eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus Zenbook 14 UX425, Ultrabook Super Ringkas dengan Desain Mewah

Review Asus Zenbook 14 UX425, Ultrabook Super Ringkas dengan Desain Mewah – Hari ini (15/09/2020) Asus Indonesia meluncurkan sebuah ultrabook terbaru yang super ringkas berdesain mewah ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-10 yang menggunakan nama sandi Ice Lake yang efisien melalui seri Zenbook 14 UX425. Ultrabook mewah ini dijejali inovasi canggih Asus seperti tombol numerik virtual NumberPad, layar 4 sided nano-edge, engsel ErgoLift yang membuat laptop lebih ergonomis dan punya performa pendinginan lebih baik.

Soal performa, Asus Zenbook 14 UX425 ini terbilang powerful dan sangat kompeten untuk menangani komputasi masa kini saat ini berkat sokongan prosesor Intel Core generasi Ice Lake yang menggunakan arsitektur Sunny Cove yang ditandemkan dengan teknologi fabrikasi 10nm. Tak hanya itu, Zenbook 14 UX425 didukung daya tahan baterai yang mumpuni di kelasnya dengan fitur fast charge. Ultrabook ini tersedia dalam dua varian warna, yakni Pine Grey dan Lilac Mist yang dapat dipilih sesuai selera.

Review Asus Zenbook 14 UX425, Ultrabook Super Ringkas dengan Desain Mewah

Paket Pembelian Asus Zenbook 14 UX425

  • Unit Asus Zenbook 14 UX425
  • Charger
  • Adapter USB-C to audio jack
  • Sleeve
  • User Guide
  • Kartu garansi

Baca juga:Review Asus VivoBook S14 S433, Laptop Pertama yang Dirancang untuk Gen-Z

Desain Asus Zenbook 14 UX425

Desain Asus Zenbook 14 UX425

Desain Asus Zenbook 14 UX425

Desain Asus Zenbook 14 UX425

Tujuh tahun lalu mungkin pembaca Laptophia masih ingat akan seri ZenBook Classic yang hadir sebagai laptop serba bisa untuk semua kalangan, mulai dari profesional hingga pelajar. ZenBook Classic memiliki desain yang simpel namun tetap elegan, dengan aksen warna yang tidak mencolok namun tetap bisa menjadi pusat perhatian.

Dan tujuh tahun kemudian, ZenBook Classic tentu mengalami banyak perubahan. Selain kini tampil dengan spesifikasi dan performa yang lebih baik, ZenBook Classic terbaru yaitu ZenBook 14 UX425 hadir dengan desain lebih ringkas dan kokoh, serta memiliki serangkaian fitur yang tidak dimiliki oleh laptop sekelasnya. Desain memang menjadi keunggulan utama pada review Asus Zenbook 14 UX425 oleh tim Laptophia kali ini.

Laptop premium super ringkas Asus Zenbook 14 UX425 menggunakan balutan casing aluminium alloy yang kuat dan ditandemkan dengan diamond cut finish. Salah satu ciri khas ZenBook kembali hadir di ZenBook 14 UX425, yaitu desain "Zen" yang melingkar pada bagian belakang layarnya yang menimbulkan kesan mewah.

Selain itu, Asus juga membekali laptop Zenbook 14 UX425 dengan 4-sided NanoEdge pada layar dan keyboard berdesain edge-to-edge. hal ini membuat ultrabook terbaru Asus ini lebih ringkas dengan dimensi yang tipis dengan ketebalan hanya 1,39cm dan bobotnya pun ringan di kelasnya, yakni 1,17kg saja. Hal ini tentu sangat mendukung mobilitas pengguna.

Desain Asus Zenbook 14 UX425

Desain Asus Zenbook 14 UX425

Baca juga:Review Asus Vivobook S14 M433, Laptop Kawula Muda Super Kencang Bertenaga AMD Ryzen Renoir

Pada review Asus Zenbook 14 UX425 kali ini, sisi depan laptop super ringkas ini tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan pada sisi belakang terdapat buah lubang exhaust untuk membuang panas. Sedangkan pada sisi kanan laptop berdesain mewah Asus Zenbook 14 UX425 terdapat sebuah port USB, sebuah buah LED indikator, dan card reader jenis microSD card.

