IBX582004D475488 Review Oukitel WP5, Smartphone Tangguh dengan Baterai Jumbo!
Asus ROG Phone 3

Review Oukitel WP5, Smartphone Tangguh dengan Baterai Jumbo!



Review Oukitel WP5, Smartphone Tangguh dengan Baterai Jumbo! – Oukitel WP5 adalah salah satu smartphone tangguh untuk pengguna outdoor yang dijual dengan harga yang terjangkau. Laptophia cukup penasaran karena ponsel ini dijual secara flash sale melalui toko online Lazada dengan harga yang sangat terjangkau saat itu, yakni hanya 1,3 juta-an saja. Saat ini harga ponsel Oukitel WP5 telah naik menjadi hampir 2 juta dan muncul varian penerusnya, yakni Oukitel WP5 Pro.

Ponsel Oukitel WP5 sendiri pertama kali diperkenalkan akhir 2019 silam dan dipasarkan di Indonesia melalui Oukitel Official Store dan tidak menggandeng distributor, sehingga layanan aftersalesnya Laptophia anggap tidak ada. Setelah satu bulan penggunaan, Laptophia mengecek IMEI Oukitel WP5 di situs Kemenperin, ternyata belum atau tidak terdaftar. Meski demikian, Oukitel WP5 tetap dapat digunakan dan bekerja dengan baik dengan operator lokal. Penasaran? Simak review Oukitel WP5 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Oukitel WP5, Smartphone Tangguh dengan Baterai Jumbo!

Paket Pembelian Oukitel WP5

Paket Pembelian Oukitel WP5
  • Unit Oukitel WP5 4GB/32GB Red
  • Kepala charger
  • Kabel Type-C
  • Kabel USB OTG
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi

Baca juga:Review QCY T5: Headset TWS 200 Ribu-an Paling Mantap untuk Musik

Desain Oukitel WP5

Desain Oukitel WP5

Desain Oukitel WP5

Saat pertama kali melihat Oukitel WP5, aura outdoor ponsel ini langsung terpancar kuat melalui lekuk detail bodinya yang terbuat dari bahan karet berwarna hitam. Lapisan karet tersebut kian tebal pada setiap sudut ponsel Oukitel WP5 agar ponsel ini dapat menahan benturan saat terjatuh. Desain Oukitel WP5 dipercantik dengan hadirnya aksen merah berbahan metal pada sisi kanan, kiri, dan belakangnya. Selain warna merah, Oukitel WP5 juga menyediakan varian warna orange.

Casing belakang Oukitel WP5 ini juga dilapisi bahan karet berhiaskan tekstur honeycomb yang membuatnya tidak licin saat digenggam. Sementara pada bagian bawah casing belakangnya terdapat lubang untuk memasang tali gantungan. Selain itu, semua slot dan port yang tersedia di ponsel ini ditutup oleh pintu yang terbuat dari karet guna menjamin ponsel ini tetap aman saat menyelam di dalam air.

Pada review Oukitel WP5 kali ini, dimensinya yang besar dan tebal membuatnya terasa agak sulit digenggam oleh mereka yang telapak tangannya kecil. Selain itu, bobot Oukitel WP5 ini cukup berat mengingat ponsel ini dibekali baterai berkapasitas 4000mAh. Oukitel WP5 dibekali dengan kemampuan tahan air, debu, dan benturan dengan sertifikat IP-68.

Desain Oukitel WP5

Desain Oukitel WP5

Baca juga:Review Tronsmart Spunky Beat: TWS AptX Bersuara Mantap, Harga Masuk Akal

Pada review Oukitel WP5 oleh tim Laptophia kali ini, bagian depan smartphone ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, layar HD+ 2.5D berukuran 5,5 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Oukitel WP5 ini sudah mengadopsi on-screen button seperti smartphone terkini lainnya.

Sayangnya, layar smartphone tangguh murah Oukitel WP5 sudah berkontur 2.5D ini dilengkapi dengan proteksi antigores Gorilla Glass. Meski demikian, Laptophia menganjurkan pengguna untuk memasang tempered glass di Oukitel WP5 agar tak mudah pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Oukitel WP5 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tombol khusus yang dapat dikostumisasi fungsinya dan terdapat slot hybrid. Hal ini memungkinkan pengguna memasakng dua SIM aktif atau single SIM dengan tambahan microSD.

