IBX582004D475488 Review QCY T5: Headset TWS 200 Ribu-an Paling Mantap untuk Musik
ASUS VivoBook 14 K413

Review QCY T5: Headset TWS 200 Ribu-an Paling Mantap untuk Musik



Review QCY T5: Headset TWS 200 Ribu-an Paling Mantap untuk Musik – Anda sedang membutuhkan headset TWS (True Wireless Stereo) yang murah tetapi menawarkan kualitas suara yang bukan kaleng-kaleng? QCY T5 adalah salah satu kandidat kuat yang patut dipertimbangkan dengan harga Rp 200 ribu-an saja. QCY sendiri adalah brand asal Tiongkok yang merupakan bagian dari Xiaomi Ecological Chain dengan lini produk audio nirkabel seperti headset TWS dan speaker wireless.

Sebulan yang lalu, headset TWS QCY T5 ini mendarat di markas Laptophia untuk diulas secara mendalam. QCY T5 tampil dengan desain yang sekilas mirip dengan AirPod yang dilengkapi ekor berupa batang berwarna hitam. Meski demikian, QCY T5 ini diklaim menawarkan kualitas suara yang mumpuni dan didukung fitur gaming mode, penasaran? Simak review QCY T5 oleh tim Laptophia kali ini!

Review QCY T5: Headset TWS 200 Ribu-an Paling Mantap untuk Musik

Paket Pembelian QCY T5

Paket Pembelian QCY T5
  • Unit TWS QCY T5
  • Eartips (S, M, L)
  • Kabel microUSB
  • Manual dan kartu garansi

Baca juga:Review ZNT ThunderBox: Speaker Tangguh dan Ringkas Bersuara Jernih

Desain & Kontrol QCY T5

Desain & Kontrol QCY T5

Desain & Kontrol QCY T5

Sisi desain mungkin bukan hal yang ditonjolkan pada review QCY T5 kali ini, mengingat harganya terbilang sangat terjangkau. Seperti yang sudah Laptophia singgung di atas, earbud TWS andalan QCY ini mengusung desain yang sekilas mirip seperti kloning Apple AirPod. Akan tetapi setelah dilihatb dari sisi depan, terlihat perbedaan yang cukup mencolok karena QCY T5 mengusung gaya in-ear monitor (IEM) dengan nozzle asimetris untuk meningkatkan kenyamanan. Sedangkan AirPod menggunakan desain  half in-ear.

Earbud QCY T5 ini dibalut dengan casing berbahan plastik berwarna hitam yang menggunakan finishing matte, sehingga tidak mudah meninggalkan goresan. Sedangkan charging case headset TWS QCY T5 ini tampil dengan dimensi yang cukup ringkas dan ringan, sehingga dapat dengan leluasa dimasukkan dalam saku celana atau kemeja. Ukuran charging case QCY T5 lebih kecil dari charging case milik QCY T2C yang sudah Laptophia ulas sebelumnya dengan balutan casing plastik yang juga menggunakan finishing matte.

Sisi atas charging case QCY T5 ini terdapat logo QCY yang berukuran cukup besar dan terlihat cukup menyolok. Sementara sisi bawahnya terdapat informasi teknis mengenai spesifiksi singkat charging case QCY T5. Sementara pada sisi depan terdapat dua buah LED indikator baterai dan sebuah port USB microUSB pada sisi belakang untuk charging. Secara umum, build quality headset wireless QCY T5 ini cukup solid, meski tak terkesan premium atau mewah.

Desain & Kontrol QCY T5

Desain & Kontrol QCY T5

Baca juga:Review Senfer DT6 Pro, IEM Quad Driver Bersuara Detail dan Bertenaga

Pada review QCY T5 TWS kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan QCY yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk play atau pause
  • Sentuh tiga kali pada earbud kanan untuk mengaktifkan gaming mode
  • Sentuh dan tahan dua detik pada earbud kiri untuk previous track dan earbud kanan untuk next track
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk mengangkat telepon. Sedangkan untuk menolak panggilan, sentuh terus menerus pada earbud kanan atau kiri
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri untuk memanggil voice assistant atau Google Assistant

Selama hampir sebulan proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset TWS QCY T5 ini terbilang konsisten dan sensitif. Hal ini tentu menjadi nilai tambah yang dapat meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengguna.

Video Unboxing QCY T5

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)

Review QCY T5

Review QCY T5


Headset wireless stereo atau TWS dengan kualitas suara yang mantap biasanya harus ditebus dengan harga yang tak murah. Namun, QCY T5 tampaknya membuktikan bahwa anggapan tersebut salah. Headset dengan desain yang cukup ergonomis ini menawarkan kualitas suara yang memuaskan di kelasnya dengan fitur andalan seperti gaming mode yang siap memuaskan gamer. lalu seperti apa sound signature QCY T5 ini?

Kualitas Suara

Kualitas suara yang memuaskan adalah kelebihan utama pada review QCY T5 menurut Laptophia. Headset TWS ini dipersenjatai oleh driver dinamis berdiameter 6mm yang telah dituning dan dioptimasi agar menghasilkan suara yang mantap. Laptophia cukup menggunakan volume 60% untuk menikmati suara di headset wireless andalan QCY ini. Headset ini hadir dengan sound signature yang agak warm dengan treble yang masih cukup detail.

Suara vokal tampak cukup maju dan menojol pada headset TWS QCY T5 ini. Baik suara vokal pria maupun wanita terdengar begitu jelas, detail, dan lebih nyata. laptophia sangat menikmati suara Amy Lee saat memainkan lagu The Only One milik Evanescence yang terdengar begitu intim, bahkan terdengar ‘nafas’ sang vokalis. Suara vokal pria jug terdengar nyata, terlebih saat memainkan lagu Shattering The Skies Above milik Trivium, suara scream Matt Heafy begitu garang dan galak.