Pada sisi kiri laptop bertenaga Intel Core generasi ke-10 Ice Lake andalan Asus ini terdapat port input untuk port USB Type-C, port HDMI, dan LED indikator. Dua buah speaker Harman Kardon di laptop Asus Zenbook 14 UX425 berada di sisi bawah pada sisi kanan dan kiri. Build quality Asus Zenbook 14 UX425 sangat solid, mewah, dan terasa kokoh.

Performa Asus Zenbook 14 UX425

Performa Asus Zenbook 14 UX425


Performa menjadi salah satu daya tarik review Asus Zenbook 14 UX425 oleh tim Laptophia kali ini dengan dukungan prosesor Intel Core generasi ke-10 dari keluarga Ice Lake. Intel Ice Lake menggunakan teknologi fabrikasi yang lebih kecil dan mutakhir, yakni 10nm generasi kedua. Intel sebenarnya memiliki prosesor dengan teknologi 10nm generasi pertama, yakni Cannon Lake. Namun, produksi Cannon Lake ini sangat terbatas dan akhirnya digantikan oleh Ice Lake. Teknologi fabrikasi yang lebih kecil dan matang membuat prosesor Intel Ice Lake ini lebih efisien dalam hal konsumsi daya jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Tak hanya itu, Intel Ice Lake yang digunakan pada Asus Zenbook 14 UX425 sangat berbeda dengan Comet Lake karena menawarkan arsitektur yang benar-benar baru, yakni Sunny Cove. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, arsitektur Sunny Cove dikembangkan oleh tim desain prosesor Intel yang berbasis di Haifa, Israel. Pengembangan arsitektur baru ini fokus pada performa single-thread, penambahan instruksi baru, dan peningkatan sisi skalabilitas.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Asus Zenbook 14 UX425 tersedia dalam dua varian dengan varian tertinggi ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-1065G7 quad-core generasi Ice Lake atau Intel Core generasi ke-10 yang berlari dengan kecepatan standar 1,3GHz dan TurboBoost hingga 3,9GHz. Laptop ringkas Asus Zenbook 14 ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 16GB LPDDR4x-3200Mhz onboard. Kapasitas memori yang lebih lega serta lebih kencang dari LPDDR4X membuat ZenBook 14 UX425 semakin gesit. Berbagai aplikasi pun dapat dijalankan dengan sangat lancar, bahkan sangat optimal untuk multitasking.

Adapun varian Asus Zenbook 14 UX425 yang lebih murah dengan ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-1035G1 quad-core (8 thread) generasi Ice Lake atau Intel Core generasi ke-10 yang berlari dengan kecepatan standar 1GHz dan TurboBoost hingga 3,6GHz dan diperkuat oleh memori RAM sebesar 8GB LPDDR4x-3200Mhz onboard.

Baca juga:Review Asus M409BA, Laptop Murah Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

Sisi grafis, laptop super ringkas Asus Zenbook 14 UX425 cukup andal di kelasnya berkat dukungan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi powerful dari Intel Iris Plus Graphics G7 iGPU untuk varian Core i7 tanpa dukungan grafis diskrit. GPU (Graphics Processing Unit) Intel Iris Plus Graphics G7 yang mengusung 64 execution unit (EUs) dengan kecepatan 300 – 1100MHz. Performa grafis Iris Plus Graphics G7 bahkan mampu mengalahkan AMD RX Vega 10 iGPU dan hampir setara dengan GeForce MX150.

Sedangkan untuk Asus Zenbook 14 UX425 varian dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 menggunakan GPU Intel UHD Graphics G1 yang mengusung 32 execution unit (EUs) dengan kecepatan 300 – 1100MHz. Performa grafis UHD Graphics G1 lebih kencang dari generasi sebelumnya, yakni Intel UHD Graphics 620.

Kinerja kencang pada review Asus Zenbook 14 UX425 ini bisa diandalkan untuk komputasi masa kini menurut Laptophia. Hal ini terlihat dari skor Cinebench R20 cukup tinggi di kelasnya dengan skor mencapai 1535 pts untuk CPU dan 448 pts untuk CPU Single-Core. Berikut ini hasil benchmark Asus Zenbook 14 UX425 oleh tim Laptophia.

Benchmark Asus Zenbook 14 UX425







Review Asus Zenbook 14 UX425



Layar

Asus membekali ultrabook mewah Zenbook 14 UX425 dengan layar berteknologi 4-sided NanoEdge Display berukuran 14 inci jenis IPS (In-Plane Switching) LCD dengan LED (Light Emiting Diode) backlight resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel yang diklaim memiliki spektrum warna 100% sRGB color gamut yang sangat akurat dan cemerlang di kelasnya. Kualitas layarnya terbilang sangat baik menurut Laptophia dengan saturasi warna yang mantap dan didukung brightness mencapai 300 nits yang memadai.

