eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Dell S2419H, Monitor 24 Inci Berkualitas dengan Panel IPS

Review Dell S2419H, Monitor 24 Inci Berkualitas dengan Panel IPS – Monitor adalah salah satu komponen yang penting dalam sebuah setup sistem komputer. Belum lama ini Laptophia kedatangan sebuah monitor 24 inci yang menawarkan desain yang menarik dan bezel yang tipis, yakni Dell S2419H. Keunggulan utama monitor berukuran 24 inci ini adalah sudah menggunakan panel berteknologi IPS (In-Plane Switching) yang menawarkan saturasi warna akurat dan veiwing angle yang luas.

Tak hanya mengandalkan panel berkualitas, Dell S2419H ini juga hadir dengan beberapa fitur yang menarik seperti hadirnya speaker internal stereo yang berkualitas, konsumsi daya yan efisien, fitur ComfortView dengan sertifikat TUV Rheinland, dan beberapa fitur unggulan lainnya. Lalu sehebat apakah monitor canggih besutan Dell ini? Simak review Dell S2419H oleh tim Laptophia kali ini!

Review Dell S2419H, Monitor 24 Inci Berkualitas dengan Panel IPS

Paket Pembelian Dell S2419H

Paket Pembelian Dell S2419H
  • Unit monitor Dell S2419H
  • Stand
  • Adapter
  • Kabel power
  • Kabel HDMI
  • Manual
  • Kartu garansi

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 9 Pro: Smartphone Terbaik di Kelas 3 Juta-an

Desain Dell S2419H

Desain Dell S2419H

Desain Dell S2419H

Penampilan atau desain fisik pada review Dell S2419H oleh tim Laptophia kali ini memang tidak terlalu istimewa dan sekilas tak jauh berbeda dengan kebanyakan monitor masa kini yang beredar di pasarn. Namun ketika dicermati lebih dekat, sebenarnya Dell S2419H ini menarik dengan bezel super tipis yang disebut dengan InfinityEdge yang membuat monitor lebih ringkas dan kekinian.

Monitor Dell S2419H in dibalut dengan housing berbahan plastik glossy dengan logo Dell yang terlihat menonjol pada sisi belakang. Sementara stand yang berwarna silver pada paket pembelian Dell S2419H ternyata juga terbuat dari bahan polikarbonat yang terasa cukup kuat dan kokoh. Saat Laptophia memasang stand di monitor Dell S2419H, terasa mantap dan goyangan atau wobble di atas stand saat meja tersenggol tidak terlalu signifikan.

Panel monitor Dell S2419H ini menggunakan finishing glossy yang membuat warnanya lebih menonjol jika dibandingkan monitor dengan panel matte. Namun, finishing glossy ini membuatnya rawan silau ketika terkena pantulan cahaya. Lapisan layar Dell S2419H ini cukup kuat dengan tingkat kekerasan mencapai 3H. Secara umum, build quality pada review monitor Dell S2419H ini cukup solid di kelasnya.

Desain Dell S2419H

Desain Dell S2419H

Desain Dell S2419H

Sisi depan hanya terdapat panel berukuran 24 inci dengan bezel tipis InfinityEdge dan logo Dell berukuran kecil pada bagian bawah. Sementara pada bagian belakang terdapat logo Dell berukuran besar yang sangat mencolok dan bagian bawahnya terdapat dua buah port HDMI, port audio out, dan dua buah speaker Waves MaxxAudio dengan daya masing-masing 5W. Sementara pada bagian bawah terdapat empat buah tombol untuk mengakses OSD dan sebuah tombol power.

Baca juga:Review Shure Aonic 215: TWS Mewah dengan Suara Berkualitas

Review Dell S2419H

Review Dell S2419H

Dell S2419H adalah monitor yang didesain untuk pengguna rumahan dan kantor untuk bekerja, sehingga menonjolkan kenyamanan dan kualitas gambar yang memadai. Dukungan panel IPS menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi Dell S2419H karena menawarkan warna yang lebih vivid, viewing angle yang luas, dan tentunya kontras yang memadai.

Performa dan Kualitas Gambar

Berbekal panel IPS berukuran 24 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel mampu menghasilkan saturasi warna yang vivid. Warna yang terlihat begitu hidup di monitor Dell S2419H ini tak lepas dari cakupan warnanya yang mencapai 99% sRGB yang dipadukan dengan finishing glossy pada panelnya. Laptophia sangat kualitas gambar yang dihasilkan Dell S2419H untuk menonton movie, bermain game kasual, dan editing foto ringan.

Meski warna yang dihasilkan oleh monitor Dell S2419H ini cukup vivid dan memanjakan mata, tetapi masih kurang cocok bagi mereka yang membutuhkan akurasi warna yang tinggi seperti foto dan video editor serius. Jika dilihat dari aspek kecerahan atau brightness, Dell S2419H ini relatif standar di kelasnya dengan pancaran hinga 250cd/m2. Selain itu, monitor Dell S2419H ini menawarkan viewing angle yang sangat luas dan tidak terlihat penurunan kualitas yang signifikan saat dilihat dari sudut ekstrem.

