IBX582004D475488 Review Choetech PD6008 100W dan Mengenal Gallium Nitride (GaN)
Asus ROG Phone 3

Review Choetech PD6008 100W dan Mengenal Gallium Nitride (GaN)



Review Choetech PD6008 100W dan Mengenal Gallium Nitride (GaN) – Era internet dan gadget seperti sekarang ini menuntut orang untuk memiliki beberapa gadget sekaligus seperti laptop, smartphone, dan tablet. Tentunya cukup merepotkan ketika bepergian harus membawa bermacam-macam charger, serta diperparah dengan ukuran charger laptop yang rata-rata cukup besar. Choetech memberikan solusi dengan menghadirkan charger Choetech PD6008 yang dapat mengisi daya laptop, smartphone, tablet, dan gadhet lainnya dengan ukuran yang sangat ringkas.

Choetech PD6008 ini merupakan USB Type C Charger berukuran sangat ringkas berkat penggunaan material Gallium Nitride (GaN). Tak hanya itu, Choetech PD6008 ini mampu mengisi daya aneka macam gadget, termasuk laptop karena menawarkan daya hingga 100W dengan teknologi Power Delivery. Lalu sehebat apakah charger yang menggunakan teknologi Gallium Nitride (GaN) ini? Simak review Choetech PD6008 100W oleh tim Laptophia kali ini!

Review Choetech PD6008 100W dan Mengenal Gallium Nitride (GaN)

Mengenal Gallium Nitride (GaN)

Choetech PD6008 memang salah satu charger pertama di Indonesia yang mengusung Gallium Nitride atau GaN. Lalu apa sebenarnya Gallium Nitride yang digunakan oleh charger canggih besutan Choetech ini? Gallium Nitride ini adalah meterial atau senyawa kimia yang memiliki sifat semikonduktor. Penelitian dan pengembangan menggunakan material Gallium Nitride ini sudah dilakukan sejak tahun 1990-an.

Keunggulan utama Gallium Nitride (GaN) ini adalah mampu menghantarkan elektron lebih dari 1000 kali lebih efisien ketimbang silikon. Meski demikian, GaN ini kabarnya tidak benar-benar cocok sebagai pengganti langsung untuk transistor silikon yang digunakan dalam prosesor aplikasi berdaya rendah di seluruh gadget saat ini.

Baca juga:Review Choetech Q3-4U2Q, USB Charger Station Berkualitas Dukung QC 3.0 & PD

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari Android Authority dan Epc-co.com, biaya untuk memproduksi perangkat Gallium Nitride secara inheren lebih rendah daripada biaya untuk memproduksi perangkat MOSFET. hal ini disebabkan perangkat Gallium Nitride diproduksi menggunakan prosedur manufaktur silikon standar di pabrik yang sama yang saat ini memproduksi semikonduktor silikon tradisional.

Selain itu, perangkat yang dihasilkan dengan Gallium Nitride ukurannya bisa jauh lebih kecil untuk kinerja fungsional yang sama. Perangkat jauh lebih kecil daripada perangkat silikon dan lebih banyak perangkat GaN dapat diproduksi per wafer membuat perangkat GaN ini lebih murah biaya produksinya perangkat dengan silikon.

Charger Gallium Nitride (GaN)

Charger Gallium Nitride (GaN)

Terlepas dari keunggulan dan kelemahan Gallium Nitride (GaN), teknologi ini mulai digunakan di bidang gadget untuk antenna 5G, pengisi daya atau charger, dan aksesoris lainnya. Keuntungan yang diambil dari teknologi Gallium Nitride ini adalah efisiensi daya yang lebih baik dan panas yang lebih minim. Choetech PD6008 menjadi salah satu vendor yang menghadirkan charger berteknologi Gallium Nitride melalui charger seri PD6008.

Charger dengan Gallium Nitride atau GaN ini memungkinkan dimensi yang lebih ringkas dan menghasilkan panas lebih minim. Berdarkan informasi yang Laptophia himpun, transfer daya dari pengisi daya ke perangkat lebih efisien menggunakan bahan gallium nitride ini. Daya besar yang dihasilkan dapat charger dengan GaN ini sesuai dengan tren fast charge di smartphone yang mulai menyentuh angka 30W – 60W.