Tak hanya itu, layar ultrabook Zenbook 14 UX425 ini juga didukung fitur Asus Splendid dan Asus True2Live yang mampu mengoptimalkan warna dan ketajaman layar sesuai kebutuhan pengguna. Ukuran layar 14 inci ini menggunakan teknologi bezel tipis atau 4-sided NanoEdge dengan rasio screen to body mencapai 90% dan membuat dimensinya ringkas. Laptophia menilai kualitas layar ultrabook mewah andalan Asus ini mumpuni di kelasnya dan mampu menampilkan saturasi warna yang akurat, serta terlihat lebih hidup.

Baca juga:Review Asus VivoBook M409DA: Laptop Ryzen Serba Bisa dengan Harga Terjangkau

Engsel Ergolift


Keunggulan lain pada review Asus Zenbook 14 UX425 telah dilengkapi dengan fitur ErgoLift Design. Berdasarkan pengamatan Laptophia, engsel ErgoLift ini memang sudah menjadi ciri khas lini laptop Asus dari kelas menengah hingga premium. Fitur ini membuat bodi utamanya terangkat dan menghadirkan rongga udara ekstra. Rongga udara udara tersebut dapat membantu menghadirkan aliran udara yang lebih lancar.

Tidak hanya membuat aliran udara untuk system pendingin menjadi lebih baik, ErgoLift Design juga membuat Pengalaman mengetik di laptop Asus Zenbook 14 UX425 menjadi lebih baik. Hal tersebut dikarenakan ErgoLift Design juga membuat posisi keyboard menjadi sedikit miring dan lebih nyaman untuk mengetik.

Audio

Sektor audio juga menjadi salah satu keunggulan atau daya tarik pada ulasan Asus Zenbook 14 UX425 oleh tim Laptophia kali ini dengan speaker stereo dengan Harman Kardon certified yang didukung teknologi smart amplifier dan Asus SonicMaster untuk meningkatkan pengalaman multimedia pengguna. Kualitas suara yang dihasilkan speaker laptop ini mumpuni dengan menawarkan tingkat detail yang cukup tinggi dan mampu menyajikan suara dari semua frekuensi, mulai dari low, mid, hingga high dengan kualitas tinggi.

Keyboard dan NumberPad 2.0


Salah satu fitur paling menarik pada review Asus ZenBook 14 UX425 ini menurut Laptophia adalah edge-to-edge keyboard. Fitur ini membuat keyboard di ZenBook 14 UX425 dihadirkan hingga ke dua sisi bodinya. Artinya, ZenBook 14 UX425 memiliki format keyboard lebih luas dan tombol yang lebih besar. Berkat fitur ini, mengetik menjadi lebih nyaman di ZenBook 14 UX425.

Berkat bentuk tuts keyboard-nya yang lebih luas Asus ZenBook 14 UX425 kini dapat tampil dengan tombol keyboard lebih banyak. Tombol seperti Home, Page Up, Page Down, dan End dapat disematkan di sisi kanan keyboard ZenBook 14 UX425. Bagi yang terbiasa menggunakan shortcut di keyboard, keberadaan tombol tersebut tentunya akan membuat ZenBook 14 UX425 semakin istimewa karena tombol tersebut sangat jarang ditemukan di sebuah ultrabook 14 inci.

Guna menambah kenyamanan mengetik dalam waktu lama, Asus ZenBook 14 (UX425) setiap tombol pada keyboard di ZenBook 14 UX425 memiliki travel distance hingga 1,4mm. Angka tersebut cukup besar dibandingkan dengan ultrabook pada umumnya, sehingga pengguna ZenBook 14 (UX425) dapat merasakan sensasi mengetik layaknya menggunakan keyboard desktop. Selain itu, keyboard ZenBook 14 UX425 juga memiliki jarak yang sangat ideal untuk diakses oleh jari manusia. Hasilnya adalah mengetik tidak hanya nyaman, tetapi juga menjadi cepat dan akurat.

