4-2400Mhz. Tersedia sebuah slot SODIMM kosong untuk upgrade RAM hingga maksimal 16GB.

Prosesor AMD Ryzen 5 3500U dan Ryzen 3 3200U yang digunakan oleh Asus VivoBook M409DA menggunakan mikroarsitektur yang disebut dengan Zen+ yang tak lain adalah penerus dari Zen yang digunakan oleh Ryzen generasi sebelumnya. Kedua prosesor yang menggunakan nama sandi Picasso ini sudah menggunakan teknologi proses 12nm yang membuatnya 10% lebih kencang dari pendahulunya dengan konsumsi daya yang sama.

Arsitektur Zen sendiri cukup fenomenal karena menawarkan lompatan kinerja single-thread maupun multi-thread yang sangat signifikan jika dibandingkan prosesor AMD generasi sebelumnya. Melalui generasi baru Zen+, performa yang ditawarkannya kian kencang dan konsumsi dayanya tetap efisien.
Hasil benchmark Asus VivoBook M409DA menunjukkan performa yang cukup bersaing.

Unit Asus VivoBook M409DA yang Laptophia terima adalag varian Ryzen 5 3500U yang menghasilkan skor Cinebench R20 mencapai 325 poin untuk Single-Core dan 1200 poin untuk Multi-Core. Ini membuktikan bahwa laptop andalan Asus ini sanggup menangani aneka tugas berat seperti video editing, desain, dan sebagainya. Ini beda tipis dengan Ryzen 7 3700U pada Zenbook UM431DA yang Laptophia ulas sebelumnya.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh prosesor AMD Ryzen 3000 series pada Asus VivoBook M409DA menurut Laptophia adalah dilengkapi dengan grafis terintegrasi dari AMD Radeon RX Vega iGPU. Meski didukung grafis terintegrasi dengan prosesornya, performa grafis yang ditawarkan tak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa benchmark dan ulasan yang Laptophia himpun, performa Radeon RX Vega iGPU ini mampu bersaing dengan grafis diskrit kelas entry-level.

AMD Ryzen 5 3500U diperkuat oleh AMD Radeon RX Vega 8 iGPU. Grafis tersebut mengusung 512 shader core dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 1200MHz dengan antarmuka memori 64-bit. Sedangkan AMD Ryzen 3 3200U diperkuat oleh AMD Radeon RX Vega 3 iGPU yang mengusung 192 shader core dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 1200MHz dengan antarmuka memori 64-bit.
Baca juga:Review Asus ZenBook Duo UX481, Laptop Dual Screen Siap Manjakan Multitasker
Performa grafis laptop ini memang belum setara dengan laptop gaming, tetapi tak bisa dipandang remeh. Melalui pengujian grafis meggunakan 3DMark, VivoBook M409 terlihat dapat menghasilkan skor yang cukup mumpuni hingga membuatnya mampu menjalankan berbagai game eSport seperti Counter-Strike: Global Offensive dan Dota 2. Performa grafis yang baik di VivoBook M409DA tidak lain adalah berkat chip grafis terintegrasi Radeon Vega 8.

Benchmark Asus VivoBook M409DA





Review Asus VivoBook M409DA


Layar

Keunggulan Asus VivoBook M409DA menurut Laptophia adalah desain NanoEdge yang memuat bezel layarnya lebih tipis dari para pesaingnya. Hal ini membuat dimensi laptop secara keseluruhan menjadi sangat ringkas. Tak hanya itu, Asus VivoBook M409DA ini tetap menempatkan webcam di atas layar untuk kenyamanan pengguna.

Kualitas layar mungkin bagian yang kurang menonjol pada review Asus VivoBook M409DA oleh tim Laptophia kali ini. Asus memang membekali laptop serba bisa ini dengan layar resolusi full HD yang berkualitas cukup baik. Namun, tampaknya layar VivoBook M409DA masih belum menggunakan panel IPS. Hal ini mengakibatkan viewing angle layarnya kurang luas. Hal ini ini tidak menjadi msalah, mengingat harga yang ditawarkan terjangkau menurut Laptophia.

