IBX582004D475488 Review Haylou H8: Headset IEM di Bawah 100 Ribu Terbaik
ASUS VivoBook 14 K413

Review Haylou H8: Headset IEM di Bawah 100 Ribu Terbaik



Review Haylou H8: Headset IEM di Bawah 100 Ribu Terbaik – Haylou H8 adalah sebuah headset IEM (In-Ear Monitor) yang sangat menarik karena dijual dengan harga yang sangat terjangkau di e-commerce tanah air. Hal ini membuat Tim Laptophia penasaran dan membelinya untuk diulas secara mendalam di artikel review. Haylou sendiri adalah brand asal Tiongkok yang merupakan bagian dari Xiaomi Ecological Chain, tak heran kualitasnya sangat baik.

Haylou H8 tampil dengan desain yang cukup elegan dengan bersenjatakan single driver dinamis untuk menghasilkan suara berkualitas. meski harganya terjangkau, build quality headset Haylou H8 ini tak bisa dipandang sebelah mata. Lalu bagaimana kualitas suara Haylou H8 ini? Hasilnya di luar ekspektasi Laptophia dan Haylou H8 bisa dikatakan sebagai salah satu headset IEM terbaik dengan harga di bawah Rp 100 ribu, penasaran? Simak ulasan kali ini.

Review Haylou H8: Headset IEM di Bawah 100 Ribu Terbaik

Paket Pembelian Haylou H8

Paket Pembelian Haylou H8


  • Unit Haylou H8
  • Tali eartips (M dan L)
  • User guide

Baca juga:Review BlitzWolf BW-ES2: Headset Dual Driver Harga Terjangkau

Desain Haylou H8

Desain Haylou H8

Desain Haylou H8


Seperti yang sudah Laptophia singgung di paragraf pembuka, headset Haylou H8 ini tampil dengan desain yang elegan dan terkesan mewah. Sisi belakan housing headset Haylou H8 ini menggunakan tekstur membulat yang mengingatkan kami pada desain LID cover Zenbook yang dipadukan dengan lingkaran krom yang mewah.

Housing Haylou H8 ini mengusung gaya asimetris dengan kemiringan nozzle hingga 45 derajat. Konsep desain seperti ini membuat Haylou H8 nyaman digunakan dalam waktu lama. Selain itu, housing Haylou H8 ini terasa sangat solid dengan balutan material aluminium pada bagian belakang dan plastik pada bagian depan. Secara umum, Haylou H8 tampil mewah dengan build quality yang solid.

Pada review Haylou H8 kali ini, headset IEM murah terbaik ini dibekali dengan kabel yang cukup lentur dan kualitasnya relatif standar. Sedangkan pada bagian housing microphone-nya terdapat tiga buah tombol dan terbuat dari bahan plastik dan terkesan agak murahan. Meski demikian, ketiga tombol yang diusungnya cukup nyaman dipencet.

Desain Haylou H8

Desain Haylou H8


Tiga tombol yang ada bersama microphone ini berfungsi untuk kontrol volume. Sedangkan tombol tengah memiliki banyak fungsi, yakni jika dipencet sekali, maka tombol tersebut akan berfungsi sebagai play atau pause. Sedangkan dipencet dua kali akan menjadi next track dan menjadi previous track ketika dipencet tiga kali.

Baca juga:Review BlitzWolf BW-ES1 Graphene: Headset IEM Murah Terbaik di Kelasnya

Pada review Haylou H8, fitur tombol tersebut hanya berfungsi di smartphone Android yang Laptophia gunakan. Sedangkan di DAP Fiio M3k yang Laptophia gunakan tidak berfungsi. Haylou H8 mengusung jack model straight dengan lapisan emas atau gold plated.

Video Unboxing Haylou H8

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Review Haylou H8

Review Haylou H8


Laptophia awalnya tak menyangka bahwa headset dengan harga di bawah 100 ribu seperti Haylou H8 bakal menghasilkan kualitas suara yang mantap di kelasnya. Hal ini tak lepas dari dukungan driver dinamis berukuran 8mm yang diusungnya yang menggunakan teknologi composite bio-diaphragm dan tuning yang dilakuka oleh Haylou. lalu sehebat apakah kualitas suaranya?

Kualitas Suara

Kualitas suara yang dihasilkan oleh headset IEM Haylou H8 ini ternyata di luar dugaan tim Laptophia dan bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Dibandingkan pesaing terdekatnya seperti JBL C150Si, Xiaomi In-Ear Basic atau Audio Technica SonicFuel ATH-CLR100is yang pernah Laptophia ulas, Haylou H8 tampak lebih menarik. Headset Haylou H8 mengusung karakter atau sound signature bright dengan bass yang kuat, serta clarity yang cukup baik.

