IBX582004D475488 Review Fiil T1 XS, Headset TWS Terbaik dengan Kualitas Suara Fantastis di Kelasnya
Asus Store Flash Sale

Review Fiil T1 XS, Headset TWS Terbaik dengan Kualitas Suara Fantastis di Kelasnya



Artikel terkait : Review Fiil T1 XS, Headset TWS Terbaik dengan Kualitas Suara Fantastis di Kelasnya

Review Fiil T1 XS, Headset TWS Terbaik dengan Kualitas Suara Fantastis di Kelasnya – Fiil T1 XS adalah sebuah headset TWS (True Wireless Stereo) yang sukses membuat team Laptophia penasaran. Terlebih setelah membaca review dari situs Scarbir yang menyebut Fiil T1 XS merupakan headset TWS terbaik dengan harga di bawah $100. Headset TWS Fiil T1 XS ini tidak atau belum masuk secara resmi di Indonesia, sehingga agak sulit menemukan seller di e-commerce yang menjualnya.

Pencarian tim Laptophia berakhir setelah menemukan seller luar negeri yang menjual Fiil T1 XS melalui e-commerce Lazada. Fiil sendiri adalah brand audio asal China yang terkenal dengan jajaran produknya yang berkualitas tinggi. Kurang lebih tiga minggu yang lalu headset TWS Fiil T1 XS ini telah mendarat di Laptophia dan setelah mencobanya, tampaknya apa yang dikatakan situs review luar mengenai headset ini memang benar adanya, penasaran? Simak review Fiil T1 XS oleh tim Laptophia kali ini!

Review Fiil T1 XS, Headset TWS Terbaik dengan Kualitas Suara Fantastis di Kelasnya


Paket Pembelian Fiil T1 XS

Paket Pembelian Fiil T1 XS
  • Unit TWS Fiil T1 XS Piano Black
  • 4 pasang rartips (XS, S, M, L)
  • 3 pasang ear wings
  • Kabel USB Type-C
  • Manual dan kartu garansi

Baca juga:Review Tronsmart Spunky Beat: TWS AptX Bersuara Mantap, Harga Masuk Akal

Desain & Kontrol Fiil T1 XS

Desain & Kontrol Fiil T1 XS


Penampilan atau desian earbud pada review Fiil T1 XS ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan kebanyakan TWS yang beredar di pasar. Headset ini tampil dengan housing rounded berbahan plastik dengan finishing glossy yang menawan. Sementara bagian pinggiran earbud besutan Fiil ini terpasang ear wings yang terbuat dari bahan karet yang menjaga agar earbud tetap terpasang erat di telinga.

Lubang nozzle pada earbud Fiil T1 XS ini berbentuk asimetris atau agak miring sekian derajat untuk mendukung fitting dan kenyamanan penggunaan dalam waktu lama. Tak jauh dari nozzle, terdapat lubang kecil yang berfungsi sebagai sensor untuk mendeteksi apakah earbud Fiil T1 XS terpasang di telinga atu tidak.

Sebelum kehadiran seri Fiil T1 XS, pabrikan asal Tiongkok ini lebih dulu merilis Fiil T1 dan T1X. Perbedaan yang mencolok antara Fiil T1 XS dengan dua pendahulunya adalah ukuran charging case-nya yang sangat ringkas, sehingga dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam  saku. Charging case Fiil T1 XS ini berbentuk persegi panjang yang rounded dengan lekukan yang begitu elegan dan terkesan mewah.

Baca juga:Review Shure Aonic 215: TWS Mewah dengan Suara Berkualitas

Charging case ini terbuat dari bahan polikarbonat serta dibalut warna Piano Black dengan finishing glossy. Finishing glossy ini membuat permukaan bodi charging case Fiil T1 XS mudah kusam karena jejak sidik jari. Engsel charging case Fiil T1 XS ini tidak terkesan ringkih dan build quality-nya secara umumcukup solid. Tak hanya Piano Black, Fiil T1 XS juga tersedia warna putih yang juga menggunakan finishing glossy.

