IBX582004D475488 Review ZNT MiniDots, Speaker Mungil Bersuara Nyaring
ASUS VivoBook 14 K413

Review ZNT MiniDots, Speaker Mungil Bersuara Nyaring



Review ZNT MiniDots, Speaker Mungil Bersuara Nyaring – Setelah sebelumnya mengulas speaker ZNT ThunderBar dan ThunderBox dengan hasil yang cukup memuaskan, tim Laptophia memutuskan untuk mengobati rasa penasaran dengan mengulas varian yang lebih murah. ZNT MiniDots adalah salah satu varian yang lebih murah dari dua saudaranya dengan ukuran yang lebih kecil. Meski demikian, ZNT MiniDots tampil dengan desain minimalis yang elegan.

ZNT cukup konsisten menjaga eksistensinya di pasar audio tanah air, khususnya segmen entry-level dengan terus meluncurkan produk baru, salah satunya MiniDots ini. Mengandalkan dimensi yang sangat ringkas dan dipersenjatai driver dengan daya 5W, mampukah speaker andalan ZNT ini menarik perhatian konsumen? Simak review ZNT MiniDots oleh tim Laptophia kali ini!

Review ZNT MiniDots, Speaker Mungil Bersuara Nyaring

Paket Pembelian ZNT MiniDots

Paket Pembelian ZNT MiniDots
  • Unit ZNT MiniDots warna Black
  • Kabel USB
  • Manual

Baca juga:Review Naxen X7 Boombox, Speaker Bluetooth Murah dengan Kualitas Lumayan

Desain ZNT MiniDots

Desain ZNT MiniDots
Desain ZNT MiniDots

Desain adalah daya tarik utama pada review ZNT MiniDots oleh tim Laptophia kali ini. Speaker ini tampil dengan pendekatan desain yang jauh berbeda dengan ZNT ThunderBox maupun ThunderBar dengan konsep minimalis. ZNT MiniDots tampil dengan casing bulat berwarna hitam yang agak “gendut” pada bagian tengahnya dan dipermanis dengan speaker grill berwarna krom pada bagian atasnya.

Berbeda dengan dua saudaranya yang lebih dulu Laptophia review, speaker ZNT MiniDots ini tak didesain untuk outdoor, sehingga tidak memiliki kemampuan tahan air dan debu. Meski demikian, speaker mungil ini tetap tangguh dengan balutan casing berbahan metal yang tebal dan terasa sangat kokoh. Laptophia pernah secara tak sengaja menjatuhkan speaker ini dari ketinggian 1,5 meter dan tidak terdapat kerusakan, maupun lecet yang signifikan.

Ukuran ZNT MiniDots yang sangat kecil ini cocok bagi konsumen yang memiliki mobilitas tinggi. Speaker ini dapat dimasukkan dalam saku celana atau tas tanpa banyak memakan tempat, bahkan speaker ini muat dalam genggaman tangan. Build quality ZNT MiniDots sangat solid dan kuat, serta tidak terasa murahan.

Desain ZNT MiniDots
Desain ZNT MiniDots


Pada review ZNT MiniDots kali ini, sisi atas terdapat speaker grill dengan logo ZNT yang terukir pada bagian tengahnya. Sedangkan sekeliling bodi hitam speaker ini tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan sisi bawah ZNT MiniDots terdapat sebuah passive bass radiator, microphone, tombol power, dan port microUSB untuk charging. Selain itu, sisi bawahnya terdapat dudukan dari bahan karet agar speaker tidak bergeser saat memainkan musik dengan volume tinggi.

Baca juga:Review Nillkin Bullet Speaker, Ukuran Mini Suara Jernih!

Video Unboxing ZNT MiniDots

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Review ZNT MiniDots

Review ZNT MiniDots

Speaker bluetooth portabel dengan ukuran mungil tidak selalu identik dengan kualitas suara pas-pasan dengan volume yang pelan. Kehadiran ZNT MiniDots membuktikan bahwa speaker wireless bluetooth berukuran kecil pun dapat menyalak galak dengan kualitas suara yang merdu. Desain yang minimalis elegan dengan build quality mewah menjadi nilai tambah pada review ZNT MiniDots kali ini.

Kualitas Suara

Speaker nirkabel bluetooth ZNT MiniDots yang berukuran mungil ini dipersenjatai dengan sebuah driver berdiameter 45mm dengan daya 5W. Tak hanya itu, speaker bluetooth mini ini masih diperkuat dengan sbuah passive bass radiator pada sisi bawah untuk meningkatkan kehadiran suara bass atau frekuensi rendah.

