IBX582004D475488 Review Haylou T19 TWS: Suara Jernih dan Detail, Fitur Lengkap
ASUS VivoBook 14 K413

Review Haylou T19 TWS: Suara Jernih dan Detail, Fitur Lengkap



Review Haylou T19 TWS: Suara Jernih dan Detail, Fitur Lengkap – Haylou T19 adalah salah satu headset TWS (True Wireless Stereo) terbaru besutan Haylou yang menawarkan sejumlah keunggulan, salah satunya adalah menggunakan chip Qualcomm QCC3020 untuk menjamin kestabilan koneksinya. Tak hanya itu, Haylou T19 ini juga sudah mendukung codec Qualcomm aptX yang menawarkan kualitas suara yang jauh lebvih superior ketimbang codec SBC.

Haylou sendiri sebenarnya bukan pemain baru di pasar headset TWS. Pabrikan asal Tiongkok yang merupakan bagian dari Xiaomi Ecological Chains ini sudah merilis sejumlah headset TWS dan cukup populer di Indonesia, yakni Haylou GT1, GT1 Plus, GT2, T15, dan yang terbaru adalah T19 ini. Kurang lebih tiga minggu yang lalu satu unit TWS Haylou T19 telah mendarat di Laptophia untuk diulas, penasaran? Berikut review Haylou T19 oleh tim Laptophia!

Review Haylou T19 TWS: Suara Jernih dan Detail, Fitur Lengkap


Paket Pembelian Haylou T19

Paket Pembelian Haylou T19

  • Unit TWS Haylou T19
  • Eartips (S, M, L)
  • Kabel microUSB
  • Manual dan kartu garansi

Baca juga: Review QCY T7: TWS Alternatif AirPods yang Murah dan Berkualitas

Desain & Kontrol Haylou T19

Desain & Kontrol Haylou T19


Desain & Kontrol Haylou T19


Haylou T19 merupakan TWS model IEM (In-Ear Monitor) yang mengusung desain yang terlihat cukup mewah. Jika dilihat dari bentuk earbud-nya, Haylou T19 ini memang tak jauh berbeda dengan earbud QCY T5 yang Laptophia ulas sebelumnya. Namun, Haylou T19 tampil dengan material plastik glossy berwarna putih yang terkesan lebih mahal dan dilengkapi dengan lingkaran emas yang membuatnya terlihat kian mewah.

Sebenarnya penggunaan finishing glossy ini memiliki kekurangan, yakni mudah meninggalkan goresan ketika sudah sering dipakai. Bentuk earbud Haylou T19 sendiri memanjang seperti AirPod dengan lubang nozzle asimetris untuk meningkatkan kenyamanan atau sisi ergonomis. Sementara pafa bagian samping earbud terdapat lingkaran hitam yang merupakan sensor untuk mendeteksi apakah earbud tengah digunakan atau tidak.

Headset wireless Haylou T19 ini datang dengan charging case berukuran cukup ringkas dan dibalut casing matte berwarna putih. Engsel yang digunakan oleh charging case-nya terasa cukup kuat dan solid. Sayangnya, warna putih yang diusungnya membuatnya mudah kotor. Bagian atas charging case Haylou T19 terdapat logo Haylou yang juga berwarna putih dan bagian belakangnya terdapat tombol untuk melakukan reset. Sementara pada bagoan bawah terdapat port USB Type-C untuk charging dan sekaligus sebagai titik sentuh untuk wireless charging.

Desain & Kontrol Haylou T19

Desain & Kontrol Haylou T19


Baca juga:Review Tronsmart Element Splash, Speaker Bluetooth Murah Tahan Air

Pada review Haylou T19 TWS kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan Haylou yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh dua kali pada earbud kiri untuk previous track dan earbud kanan untuk next track
  • Sentuh sekali pada earbud kanan untuk skip track
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk mengangkat telepon atau mengakhiri panggilan
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri atau kanan untuk memanggil voice assistant atau Google Assistant

Selama dua minggu lebih proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset TWS Haylou T19 ini terbilang konsisten dan sensitif. Hal ini tentu menjadi nilai tambah yang dapat meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengguna.