Desain & Kontrol Fiil T1 XS

Desain & Kontrol Fiil T1 XS

Desain & Kontrol Fiil T1 XS

Desain & Kontrol Fiil T1 XS


Pada review Fiil T1 XS TWS kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan Fiil yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh dua kali pada earbud kiri atau kanan untuk play/pause
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan untuk mengangkat atau menutup telepon
  • Sentuh dan tahan dua detik pada earbud kiri untuk Switch And Listen
  • Sentuh dan tahan dua detik pada earbud kanan untuk menolak panggilan
  • Sentuh sekali pada earbud kanan untuk next track
  • Sentuh tiga kali pada earbud kanan untuk previous track
  • Sentuh sekali pada earbud kiri untuk volume plus
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri untuk volume minus

Secara default, pengguna hanya dapat mengakses empat kontrol sentuh di atas. Namun, bagi pengguna yang ingin memanfaatkan semua kontrol sentuh yang dimiliki TWS Fiil T1 XS, maka harus menginstal aplikasi Fiil+ terlebih dahulu dan mengaktifkan mode full control. Selama dua minggu lebih proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset TWS Fiil T1 XS ini terbilang konsisten dan sensitif. Hal ini tentu menjadi nilai tambah yang dapat meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengguna.

Salah satu keunggulan pada review Fiil T1 XS ini adalah hadirnya sensor pendeteksi pemakaian atau wear detect. Musik akan otomatis berhenti ketika salah satu atau kedua earbud dilepas dari telinga. Musik akan kembali dimainkan setelah pengguna memasang kembali earbud Fiil T1 XS ke telinganya.

Video Unboxing Fiil T1 XS

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Review Fiil T1 XS

Review Fiil T1 XS


Hampir tiga minggu tim Laptophia menjajal dan menguji pakai secara intensif headset TWS Fiil T1 XS ini. Masalah kualitas suara, mungkin agak subyektif karena melibatkan soal selera dan bisa juga obyektif. Namun, impresi awal memang cukup mengejutkan karena kualitas suara yang dihasilkan terbilang sangat superior. Tak berlebihan jika Laptophia menilai Fiil T1 XS merupakan salah satu headset TWS dengan kualitas suara terbaik di kelasnya.

Aplikasi Fiil+



Salah satu keunggulan pada review Fiil T1 XS kali ini adalah hadirnya aplikasi Fiil+ untuk meningkatkan fitur dan fungsionalitasnya secara umum. Apakah wajib penginstal aplikasi Fiil+ ini untuk menggunakan Fiil T1 XS? Sebenarnya pengguna smartphone Android tidak wajib menginstall aplikasi Fiil+. Akan tetapi tim Laptophia sangat menyarankan untuk menginstal aplikasi Fiil+ ini karena ada beberapa fitur dan kelebihan Fiil T1 XS yang hanya dapat diaktifkan atau diakses melalui aplikasi tersebut, apa saja?

  • Menampilkan indikator baterai masing-masing earbud dan charging case
  • Mengatur equalizer (custom dan preset)
  • Update firmware
  • Mengaktifkan/menonaktifkan fitur wear detect
  • Mengubah voice prompt dari bahasa China ke Inggris
  • Mengaktifkan fitur DSP audio enhance untuk meningkatkan kualitas suara
  • Mengaktifkan fitur full control mode
  • Mengaktifkan fitur Low Latency mode
  • Mengatur sensitivitas kontrol sentuh pada earbud (low, mid, dan high)

Baca juga:Review QCY T2C, Headset True Wireless Stereo (TWS) Murah Berkualitas

Banyak fitur yang dapat diaktifkan di headset TWS Fiil T1 XS melalui aplikasi Fiil+ ini, sehingga penggunaan dan fungsionalitasnya dapat lebih maksimal. Beberapa kekurangan pada review Fiil T1 XS seperti voicr prompt berbahasa China dapat dieliminasi dengan pengaturan di aplikasi Fiil+ ini.