Baca juga:Review Asus Zenbook 14 UX434FLC, Ultrabook Ringkas dengan ScreenPad 2.0

Bagi pengguna yang cukup intensif menggunakan numpad, laptop super ringkas Asus ZenBook 14 UX425 dilengkapi fitur NumberPad 2.0. Fitur yang sebelumnya juga sudah pernah diperkenalkan di berbagai lini laptop ASUS kali ini mendukung penggunaan multifungsi yaitu menjadi touchpad dan numpad untuk dapat digunakan bersamaan. Sebelumnya pengguna harus memilih antara mode numpad atau touchpad untuk NumberPad, namun kini pengguna bisa melakuakn semuanya bersamaan.

Konektivitas Lengkap

Sisi konektivitas, sebuah ultrabook biasanya hadir dengan konektivitas terbatas, khususnya pada jumlah dan jenis port. Hal tersebut dikarenakan bodi ultrabook yang tipis membuat produsen laptop biasanya memilih untuk tidak menyematkan port yang berukuran besar seperti USB Type-A dan HDMI. Namun di ZenBook 14 (UX425), ASUS masih dapat menyematkan port USB Type-A dan HDMI ke dalam bodi laptop ini. Jadi, Zenbook 14 UX425 besutan Asus ini cukup lengkap menurut Laptophia Blog dengan mengandalkan WiFi 6 802.11ax (2x2), Bluetooth 5.0, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 2 Type-C (support Thunderbolt 3 dan DisplayPort 1.4), Port HDMI, dan MicroSD card reader.

Sebagai laptop meah kelas premium, Asus ZenBook 14 UX425 dilengkapi dengan port USB Type-C. Dua buah port tersebut hadir di laptop ini dan telah mendukung teknologi USB Power Delivery. Artinya, laptop ini dapat diisi dayanya melalui port USB Type-C. Tidak hanya itu, port USB Type-C di ZenBook 14 UX425 juga merupakan port Thunderbolt 3 yang memungkinkan skenario penggunaan pada ZenBook 14 UX425 menjadi lebih luas. Salah satu skenarionya adalah mengubungkan kartu grafis desktop menggunakan external graphic card enclosure sehingga memungkinkan ZenBook 14 UX425 untuk digunakan sebagai laptop penunjang pekerjaan berat, mulai dari bermain game hingga content creation.

Pada review Asus ZenBook 14 UX425 kali ini, juga dilengkapi dengan konektivitas wireles menggunakan WiFi 6 (802.11ax). WiFi generasi terbaru tersebut memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah. ASUS juga menghadirkan fitur WiFi Master yang memungkinkan ZenBook 14 UX425 mampu menangkap sinyal WiFi lebih baik. Mendukung WiFi 6 terdapat juga Bluetooth 5.0 yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai aksesori mulai dari headphone hingga mouse.

Tangguh dengan Standar Militer

Laptop premium Asus Zenbook 14 UX425 ini tak hanya ringan, tetapi juga tangguh karena memenuhi standar militer MIL-STD-810G. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, laptop harus menjalani uji ekstrem termasuk ketinggian yang ekstrem, suhu, kelembapan, dan sebagainya.

Baterai



Notebook premium Asus Zenbook 14 UX425JA ini juga didukung baterai mumpuni dengan kapasitas 4 Cells 67 Whrs lithium-prismatic battery yang mampu mencukupi kebutuhan daya hingga 22 jam untuk komputasi standar, serta dibekali fitur fast charging yang dapat mengisi daya hingga 60% dalam waktu 49 menit saja melalui port USB Type-C.

Sementara saat diuji menggunakan PCMark 10 pada mode modern office, Asus ZenBook 14 UX425 dapat bertahan hingga 12 jam 44 menit. Perlu diketahui juga bahwa ZenBook 14 UX425 terus terkoneksi ke internet menggunakan WiFi saat pengujian berlangsung.

Selain memiliki kapasitas baterai yang tergolong besar, salah satu alasan mengapa daya tahan baterai ZenBook 14 UX425 sangat panjang adalah teknologi 1W Panel. Berkat panel tersebut, konsumsi daya untuk layar secara keseluruhan dapat dikurangi hingga 63,6% dan dapat menambah daya tahan baterai hingga 37,5%. Berkat teknologi USB Power Delivery, ZenBook 14 UX425 juga dapat diisi ulang dayanya menggunakan power bank.

Storage



Sektor media penyimpanan, Asus Zenbook 14 UX425 ini dibekali media penyimpanan berkecepatan tinggi dan berkapasitas besar, yakni SSD (Solid State Drive) 512GB PCIe 3x2 M.2 NVMe yang menawarkan transfer rate tinggi dengan konsumsi daya yang efisien, sehingga loading sistem terasa sangat gegas dan responsif.