Keunggulan headset QCY T5 ini juga terlihat pada kemampuannya menyajikan efek stereo imaging yang mana perpindahan suara instrumen dari channel kanan dan kiri cukup impresif. Hal ini semakin terasa ketika Laptophia memainkan lagi Nobody’s Listening milik Linkin Park. Suara mid memang cukup menonjol di headset QCY T5 ini dengan suara gitar yang jernih dan menonjol, sehingga cocok bagi pengguna yang menyukai riff atau melodi gitar.

Baca juga:Review Naxen X7 Boombox, Speaker Bluetooth Murah dengan Kualitas Lumayan

Treble atau high yang dihasilkan oleh QCY T5 relatif jernih, detail, dan karakternya cukup lembut, sehingga tidak menusuk telinga. Sedangkan untuk bass, QCY T5 ini cukup bertenaga dan tight, sehingga hentakan dobel kick drum masih terdengar rapi. Sayangnya, kuantitas bass-nya memang kurang nendang dan mendalam. Separasi antar instrumen cukup baik dengan soundstage luas, meski tak seluas Tronsmart Spunky Beat yang Laptophia ulas sebelumnya.

Kualitas Telepon & Delay

QCY T5 menawarkan kualiutas suara yang baik dan jelas ketika digunakan untuk bertelepon dengan kondisi sinyal yang baik. Namun, performanya saat di luar ruangan masih kurang maksimal. Microphone yang diusung QCY T5 cukup baik dengan suara yang lantang dan jelas. Ketika digunakan untuk menonton movie secara offline maupun streaming melalui YouTube, tidak terdapat delay yang signifikan tanpa mengaktifkan gaming mode.

Namun saat bermain game dengan gaming mode aktif, QCY T5 ini tampak cukup responsif dan delay tidak terlalu terasa. Beberapa situs luar mengatakan bahwa delay masih terjadi pada skenario atau judul game tertentu. Ini sangat menarik mengingat harga QCY T5 sangat terjangkau.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review QCY T5


Desain batang ala Airpod yang dipadukan dengan IEM ergonomis membuat TWS QCY T5 ini cukup nyaman digunakan dalam waktu lama. Dimensi earbud QCY T5 ini memang agak besar, sehingga bagi yang memiliki daun telinga atau lubang telinga yang kecil, mungkin kurang nyaman untuk penggunaan waktu lama. Isolasi suara dari luar lumayan baik selama menggunakan ukuran eartips yang sesuai.

Kompatibilitas headset True Wireless Stereo QCY T5 terbilang baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Xiaomi Mi Note 10 Pro, Realme Narzo, dan Redmi Note 9 Pro. Selama sebulan proses uji pakai, koneksi relatif stabil dan sangat jarang terjadi disconnect.

Baterai

QCY T5 ini dibekali dengan baterai berkapaitas 40mAh untuk setiap earbud dan dan diklaim dapat bertahan hingga 5 jam penggunaan. Namun pada review QCY T5 yang Laptophia lakukan, headset ini hanya bertahan rata-rata 4 jam saja menggunakan codec AAC dengan volume di atas 70%. Sedangkan baterai dalam case QCY T5 ini berkapasitas 380mAh dan diklaim memiliki daya tahan total 25 jam memainkan musik.

Baca juga:Review Shure Aonic 215: TWS Mewah dengan Suara Berkualitas

Kesimpulan

Secara umum, QCY T5 adalah salah satu headset TWS dengan kualitas suara terbaik di kelas Rp 200 ribu-an yang siap memanjakan pengguna untuk mendengarkan musik. Tak hanya mengandalkan kualitas suara yang ciamik, QCY T5 ini juga didukung daya tahan baterai yang bisa diandalkan dan didukung fitur gaming mode untuk meminimalisir delay saat bermain game. Kekurangan QCY T5 adalah tidak tersedia kontrol volume, sehingga pengguna harus mengaturnya langsung melalui gadget.

Kelebihan QCY T5

  • Kualitas suara terbaik di kelas Rp 200 ribu-an
  • Harga terjangkau
  • Dilengkapi fitur gaming mode
  • Daya tahan baterai bisa diandalkan

Kekurangan QCY T5

  • Tidak tersedia kontrol volume

Harga QCY T5

QCY T5 merupakan salah satu headset TWS dengan kualitas suara terbaik untuk mendengarkan musik dan menawarkan fitur yang terbilang lengkap di kelas entry-level. Harga headset TWS QCY T5 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini dibuat adalah Rp 289.000. Berdasarkan hasil review QCY T5 oleh tim Laptophia di atas, headset TWS ini menawarkan kualitas suara yang terbaik di kelasnya dan layak dipertimbangkan bagi konsumen dengan dana terbatas.

Anda dapat membeli atau cek promo QCY T5 di Sini (Klik)

Spesifikasi QCY T5

  • Merk QCY
  • Model: In1933 (QCY T5)
  • Jenis headset: In-Ear Monitor TWS
  • Tipe driver 6mm dinamis
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 108±3dB
  • Rentang frekuensi: 22 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.0
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Fitur DSP technology dan Gaming mode
  • Waterproofing: IPX4
  • Baterai Earbuds: 40 mAh; Charging case: 380 mAh
  • Berat Earbud: 4.3g; With charging case: 56g
  • Dimensi Earbud: 27 x 17 x 8 mm; Charging case: 9.50 x 5.50 x 2.00 cm

Anda mungkin suka:Review Choetech PD6008 100W dan Mengenal Gallium Nitride (GaN)


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!