Kontras yang ditawarkan Dell S2419H ini adalah 1000:1 dan angka ini cukup standar di kelasnya. Laptophia menggunakannya untuk komputasi sehari-hari dan menikmati aneka konten multimedia, Dell S2419H relatif mampu menghasilkan ketajaman yang memadai. Response time Dell S2419H ini adalah 5ms, sehingga efektif untuk meminimalisir efek ghosting saat bermain game atau menonton movide dengan gerakan yang cepat. Input lag monitor ini juga cukup rendah di kelasnya karena menurut beerapa pengukuran situs review luar, input lag Dell S2419H hanya berkisar 3ms saja.

Bagaimana kemampuan monitor Dell S2419H ini untuk memainkan game? Sebenarnya pada review Dell S2419H kali ini memang tidak didesain untuk bermain game. Meski demikian, Dell S2419H ini cukup memuaskan ketika digunakan untuk bermain game kasual. Monitor andalan Dell ini tidak dibekali fitur adaptive sync, AMD FreeSync, dan sejenisnya, sehingga bagi pengguna yang berorientasi gaming dapat memilih monitor lain.

Bagaimana dengan gejala light bleeding atau glow yang biasanya terjadi di monitor IPS? Sejauh ini unit monitor Dell S2419H yang Laptophia gunakan relatif menghasilkan light bleed atau IPS glow yang minimal dan tidak mengganggu. Warna hitam yang dihasilkan oleh monitor ini cukup pekat dan bisa dikatakan di atas rata-rata monitor IPS di kelasnya.

Baca juga:Asus TUF Gaming FX506IH R565B6B, Laptop Gaming Ryzen 5 4600H Termurah

Fitur

Pada review Dell S2419H oleh tim Laptophia kali ini menyediakan menu OSD (On Screen Display) yang memungkinkan pengguna melakukan beberapa pengaturan seperti tingkat brightness, contrast, input source, sharpness, aspect ratio, preset mode, response time, color format, dan sebagainya. Ada dua color format yang disediakan oleh monitor Dell S2419H, yakni RGB dan YPbPr. Sedangkan untuk preset yang disediakan antara lain adalah Standard, ComfortView, Movie, Game, Warm, Cool, dan Custom Color.

Kualitas Speaker Internal

Monitor Dell S2419H ini dibekali dua buah speaker internal dengan daya masing-masing 5W dan telah disematkan teknologi Waves MaxxAudio. Keluaran suara speaker internal monitor Dell S2419H ini secara mengejutkan di atas rata-rata speaker internal monitor lainnya. Suara yang dihasilkan cukup kaya dengan detail yang baik, mid bass cukup, dan suara vokal yang cukup menonjol. Sayangnya suara bass memang kurang nendang, tetapi cukup terdengar dengan baik. Efek imaging atau stereo pada speaker bawaan Dell S2419H ini terdengar cukup menyenangkan.

Kesimpulan

Secara umum, Dell S2419H merupakan sebuah monitor IPS 24 inci yang menawarkan kualitas gambar yang superior di kelasnya, desain InfinityEdge yang menawan, dan build quality yang solid. Speaker bawaan yang diusung oleh Dell S2419H ini juga di atas rata-rata. Monitor ini dapat menjadi pilihan bagi pengguna rumahan atau kantoran untuk bekerja, menikmati konten multimedia, dan gaming kasual dengan cukup memuaskan.

Sayangnya, harga yang ditawarkan oleh monitor Dell S2419H ini memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan kompetitornya. Selain itu, Dell S2419H ini tidak dilengkapi dengan VESA mount dan kurang cocok untuk gaming serius karena hanya mendukung refresh rate standar 60Hz tanpa dukungan fitur FreeSync atau sejenisnya.

Kelebihan Dell S2419H

  • Kualitas gambar mantap di kelasnya
  • Bezel tipis dengan InfinityEdge
  • Input lag rendah

Kekurangan Dell S2419H

  • Agak mahal
  • Tidak mendukung FreeSync atau Adaptive Sync
  • Tidak dilengkapi VESA mount

Harga Dell S2419H

Harga monitor Dell S2419H terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka adalah Rp 2.499.000. tentunya, harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan penjual dan promo yang berlaku. Berdasarkan hasil review Dell S2419H oleh tim Laptophia di atas, monitor ini sangat laik dipertimbangkan dengan bezel yang tipis, kualitas panel yang mantap, dan build quality yang terbilang solid.

Anda dapat membeli atau cek promo Dell S2419H di Sini (Klik)

Spesifikasi Dell S2419H

  • Tipe Panel : IPS (In-Plane Switching)
  • Backlight : W-LED
  • Display Size : 24 inci
  • Resolusi : Full HD 1920 x 1080 piksel
  • Contrast Ratio (S/D) : 1000 : 1 / 8000000 : 1
  • Pixel Density : 92 ppi
  • Refresh Rate : 60 Hz
  • sRGB Color Space Coverage : 99%
  • Viewing angle: 178º horizontal, 178º vertical
  • Response Time : 8 ms (normal); 5 ms (grey-to-grey)
  • I/O : 2 x HDMI 2.0, 1 x 3.5mm Audio Out
  • Color Gamut (CIE1931) : 72%
  • VESA mount support : Yes
  • Screen coating Low haze with 3H hardness
  • Speaker stereo 2x 5W, Waves MaxxAudio
  • Power consumption: 17W typical
  • Dimensi 53.9 cm x 15.28 cm x 41.34 cm (dengan stand)
  • Berat 3,61 kg

Source

Anda mungkin suka:Review Asus Vivobook S14 M433, Laptop Kawula Muda Super Kencang Bertenaga AMD Ryzen Renoir

Posting Komentar

Posting Komentar