Tak hanya untuk smartphone, charger dengan Galium Nitride (GaN) ini juga dapat digunakan untuk laptop dengan teknologi Power Delivery dengan ukuran yang jauh lebih ringkas. Selama ini sebagian charger laptop berukuran besar seperti kotak batu bata yang cukup merepotkan. Bandingkan dengan charger Galium Nitride (GaN) seperti Choetech PD6008 yang memiliki daya 100W yang mampu mengisi daya laptop masa kini dengan ukuran yang sangat ringkas.

Paket Pembelian Choetech PD6008

Paket Pembelian Choetech PD6008
  • Unit Choetech PD6008 USB Type C Charger
  • User manual
  • Kartu garansi

Baca juga:Review Realme Narzo, Layar Smooth dengan Performa Yahud

Desain Choetech PD6008

Desain Choetech PD6008

Desain Choetech PD6008

Desain Choetech PD6008

USB Type C Charger Choetech PD6008 ini hadir dengan kemasan dus berukuran cukup ringkas. Tidak ada yang istimewa dari sisi desain pada review Choetech PD6008 kali ini. Sama seperti USB charger station lainnya, Choetech PD6008 ini hadir dengan konsep desain kotak berwarna putih. Casing Choetech PD6008 ini terbuat dari bahan plastik yang menggunakan finishing doff yang tidak licin saat digenggam.

Salah satu keunggulan Choetech PD6008 ini adalah ukurannya yang sangat ringkas yakni 6,6 x 6,8 cm saja dengan bobot yang cukup ringan untuk sebuah charger dengan daya total mencapai 100W. Hal ini tak lepas dari penggunaan meterial Gallium Nitride atau GaN yang mampu mengurangi ukuran perangkat charger secara signifikan.

Desain Choetech PD6008

Desain Choetech PD6008

Bagian sudut casing USB station charger Choetech PD6008 ini agak membulat atau rounded yang nyaman saat digenggam. Meski dibalut dengan casing berbahan plastik, USB Type C Charger Choetech PD6008 ini terasa cukup solid karena bahan plastiknya terasa cukup tebal dan kuat.

Pasda review Choetech PD6008 oleh tim Laptophia kali ini terdapat colokan EU plug pada bagian bawah. Sementara pada bagian atasnya terdapat dua buah port USB Type-C dan sebuah LED indikator berbentuk bulat. Sedangkan sisi belakang Choetech PD6008 terdapat informasi teknis mengenai charger tersebut.

Video Unboxing Choetech PD6008

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Review Choetech PD6008

Impresi awal Laptophia ketika melakukan unboxing dan menggenggam USB Type-C Charger Choetech PD6008  berteknologi Gallium Nitride (GaN) ini adalah ringkas. Balutan casing berbahan plastik tidak serta merta membuat Choetech PD6008 terkesan murahan. Berkat finishing doff atau mate dipadukan material yang tebal dan kuat membuat Choetech PD6008 terasa cukup mantap dan sama sekali tidak terkesan murahan.

Berdasarkan informasi dari boks dan situs resminya, USB Type-C charger berteknologi Gallium Nitride (GaN) Choetech PD6008 ini telah dilengkapi dengan fitur keamanan Charging Protection yang lengkap yang terdiri dari over-current, overcharging, overvoltage, short circuit, dan overheating protection.

Review Choetech PD6008

Lalu bagaimana jika kita menggunakan smartphone yang rata-rata hanya menggunakan daya 18W? Charger Choetech PD6008 ini cukup pintar dengan teknologi Intelligent Shunt yang mendeteki beban atau daya yang diperlukan, sehingga charger akan secara otomatis menyesuaikan 100W, 87W, 45W, 30W, 18W atau 15W sesuai dengan kebutuhan gadget kita. Sehingga kita tidak perlu khawatir mengisi daya menggunakan USB Type-C Charger besutan Choetech ini.

Pada review Choetech PD6008 kali ini, pengujian pertama digunakan untuk mengisi daya smartphone Xiaomi Mi Note 10 Pro yang telah mendukung fast charge hingga 30W. Berdasarkan hasil pengujian, fitur fast charge charger Choetech PD6008 ini berfungsi hingga 18W saja dan dapat mengisi daya Xiaomi Mi Note 10 Pro dari 12% ke 100% dalam waktu kurang lebih 1 jam 50 menit. Saat digunakan untuk mengisi daya ponsel yang tidak memiliki fitur fast charge seperti Oukitel WP5, performanya masih terbilang cepat.