Sedangkan bagian belakang ponsel Oukitel WP5 ini terdapat tiga buah kamera yang ditemani quad LED flash di bawahnya, speaker grill, logo Oukitel dan IP68, serta lubang untuk memasang tali gantungan. Merek asal Tiongkok ini menempatkan port USB Type-C dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Oukitel WP5

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Antarmuka & Fitur Oukitel WP5

Antarmuka & Fitur Oukitel WP5

Sisi perangkat lunak, Oukitel WP5 ini dibekali dengan sistem operasi terbaru Android 10 dengan antarmuka yang menurut Laptophia sangat mendekati Android pure. Ponsel Oukitel WP5 ini menyediakan wireless update, tetapi sejuah ini Laptophia belum pernah mendapat update sekalipun. Patch keamanan Android terakhir di Oukitel WP5 adalah April 2020. Ini menandakan Oukitel kurang peduli dengan dukungan update perangkat lunak.

Salah satu kelebihan antarmuka yang mendekati Android pure di smartphone tangguh WP5 ini adalah ringan dan bebas bloatware. Selain itu, Oukitel WP5 ini juga bebas iklan. Akhir-akhir ini isu mengenai tampilnya iklan di smartphone besutan brand Tiongkok lain mulai dinilai mengganggu.

Saat menghidupkan Oukitel WP5, kita akan disambut tampilan Lockscreen, Homescreen, dan juga app drawer yang bisa diakses melalui swipe up. Tampilan standar seperti seperti yang ditawarkan oleh Oukitel WP5 ini memang agak membosankan, tetapi performanya justru lebih gegas. Menu kostumisasi yang disediakan memang terbatas, yakni memungkinkan pengguna mengatur widget, mengganti wallpaper Homescreen dan juga Lockscreen, mengatur ukuran fonts, device theme (Light dan Dark), dan display size.

Fitur yang diusung oleh Oukitel WP5 ini terbilang standar Android 10, sebut saja notification dots, night light schedule, mode battery saver, split screen, adaptive brightness, adaptive baterai, Ambient Display, Digital Wellbeing, dark mode, Dura Speed, dan sebagainya. Fitur keamanan face unlock dan fingerprint sensor yang diusung oleh smartphone tahan banting Oukitel WP5 ini bekerja dengan baik tanpa kendala.

Baca juga:Review ZNT MiniDots, Speaker Mungil Bersuara Nyaring

Smart Key yang berada di sisi kiri ponsel dapat dikostumisasi fungsinya seperti menyalakan senter, mengaktifkan kamera, SOS, dan mengakses outdoot tool. Sedangkan fitur outdoor tool pada Oukitel WP5 ini cukup lengkap fungsinya, sebut saja gradienter, noise test, compass, magnifier, HangPainting, dan Plumb. Aplikasi bawaan Oukitel WP5 juga minim, yakni hanya beberapa aplikasi proprietary dan Google Apps.

Secara umum, Oukitel WP5 dengan dukungan antarmuka mendekati Android pure ini menawarkan pengalaman menggunakan sistem operasi Android yang gegas dan fitur yang cukup memadai. Performaya terbilang ringan untuk kelas entry-level, bebas iklan, dan bebas bloatware.

Benchmark Oukitel WP5

CPU-Z Oukitel WP5
CPU-Z Oukitel WP5
Benchmark Geekbench 5 Oukitel WP5
Benchmark Geekbench 5 Oukitel WP5
Benchmark AnTuTu v8 Oukitel WP5
Benchmark AnTuTu v8 Oukitel WP5
Benchmark PCMark Oukitel WP5
Benchmark PCMark Oukitel WP5
Benchmark 3DMark Oukitel WP5
Benchmark 3DMark Oukitel WP5
Benchmark Basemark OS II Oukitel WP5
Benchmark Basemark OS II Oukitel WP5
Benchmark Androbench Oukitel WP5
Benchmark Androbench Oukitel WP5
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Oukitel WP5
Sensorbox for Android & Multitouch Tester Oukitel WP5


Performa Oukitel WP5

Performa Oukitel WP5

Sebagai sebuah smartphone kelas entry-level, performa Oukitel WP5 ini terbilang sangat standar. Ponsel outdoor murah besutan pabrikan asal Tiongkok ini ditenagai SoC (System on Chip) MediaTek Helio A22 MT6761 yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GE8320 untuk performa yang memadai.