Berbicara soal kualitas suara, ZNT MiniDots ini sama sekali bukan kaleng-kaleng untuk sebuah speaker sekecil ini. MiniDots andalan ZNT ini mampu menghasilkan suara yang jernih atau tingkat clarity yang mantap dan tetap terjaga saat volume tinggi. Speaker ini menawarkan karakter suara bright yang menonjolkan sektor mid, terutama suara vokal.

Suara vokal tampak agak maju dengan detail yang mantap, artikulasi jelas, dan cukup emosional. Saat memainkan lagu Post American World milik Megadeth, suara serak Dave Mustaine terdengar nyata, meski sedikit agak tipis. Sedangkan unruk suara vokal wanita, ZNT MiniDots layak mendapat acungan jempol. Saat memainkan lagu Angel Fall First milik Nightwish, suara Tarja Turunen yang melengking terdengar begitu intim, enjoyable, serta membuat Laptophia terbawa suasana lagu yang sendu.

Sedangkan untuk high atau treble, ZNT MiniDots ini mampu menyajikan dengan kuantitas yang proporsional, detail yang baik, dan tidak menusuk telinga. Bagi penggemar bass, ZNT MiniDots ini cukup mampu memperdengarkan suara bass yang memadai untuk ukurannya yang mungil. Bass-nya memang tidak terlalu dalam, tetapi cukup responsif saat memainkan lagu dengan dobel kick drum yang cepat seperti Bending The Arc To Fear milik Trivium.

Baca juga:Review Sony SRS-XB01: Speaker Bluetooth Mungil Bersuara Detail

Separasi antar instrumen pada speaker ZNT MiniDots ini memang kurang memuaskan. Saat memainkan lagu dengan banyak instrumen, suara yang dihasilkan seperti menumpuk di tengah dan kurang berdinamika. Sedangkan soundstage speaker ZNT MiniDots ini relatif sempit, ini dapat dimaklumi mengingat ukurannya kecil dan harganya terjangkau.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker bluetooth wireless ZNT MiniDots ini, tim Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker ringkas dan tangguh besutan ZNT ini seperti Xiaomi Redmi Note 9 Pro, Realme Narzo, Samsung Galaxy M31, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan sebuah laptop Asus Vivobook Ultra A412FA dapat terhubung dengan speaker tanpa masalah.

Baterai

Pada review ZNT MiniDots kali ini, speaker ringkas bersuara nyaring ini dibekali baterai berkapasitas 600mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 5 jam penggunaan dengan volume 75%. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia yang sering menggunakannya dengan volume di atas 60%, baterai hanya bertahan rata-rata 4 jam saja.

Kesimpulan

Secara umum, ZNT MiniDots adalah sebuah speaker mungil dengan kualitas suara yang cukup baik di kelasnya. Speaker ini sangat cocok untuk lagu yang menonjolkan vokal dan mid. Ukuran ZNT MiniDots yang mungil ini didukun desain yang elegan dan build quality yang terbilang solid dan mewah. Jelas, ZNT MiniDots cocok bagi konsumen yang membutuhkan speaker wireless mini dengan kualitas suara yang tak perlu diragukan lagi.

Kelebihan ZNT MiniDots

  • Dimensi mungil dan mudah dibawa-bawa
  • Desain minimalis dengan build quality mantap
  • Kualitas suara jernih dan nyaring
  • Harga kompetitif

Kekurangan ZNT MiniDots

  • Tidak dilengkapi port aux
  • Tidak dilengkapi slot microSD

Harga ZNT MiniDots

ZNT MiniDots merupakan sebuah speaker bluetooth portabel berukuran sangat mungil dengan suara yang nyaring. Harga speaker bluetooth mini ZNT MiniDots terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari toko online terkemuka tanah air adalah Rp 236.000. Berdasarkan hasil review ZNT MiniDots yang dilakukan tim Laptophia, speaker ini cocok bagi konsumen yang membutuhkan speaker mungil murah dengan kualitas suara yang tak bisa dianggap enteng.

Anda dapat membeli atau cek promo ZNT MiniDots di Sini (Klik)

Spesifikasi ZNT MiniDots

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 45mm x 1 + Passive Bass Radiator
  • RMS: 4Ω 5W THD=1%
  • Frequency Response: 20Hz - 20KHz
  • Signal to noise ratio 80dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Wireless profile: AVRCP, A2DP, HSP, HFP
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Baterai 600mAh built-in lithium battery, hingga 5 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 64,7 x 63,7 x 44,6 mm
  • Berat 169 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black

Anda mungkin suka:Review Naxen X20 Metal Frame, Speaker Bluetooth Murah Bersuara Biasa Saja


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!