Meski demikian, layar VivoBook M409DA ini mampu menghasilkan warna yang cukup lumayan dan memadai untuk komputasi sehari-hari. Brightness yang dihasilkan juga cukup terang dan kontras yang terbilang baik. Pengguna masih dapat melakukan tuning melalui fasilitas Asus Splendid dan Tru2Life. Layar VivoBook M409DA ini menggunakan panel anti-glare, sehingga tidak mudah membuat mata silau.

Audio

Audio bisa menjadi salah satu hal yang menarik pada review Asus VivoBook M409DA kali ini. Laptop all-rounder ini tak hanya dibekali desain cantik, tetapi juga didukung audio yang mumpuni dengan speaker stereo yang didukung teknologi ICEpower dan Asus SonicMaster. Keluaran suara speaker laptop VivoBook M409DA cukup kencang dan renyah. Beberapa orang mungkin akan menilai suara speakernya agak tipis dengan karakter bright.

Suara speaker VivoBook M409DA andalan Asus ini memang didominasi oleh treble, tetapi itu tidak cempreng. Treble memang terdengar lebih crisp, detail, dan tidak menusuk telinga. Suara vokalnya juga terbilang jernih. Sedangkan untuk bass, suaranya memang tidak terlalu mendalam tetapi bisa terdengar dengan baik dan mampu menghasilkan volume yang cukup kencang. Speaker VivoBook M409DA sudah memadai untuk menikmati konten multimedia.

Kenyamanan


Asus VivoBook M409DA dibekali dengan keyboard berdesain chiclet yang menawarkan key travel yang cukup nyaman. Selain itu, keyboard Asus VivoBook M409DA ini memiliki key travel sejauh 1,4mm. Key travel tersebut sangat optimal untuk mengetik karena jarak tekannya yang tidak terlalu dalam namun juga tidak dangkal, membuat penggunanya lebih nyaman ketika mengetik.
Baca juga:Review Asus ZenBook Pro Duo UX581, Laptop Sempurna untuk Kreator Konten Profesional
Pada review Asus VivoBook M409DA kali ini, touchpad yang diusungnya cukup nyaman digunakan dan tidak licin. Akurasi touchpad-nya cukup baik. Bagi yang tidak biasa menggunakan touchpad, dapat menggunakan mouse tambahan. Sudut kanan atas touchpad terdapat sensor sidik jari yang cukup gegas dan akurat dalam mengenali sidik jari. Fitur keamanan ini juga didukung dari sisi perangkat lunak melalui fitur Windows Hello.

Panas yang dihasilkan oleh laptop serba bisa berdimensi ringkas Asus VivoBook M409DA terbilang sebatas wajar. Tidak ada gejala overheat saat digunakan untuk tugas berat. Suara kipasnya memang cukup terdengar ketika suhu meningkat.

Storage

Sektor media penyimpanan, Asus Vivobook M409DA ini dibekali media penyimpanan berupa hard disk berkapasitas 1TB 5400rpm SATA III guna menampung data pengguna. Tak hanya itu, pengguna masih dapat menambahkan SSD (Solid State Drive) jika membutuhkan performa storage yang lebih kencang.

Tak hanya itu, Asus Vivobook M409 juga dilengkapi dengan sistem keamanan khusus. Guna melindungi kerusakan data akibat guncangan di perjalanan, Vivobook M409 telah dilegkapi dengan teknologi EAR HDD shock dampering. Teknologi tersebut merupakan strktur tambahan yang dapat melindungi hard disk dan SSD di Vivobook M409 sehingga lebih tahan terhadap guncangan.

Baterai

Berbekal baterai berkapasitas 2 cell 37 whrs, Asus VivoBook M409DA ini cukup percaya diri. Kapasitas baterai yang diusungnya memang tidak bisa dikatakan besar dan bahkan awalnya Laptophia meragukan daya tahan baterainya. Namun, setelah hampir sebulan menguji pakai atau review Asus VivoBook M409DA, pandangan Laptophia soal daya tahan baterainya berubah drastis.

Berdasarkan pengalaman tim Laptophia, baterai laptop VivoBook M409DA andalan Asus ini mampu bertahan hingga 4 – 5 jam untuk komputasi dasar atau light computing seperti Office dan browsing. Menariknya lagi, VivoBook M409 sudah mendukung teknologi fast charging. Menggunakan adapter charger bawaannya, laptop ini dapat mengisi daya sebanyak 60% hanya dalam waktu 49 menit. Selain itu, baterai yang digunakan di laptop ini menggunakan teknologi baru yang membuat umurnya 3 kali lebih awet dari baterai berteknologi lama.