Informasi yang Laptophia himpun, MediaTek Helio A22 adalah SoC (System on Chip) yang digunakan pada Oukitel WP5 review kali ini didesain khusus untuk pasar entry-level dengan menawarkan performa yang cukup bersaing. SoC Helio A22 andalan MediaTek ini diluncurkan awal tahun 2018 dan sudah menggunakan teknologi 16nm. Helio A22 mendukung penggunaan memori LPDDR4x-3200, serta didukung modem LTE Cat.7 untuk download dan LTE Cat.13 untuk upload.

Tim Laptophia tidak mengalami kendala serius soal performa selama melakukan proses review Oukitel WP5 ini. Ponsel tangguh ini cukup nyaman digunakan, meski kadang perpindahan menu atau buka tutup aplikasi tak terlalu mulus. Dukungan RAM berkapasitas 4GB membuat Oukitel WP5 ini cukup memadai untuk multitasking. Ketika sudah terinstal banyak aplikasi sosial media, tidak terjadi penurunan kinerja yang signifikan.

Pada ulasan Oukitel WP5 kali ini memang tim Laptophia tidak menguji kemampuannya dalam memainkan game. Namun, beberapa situs luar mengatakan bahwa Helio A22 yang digunakan oleh Oukitel WP5 ini mampu memainkan game kekinian seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Mobile Legends, dan sebagainya dengan lancar tanpa lag yang berarti dengan setting grafis yang diturunkan. Ini dapatdimkalumi karena Oukitel WP5 tidak dirancang untuk gaming.

Baca juga:Review Choetech PD6008 100W dan Mengenal Gallium Nitride (GaN)

Sementara itu, hasil benchmark sintetis yang dihasilkan oleh smartphone outdoor murah besutan Oukitel ini tidak terlalu istimewa dan bukan yang paling kencang di kelasnya. Oukitel WP5 hanya mampu mencetak skot AnTuTu v8 di kisaran 80 ribu-an dan 3DMark SlingShot Extreme OpenGL ES 3.1 243 poin. Sebagai sebuah ponsel dengan harga terjangkau, Laptophia sangat mengapresiasi performa Oukitel WP5 ini.

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Foto macro

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Oukitel WP5

Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Depan Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Depan Oukitel WP5

Hasil Foto Kamera Depan Oukitel WP5

Foto Selfie

Review Kamera Oukitel WP5

Review Kamera Oukitel WP5

Sisi fotografi, Oukitel WP5 ini tampak cukup mentereng di atas kertas karena dibekali tiga buah kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 13 megapiksel dengan lensa aperture f/2.8 yang menggunakan sensor Sony IMX214 1/3 inci 1.12um piksel, phase-detection autofokus, dan quad LED flash yang dapat difungsikan sebagai senter dengan cahaya yang sangat terang. Kamera utama ini dapat merekam video dengan resolusi full HD 1080p. Sedangkan kamera kedua berkekuatan 2 megapiksel berfungsi sebagai depth sensor.

Lalu bagaimana dengan kamera ketiga? Sampai saat ini Laptophia belum mendapatkan informasi mengenai fungsi kamera ketiga pada ponsel outdoor besutan Oukitel ini. Laptophia menilai tiga kamera belakang Oukitel WP5 ini tidak memiliki fungsi spesifik dan terkesan hanya gimmik marketing saja. Kamera depan Oukitel WP5 RAM 4GB ROM 32GB cukup memadai dengan dukungan kamera depan berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS fixed focus yang ditandemkan dengan fitur AI.