Hal yang menyebalkan menurut Laptophia adalah pengguna harus melepas earbud untuk pause musik. Fitur ini memang memanfaatkan sensor pendeteksi pemakaian, tetapi ini akan merepotkan ketika kita ingin pause musik saat kedua tangan sedang sibuk atau membawa barang.

Video Unboxing Haylou T19

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Review Haylou T19

Review Haylou T19


Melalui seri T19 ini Haylou kembali membuktikan bahwa dirinya merupakan produsen headset TWS dengan kualitas suara yang layak diperhitungkan. Tak tanggung-tanggung, Haylou T19 ini hadir dengan dukungan fitur khas TWS kelas atas seperti dukungan chip Qualcomm QCC3020, codec aptX dan AAC, serta fitur wireless charging yang jarang ditawarkan oleh pesaingnya. Lalu sehebat apa kualitas suara Haylou T19 ini?

Kualitas Suara

Pada review Haylou T19 kali ini, TWS dengan balutan warna putih ini dibekali sebuah driver dinamis yang mengusung teknologi wool biological diaphagram yang diklaim mampu menghasilkan suara low yang punchy, mid yang kaya, dan treble yang lebih transparan. Saat pertama kali menjajal TWS Haylou T19 ini, Laptophia menilai klaim tersebut tampaknya memang benar adanya. Headset ini mengusung sound signature bright yang balance dengan dukungan bass yang kuat.

Hal yang menarik dari headset Haylou T19 ini menurut Laptophia adalah mampu menghasilkan ferkuensi tinggi atau trebel yang sangat jernih, detail, dan crisp tanpa menusuk telinga. Hal ini membuat instrumen seperti crash cymbal, hi hats, dan sebagainya terdengar sangat menyenangkan. Ini Laptophia rasakan saat memainkan lagu Sever The Hands milik Trivium atau The Beast of Man milik Arch Enemy terdengar lebih menarik dan enjoyable.

Suara mid yang dihasilkan oleh TWS Haylou T19 ini cukup kaya dengan vokal yang memuaskan, terutama suara vokal wanita yang melengking. Ini Laptophia rasakan saat mendengarkan lagu seperti Supremacy yang dinyanyikan oleh Tarja Turunen atau Angels Fall First milik Nightwish. Suara vokal pria pun cukup memuaskan, meski tak seimpresif suara wanita. Ini Laptophia rasakan saat memutar lagu Shortest Straw milik Metallica yang mana suara vokal James Hetfield terdengar cukup galak dan garang.

Baca juga:Review JBL Go 2, Speaker Stylish Tangguh Bersuara Jernih

Bagi penggemar bass, headset bluetooth TWS Haylou T19 ini tak mengecewakan. Bass yang dihasilkan cukup kuas, mendalam dan disajikan dengan kuantitas yang cukup proporsional tanpa mengganggu frekuensi lain. Tak hanya itu, suara bass-nya pun cukup tight dan mampu meladeni lagu dengan dobel kick drum ngebut seperti lagu Nemesis milik Arch Enemy. Bagi pecinta musik hip-hop, EDM atau basshead, mungkin bass-nya agak kurang nendang.

Sound stage yang dihasilkan oleh Haylou T19 ini relatif memuaskan Laptophia untuk harga yang ditawarkan. Saat memainkan lagu symhonic metal seperti The Poet And The Pendulum atau Storytime milik Nightwish, terasa cukup megah dengan penempatan instrumen terasa disekeliling kita dengan efek stereo kanan kiri yang memuaskan, serta suara vokal ditengah yang dapat dinikmati. Secara umum, kualitas suara yang dihasilkan Haylou T19 sangat baik di kelasnya.

Kualitas Telepon & Delay

Haylou T19 menawarkan suara yang lantang dan jelas ketika digunakan untuk bertelepon dengan kondisi sinyal yang baik di dalam ruangan. Saat digunakan di luar ruangan, performanya juga bisa diandalkan, suara dari lingkungan sekitar dapat dikurangi. Meski demikian, kadang ada suara tertentu di sekitar yang agak mengganggu saat bertelepon.