Fitur Keamanan Face Recognition dengan Windows Hello Log-in



Keamanan juga menjadi perhatian pada ulasan Asus Zenbook 14 UX425 kali ini. Ultrabook paling mewah dan ringkas andalan Asus ini didukung fitut face login dengan memanfaatkan teknologi face recognition melalui 3D IR camera yang didukung standar dari Windows Hello Log-in. Dukungan infrared pada kamera Asus Zenbook 14 UX425 memungkinkan pendeteksian wajah meski dalam kondisi remang-remang atau kurang cahaya.

Baca juga:Review Asus Zenbook Edition 30 UX334FL, Ultrabook Termewah Berdesain Super Premium

Kesimpulan

Dukungan desain baru yang mewah dan elegan, performa kencang berkat sokongan dari prosesor Intel Core generasi ke-10 Ice Lake yang powerful, layar full HD IPS level dengan 4-siede NanoEdge, baterai tahan lama dengan fitur fast charge, fitur NumberPad, tangguh berstandar militer, storage SSD kencang, dan dimensi ringkas bobot super ringan menjadi daya tarik utama Asus Zenbook 14 UX425 menurut Laptophia. Jelas, Asus Zenbook 14 UX425 sangat cocok bagi konsumen yang membutuhkan ultrabook powerful berdesain premium, dimensi ringkas, dan bobot sangat ringan.

Kelebihan Asus Zenbook 14 UX425

  • Desain baru yang elegan dan mewah
  • Dimensi super ringkas dan bobot ringan
  • Tangguh dengan standar militer
  • Fitur dan port lengkap
  • Dilengkapi OS Windows 10 Home x64 + Microsoft Office Home and Student 2019 asli pre-installed

Kekurangan Asus Zenbook 14 UX425

  • -

Harga Asus Zenbook 14 UX425

Asus Zenbook 14 UX425 merupakan laptop super ringkas dengan desain baru yang mewah dan kokoh serta berkinerja tinggi berkat prosesor Intel Core generasi ke-10 dengan arsitektur Sunny Cove dengan nama sandi Ice Lake. Harga laptop Asus Zenbook 14 UX425JA BM701T terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 17.299.000 untuk varian bertenaga Intel Core i7-1065G7. Adapun Asus Zenbook 14 UX425 varian dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 yang dijual dengan harga yang lebih murah, yakni 14.299.000.

Anda dapat membeli atau cek promo Asus Zenbook 14 UX425 di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus Zenbook 14 UX425

  • Layar IPS level LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel, 100% sRGB color gamut, 300 nits, Asus Splendid, Asus Eye Care, 4-sided NanoEdge Display, 178° wide-view
  • Prosesor Intel Core i7-1065G7 quad-core 1,3GHz TurboBoost 3,9GHz
  • Prosesor Intel Core i5-1035G1 quad-core (8 thread) 1GHz TurboBoost 3,6GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel Iris Plus Graphics G7 (varian Core i7)
  • Grafis Intel UHD Graphics G1 (varian Core i5)
  • Memori RAM 8GB (Core i5) atau 16GB (Core i7) LPDDR4x-3200MHz, onboard
  • Storage SSD 512GB PCIe 3x2 M.2 NVMe
  • Konektifitas WiFi 6 802.11 ax (2x2), Bluetooth 5.0, Port USB 3.1 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 2 Type-C (support Thunderbolt 3 dan DisplayPort 1.4), Port HDMI, MicroSD card reader
  • Dual Speaker stereo Harman Kardon certified, ICEpower, SonicMaster Audio
  • Edge-to-edge keyboard design dengan backlight dan touchpad dengan fitur NumberPad
  • Kamera webcam 3D IR HD camera, face login
  • Baterai 4 Cell 67WHr lithium-polymer Battery, fast charging 60% dalam 49 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64 Asli + Microsoft Office Home and Student 2019
  • Dimensi 31.9 (W) x 20.8 (D) x 1.39 (H) cm berat 1,17 kilogram
  • Sertifikat MIL-STD-810G, UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, CCC, EU Flower, Energy star, WEEE
  • Warna Pine Grey dan Lilac Mist

Anda mungkin suka:Review Asus ProArt StudioBook Pro X W730, Laptop Workstation 17 Inci Paling Kencang!

Posting Komentar

Posting Komentar