Pada review Oukitel WP5 kali ini, aplikasi kamera bawaannya sangat minimalis baik dari segi tampilan maupun fitur. Tak banyak mode atau fitur yang disediakan oleh kamera Oukitel WP5. Meski demikian, fungsi dasar seperti portrait mode, perekaman video, HDR, dan filter Beautify tersedia di kamera Oukitel WP5 ini. Tidak tersedia fitur seperti mode manual, panorama, slow-motion, dan mode dasar lainnya. Ini agak disayangkan sebenarnya.

Review Kamera Oukitel WP5

Baca juga:Review ZNT ThunderBox: Speaker Tangguh dan Ringkas Bersuara Jernih

Performa kamera utama Oukitel WP5 jujur saja jauh dari kata memuaskan menurut Laptophia. Saat kondisi cahaya melimpah, performa autofokusnya sangat lambat dan bahkan kesulitan menentukan atau mengunci fokus. Saat memotret macro dengan ponsel tangguh ini memang agak menjengkelkan karena masalah autofokus tersebut. Saat malam hari, autofokus kamera Oukitel WP5 tidak bisa diandalkan.

Saat siang hari dengan kondisi cahaya melimpah, kamera utama Oukitel WP5 mampu menghasilkan foto dengan kualitas lumayan baik untuk kelas entry-level. Warna yang dihasilkan cenderung natural dengan detail yang cukup memadai. Hanya saja dynamic range-nya terbilang payah karena bayangan terlihat sangat gelap di sebagian besar hasil fotonya dan langit pun hanya terlihat putih saja karena overekspos. Mode HDR yang disediakan Oukitel WP5 tak banyak membantu.

Mode portrait yang disediakan kamera Oukitel WP5 ini ternyata menghasilkan separasi yang ambyar! Sedangkan untuk memotret macro, hasil jepretan Oukitel WP5 sebenarnya cukup baik dengan fokus yang akurat, detail yang memadai, serta tajam. Sayangnya, performa autofokus yang payah membuat memotret makro dengan kamera Oukitel WP5 menjadi hal yang sulit.

Baghaiaman performa kamera Oukitel WP5 saat malam hari? Sudah bisa ditebak, saat malam hari kemampuan kamera Oukitel WP5 meski menggunakan sensor Sony IMX214 sekalipun ternyata tidak bisa diandalkan. Foto yang dihasilkan gelap, autofokus tidak bekerja dengan baik, dan noise yang melimpah. Sedangkan kemampuan kamera depan untuk foto selfie masih memadai selama kondisi cahaya mencukupi.

Review Oukitel WP5

Review Oukitel WP5

Saat smartphone yang memiliki kemampuan tahan air dan debu memang cukup banyak di Indonesia. Namun, ponsel yang tangguh dan dirancang khusus untuk kebutuhan outdoor seperti Oukitel WP5 nyaris tidak ada. Kehadiran Oukitel WP5 dapat menjadi pilihan bagi para pekerja lapangan dan didukung daya tahan baterai yang

Layar

Oukitel WP5 ini dibekali dengan layar sentuh berukuran agak kecil jika dibandingkan dengan kebanyakan ponsel yang beredar saat ini, yakni 5,5 inci dengan resolusi HD+. Ukuran yang agak kecil ini justru menjadi kelebihan tersendiri dari Oukitel WP5 karena layarnya terasa lebih padat. Layar ponsel outdoor ini cukup tajam, warna yang dihasilkan memang terasa kurang punchy, tetapi sudah cukup baik untuk kelas entry-level.

Respon touchscreen ponsel Oukitel WP5 ini memang tidak terlalu gegas, tetapi tidak menjadi masalah ketika digunakan untuk bermain game. Viewing angle layarnya luas dan saat digunakan di bawah sinar matahari, layar Oukitel WP5 kurang memuaskan. Ini agak ironis karena ponsel ini didesain untuk outdoor, tetapi brightness layarnya kurang memadai.