Kualitas Suara

Spesifikasi di atas kertas, headset Fiil T1 XS ini sebenarnya tidak istimewa dan cenderung tak jauh berbeda dengan kebanyakan headset TWS lain yang mengandalkan sebuah driver dinamis berukuran 6,1mm. Tampaknya Fiil telah melakukan tuning dan optimasi yang cukup mendalam, sehingga kualitas suara yang dihasilkan Fiil T1 XS ini menjadi istimewa di kelasnya dengan sound signature balance dan kaya detail.

Pada review Fiil T1 XS kali ini, tim Laptophia langsung menjajalnya untuk memutar lagu-lagu beraliran thrash metal, symphonic metal, metalcore, dan beberapa terselip track hip-hop dan rock. Suara bass yang dihasilkan oleh Fiil T1 XS ini sangat memuaskan dengan kuantitas yang melimpah, kedalaman yang fantastis, dan sangat responsif. memainkan lagu EDM dan hip-hop atau lagu metal dengan dobel pedal drum yang cepat, dapat disajikan dengan sangat baik oleh Fiil T1 XS ini tanpa meluber dan mengguanggu frekuensi lain.

Tak hanya menawan di frekuensi rendah atau bass, Fiil T1 XS ini juga bersinar di frekuensi menengah atau mid. Suara instrumen seperti distorsi gitar, melodi, hingga vokal dapat disajikan dengan detail yang memuaskan. Saat memainkan lagu Shattering The Skies Above milik Trivium atau Fight Fire With Fire milik Metallica, suara distorsi gitar terdengar garang dan detail tekstur yang mantap. Suara denting piano pada intro lagiu Innocence milik Tarja Turunen pun terasa lebih nyata dan menyenangkan.

Suara vokal yang dihasilkan pada review Fiil T1 XS juga terbilang fantastis, baik vokal pria atau wanita. Saat memainkan lagu Supremacy yang dinyanyikan oleh Tarja Turunen, lengkingan nada tinggi saat reff terdengar begitu epik. Begitu juga saat memainkan lagu Our Decades In The Sun milik Nightwish, suara vokal Jansen Floor terdengar begitu intim dan nyata dengan artikulasi yang jelas. Bahkan terdengar detail desisan nafas dari sang vokalis. Suara vokal pria pun tak kalah fantastis disajikan oleh Fiil T1 XS.

Fiil T1 XS mampu menghasilkan treble atau frekuensi tinggi dengan tingkat detail yang mengagumkan untuk harga yang ditawarkan. Treble disajikan dengan lugas, keras, dan detail dengan kontrol yang cukup baik, sehingga terdengar nyaman ditelinga dan tidak terasa tajam atau menusuk. Saat memainkan lagu Sever The Hand milik Trivium, suara gebukan simbal, crash simbal atau hi hats bisa dibedakan karena detail yang kaya.

Baca juga:Review Haylou T19 TWS: Suara Jernih dan Detail, Fitur Lengkap

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh review Fiil T1 XS kali ini adalah sound stage yang megah, sehingga dapat menyajikan musik symphonic metal atau genre lain yang menampilkan banyak instrumen musik secara bersamaan dengan baik. Hal ini didukung dengan separasi antar instrumen yang mantap, sehingga tidak terdengar menumpuk di tengah. Imaging atau efek stereo perpindahan suara musik dari channel kanan ke kiri atau sebaliknya juga dapat disajikan dengan baik oleh Fiil T1 XS ini. Secara umum, Fiil T1 XS adalah headset TWS dengan kualitas suara terbaik di kelasnya dan juga yang pernah tim Laptophia ulas sejauh ini.

Kualitas Telepon & Delay

Kualitas headset TWS Fiil T1 XS saat digunakan untuk telepon secara umum sudah cukup bagus, terutama di indoor atau outdoor yang tidak terlalu ramai. Suara terdengar jelas dan lantang, sehingga kita tidak perlu meninggikan volume suara agar dapat didengar lawan bicara. Sayangnya saat kondisi sekitar ramai, performa Fiil T1 XS kurang baik karena suara latar atau background akan terdengar dan kadang mengganggu lawan bicara untuk mendengarkan suara kita dengan jelas.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Fiil T1 XS


Kompatibilitas headset True Wireless Stereo Fiil T1 XS terbilang baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Xiaomi Mi Note 10 Pro, Poco F2 Pro, dan Asus ROG Phone II. Selama lebih dari dua minggu lebih proses uji pakai, koneksi relatif stabil dan tidak pernah terjadi disconnect atau masalah sinkronisasi earbud kanan dan kirinya.