Ketika digunakan untuk menonton movie secara offline maupun streaming melalui YouTube, tidak terdapat delay yang mengganggu. Tim Laptophia masih bisa menikmati konten streaming dengan nyaman. Namun saat bermain game, delay yang dihasilkan pada review Haylou T19 ini mulai terasa dan ini masih sebatas wajar.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Haylou T19


Desain memanjang ala Airpod dan dipadukan nozzle asimetris yang ergonomis membuat TWS Haylou T19 ini cukup nyaman digunakan dalam waktu lama. Dimensi earbud Haylou T19 ini cukup pas menurut Laptophia, sehingga nyaman digunakan bagi yang memiliki ukuran telinga besar maupun kecil. Laptophia sendiri cukup nyaman menggunakannya hingga lebih dari 2 jam. Isolasi suara dari luar cukup baik, asal menggunakan eartips yang sesuai.

Kompatibilitas headset True Wireless Stereo Haylou T19 terbilang baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Xiaomi Mi Note 10 Pro, Poco F2 Pro, dan Sony Xperia XZ2. Selama dua minggu lebih proses uji pakai, koneksi relatif stabil dan tidak pernah terjadi disconnect.

Baterai

Haylou T19 ini dibekali dengan baterai berkapaitas 50mAh untuk setiap earbud. Pada review Haylou T19 yang Laptophia lakukan, headset ini hanya bertahan rata-rata 4,5 - 5 jam saja menggunakan codec aptX dengan volume rata-rata 40% - 60%. Sedangkan baterai dalam case Haylou T19 ini berkapasitas 600mAh dan diklaim memiliki daya tahan total 30 jam memainkan musik.

Kesimpulan

Secara umum, Haylou T19 ini merupakan salah satu headset TWS yang paling paling layak dipertimbangkan di kelasnya. Headset ini menawarkan kualitas suara yang amat jernih, detail yang tinggi, dan bass yang kuat cukup untuk membuat kepala bergoyang menikmati alunan musik. Performanya utuk telepon dan streaming video bisa diandalkan, serta memiliki fitur wireless charging yang jarang dimiliki pesaingnya.

Baca juga:Review ZNT MiniDots, Speaker Mungil Bersuara Nyaring

Sayangnya, Haylou T19 ini tidak disebutkan memiliki sertifikasi waterproof IPXX, sehingga tidak direkomendasikan terkena hujan atau keringat berlebih saat berolah raga. Selain itu, tidak disediakan tombol atau kontrol untuk pause musik memaksa pengguna harus melepas salah satu earbud untuk sekadar mengentikan sejenak pemutaran musik. Meski demikian, Haylou T19 masih sangat layak dipertimbangkan di kelasnya menurut Laptophia.

Kelebihan Haylou T19

  • Kualitas suara mantap, detail, dan jernih
  • Menggunakan chip Qualcomm QCC3020
  • Mendukung fitur wireless charging

Kekurangan Haylou T19

  • Pause musik harus melepas earbud
  • Tidak ada sertifikasi waterproof

Harga Haylou T19

Haylou T19 merupakan salah satu headset TWS berkualitas yang dilengkapi fitur lengkap di kelasnya. Harga Haylou T19 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia terima adalah Rp 399.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan masing-masing penjual. Berdasarkan hasil review Haylou T19 oleh tim Laptophia di atas, TWS ini menawarkan kualitas suara terbaik di kelasnya dengan tingkat kejernihan dan detail yang mantap.

Anda dapat membeli atau cek promo Haylou T19 di Sini (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Haylou T19

  • Merk: Haylou
  • Model: T19
  • Jenis headset: In-Ear Monitor TWS
  • Tipe driver 6mm dinamis berteknologi Wool Biological diaphagram
  • Chip Qualcomm QCC3020
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 110±3dB
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.0
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec Qualcomm aptX, SBC, AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Fitur wireless charging, Array NC Tech dengan two-way four mics
  • Waterproofing: IPX5
  • Baterai Earbuds: 50 mAh; Charging case: 600 mAh
  • Berat Earbud: 4g; With charging case: 47g / 1.66oz
  • Dimensi Earbud: 18.34 x 30.65 x 40.05 mm; Charging case: 56 x 53 x 31 mm

Anda mungkin suka:Review Realme Buds Classic, Cocok untuk Penggemar Bass!


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!