Baca juga:Xiaomi Redmi Note 9 Review: Performa Memuaskan, Baterai Bisa Diandalkan

Audio

Smartphone outdoor tahan air Oukitel WP5 ini dibekali dengan speaker yang menghadap ke belakang. Hal ini membuat output suara agak tertutup saat diletakkan di meja atau bidang datar lainnya. Loudspeaker Oukitel WP5 ternyata menghasilkan suara yang tidak terlalu keras dan cempreng. Keluaran suara treble-nya cukup tajam dan agak menusuk telinga. Laptophia tidak menjajal ponsel ini untuk mendengarkan  muysik melalui headset karena tidak dilengkapi port audio 3,5mm.

Memori

Smartphone tangguh Oukitel WP5 ini menyisakan memori internal sekitar 24GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,85GB – 2,1GB. Smartphone Oukitel WP5 ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya.

Baterai


Sektor baterai bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangan smartphone tangguh Oukitel WP5 ini. Kelebihannya adalah didukung kapasitas super besar, yakni 8000mAh. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia, Oukitel WP5 mampu bertahan hingga lebih dari dua hari dengan penggunaan sosial media intensif non gaming.

Kekurangan Oukitel WP5 ini adalah tidak dilengkapi fasilitas fast charge, sehingga pengisian dari nol hingga penuh memakan waktu lebih dari tiga jam. Selain itu, kapasitas baterai besar membuat dimensi ponsel outdoor Oukitel WP5 jadil besar, tebal, dan cukup berat.

Kesimpulan

Secara umum, Oukitel WP5 merupakan sebuah smartphone tangguh yang layak dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan ponsel tahan air, debu, dan tahan benturan ketika beraktivitas outdoor. Daya tahan baterai ponsel ini juga bisa diandalkan dan didukung OS Android 10 terbaru.

Baca juga:Review Realme Narzo, Layar Smooth dengan Performa Yahud

Namun, kamera ponsel ini memang sangat standar dan terkesan hanya gimmik semata. Oukitel WP5 ini tidak dipasarkan melalui distributor yang memiliki fasilitas aftersales yang memadai. Selain itu, sejauh ini IMEI yang digunakan oleh Oukitel WP5 belum terdaftar di situs Kemenperin.

Kelebihan Oukitel WP5

  • Tangguh dan cocok untuk outdoor
  • Daya tahan baterai bisa diandalkan
  • Menggunakan OS terbaru

Kekurangan Oukitel WP5

  • Dimensi besar dan berat
  • Triple kamera hanya gimmick
  • Performa kamera kurang memuaskan
  • After sales rumit
  • Tidak dilengkapi port audio 3,5mm

Harga Oukitel WP5

Harga Oukitel WP5 RAM 4GB ROM 32GB terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.899.000. Berdasarkan hasil review Oukitel WP5 oleh tim Laptophia, smartphone tangguh ini sangat menarik dan sepadan dengan harganya. Ponsel ini siap menemani pengguna yang sering beraktivitas di luar ruangan dan didukung daya tahan baterai yang mumpuni.

Anda dapat membeli atau cek promo Oukitel WP5 di Sini (Klik)

Spesifikasi Oukitel WP5

  • Sistem Operasi Android 10 dengan antarmuka Oukitel UI
  • Chipset MediaTek Helio A22 MT6761 dengan prosesor quad-core ARM Cortex-A53 1,8GHz
  • Grafis PowerVR GE8320
  • Tiga kamera belakang dengan kamera utama 13 megapiksel, sensor Sony IMX214 1/3 inci 1.12um piksel, phase-detection autofokus, sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.8 dengan dilengkapi quad LED flash + kamera 2 megapiksel + kamera 2 megapiksel (depth sensor)
  • Kamera depan 5 megapiksel fixed focus, sensor BSI CMOS
  • Layar sentuh 5,5 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1440 x 720 pixels, kerapatan 292 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel IPS LCD, Corning Gorilla Glass
  • Memori RAM 4GB, ROM 32GB dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor
  • Tahan air dan debu dengan sertifikat IP68
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 155 x 76 x 18 mm dengan berat 285 gram
  • Baterai 8000mAh non-removable, standard charging 5V/2A
  • Warna Orange dan Red

Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi 8A Pro: Upgrade yang Tidak Signifikan


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!