Baca juga:Xiaomi Redmi Note 9 Review: Performa Memuaskan, Baterai Bisa Diandalkan

Untuk menguji charger Gallium Nitride (GaN) Choetech PD6008 kali ini, tim Laptophia juga melakukan pengujian dengan mengisi dua gadget sekaligus, yakni Xiaomi Mi Note 10 Pro dan Xiaomi Redmi Note 9 Pro secara bersamaan. Proses pengisian berlangsung cepat dan stabil dengan daya 18W. Charger Choetech PD6008 tetap dingin saat bekerja.

Dua ponsel di atas sebenarnya mendukung fast charge hingga 30W, tetapi tampaknya protokol yang digunakan berbeda dengan charger Choetech PD6008 yang menggunakan USB Power Delivery. Selain itu, Laptophia tidak memiliki laptop atau smartphone yang mendukung USB Power Delivery berdaya besar untuk melakukan pengujian charger Gallium Nitride Choetech PD6008 untuk memaksimalkan dayanya hingga 100W.

Secara umum, USB Type C Charger Choetech PD6008 ini menawarkan dimensi yang sangat ringkas dan tetap dingin saat bekerja berkat teknologi Gallium Nitride (GaN). Choetech PD6008 aman dan kompatibel dengan banyak teknologi fast charge smartphone, laptop dan tablet. Jelas, Choetech Choetech PD6008 merupakan salah satu charger USB Type-C yang sangat layak beli.

Kelebihan Choetech PD6008

  • Daya besar hingga 100W
  • Menggunakan teknologi Gallium Nitride (GaN)
  • Dimensi ringkas
  • Kompatibel dengan banyak perangkat

Kekurangan Choetech PD6008

  • -

Harga Choetech PD6008

Choetech PD6008 merupakan sebuah USB Type C Charger berkualitas tinggi yang telah menggunakan Gallium Nitride (GaN) dengan daya hingga 100W. Harga USB charger station Choetech PD6008 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari Lazada Indonesia saat artikel ini dibuat adalah adalah Rp 599.000. Berdasarkan hasil review Choetech PD6008, cahrger ini sangat sepadan dengan fitur dan kemampuan yang diusungnya.

Anda dapat membeli atau cek promo Choetech PD6008 100W Gallium Nitride (GaN) di Sini (Klik)

Spesifikasi Choetech PD6008

  • Model PD6008
  • Tipe USB Type C Charger
  • Input AC 100-240V 50/60Hz 2,5A (Max)
  • Output 1/2 DC 5V/3A, 9V/3A, 12V/3A, 15V/3A, 20V/5A (each max)
  • Output 1 + 2 DC 5V/3A, 9V/3A, 12V/3A, 15V/3A, 20V/2.25A (each max)
  • Total power 100W berteknologi Gallium Nitride (GaN)
  • Interface 2x port USB Type-C
  • Support Qualcomm Quick Charge 3.0 18W (juga mendukung Quick Charge 2.0 dan Quick Charge 1.0) dan USB Power Delivery maksimal 100W
  • Proteksi builtin safeguards excessive current, over-current, overcharging, overvoltage, short circuit, overheating, dan kebakaran
  • Dimensi 6,6 x 6,8 x 1,3 cm berat 381 gram
  • Plug type: EU plug
  • Garansi 18 bulan

Kompatibilitas

  • 2019 MacBook Pro 16”
  • 2018/2019 MacBook Pro 15”
  • 2018/2019 MacBook Pro 13”/Samsung Notebook 9 Pro
  • Google PixelBook/Dell XPS 13/HP EliteBook Folio G1
  • Macbook Air 2018/2019/MacBook 2015/2016
  • iPad Pro 2018 11”&12.9”/iPad Air 3/ iPad Mini 5/Google Pixel C
  • iPhone 11/11 Pro/11 Pro Max/8/8 +/ X/ XS/XR/ XS Max
  • SamsungGalaxy S10/S10+/S9/S9+/Note 9/10
  • Google Pixel 4/4XL/3/3XL
  • Nintendo Switch/Switch Lite
  • CHOETECH B626/B627 Power Bank

Anda mungkin suka:Review Senfer DT6 Pro, IEM Quad Driver Bersuara Detail dan Bertenaga


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!