IBX582004D475488 Review Naxen X20 Metal Frame, Speaker Bluetooth Murah Bersuara Biasa Saja
Asus ExpertBook B9450

Review Naxen X20 Metal Frame, Speaker Bluetooth Murah Bersuara Biasa Saja



Review Naxen X20 Metal Frame, Speaker Bluetooth Murah Bersuara Biasa Saja – Naxen X20 Metal Frame adalah satu dari banyak speaker bluetooth portable murah meriah yang membanjiri pasar Indonesia. Beberapa waktu lalu Laptophia memutuskan untuk membeli speaker Naxen X20 Metal Frame ini melalui official store Naxen di Lazada. Sayangnya saat paket berisi speaker Naxen X20 Metal Frame ini datang, dus kemasannya sudah rusak dan sobek. Beruntung unit speakernya tidak bermasalah alias masih utuh.

Spesifikasi teknis yang ditawarkan oleh speaker Naxen X20 Metal Frame ini sekilas tak jauh berbeda dengan Naxen X7 Boombox yang sudah lebih dulu Laptophia ulas. Speaker ini mengandalkan dua buah driver dengan daya masing-masing 3W. Selain itu, Naxen X20 Metal Frame ini tampil dengan desain elegan dengan balutan casing berbahan logam yang kokoh. Penasaran? Simak review Naxen X20 Metal Frame oleh tim Laptophia kali ini.

Naxen X20 Metal Frame, Speaker Bluetooth Murah Bersuara Biasa Saja

Paket Pembelian Naxen X20 Metal Frame

Paket Pembelian Naxen X20 Metal Frame
  • Unit Naxen X20 Metal Frame warna Dark Grey
  • Kabel USB
  • Manual

Desain Naxen X20 Metal Frame

Desain Naxen X20 Metal Frame

Desain Naxen X20 Metal Frame

Desain Naxen X20 Metal Frame

Speaker andalan Naxen ini berbentuk persegi panjang dan sekilas tak ada yang mencolok dari penampilannya. Meski sama-sama berbentuk persegi panjang, Naxen X20 Metal Frame mengusung konsep yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan seri X7 Boombox. Naxen X20 Metal Frame ini tampil dengan frame metal yang kokoh dan diapit dengan dua panel pada sisi kanan dan kirinya yang menggunakan bahan plastik atau polikarbonat.

Dukungan casing atau frame metal dengan finishing sand blasting membuat speaker Naxen X20 Metal Frame ini terasa mewah dan kokoh. Dimensi speaker bluetooth murah besutan Naxen ini lebih tipis dari seri X7 Boombox dan dimensinya lebih ringkas, sehingga lebih nyaman digenggam atau dibawa kemana-mana. Selain itu, pada sudut kiri atasnya terdapat gantungan kecil yang terbuat dari karet.

Bobot speaker Naxen X20 Metal Frame ini tidak terlalu berat, meski menggunakan material logam. Build quality pada review Naxen X20 Metal Frame ini terasa sangat solid, kuat, dan cukup mewah. Ini tentu bertolak belakang dengan Naxen X7 Bombox yang berbahan plastik dan agak terkesan murahan.

Desain Naxen X20 Metal Frame

Pada review Naxen X20 Metal Frame kali ini, sisi depan terdapat speaker gril. Sedangkan pada sisi kanan tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan sisi kiri terdapat tombol untuk pairing, volume minus, play/pause, dan volume plus. Sisi atas terdapat gantungan kecil dan sisi bawah terdapat logo Naxen yang cukup mencolok. Sedangkan pada bagian belakang terdapat port microUSB untuk charging, LED indikator, slot microSD, dan port aux.

Baca juga:Review Dell S2419H, Monitor 24 Inci Berkualitas dengan Panel IPS

Video Unboxing Naxen X20 Metal Frame

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Review Naxen X20 Metal Frame

Review Naxen X20 Metal Frame

Jika Anda mendambakan sebuah sebuah speaker wireless portabel dengan kualitas suara superior, tentu harus menyiapkan budget yang memadai. Namun jika memiliki budget terbatas dan membutuhkan speaker bluetooth dengan build quality yang baik dan kualitas suara yang sudah cukup enak untuk sekadar memainkan musik, maka speaker Naxen X20 Metal Frame ini laik menjadi bahan pertimbangan Anda.

Kualitas Suara

Berbekal dua buah driver dengan daya masing-masing 3W, Naxen X20 Metal Frame ini mampu menghasilkan suara yang cukup lantang. Spesifikasi teknis speaker X20 Metal Frame ini memang serupa dengan X7 Boombox, akan tetapi seri X20 ini kalah kencang. Meski demikian, speaker Naxen X20 Metal Frame tidak pecah atau sember saat memainkan musik dengan volume yang hampir maksimal.

