IBX582004D475488 Review Tronsmart Spunky Beat: TWS AptX Bersuara Mantap, Harga Masuk Akal
ASUS VivoBook 14 K413

Review Tronsmart Spunky Beat: TWS AptX Bersuara Mantap, Harga Masuk Akal



Review Tronsmart Spunky Beat: TWS AptX Bersuara Mantap, Harga Masuk Akal – Headset TWS atau True Wireless Stereo terus meningkat popularitasnya dan menjadi salah satu aksesoris wajib generasi milenial untuk menikmati konten multimedia tanpa diribetkan oleh kabel. Salah satu headset TWS yang cukup menarik adalah Tronsmart Spunky Beat karena telah mendukung codec AptX, menggunakan chipset Qualcomm, dan fitur premium lainnya dengan harga terjangkau.

Kualitas suara yang ditawarkan oleh headset TWS Tronsmart Spunky Beat diklaim memuaskan dengan dukungan driver berteknologi graphene diaphagram dan ditandemkan dengan baterai yang tahan lama. Nama Tronsmart sendiri tentunya tak asing lagi bagi pembaca Laptophia. Pabrikan asal Tiongkok ini sudah cukup tenar di pasar tanah air melalui produk aksesoris berkualitas, penasaran? Simak review Tronsmart Spunky Beat TWS oleh tim Laptophia kali ini!

Review Tronsmart Spunky Beat: TWS AptX Bersuara Mantap, Harga Masuk Akal

Paket Pembelian Tronsmart Spunky Beat

Paket Pembelian Tronsmart Spunky Beat
  • Unit Tronsmart Spunky Beat
  • Eartips (S, M, L)
  • Kabel USB Type-C
  • Manual
  • Kartu garansi

Baca juga:Review QCY T2C, Headset True Wireless Stereo (TWS) Murah Berkualitas

Desain & Kontrol Tronsmart Spunky Beat

Desain & Kontrol Tronsmart Spunky Beat
Desain & Kontrol Tronsmart Spunky Beat

Sisi desain merupakan salah satu keunggulan pada review Tronsmart Spunky Beat kali ini. Headset TWS ini datang dengan desain earbuds yang mungil dengan bentuk oval yang sekilas seperti kacang dengan nozzle yang cukup ergonomis. Earbud TWS Tronsmart Spunky Beat ini dibalut dengan casing berwarna hitam dengan finishing glossy yang terkesan mewah. Sementara pada panel touch controlnya mdilengkapi dengan list krom dan tekstur membulat yang meningkatkan aura mewah.

Sedangkan charging case Tronsmart Spunky Beat ini berbentuk oval dengan dimensi yang sangat ringkas, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Charging case ini dibalut material plastik berwarna hitam dengan finishing doff atau mate yang saat digenggam terasa seperti ada lapisan karetnya. Sayangnya, engsel charging case TWS andalan Tronsmart ini terasa agak lembek menurut Laptophia, sehingga sering menutup sendiri saat dibuka.

Sisi atas charging case Tronsmart Spunky Beat ini terdapat logo Tronsmart yang berukuran cukup besar dan terdapat gantungan yang terbuat dari kulit imitasi pada sisi kanannya. Sementara sisi bawahnya terdapat kabel dan sebuah konektor USB untuk proses charging. Sementara pada sisi depan terdapat empat buah LED indikator baterai dan sebuah port USB Type-C pada sisi belakang. Ketika cangkang dibuka, terdapat informasi spesifikasi teknis pada penutup charging case Tronsmart Spunky Beat ini.

Desain & Kontrol Tronsmart Spunky Beat
Desain & Kontrol Tronsmart Spunky Beat
Desain & Kontrol Tronsmart Spunky Beat

Baca juga:Review Shure Aonic 215: TWS Mewah dengan Suara Berkualitas

Pada review Tronsmart Spunky Beat TWS kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan Tronsmart yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh sekali pada earbud kanan atau kiri untuk play atau pause.
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri untuk meningkatkan volume suara dan sentuh tiga kali pada earbud kanan untuk mengurangi volume suara.
  • Sentuh dan tahan dua detik pada earbud kiri untuk next track dan earbud kanan untuk previous track.
  • Sentuh sekali pada earbud kanan atau kiri untuk mengangkat telepon. Sedangkan untuk menolak panggilan, sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri.
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk memanggil voice assistant atau Google Assistant.