Kesimpulan

Secara umum, Asus VivoBook M409DA adalah sebuah potret laptop kekinian yang serba bisa atau all-rounder yang memperhatikan portabilitas. Performa laptop ini terbilang bersaing di kelasnya, daya tahan baterai andal, ringan, dan layar NanoeEdge yang modern. Asus VivoBook M409DA juga merupakan salah satu laptop all-rounder terjangkau paling ringkas di kelasnya.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Asus VivoBook M409DA adalah RAM dan media penyimpananya masih dapat di-upgrade jika dibutuhkan. Media penyimpanan yang disediakan memang hanya hard disk, tetapi pengguna dapat melakukan upgrade dengan menambah SSD untuk mendongkrak performanya. Sektor keamanan pun tak luput dari perhatian dengan dilengkapi sensor sidik jari. Secara umum, Asus Vivobook M409DA ini laik dipertimbangkan di kelasnya.
Baca juga:Asus ROG Zephyrus S GX502GW Glacier Blue Review: Gaming Mumpuni, Gahar untuk Content Creator

Kelebihan Asus VivoBook M409DA

  • Kinerja bersaing di kelasnya
  • Desain kekinian dengan dimensi ringkas
  • Harga terjangkau
  • Dilengkapi OS Windows 10 asli pre-installed

Kekurangan Asus VivoBook M409DA

  • Keyboard tidak dilengkapi backlight

Harga Asus VivoBook M409DA

Asus VivoBook M409DA merupakan sebuah laptop mainstream terbaru 2019 yang bertenaga AMD Ryzen 5 3500U yang sudah mengusung desain NanoEdge yang kekinian. Harga notebook Asus VivoBook M409DA terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 7.699.000 untuk varian yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 3500U. Adapun Asus Vivobook M409DA yang ditenagai oleh AMD Ryzen 3 3200U yang dijual lebih murah, yakni Rp 6.799.000.

Dukungan desain modern dengan layar bezel tipis NanoEdge, kinerja yang memadai dari prosesor AMD Ryzen 3000 series yang cukup powerful, grafis terintegrasi dari AMD Radeon RX Vega iGPU yang memadai, engsel ergolift, bobot yang ringan, harga yang kompetitf, media penyimpanan berkapasitas besar, dan dilengkapi OS Windows 10 asli pre-installed menjadi daya tarik utama notebook Asus VivoBook M409DA menurut Laptophia. Secara umum, Asus VivoBook M409DA cocok bagi konsumen yang membutuhkan laptop serba bisa dengan penampilan dan fitur yang kekinian, serta harga yang terjangkau.
Anda dapat membeli atau cek promo Asus M409DA di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus VivoBook M409DA

  • Layar TFT LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, Asus Splendid, Asus Eye Care, NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor AMD Ryzen 5 3500U quad-core dengan kecepatan 2,1GHz Turbo maksimal 3,7GHz
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 8 iGPU
  • Prosesor AMD Ryzen 3 3200U dual-core dengan kecepatan 2,6GHz Turbo maksimal 3,5GHz
  • Grafis AMD Radeon RX Vega 3 iGPU
  • Chipset AMD
  • Memori RAM 4GB (Ryzen 3) atau 8GB (Ryzen 5) DDR4-2400MHz, upgradeable to 16GB DDR4
  • Storage hard disk 1TB SATA III 5400rpm
  • Konektifitas WiFi 5 802.11ac, Bluetooth 4.2 Combo, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.1 Gen 1 Type-C, Port USB 2.0, Port HDMI, card reader, combo audio jack
  • Dual speaker stereo, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Kamera webcam dengan resolusi VGA
  • Baterai 2 Cell 32WHr lithium-ion Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 Asli
  • Dimensi 325 x 216 x 22.9 mm berat 1,5 kilogram
  • Warna Transparent Silver dan Slate Grey
Anda mungkin suka:Review Asus Zenbook Edition 30 UX334FL, Ultrabook Termewah Berdesain Super Premium

Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :

Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!