Karakter suara yang dihasilkan oleh Naxen X20 Metal Frame juga berbeda dengan X7 Boombox. Speaker ini terdengar lebih bright dan lebih enjoyable, terutama saat memainkan lagu-lagu akustik seperti The Islander milik Nightwish. Suara gitar terdengar natural dan dipadukan suara vokal duet Anette Olzon dan Marco Hietala sangat menghibur Laptophia.

Treble atau high adalah keunggulan utama dari speaker ini dengan karakteristik yang renyah, detail, dan tidak menusuk telinga. Saat memainkan lagu Dream No More milik Metallica, speaker Naxen X20 Metal Frame ini mampu menyajikan detail treble yang membuat lagu terasa lebih menyenangkan. Suara vokal X20 Metal Frame besutan Naxen ini memang tidak terlalu maju dan menonjol seperti X7 Boombox, tetapi terdengar lebih proporsional dan sejajar.

Bagi penggemar bass, lagi-lagi hasil review Naxen X20 Metal Frame oleh tim Laptophia menunjukkan hasil yang mengecewakan. Bass kurang terdengar, agak tipis, dan tidak mendalam. Hal ini membuat Naxen X20 Metal Frame ini kurang cocok untuk memiankan musik Hip Hop atau EDM. Soundstage Naxen X20 Metal Frame memang tidak terlalu luas, tetapi lebih baik ketimbang X7 Boombox.

Baca juga:Review Asus Vivobook S14 M433, Laptop Kawula Muda Super Kencang Bertenaga AMD Ryzen Renoir

Separasi antar instrumen pada speaker murah meriah Naxen X20 Metal Frame ini memang tergolong payah. Saat memainkan lagu symphonic metal dari band seperti Nightwish atau Epica, Naxen X20 Metal Frame ini sangat kewalahan. Hanya suara vokal, gitar, dan gebukan drum yang cukup terdengar. Sedangkan instrumen lain kurang terdengar jelas.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker Naxen X20 Metal Frame ini, tim Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker murah meriah besutan Naxen ini seperti Xiaomi Redmi Note 9 Pro, Oppo A52, Samsung Galaxy M31, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan sebuah laptop Asus Vivobook Ultra A412FA dapat terhubung dengan speaker tanpa masalah.

Baterai

Sama seperti seri X7 Boombox, daya tahan baterai tidak menjadi kelebihan di review Naxen X20 Metal Frame kali ini. Speaker ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 1200mAh dan diklaim mampu bertahan hingga 5 - 7 jam. Angka ini cukup standar menurut tim Laptophia.

Berdasarkan pengalaman penggunaan Naxen X20 Metal Frame oleh tim Laptophia, speaker ini hanya mampu bertahan hingga 4 jam lebih beberapa menit saja untuk mendengarkan musik dengan volume di atas 60%. Meski agak berbeda dari klaimnya, daya tahan baterai speaker ini laik mendapat apresiasi.

Kesimpulan

Secara umum, Naxen X20 Metal Frame memang sebuah speaker bluetoooth murah meriah yang menghasilkan kualitas suara yang memang biasa saja. Ini sudah cukup bagi konsumen yang hanya sekadar ingin mendengarkan musik. Keunggulan speaker ini justru pada harganya yang terjangkau dan build quality yang solid, serta mewah. Naxen X20 Metal Frame layak dipertimbangkan bagi konsumen membutuhkan speaker bluetooth dengan dana terbatas.

Kelebihan Naxen X20 Metal Frame

  • Build quality solid
  • Fitur lengkap
  • Harga terjangkau

Kekurangan Naxen X20 Metal Frame

  • Kualitas suara standar
  • Tidak cocok untuk penyuka bass

Harga Naxen X20 Metal Frame

Naxen X20 Metal Frame merupakan sebuah speaker bluetooth portabel murah meriah dengan kualitas suara yang bisa dikatakan biasa saja. Harga speaker Naxen X20 Metal Frame terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini dibuat adalah Rp 179.000. Berdasarkan hasil review Naxen X20 Metal Frame yang telah tim Laptophia lakukan, speaker ini layak dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan speaker portabel murah dengan build quality solid dengan material logam yang tangguh.

Anda dapat membeli atau cek promo Naxen X20 Metal Frame di Sini (Klik)

Spesifikasi Naxen X20 Metal Frame

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Stereo
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 50mm x 2 + Passive Bass Radiator
  • RMS: 4Ω 3W x 2 THD=1%
  • Frequency Response: 100Hz - 20KHz
  • Signal to noise ratio 65dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Slot microSD
  • Baterai built-in 3,7V/1200mAh lithium battery, hingga 5 - 7 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 200 mm x 30 mm x 100 mm
  • Berat 465 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Dark Grey

Anda mungkin suka:Review Nillkin Bullet Speaker, Ukuran Mini Suara Jernih!


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!