Sayangnya, performa dan sensitivtas kontrol sentuh pada review Tronsmart Spunky Beat ini kurang konsisten. Kadang Laptophia sudah menyentuh dua kali untuk memanggil assistant, tetapi yang terjadi adalah memainkan musik yang sedang di-pause. Cukup sering TWS Tronsmart Spunky Beat ini “salah mengerti” sentuhan yang tim Laptophia lakukan.

Video Unboxing Tronsmart Spunky Beat

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Review Tronsmart Spunky Beat

Review Tronsmart Spunky Beat

Headset TWS Tronsmart Spunky Beat ini sangat menarik menurut Laptophia karena sudah mendukung codec AptX untuk kualitas suara yang superior dan menggunakan chip Qualcomm QCC3020 yang diklaim sangat stabil. Semua fitur canggih tersebut dikemas dengan desain yang cukup mewah dan dibandrol sengan harga yang terbilang murah di kelasnya. Lalu sehebat apakah kualitas suaranya?

Kualitas Suara

Kualitas suara yang mantap adalah kelebihan utama pada review Tronsmart Spunky Beat menurut Laptophia. Headset TWS ini dipersenjatai oleh driver dinamis berdiameter 6mm yang menggunakan teknologi graphene diaphagram. Laptophia perlu menggunakan volume di atas 60% agar suara musik dapat dinikmati di headset wireless andalan Tronsmart ini dengan sound signature yang cukup bright dengan bass yang bertenaga.

Hal yang paling mencolok dari kualitas suara Tronsmart Spunky Beat adalah sound stage yang terbilang sangat luas dan bahkan bisa dikatakan salah satu yang paling luas di kelas Rp 300 ribu-an. Ini diperkuat dengan penempatan instrumen dan imaging yang cukup presisi dengan separasi antar instrumen yang mantap di kelasnya. Tak heran Laptophia sangat menikmati lagu symphonic metal dengan sentuhan orkestra dari lagu-lagu besutan Nightwish atau Epica.

Bagi penggemar bass, TWS Tronsmart Spunky Beat ini bisa menjadi salah satu pilihan tepat dengan output bass yang mendalam, nendang, dan cukup rapi. Hal ini sangat terasa ketika memainkan lagu Kirisute Gomen atau The Sins And The Sentence milik Trivium yang menggunakan dobel kick drum yang sangat cepat dan itu terdengar cukup tight, tidak boomy.

Baca juga:Review Senfer DT6 Pro, IEM Quad Driver Bersuara Detail dan Bertenaga

Sedangkan sektor mid cukup maju dan menawarkan detail yang baik. Suara vokal wanita terdengar cukup dekat, intim, dan artikulasinya jelas. Saat menyanyikan lagu dengan nada tinggi seperti Supremacy yang dinyanyikan oleh Tarja Turunen terdengar melengkking dan enjoyable. Begitu juga dengan vokal pria yang terdengar detail dan tegas. Suara gitar dan melodi saat memainkan lagu-lagu metalcore pun terasa detail dan bertenaga.

Treble atau high pada headset TWS Tronsmart Spunky Beat ini terdengar cukup nyaring dan detail. Bagi beberapa orang, karakter treble headset TWS ini mungkin terasa agak sedikit tajam saat menggunakan volume tinggi. Meski demikian, Laptophia menilai treble-nya masih sangat enjoyable dan detail yang cukup baik.

Kualitas Telepon & Delay

Tronsmart Spunky Beat menawarkan kualiutas suara yang baik dan jelas ketika digunakan untuk bertelepon dengan kondisi sinyal yang baik. Microphone yang diusungnya terbilang sensitif dan mampu mereduksi tangkapan suara latar. Ketika digunakan untuk menonton movie secara offline maupun streaming melalui YouTube, tidak terdapat delay yang signifikan. Namun saat bermain game, kadang masih terdapat delay, meski tidak terlalu mengganggu.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Tronsmart Spunky Beat

Kenyamanan adalah salah satu kelebihan dari review Tronsmart Spunky Beat menurut tim Laptophia kali ini. Earbud besutan Tronsmart ini sangat ringan dan desainnya ergonomis, sehingga sangat nyaman ketika terpasang di telinga. Fittingnya cukup kuat dan tidak mudah lepas saat digunakan untuk menemani jogging atau olahraga ringan lainnya. Isolasi suara dari luar sangat baik berkat dukungan fitur cVc 8.0 noise cancellation dan DSP technology.