Saat digunakan untuk menonton video, film atau streaming YouTube, performa headset TWS Fiil T1 XS ini cukup baik dan relatif tidak ada delay yang mengganggu. Namun saat bermain game, delay cukup terasa pada game tertentu atau saat skenario cepat. Guna meminimalisir delay saat bermain game, kita dapat mengaktifkan fitur Low Latency Mode melalui aplikasi Fiil+. Saat mode ini aktif, Laptophia merasa delay saat bermain game sudah jauh berkurang dan tidak lagi mengganggu.

Baterai

Fiil T1 XS ini dibekali dengan baterai berkapaitas 50mAh untuk setiap earbud. Pada review Fiil T1 XS yang Laptophia lakukan, headset ini hanya bertahan rata-rata 5 jam lebih menggunakan codec AAC dengan volume rata-rata 55 - 65%. Sedangkan baterai dalam case Fiil T1 XS ini berkapasitas 500mAh dan diklaim memiliki daya tahan total 24 jam memainkan musik.

Baca juga:Review QCY T5: Headset TWS 200 Ribu-an Paling Mantap untuk Musik

Kesimpulan Fiil T1 XS

Secara umum, Fiil T1 XS adalah salah satu headset TWS dengan kualitas suara terbaik di kelasnya. Headset TWS ini menawarkan suara dengan tingkat detail yang tinggi dan kualitas yang memuaskan dari frekuensi rendah hingga tinggi dan dipadukan dengan sound stage yang luas. Daya tahan baterainya memang bukan yang terbaik di kelasnya, tetapi sudah relatif memadai. Paket penjualan yang lengkap, kaya fitur, dan hadinya aplikasi Fiil+ menjadi nilai tambah bagi Fiil T1 XS. Jelas, Fiil T1 XS adalah TWS yang paling layak dipertimbangkan bagi yang mendambakan kualitas suara yang mumpuni dengan harga yang masuk akal.

Kelebihan Fiil T1 XS

  • Kualitas dan detail suara fantastis
  • Nyaman dan ergonomis
  • Ukuran charging case ringkas dan ringan
  • Paket penjualan lengkap

Kekurangan Fiil T1 XS

  • Delay masih ditemusi saat gaming intensif
  • Kualitas telepon saat kondisi ramai kurang bagus

Harga Fiil T1 XS

Fiil T1 XS merupakan salah satu TWS dari brand yang kurang dikenal di Indonesia, tetapi menawarkan kualitas suara yang fantastis dan fitur yang nyaris sempurna. Harga headset TWS Fiil T1 XS terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1 juta-an. Tentunya harga headset TWS besutan Fiil dapat berubah sesuai kebijakan masing-masing seller dan promo yang berlaku.

Anda dapat membeli atau cek promo Fiil T1 XS di Sini (Klik)

Spesifikasi Fiil T1 XS

  • Merk: Fiil
  • Model: T1 XS
  • Jenis headset: In-Ear Monitor TWS
  • Tipe driver 6,1 mm dinamis
  • Chip Airoha 1536
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 95±3dB
  • Rentang frekuensi: 15Hz - 22KHz
  • Versi Bluetooth 5.0
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC, AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Fitur wireless charging, Array NC Tech dengan dual mics
  • Waterproofing: IPX5
  • Baterai Earbuds: 50 mAh; Charging case: 500 mAh
  • Berat Earbud: 4.8g; With charging case: 29g / 1.66oz
  • Dimensi Earbud: 18.34 x 30.65 x 40.05 mm; Charging case: 65 mm x 30 mm x 25 mm

Anda mungkin suka:Review Haylou H8: Headset IEM di Bawah 100 Ribu Terbaik


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!