Basshead atau penggemar bass akan suka dengan headset Haylou H8 ini karena mempu menghasilkan dentuman bass yang kuat, tight, dan mendalam. Ini terasa ketika Laptophia memainkan beberapa lagu metalcore seperti Vultures milik AxeWound dan Kirisute Gomen besutan Trivium yang mengusung dobel kick drum yang cukup ngebut. Haylou H8 mampu menyajikan dentuman dobel peda drum tersebut dengan baik, rapi, dan terasa menghentak bertenaga.

Suara vokal pria maupun wanita di Haylou H8 ini terasa agak mundur, mungkin kurang cocok untuk lagu-lagu yang menonjolkan vokal. Suara vokal screaming pada lagu-lagu metalcore terasa kurang bertekstur, tetapi masih terdengar cukup garang. Meski demikian, mid yang dihasilkan oleh instrumen lain seperti gitar, melodi, dan keyboard terdengar cukup jelas dan detail.

Baca juga:Review Senfer PT15: Earbud Berkualitas dengan Kabel MMCX

Sedangkan untuk high, Laptophia menilai Haylou H8 agak malu-malu menampilkan detail frekuensi tinggi atau treble. Karakter treble yang dihasilkan sangat lembut, detail, tetapi terasa kurang stand out. Separasi antar instrumen dapat dipresentasikan dengan baik oleh Haylou H8. Biasanya dengan harga murah, banyak headset yang menampilkan instrumen secara tumpang tindih. Soundstage Haylou H8 tidak terlalu luas dan ini dapat dimaklumi mengingat harganya sangat terjangkau.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Laptophia menjajal headset IEM murah Haylou H8 ini dengan beberapa perangkat, seperti DAP Fiio M3k, Xiaomi Mi Note 10 Pro, Poco F2 Pro, dan laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Headset andalan Haylou ini berjalan dengan baik tanpa ada masalah kompatibilitas. Tombol kontrol ini tidak berfungsi di DAP Fiio M3k.

Soal kenyamanan dan fitting, Haylou H8 ini termasuk nyaman dan ukuran housingnya tidak terlalu besar menurut Laptophia. Bentuknya yang asimetris membuatnya pas terpasang di telinga, tidak mudah terlepas, dan tidak membuat telinga sakit untuk penggunaan jangka waktu 2 jam lebih.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil review Haylou H8 yang telah dilakukan oleh tim Laptophia, headset ini menawarkan kualitas suara yang terbaik di kelasnya. Headset ini mampu menghasilkan clarity yang baik, bass yang kuat dan rapi, serta nyaman digunakan dalam waktu lama. Secara umum, Haylou H8 merupakan salah satu headset jenis IEM terbaik dengan harga di bawah 100 ribu.

Kelebihan Haylou H8

  • Kualitas suara baik
  • Harga sangat terjangkau
  • Build quality mantap di kelasnya

Kekurangan Haylou H8

  • Paket penjualan minim

Harga Haylou H8

Haylou H8 bisa dikatakan salah satu headset IEM terbaik dengan harga yang sangat terjangkau saat ini, sehingga cocok bagi mereka yang ingin menikmati kualitas suara musik yang bagus dengan dana terbatas. Harga Haylou H8 terbaru di Indonesia berdasarkan pantauan Laptophia saat artikel ini ditulis adalah Rp 69.000. Berdasarkan hasil review Haylou H8 di atas, headset IEM ini sangat layak beli dengan harga yang tak sampai 100 ribu.

Anda dapat membeli atau cek promo Haylou H8 di Sini (Klik) atau di BukaLapak (Klik)

Spesifikasi Haylou H8

  • Model: Haylou H8
  • Jenis headset: In-Ear Monitor
  • Tipe single driver dinamis
  • Speaker Impedansi: 32 ohm
  • Sensitivitas 95±3 dB/mW
  • Maximum input power  100 mW
  • Rated power input 3mW
  • Berat: 3,1 gram
  • Diameter driver 8 mm
  • Teknologi composite bio-diaphragm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi:  20-20000Hz
  • Dilengkapi microphone
  • Dilengkapi 2 ukuran eartips (M/L)
  • Kabel standar, tidak dilengkapi Sleeve

Anda mungkin suka:Review ZNT MiniDots, Speaker Mungil Bersuara Nyaring


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!