Kompatibilitas Tronsmart Spunky Beat terbilang baikl dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Xiaomi Mi Note 10 Pro, Realme Narzo, dan Redmi Note 9 Pro. Anehnya saat digunakan dengan Mi Note 10 Pro, earbud kanan suaranya kadang terputus. hal ini tidak dialami oleh dua smartphone lainnya.

Baterai

Tronsmart Spunky Beat ini dibekali dengan baterai berkapaitas 35mAh untuk setiap earbud dan dan diklaim dapat bertahan hingga 7 jam penggunaan. Namun pada review Tronsmart Spunky Beat yang Laptophia lakukan, headset ini hanya bertahan rata-rata 4 jam hingga 4,5 jam saja menggunakan codec AptX dengan volume di atas 70%. Sedangkan baterai dalam case Tronsmart Spunky Beat ini berkapasitas 350mAh dan diklaim memiliki daya tahan total 24 jam memainkan musik.

Baca juga:Review ZNT ThunderBox: Speaker Tangguh dan Ringkas Bersuara Jernih

Kesimpulan

Secara umum, Tronsmart Spunky Beat merupakan sebuah headset wireless atau TWS yang menarik dengan dukungan kualitas suara yang mantap dan sangat nyaman digunakan. Selain itu, Tronsmart Spunky Beat didukung fitur premium seperti codec AptX dan meggunakan chip Qualcomm QCC3020. Hanya saja, kontrol sentuh TWS besutan Tronsmart ini memang kurang konsisten. Tronsmart Spunky Beat merupakan salah satu headset TWS yang wajib dipertimbangkan di kelas Rp 300 ribu-an.

Kelebihan Tronsmart Spunky Beat

  • Kualitas suara mantap dengan bass cukup nendang
  • Menggunakan chip Qualcomm QCC3020
  • Mendukung codec AptX
  • Daya tahan baterai baik
  • Ringan dan nyaman digunakan

Kekurangan Tronsmart Spunky Beat

  • Performa kontrol sentuh kurang konsisten
  • Di beberapa tipe smartphone, koneksi kurang stabil

Harga Tronsmart Spunky Beat

Tronsmart Spunky Beat merupakan sebuah headset TWS dengan kualitas suara yang mantap dan sudah didukung chip Qualcomm QCC3020, serta codec AptX. Harga headset TWS Tronsmart Spunky Beat terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini dibuat adalah Rp 339.000. Berdasarkan hasil review Tronsmart Spunky Beat oleh tim Laptophia di atas, headset TWS ini sangat laik dipertimbangkan dan salah satu yang terbaik untuk harga Rp 300 ribu-an.

Anda dapat membeli atau cek promo Tronsmart Spunky Beat di Sini (Klik)

Spesifikasi Tronsmart Spunky Beat

  • Merk Tronsmart
  • Model: Spunky Beat
  • Jenis headset: In-Ear Monitor TWS
  • Tipe driver 6mm dinamis berteknologi Graphene diaphagram
  • Chip Qualcomm QCC3020
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 107±3dB
  • Rentang frekuensi: 22 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.0
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec Qualcomm aptX, SBC, AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Fitur cVc 8.0 noise cancellation technology, DSP technology
  • Waterproofing: IPX5
  • Baterai Earbuds: 35 mAh; Charging case: 350 mAh
  • Berat Earbud: 3.7g / 0.13oz; With charging case: 47g / 1.66oz
  • Dimensi Earbud: 27 x 17 x 8 mm; Charging case: 68 x 45 x 31 mm

Anda mungkin suka:Xiaomi Redmi Note 9 Review: Performa Memuaskan, Baterai Bisa Diandalkan


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!